Contoh Surat Kuasa Khusus Beracara di Pengadilan untuk Awam

Surat Kuasa Khusus - Sebagian besar orang awam nir mengetahui atau buta aturan, bahkan nir sporadis berdasarkan mereka tidak mau tahu & tidak perduli akan hal itu, hingga dalam akhirnya mereka sendiri tersangkut & berhadapan menggunakan aturan.

Advokat atau Pengacara

Untuk itu, profesi Advokat atau Pengacara sangatlah penting dalam suatu tatanan negara hukum.

Dengan adanya Advokad atau Pengacara, mereka dapat memberikan jasa hukum, baik di dalam pengadilan maupun diluar pengadilan bagi orang awam dan buta hukum.

Menurut Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 mengenai Advokat Pasal 1 buah 1, pembela terdakwa resmi merupakan orang yg berprofesi memberi jasa aturan, baik pada dalam maupun di luar pengadilan yg memenuhi persyaratan dan menurut ketentuan UU Advokat.

Contoh Surat Kuasa Khusus Beracara pada Pengadilan

Sehingga dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa Advokat atau Pengacara adalah orang yang mewakili kliennya (orang awam) untuk melakukan tindakan hukum.

Seorang Advokat atau Pengacara dalam tindakan hukumnya yang mewakili kliennya haruslah berdasarkan surat kuasa, yakni surat kuasa spesifik agar bisa beracara pada pada pengadilan atau pun diluar pengadilan.

Untuk itu, berikut aku sampaikan contoh Surat Kuasa Khusus Advokat/ Pengacara atau Kuasa Hukum

Contoh Surat Kuasa Advokat/ Pengacara

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertanda tangan pada bawah ini :

Nama : Hariri

Pekerjaan : Showoff

Alamat : Jl. Singgasana 1 RT.1/1 Kel Singgalang Kec. Singgahluk, Kota Singgah

Dalam hal ini memilih domisili hukum di Kantor Hukum IMIN & REKAN yang tersebut di bawah ini, dan menerangkan bahwa memberi kuasa kepada IMIN TUMIMIN, SH.,MH.,LLc Advokat/ Pengacara dan Konsultan Hukum pada Kantor Hukum IMIN & REKAN yang beralamat di Jl. Iman No. 5 RT. 5/ RW. 5 Kota Lima yang bertindak secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

———— KHUSUS ————–

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Sungailiat mengenai hutang-piutang terhadap Bapak Yusbet pekerjaan offshow, bertempat tinggal di Jl. Singgasana 2 RT.2/2 Kel Singgalang Kec. Singgahluk, Kota Singgah.

Untuk itu penerima kuasa diberi hak untuk menghadap di muka Pengadilan serta badan–badan kehakiman atau pembesar-pembesar lainnya.

Mengajukan permohonan-permohonan yang dianggap perlu, menjalankan perbuatan-perbuatan, atau memberikan keterangan-keterangan yang menurut hukum harus dijalankan atau diberikan oleh seorang kuasa.

Menerima dan menandatangani kuitansi-kuitansi, menerima dan melakukan pembayaran dalam perkara ini, membalas segala perlawanan, mengadakan perdamaian dengan persetujuan pemberi kuasa dan pada umumnya melakukan hal-hal yang dianggap perlu oleh penerima kuasa.

Surat kuasa ini diberikan dengan hak substitusi.

                                                                                                                     Sungailiat, 30 Februari 2018

yang menerima kuasa,                                                                                        yang memberi kuasa

IMIN TUMIMIN, SH., MH., LLc                                                                             Tn. HARIRI

Demikian contoh surat kuasa khusus beracara di pengadilan, semoga bermanfaat. terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2