Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang

Pertanyaannya, Bagaimana Cara Mulai Menulis Blog & Menjadi Seorang Blogger serta Menghasilkan Uang?

Jujur, inilah pertanyaan pada diri saya waktu pertama sekali saya terjun ke global Blogger.

Karena itu, saya membuat artikel Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang ini.

Mulai Menulis Blog, Menghasilkan Uang, Dari Blog

Gambar oleh : marthagiffen.com

Singkat nya, poly blogger pemula (termasuk aku ) beranggapan memulai menulis blog bagi orang awam bisa dikatakan sangat ribet, susah, membingungkan dan lain sebagainya.

Namun sebenarnya, tidaklah demikian. Mulai Menulis Blog itu gampang, sangat mudah, bahkan buat seorang yg tidak sanggup menulis sekalipun.

Kuncinya adalah satu, Berani Memulai dan Berani Mencoba. Selanjutnya biar pengalaman yang menuntun kita.

Saya pernah ditanya oleh teman saya, yg adalah galat satu penulis di Blog Awam Bicara ini.

Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang

Tanyanya : "Ded, (red. Deddy aka Netizen aka Penulis) amanah aku mau memulai menulis blog, mulai menjadi seorang blogger & pada akhirnya membentuk uang berdasarkan blog...

...Yg pasti buat memanfaatkan waktu luang saya, akan tetapi aku bukanlah seorang yang pandai menulis, bukan pula seorang yang biasa menulis."

"Ada perasaan takut..., takut goresan pena saya kurang mengagumkan, takut dikritik, takut pada ejek dan dijadikan bahan olok-olok kan teman, takuuttt...Ah banyaklah takutnya, lagi juga saya nir memahami harus memulai menurut mana dan bagaimana?"

Sebenarnya, apa yg ditanyakannya adalah sama seperti apa yang saya rasakan buat pertama kalinya pada waktu saya memulai ngeblog, dan memulai menulis sebuah artikel diblog dulu.

Perasaan takut tidak diterima, takut dikritik, takut diejek & lain sebagainya, dalam tulisan/ artikel saya di blog ini benar-sahih menghantui aku diawal-awal aku ngeblog.

Namun seluruh rasa takut itu saya abaikan, dan saya kesampingkan, aku lebih suka menikmati apa yg aku lakukan, yakni menikmati ngeblog.

Lantaran itu, sebagai awal aku membantu membangun kepercayaan dirinya, saya jadikan dia menjadi penulis pada blog ini.

Saya ingin menunjukkan padanya, bahwa apa yang dirasakannya itu hanyalah sebuah "ilusi", rasa takut yang tidak beralasan, sama sekali tidak masuk akal.

Dengan eksklusif membuktikannya dengan artikel dia sendiri pada blog awam bicara ini. Dan semua terbukti, artikelnya masuk halaman one google search engine.

Jadi, berdasarkan pengalaman aku diatas, jelaslah bahwa buat memulai sebuah blog, dan membentuk uang menurut blog tidaklah serumit dan susah yg kita kira.

Kuncinya adalah Berani Memulai, Berani Mencoba, dan Berani Menulis.

Selanjutnya, apa yg kita untuk, apa yg kita tulis, biarkan pembaca yang menilainya dari komentar-komentar di artikel tadi.

Dan yang paling penting adalah Biarkan Google Sendiri yang Menilai , jika benar artikel/ tulisan kita bermanfaat dan berguna bagi pembaca, tentu akan masuk halaman pertama google.

Menurut saya kunci membuat artikel, atau menulis adalah menulis dengan gaya, bahasa dan teknik masing-masing tanpa harus dipusingkan dengan tata bahasa penulisan sebuah artikel yang baik dan benar.

Tetapi demikian, dalam Menulis Sebuah Blog atau dalam ngeblog, yg terpenting sekali adalah isi, manfaat dari konten atau tulisan/ artikel tersebut.

Selain itu jua, menggunakan berjalannya saat, maka dengan sendirinya pengalaman akan mengajarkan kita dan menuntun kita buat menulis sebuah artikel dengan baik & sahih.

Sebuah artikel blog sebenarnya lebih mementingkan Kekayaan Konten, Kualitas Konten, Manfaat Artikel, yang karena artikel tersebut maka dapat membantu banyak orang.

Bagaimana cara dan tata bahasa penulisan artikel tersebut, semua terserah dengan bagaimana kita memaparkannya kedalam bentuk tulisan, yang penting mudah dimengerti, menarik, dan bermanfaat pastinya.

Untuk itu,  berikut akan saya bagikan..,

Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang.

1. Mulailah Menulis

Mulailah menggunakan menulis dan jangan khawatirkan mengenai bagaimana cara menulis posting blog terbaik yang pernah ada atau tentang berapa banyak orang yg akan membacanya.

Mulai menulis ini aku tambahkan pada bagian pertama dari tips singat mulai menulis blog & membuat uang, anda tahu kenapa?

Karena, bila anda nir memulai nya, bagaimana anda mampu memahami apakah goresan pena anda bermanfaat atau nir, dan bagaimana anda mampu mulai membentuk uang menurut blog, jika belum mulai menulis! ??

Dua. Tulis Apa yang Anda Suka

Mulailah menulis tentang apa yang anda senang. Saya yakin seluruh orang pasti mempunyai hobby atau rasa senang terhadap sesuatu, baik itu benda, aktifitas, dll.

Jika anda mempunyai hobby Sepak Bola, maka mulailah menulis pengalaman-pengalaman anda tentang Sepab Bola, tentang rasa kecintaan anda mengenai sepak bola : panditfootball.com

Jika anda mempunyai hobby traveling, maka mulailah dengan menulis tentang pengalaman traveling anda, pengalaman perjalanan wisata anda : duniasa.com

apabila anda memiliki hobby otomotif, maka mulailah menulis tentang global otomotif, apalagi dengan tips & triknya, yg memberikan manfaat bagi pengguna yang mempunyai kasus otomotif. : iwanbanaran.Com

tiga. Tulis Apa yang Anda Kuasai

Kita mampu memulai menggunakan menulis apa yg kita suka , namun bila saja anda memiliki pengalaman, atau pengetahuan khusus tentang sesuatu hal, maka akan lebih baik bila anda mulai membuat tulisan mengenai apa yang anda kuasai.

Apabila anda seseorang pakar IT (Teknologi Informasi), maka mulailah menggunakan menulis mengenai Teknologi Informasi :teknikit.Com

Jika Anda seorang Pengacara, Hakim, Jaksa, maka mulailah dengan menulis tentang Hukum.: awambicara.id, hukumpedia.com

Jika anda seseorang Dokter, maka mulailah menggunakan menulis mengenai tips-tips kesehatan dan hayati sehat, misalnya : blogdokter.Com

Yang niscaya, bila anda menguasai suatu bidang ilmu, atau memiliki pengetahuan tentang suatu ilmu pengetahuan, maka mulailah menulis mengenai apa yang anda kuasai.

Apalagi apabila pengetahuan anda, merupakan hobby anda juga, maka seluruh akan terasa paripurna, bila anda balik ke point 1. Mulai Menulis.

4. Lupakan "Duludanquot; Aturan Penulisan Sebuah Artikel yg Benar

Baiklah, disini aku katakan lupakan "duludanquot; anggaran penulisan sebuah artikel yg sahih dan baik.

Maksudnya merupakan bukan berarti mengeyampingkan atau membuang aturan penulisan artikel yang baik dan sahih, tetapi untuk ad interim melupakan dulu teknik menulis artikel yang baik dan benar.

Karena, disini kita belajar, memulai menulis blog, menulis artikel di blog, dan yang pasti yakinlah bahwa dengan  berjalannya waktu, maka pengalaman akan menuntun kita untuk akhirnya nanti dapat mengajarkan kita menulis artikel yang baik dan benar.

Ingat , anggaran dasar Blog adalah "Konten yg Bermanfaatdanquot;, yg adalah apa yang kita tulis dan buat di blog kita adalah mempunyai manfaat, dan dapat membantu serta mengatasi perkara pembaca/ orang poly.

Karena kita disini ingin memulai menulis blog & membentuk uang, maka tulisan/ konten yang berguna itu adalah suatu keniscayaan.

Hingga jika anda mencari di internet, tentang menghasilkan uang diinternet, maka anda akan sering menemukan istilah "Content is The King".

Hingga jika artikel/ konten kita bermanfaat dan dapat membantu orang banyak, maka menghasilkan uang atau istilahnya "Monetisasi Blog" bukan lagi suatu hal yang mustahil.

5. Menyajikan Konten atau Tulisan

Ingatlah, walaupun anda menulis blog dengan cara, gaya, bahasa dan teknik masing-masing tanpa memusingkan tata bahasa penulisan sebuah artikel yang baik dan benar..,

...untuk menarik pembaca anda harus menyajikannya dalam bentuk yang benar-benarmudah dimengerti, menarik, dan memberikan solusi.

Cara & Gaya bahasanya jadikan jati diri anda, adalah jadi diri anda sendiri.

Teknik menyajikannya, pakai cara anda sendiri, ingatlah tempatkan diri anda merupakan pembaca yg mencari solusi atas konflik yg dihadapinya pada internet.

6. Rajin Membaca

Ingat, pengalaman adalah guru yang terbaik, jangan berhenti buat belajar, jangan berhenti buat haus akan pengetahuan.

Pastinya jangan berhenti buat membaca..

..Lantaran dengan membaca, maka akan menambah pengetahuan anda, menambah kosa kata dan perbendaharaan kata untuk anda.

Anda sanggup belajar dari blogger-blogger yang telah sukses, seringlah mampir ke blog-blog mereka, pelajari cara, pengalaman dan teknik menulis & penyajian mereka.

7. Konsisten

Tips Singkat Menulis Blog saya cukupkan hanya 7 tips saja, & terakhir adalah Konsisten.

Konsisten kunci segala kesuksesan.

Jika kita konsisten menulis blog, konsisten menaruh konten yg berkualitas, konten yang kaya & konten yang berguna serta memberikan solusi bagi pembaca..,

...Konsisten belajar, membaca dan menciptakan blog, maka kesuksekan akan semakin dekat buat anda raih.

Setelah anda berani mencoba, berani memulai dan telah mulai menulis blog, waktu nya mempromosikan konten/ goresan pena atau artikel anda pada internet.

Disini kita Menulis blog, dan menulis blog tidaklah sama menggunakan menulis kitab atau menulis artikel pada media cetak.

Yang harus kita pahami dalam menulis blog adalah bahwa kita menulis yang target pembaca kita adalah "Manusia" dan "Search Engine".

Karena itu, kenaikan pangkat konten sangatlah krusial buat dilakukan, supaya blog kita mudah ditemukan pengguna.

Jika sudah demikian, maka Menghasilkan Uang berdasarkan Blog, bukan lagi menjadi hal yang tidak mungkin.

Berikut yang harus dilakukan sesudah anda mulai menulis blog:

1. Promosikan Tulisan Anda.

Setelah anda mulai menulis, buat beberapa halaman media sosial & permanen aktif waktu Anda memposting atau membuat sebuah konten/ artikel.

Media Sosial merupakan sarana yg paling cepat dalam mempromosikan konten anda, karena waktu ini, Media Sosial telah menjadi jati diri ke 2 hampir setiap orang.

Semakin banyak loka orang mampu menemukan konten Anda semakin baik.

Dua. Daftarkan Blog Anda ke Search Engine

Selain melalui Media Sosial, anda pula harus mendaftarkan blog anda ke Search engine, supaya blog anda mampu ditemukan di "Mesin Telusur" seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex dan lain sebagainya.

Anda bisa melakukan ini dengan mendaftarkan blog anda ke Webmaster Google, Search Console, dengan memasukkan sitemap.xml atau peta situs anda ke google.

3. Menyiapkan Analytics

Siapkan dan daftarkan konten blog anda di Analisa Situs atau Blog yang terdapat.

Dalam hal ini anda bisa menggunakan Google Analytics.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui, bagaimana kebergunaan konten goresan pena blog anda bagi pengguna internet.

Dengan begitu, anda dapat memperbaiki bila saja masih ada hal-hal yg dirasa kurang optimal.

4. Belajar SEO

Sekali lagi, anda menciptakan & menulis blog, pembaca anda adalah Manusia & Search Engine..,

...Karenanya selama anda menulis, membangun sebuah blog, selalu luangkan waktu Anda buat memastikan bahwa pekerjaan anda membangun blog, jua dioptimasi menggunakan teknik-teknik SEO.

Apabila anda telah mulai menulis blog, & supaya pekerjaan anda nir sia-sia dalam artian menerima banyak pembaca dan pengunjung, maka sembari menciptakan blog, anda pula harus belajar teknik-teknik SEO.

Anda dapat Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine dengan teknik "SEO On Page" dan "SEO Off Page".

Lima. Percantik Tampilan Blog Anda

Setelah seluruh dirasa benar, seluruh dilakukan menggunakan baik, & anda sudah memulai semuanya, saatnya anda mempercantik blog anda.

Jangan pernah melakukan kesalahan yg dulu aku lakukan, yakni gonta-ganti templates.

Jujur saja, dulu saya acapkali melakukan ini, dan ternyata hal ini buruk bagi mesin telusur/ search engine, selain itu ini menandakan bahwa blog kita belum siap buat diluncurkan.

6. Mempercepat Loading Blog

Ketika sebuah blog/ web membutuhkan saat yang relatif lama buat dimuat, maka pembaca akan sangat gampang buat mengklik tombol close (x) atau tombol back dan meninggalkan blog sebelum selesai dimuat.

Walaupun sebenarnya konten kita sangat berkualitas, bermanfaat bahkan sangat-sangat kaya sekalipun, apabila loading blog kita lambat, maka jangan harap akan poly pengunjung yg datang.

Hal ini telah cukup kentara dan sangat disadari sang sebagian besar blogger, mereka sangat paham sekali bahwa pembaca sangat membenci loading atau render blog yg usang.

Untuk itu, anda bisa melakukan9 Cara Paling Efektif Untuk Menghemat Waktu Loading Blog ini.

7. Bangun Hubungan Baik dengan Blogger Lainnya

Cobalah buat menjangkau blogger lain pada niche atau konten yang sama menggunakan yang Anda buat, & jalin interaksi menggunakan mereka, berinteraksilah dan bergabunglah kedalam komunitas-komunitas yang mereka didalamnya.

Tetapi jangan lupa, jangan pernah anda melakukan SPAM atau hanya meninggalkan jejak saja misalnya yang biasa dilakukan oleh Spammer.

Berinteraksi secara masuk akal selayaknya kita berinteraksi pada dunia konkret.

Apabila seluruh yang anda lakukan sudah terasa sahih & on the track, memonetisasi blog, atau menguangkan blog merupakan langkah selanjutnya yang wajib anda lakukan.

Anda telah berani mencoba & memulai menulis blog, mulai mendaftarkan blog ke search engine, memperkenalkan & mempromosikan blog, saatnya anda buat mulai berpikir bagaimana Menghasilkan Uang berdasarkan Blog.

Ada poly sekali cara buat menguangkan atau memonetisasi blog kita, dengan istilah lain membentuk uang menurut blog.

Affiliate marketing, PPC (Pay Per Click), CPM (Pay Per Seribu Tayang), dan masih poly lagi cara lainnya pada membuat uang menurut blog.

Namun, yang paling terkenal dan menjadi favorit blogger-blogger Indonesia, bahkan dunia adalah Google Adsense.

Tetapi didalam kesempatan kali ini aku belum akan memberikan artikel-artikel seputar google adsense.

Dilain kesempatan, saya akan melanjutkan artikel, yang belum aku bahas sepenuhnya didalam artikel kali ini.

Saya hanya menitipkan pesan :

Yang terpenting, Jangan Menyerah!

Sering kali yang sangat mengecilkan hati kita merupakan saat kita telah banyak menghabiskan waktu buat menulis tetapi nir ada yang membacanya.

Apabila Anda konsisten & pantang menyerah, apalagi menulis blog adalah cara anda menghabiskan saat luang anda, tentulah nir akan menyakitkan apabila tidak ada yg membaca blog Anda.

Banyak sekali tempat belajar memulai sebuah blog yang bertebaran di Internet, anda bisa belajar dari panduanim.com, sugeng.id, kompiajaib.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang mana saya pula sampai waktu ini masih belajar berdasarkan sesepuh-sesepuh diatas.

Tips Singkat Mulai Menulis Blog dan Menghasilkan Uang ini, adalah garis besarnya saja. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2