Pengertian Proses Bisnis (Business Process)

Pengertian Proses Bisnis (Business Process) merupakan :

suatu deretan menurut aktivitas (task) atau pekerjaan terstruktur yang saling berafiliasi buat menuntaskan suatu perkara eksklusif atau yg membuat suatu keluaran (produk/output) atau layanan (demi meraih tujuan tertentu) dan mendukung pencapaian tujuan dan target strategis dari suatu organisasi.

Suatu proses usaha yg baik wajib memiliki tujuan mengefektifkan, mengefisienkan dan menaikkan produktifitas dari suatu organisasi.

Suatu organisasi secara umum tentu saja mempunyai tujuan agar dapat  bertahan hidup selama mungkin dan selalu meningkat kinerja serta produktifitasnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka suatu organisasi membutuhkan suatu proses bisnis yang baik untuk mendukung berjalannya organisasi tersebut.

Tidak terkecuali suatu perusahaan sebagai suatu organisasi tentu saja membutuhkan suatu proses bisnis yg baik agar bisa mendukung pencapaian tujuan berdasarkan perusahaan tadi.

Tahapan proses usaha dalam suatu perusahaan diantaranya :

  •  Analisis Kegiatan Usaha
Dalam tahapan ini manajemen perusahaan bersama pemilik perusahaan melakukan diskusi dan analisis mengenai kegiatan bisnis yang akan dijalankan oleh perusahaan, misalnya usaha dibidang industri, perdagangan atau jasa. Hal ini dilakukan supaya manajemen mengetahui serta memilih proses bisnis yang akan dipakai sang perusahaan.
  • Penentuan Proses Bisnis
Pada tahapan ini manajemen akan menciptakan atau menentukan bentuk proses bisnis berdasarkan usaha yang telah dipilih oleh perusahaan tersebut, mulai berdasarkan proses usaha tentang jenis biaya -biaya yg dimuntahkan sampai dengan proses bisnis memperoleh pendapatan atau penghasilan.
  • Pelaksanaan Proses Bisnis
Tidak kalah pentingnya berdasarkan penentuan proses usaha berdasarkan perusahaan merupakan aplikasi proses bisnis itu sendiri, lantaran sebagus apapapun suatu proses usaha tetapi nir dilaksanakan nir akan berguna bagi perusahaan. Sehingga sangat penting bagi setiap bagian atau divisi & karyawan perusahaan buat menjalankan menggunakan benar seluruh proses bisnis yang telah dibuat sang pihak manajemen perusahaan.
  • Evaluasi Proses Bisnis
Untuk mengetahui apakah suatu proses usaha telah dijalankan sang seluruh karyawan bagian atau divisi dari perusahaan & apakah proses bisnis tersebut sudah menaruh manfaat bagi perusahaan, maka dibutuhkan suatu evaluasi berdasarkan pelaksanaan proses usaha tadi. Suatu evaluasi bisa dilakukan setiap bulan, setiap tiga bulan, setiap enam bulan atau setiap tahun, tergantung kebijakan manajemen perusahaan. Akan tetapi suatu penilaian akan lebih efektif bila dilakukan setiap bulan. Dengan seringnya melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses usaha, maka akan diperoleh suatu proses usaha yg paling memberikan manfaat bagi perusahaan.

Proses Bisnis dikatakan berhasil mendukung perusahaan dalam menjalankan Bisnisnya bila didukung sang beberapa hal, yaitu diantaranya :

  • Rencana Proses Bisnis yg baik
Proses bisnis akan menaruh manfaat bagi perusahaan jika didukung dengan pembuatan rencana proses usaha yg baik sang manajemen perusahaan.
  • Teknologi Informasi Yang Mendukung
Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa pada ketika ini peran teknologi informasi sangatlah krusial dalam segala bidang. Termasuk juga dalam aplikasi proses usaha perusahaan, oleh karenanya pihak manajemen wajib dapat menggunakan teknologi informasi yang tepat buat mendukung pelaksanaan proses bisnis tersebut.
  •  Tolok Ukur atau Pengukuran Tingkat Keberhasilan
Untuk dapat mengetahui keberhasilan dari suatu proses usaha, maka manajemen perusahaan harus menentukan bagaimana suatu proses bisnis dikatakan berhasil atau gagal.
  • Sumber Daya Manusia
Yang nir kalah pentingnya bagi keberhasilan berdasarkan proses usaha pada suatu perusahaan merupakan karyawan yang akan menjalankan atau melaksanakan proses bisnis tersebut. Dalam melaksanakan proses usaha yg baik, maka diperlukan karyawan yang handal tanpa hal tersebut tidak mungkin proses usaha dapat dilaksanakan menggunakan baik. Oleh karena itu jika suatu perusahaan menginginkan pelaksanaan proses bisnis yg baik, maka bagian HRD atau perekrutan SDM atau personalia wajib bisa merekrut karyawan yg baik.
  • Motivasi
Proses bisnis nir akan berhasil jika nir didukung oleh motivasi dari semua komponen menurut perusahaan untuk melaksanakan tahapan-tahapan menurut proses usaha tadi. Motivasi akan ada jika didukung dengan reward dan punishment yang kentara.

Artikel Yang Perlu Diketahui :

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2