Mendes PDTT: MBN Bertugas Membina BUMDes di Seluruh Indonesia

Ayo Bangun Desa - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, dan Direktur Utama BULOG Djarot Kusumayakti meluncurkan PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) di Jakarta, Kamis (27/4).

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo optimistis, hadirnya PT Mitra BUMDes Nusantara bisa menekan nomor kemiskinan pada pedesaan. Terus berkembangnya BUMDes juga diperlukan sebagai upaya supaya desa bisa mandiri dan nir bergantung kepada dana desa.

"Maka hari ini kita luncurkan PT Mitra BUMDes Nusantara, yg nanti akan dibentuk setiap kabupaten/kota. Mereka ada untuk membina & mendorong supaya BUMDes yang sudah dibentuk sanggup maju & mandiri," ujarnya.

Menteri Eko melanjutkan, dibentuknya PT Mitra BUMDes Nusantara merupakan pada rangka mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan. Hal tersebut sesuai menggunakan Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia menurut pinggiran menggunakan memperkuat daerah dan desa-desa pada kerangka negara kesatuan. Hasil kerjasama antara Kemendes PDTT, Kementerian BUMN, & forum terkait dalam pembentukan holding BUMDes tersebut, diyakini sanggup menaikkan perekonomian warga desa.

"Saya optimistis ditangan Ibu Menteri BUMN, PT Mitra BUMDes Nusantara bisa menekan angka kemiskinan. Sebab BUMN lebih mengerti manajemen korporasi," ujarnya.

Terkait hal tadi, Dirut Bulog Djarot Kusumayakti memaparkan, pembentukan PT Mitra BUMDes Nusantara adalah tindak lanjut menurut kajian Menteri BUMN dan Mendes PDTT pada rangka menaikkan ekonomi pedesaan yang terus berkeadilan.

"Pembentukan badan usaha pada bentuk hukum perseroan terbatas didesain menjadi kawan usaha BUMDes Nusantara, diperlukan dapat menaikkan badan bisnis milik desa pada pedesaan," ungkapnya.

Selanjutnya Djarot mengatakan, dibentuknya PT Mitra BUMDes Nusantara pula adalah semangat Perum Bulog dan Kopelindo buat menciptakan ekonomi wilayah pinggiran maupun desa. Hal ini sejalan dengan visi PT Mitra BUMDes Nusantara dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi pedesaan yang berkeadilan.

"Diharapkan jua (PT) MBN dapat memiliki keleluasaan menjalin kerjasama dengan kawan usaha pada hal pendistribusian maupun keagenan termasuk di dalamnya proses produksi," ungkapnya.[*]

Kemendesa PDTT

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2