Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018

Selain materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU) & Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang

Seleksi Kompetensi Bidang juga merupakan bagian dari materi yang akan di uji kan dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2018.

Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Bidang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018

Saya telah menaruh beberapa deretan model soal latihan buat anda dalam menghadapi ujian penerimaan CPNS nanti, terkhusus pada materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Lengkap dengan pembahasan dan tips serta trik dalam menjawabnya. Khususnya dalam Tes Inteligensia Umum (TIU), yang dapat anda lihat diBelajar CPNS : Bimbingan Belajar Dalam Memahami Dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS.

Akan tetapi buat terali contoh soal Seleksi Kompetensi Bidang, saya akui aku tidak mempunyai bahan model soalnya.

Karena itu, dalam memprediksi soal yang akan keluar pada ujian nanti, anda wajib tau, faktor-faktor penting apa saja yang menyangkut mengenai Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2018 ini.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 20 tahun 2018, terali soal materi Seleksi Kemampuan Bidang ditetapkan sang instansi pembina jabatan fungsional masing-masing.

Dan materi seleksi buat jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud.

Selengkapnya faktor-faktor krusial yang wajib anda perhatikan dalam memprediksi soal yang bakal diujikan nanti pada Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2018 ini, dari terali soal yang dimuntahkan sang Menteri PAN RB pada Peraturan Menpan RB no 20 tahun 2017 adalah menjadi berikut :

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

1) Materi seleksi kompetensi bidang

a) Materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh  instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud;

b) Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana belum siap menyusun materi Seleksi Kompetensi Bidang, maka penyusunannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian yg bersangkutan;

c) Materi sebagaimana dimaksud nomor 1) dan dua) selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke pada sistem CAT Badan Kepegawaian Negara.

Dua) Peserta dan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang

a) Jumlah peserta yang bisa mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak tiga (3) kali jumlah kebutuhan pada masing-masing Jabatan dari peringkat nilai seleksi kompetensi dasar;

b) Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan memakai CAT dan dapat ditambah dengan tes lainnya sesuai menggunakan kebutuhan jabatan. Pelaksanaan CAT menggunakan fasilitas komputer & penunjang lain yang disiapkan BKN dan/atau menggunakan fasilitas personal komputer dan penunjang yg dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dimungkinkan juga menggunakan fasilitas berdikari yg disiapkan sang instansi di bawah koordinasi BKN;

c) Dalam hal instansi belum siap untuk melaksanakan seleksi kompetensi bidang menggunakan CAT, instansi dapat melakukan minimal 2 (dua) bentuk tes, antara lain: tes praktik kerja (dengan materi dan penguji  yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan jabatan), tes fisik/kesamaptaan, psikologis, kesehatan jiwa, dan wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh Jabatan;

d) Instansi wajib membuat dan membicarakan panduan kepada PANSELNAS terkait dengan rencana aplikasi seleksi kompetensi bidang sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dimulai;

e) Pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, yg hasilnya disampaikan ke PANSELNAS pada bentuk softcopy dan hardcopy.

Dari Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dari peraturan menteri PAN RB tadi, dapat lah disimpulkan bahwa, nir seluruh peserta sanggup ikut tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yg adalah lanjutan berdasarkan termin sebelumnya yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), karena maksimal jumlah peserta SKB adalah tiga kali berdasarkan jumlah kuota yg akan diterima menggunakan syarat peserta itu lulus passing grade.

Sebagai model misal lowongan petugas lembaga pemasyarakatan di Kemenkumham katakanlah akan menerima kuota sebesar 10 orang, sedangkan peserta 1000 orang dan yg lulus passing grade ada 50 orang, maka yg berhak ikut SKB adalah tiga x 10 orang, hanya 30.

Dan tentu saja yang akan diambil adalah peserta yang lulus passing grade dengan nilai tertinggi.

Jadi dengan demikian, Anda wajib benar-sahih menguasai soal-soal yang akan diujikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) nanti, dengan memperbanyak latihan soal, & mengusut tips & trik dalam menjawabnya, misalnya yg telah kami bahas sebelumnya, pada Bab Pembelajaran & Pembahasan Tes Seleksi Penerimaan Calon PNS.

Lantaran buat lolos dan maju ke tahap berikutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang, anda wajib adalah peserta-peserta pilihan yang masuk kedalam 3 kali kuota deretan PNS yg tersedia.

Namun demikian, kami akan menaruh beberapa materi yg dapat sebagai bahan surat keterangan bagi anda dalam menambah perbendaharaan contoh soal latihan anda & juga menambah pengetahuan anda tentang Bidang instansi masing-masing yang anda ikuti seleksi penerimaan CPNS nya.

Dalam hal ini, kami akan memberikannya dalam bentuk file PDF, yang bisa anda download, dan bisa anda pelajari nantinya.

Download Materi Seleksi Kompetensi Bidang Spesialisasi Kebijakan Pemerintah :

1. Kementerian Agama : Download PDF

2. Kementerian Kesehatan : Download PDF

3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : Download PDF

4. Kementerian Keuangan :

- Download PDF : Bea Cukai

- Download PDF : BPKP

- Download PDF : Ekspor - Impor

- Download PDF : Perpajakan

- Download PDF : Perbankan

5. Kementerian Luar Negeri :

- Download PDF : Dagang Internasional

- Download PDF : Indonesia dan perjanjian internasional

- Download PDF : Kewarganegaraan dan imigrasi

- Download PDF : Konvensi Internasional

6. Kementerian Perindustrian dan Perdagangan

- Download PDF : Korporasi

- Download PDF : Penanaman modal asing dalam negeri

- Download PDF : Perlindungan bisnis

- Download PDF : Perlindungan konsumen

- Download PDF : Rahasia Dagang

Demikian dari kami, semoga berguna & menambah wawasan anda mengenai instansi tempat anda melamar & ikut ujian Tes Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2