Google, Turut Benahi Digital Ekonomi Indonesia

source google/ilustrasi
Indonesia berambisi menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020. Sektor ini diyakini akan menjadi salah satu tulang punggung ekonomi di masa depan.

Tingkat penggunaan internet yang terus meningkat memungkinkan masyarakat untuk saling terhubung dan menciptakan peluang ekonomi baru. Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro menyatakan jika potensi penerimaan negara dari e-commerce sebenarnya cukup besar.

Beberapa ketika lalu Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Komunikasi & Informatika meminta Google, brand internet ternama dunia, buat membantu memajukan ekonomi digital nasional. Bukan hanya dari sisi pelaksanaan dan jaringan,namun jua menurut sisi alat-alat komunikasi.

Lalu bagaimana Google memandang kerja sama ini? Dilansir dari Media Keuangan, berikut petikan wawancara dengan Shinto Nugroho, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia.

Seperti apa best practices digital ekonomi di negara lain?

Di masing-masing negara tentu berbeda. Sebenarnya, hal yg paling krusial adalah menguatkan ekosistem digital, seperti pelaku e-commerce dan bisnis mini . Selain itu, konektivitas & kesadaran mengenai manfaat internet juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.

Para pengembang (developers) jua perlu berbagi pemikiran tentang hal-hal yg berhasil & yang nir. Google mempunyai keduanya, yakni Google Business Groups (GBG) dan Google Developers Group (GDG).

GBG adalah wadah wangsit-pandangan baru yang dapat diuji dan dibagikan dengan pemilik bisnis lain, sementara GDG merupakan wadah para pengembang buat mengembangkan inspirasi di kota loka tinggal mereka.

Hal lain yang tak kalah penting adalah memupuk penemuan untuk memecahkan dilema pada taraf lokal maupun dunia. Misalnya saja menguasai bahasa lain. Apabila penekanan Anda merupakan pasar global, maka sebaiknya membuat situs web, pelaksanaan, atau game menggunakan bahasa Inggris.

Tahun kemudian, Deloitte Access Economics mengungkapkan bahwa ekonomi digital akan memainkan kiprah penting pada memaksimalkan potensi ekonomi Indonesia. Bisnis mini yg ikut dan dalam ekonomi digital juga berpeluang meningkatkan pendapatan, lebih inovatif, dan lebih bersaing di ASEAN Economic Community.

Selanjutnya, Bagaimana Google membantu ekonomi digital Indonesia?

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2