Cara Terbaru Membuat Website Desa dan Pemohonan Domain Desa ID

Desa masa kini berbeda dengan desa masa lalu. Sekarang, desa memiliki kewenangan yang besar dalam menentukan dan merumuskan masa depan desanya melalui kewenangan hak asal usul (rekognisi) dan kewenangan lokal berskala desa (subsidaritas).

Cara Terbaru Membuat Website Desa dan Pemohonan Domain Desa ID

Dalam menjalankan kewenangannya. Pemerintah Desa dituntut untuk mempraktikkan keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Ada banyak manfaat keterbukaan informasi desa. Diantaranya, dapat meningkatkan kemampuan, kemauan, inisiatif dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa dan lain sebagainya.

Desa yg kreatif dengan cepat melakukan aneka macam penemuan buat merespon perubahan dan kemajuan zaman. Salah satunya, melalui pemanfaatan teknologi internet. Website desa merupakan keliru satu bentuk inovasi desa dalam pemanfaatan internet sebagai media penyebaran informasi desa yg sangat efektif.

Melalui website desa banyak sekali potensi desa, produk unggulan desa, kreatifitas desa dapat dipublikasikan. Sehingga membuka peluang bagi desa lain buat melakukan replikasi inovasi.

Website desa bisa difungsikan menjadi media peningkatan pelayanan publik pada warga desa secara online. Dengan adanya website desa beragam kinerja pemerintahan desa bisa disampaikan, sebagai akibatnya warga sanggup mengetahui keadaan yg terjadi pada desanya, termasuk sang pihak-pihak diluar desa atau supra desa.

Bagaimana cara menciptakan website desa..?

Cara membuat website desa sebenarnya sangat mudah. Karena pendaftaran domain desa (desa.id) dilakukan secara online melalui situs https://domain.go.id.

Persyaratan pendaftaran pula nir rumit. Desa hanya menyiapkan beberapa surat saja. Surat permohonan domain desa.Id yang ditujukan pada Kementerian Komunikasi & Informatika, Surat Kuasa Kepala Desa kepada Sekretaris Desa.

Berikut contoh format Surat Permohonan Domain Desa.ID dan Surat Kuasa Kades kepada Sekretaris Desa.

Sementara itu, tatacara pendaftaran domain desa.id secara lengkap silahkandonwload disini. Sedangkan untuk tutorial pendaftaran domain desa.id akan kita sharing dalam posting berikutnya.

Demikian informasi tentang cara terbaru membuat website desa dan pendaftaran domain desa. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2