Hari ini, Satelit Tercanggih Milik Indonesia Sukses Diluncurkan

Peluncuran Satelit Telkom 3S Indonesia berjalan sukses. Seperti dilansir dari situs arianespace.Com.

Hari ini, 15 Februari 2017. Satelit Telkom 3S milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan diluncurkan di Gujana Space Center, Kourou, Guiana Perancis dengan menggunakan Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncuran satelit Arianespace Europe, dengan Slot Orbit 118 bujur Timur atau di atas Pulau Kalimantan.

Hari ini, 15 Februari 2017. Satelit Telkom 3S milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan diluncurkan di Gujana Space Center, Kourou, Guiana Perancis dengan menggunakan Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncuran satelit Arianespace Europe, dengan slot orbit 118 bujur timur atau di atas Pulau Kalimantan.
Foto: www.Arianespace.Com

Indonesia menjadi negara kepulauan dengan keunikan kondisi geografis yg terdiri menurut ribuan pulau dan pegunungan, sulit dijangkau oleh sistem komunikasi terrestrial maupun serat optik.

Saat ini dua per tiga daerah di Indonesia belum terjangkau sistem komunikasi terestrial. Teknologi satelit dan terestrial adalah jaringan yang saling melengkapi (komplementer) dimana satelit berguna memenuhi kebutuhan infrastruktur di wilayah yg belum terjangkau sang jaringan teresterial sebagai akibatnya sanggup meniadakan kesenjangan akses berita.

Satelit memiliki peran dalam mewujudkan acara Nawacita poin ke 1 yaitu melindungi rakyat negara melalui keamanan nasional & pembangunan pertahanan dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim. Selain itu, kehadiran satelit juga mendukung acara Nawacita poin ke 3 yaitu membentuk Indonesia berdasarkan pinggiran & memperkuat berbagai daerah pada rangka negara kesatuan.

Kehadiran satelit juga akan mampu memenuhi kebutuhan layanan siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, broadband internet, serta sistem komunikasi VSAT yang dapat menjangkau seluruh daerah Indonesia, Asia Tenggara & sebagian Asia Timur.

Kementerian BUMN melalui Telkom Indonesia menyadari sahih fungsi dan manfaat strategis sistem komunikasi satelit bagi bangsa Indonesia. Selama 40 tahun, Telkom Indonesia sudah tampil pada garis depan pada global komunikasi satelit Indonesia. Diawali dengan peluncuran satelit Palapa A1 pada tahun 1976, tahun 2017 ini Telkom Indonesia siap meluncurkan satelit terbarunya, Telkom 3S.

Satelit Telkom 3S adalah satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia. Satelit ini ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi. Satelit Telkom 3S akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Satelit Telkom 3S didesain untuk dapat melayani siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, serta broadband internet.

Satelit Telkom 3S direncanakan diluncurkan dalam 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB menggunakan roket Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncur satelit Arianespace Europe. Peluncuran dilaksanakan pada Guiana Space Center, Kourou, Guyana Perancis.

Dibandingkan satelit lain, Satelit Telkom 3S memiliki sejumlah keunggulan. Satelit Telkom 3S mampu menaruh layanan dengan bit-rate lebih tinggi, sebagai akibatnya menghasilkan kualitas komunikasi yg lebih baik.

Selain itu, Satelit Telkom 3S bisa mendukung siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, serta broadband internet yg bisa menjangkau semua daerah Indonesia, Asia Tenggara & sebagian Asia Timur.

Menteri BUMN, Rini M. Soemarno menyampaikan, peluncuran Satelit Telkom 3S ini dibutuhkan dapat menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, & semakin memudahkan komunikasi antarwilayah di seluruh negeri.

?Kehadiran Satelit Telkom 3S ini adalah sebuah kebanggaan & pencapaian luar biasa, yang akan memperkuat posisi dan kedaulatan Indonesia pada kancah dunia digital di tingkat internasional,? Ujar Menteri Rini.[]

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2