Bangunlah Desa Tanpa Hilangkan Jati Diri

Ayo Bangun Desa - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebutkan salah satu nawa cita pemerintahan Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran. Mendagri mengimbau untuk membangun desa yang maju dan modern tanpa menghilangkan jati diri dari desa tersebut.

Ilustrasi: Revolusi mental berdesa/ayo bangun desa

Dalam artian, istiadat budaya harus permanen terdapat. Membangun pada desa dari Tjahjo yakni membangun masyarakatnya menggunakan mencermati kondisi geografis, istiadat budaya, dan jua karakteristik spesial yg dimiliki sang desa itu sendiri.

?Membangun desa ya menciptakan warga , sehingga desa ini terkini & maju dan tumbuh, tapi tidak hilang jati diri tata cara adat yg menjadi ciri spesial di desa itu,? Ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (26/4).

Anggaran desa yang waktu ini relatif besar , wajib bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Masyarakat yg ada di desa harus sanggup buat diberdayakan pada artian meningkatkan kualitas b agi aparatur desa yg terdapat.

?Jangan ditenderkan (dana desa) ke partikelir akan tetapi bagaimana lewat model-model padat karya,? Ujar Tjahjo.

Maka, pemerintah harus beserta menggunakan tokoh tata cara, tokoh masyarakat, harus bersama-sama menggerakan masyarakat di desa.[]

Kemendagri

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2