Kebijakan Penerimaan CPNS 2019 oleh Kementerian PAN RB

Jumlah perpaduan penerimaan CPNS tahun 2019 sebanyak 152.250 perpaduan.

Dari 152.250 kumpulan tersebut, sebanyak 37.425 deretan ditetapkan buat instansi sentra, & wilayah sebanyak 114.825 perpaduan.

Adapun jumlah instansi sentra yg mendapat pegawai baru (CPNS) pada tahun 2019 sebesar 68 kementerian/ lembaga.

Pemda (Pemerintah Daerah) yg mendapat pegawai baru (CPNS) tadinya sebanyak 462 pemerintah daerah, akan namun lantaran Pemda Bangli telah mengundurkan diri secara resmi.

Sehingga jumlah Pemda yg mendapat pegawai baru (CPNS) sebagai 461 Pemda.

kebijakan penerimaan cpns 2019 oleh kementerian pan rb
Image: Menpan.Go.Id

Pada penerimaan CPNS pada tahun anggaran 2019 ini, pemerintah semakin menyempurnakan proses rekrutmennya, sebagai akibatnya sebagai lebih transparan, lebih akuntabel & yg paling primer adalah bebas berdasarkan praktik KKN.

Baca: Kunci Sukses Menaklukkan Soal SKD CPNS 2019

Informasi Penting Penerimaan CPNS 2019

Sebab, buat menciptakan profesionalisme birokrasi, dimulai berdasarkan proses aplikasi rekrutmen CPNS yg profesional, akuntabel dan transparan.

Pada tahun 2019 ini, pemerintah penekanan pada pembangunan SDM - sumber daya insan.

Sehingga prioritas penerimaan CPNS kali ini dititik beratkan dalam bidang pendidikan, kesehatan & tenaga teknis atau profesional lainnya.

Sedangkan buat jumlah deretan yang dibuka pada tahun 2019 ini, masih tetap mengutamakan prinsip zero growth, yakni penerimaan CPNS buat menggantikan jumlah PNS yang pensiun, kecuali untuk energi pendidikan & kesehatan.

Sistem penerimaan CPNS yg semakin disempurnakan ini, yakni lebih transparan, akuntabel & profesional, maka semakin menutup kemungkinan adanya oknum-oknum aparat yang mampu membantu meluluskan peserta penerimaan CPNS.

Sehingga, nir ada satu orang pun atau tidak ada satu pihak manapun yang dapat membantu kelulusan seorang peserta penerimaan CPNS 2019 ini.

Dengan demikian, sudah dapat dipastikan bahwa agar sanggup lulus dalam penerimaan CPNS 2019 kali ini, semua tergantung dari peserta itu sendiri.

Artinya keberhasilan atau kelulusan seseorang peserta penerimaan CPNS 2019 itu adalah murni menurut output usaha dan kerja kerasnya sendiri.

Jadi, jangan pernah percaya atau tergiur oleh bujuk rayu oknum-oknum aparat yang menunjukkan kemudahan buat lulus dan diangkat sebagai PNS menggunakan imbalan uang dan sebagainya.

Penetapan kumpulan penerimaan CPNS 2019 selain buat peningkatan profesionalisme SDM aparatur sipil negara juga didasarkan dalam analisis jabatan dan analisis beban kerja PNS.

Baca: 100 Contoh Soal SKD CPNS dan Pembahasannya

Jumlah Formasi CPNS 2019

Adapun total kebutuhan PNS tersebut sebesar 197.111 gugusan terdiri dari instansi pusat 37.854 formasi dan daerah 159.257 pemda.

Namun yg dari data dari "e-formasidanquot; jumlah perpaduan CPNS tahun 2019 yang ditetapkan sebesar 152.250 gugusan.

Untuk jenis deretan nya sendiri terdiri berdasarkan perpaduan generik dan formasi khusus.

Formasi spesifik antara lain untuk lulusan terbaik berdasarkan universitas yg terakredetasi A menurut BAN PT menggunakan predikat cumlaude, diaspora, putra/i Papua dan Papua Barat, disabilitas, dan kumpulan lainnya yang bersifat strategis.

Pada bidang pendidikan, gugusan yang disiapkan sebesar 65.397, dan bidang kesehatan sebesar 34.038 kumpulan.

Sedangkan buat jabatan fungsional, disiapkan gugusan sebanyak 31.912.

Sementara itu buat perpaduan pelaksana teknis, dibuka sebanyak 20.903 formasi.

Jadi pengadaan CPNS 2019 ini harus sejalan dengan pembangunan nasional, pembangunan wilayah, & potensi daerah.

Inilah yang dimaksud dengan keahlian atau jabatan teknis berkeahlian yg spesifik.

Pendaftaran CPNS 2019 sendiri dimulai dalam tanggal 11 November 2019 secara online hanya melalui situs sscasn.Bkn.Go.Id .

Perlu diingat bahwa, peserta hanya sanggup mendaftar dalam satu instansi dan satu deretan jabatan saja pada kementerian, lembaga, atau pemda.

Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS 2019

Untuk seleksi penerimaan CPNS 2019 ini terdapat 2 tahapan seleksi, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Komptensi Bidang (SKB).

Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dijadwalkan pada awal Februari 2020, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang akan dilaksanakan pada awal Maret 2020.

Untuk pengumuman kelulusan CPNS 2019 sendiri akan dilakukan pada April 2020.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan seperti pada tahun sebelumnya, yakni menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Mengenai soal-soal SKD itu sendiri disusun dan dibuat dan melibatkan konsorsium 18 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia, yang dikoordinasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sehingga, soal-soal SKD CPNS akan terus terupdate untuk setiap tahunnya, dan untuk keamanan soal itu sendiri pemerintah melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), untuk mengenkripsi soal-soal SKD CAT BKN.

Dan yang membuka kunci enkripsi soal SKD CPNS 2019 itu adalah kementerian PANRB, BKN & Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Yang hanya bisa dibuka pada saat pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 nanti.

Baca: Kisah Unik, Lucu dan Mengharukan Peserta Tes SKD CPNS

Proses rekrutmen dan seleksi CPNS 2019 ini diselenggarakan sang tim panselnas 2019 yang terdiri berdasarkan:

  • Ketua Tim Pengarah - Menteri PANRB
  • Tim pengawas - diketuai oleh BPKP
  • Tim audit teknologi - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • Tim pengamanan teknologi - BSSN
  • Tim quality assurance - Kementerian PANRB dan akademisi, konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN) oleh Kemendikbud
  • Tim pelaksana - diketuai Kepala BKN.

Demikianlah informasi penting dan harus buat diketahui bagi Anda yg akan mendaftar & mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019.

Poin penting dalam penerimaan CPNS 2019 ini adalah bahwa penerimaan CPNS 2019 ini lebih transparan, lebih akuntabel & lebih profesional.

Sehingga, buat bisa lulus dan menjadi PNS, semuanya murni menurut bisnis para peserta sendiri.

Tidak ada lagi yang namanya peserta titipan karena saudara dekat pejabat atau orang dekat pejabat, ataupun peserta yg lulus lantaran menyogok.

Jadi, persiapkan diri Anda, belajar yang ulet , kenali dan pahami bentuk soal skd penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya. Selamat berjuang!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2