Tips Mengerjakan Soal Ujian Seleksi SKD CPNS dengan Sistem CAT BKN di Sscn.bkn.go.id

Besar harapan kami, nama Anda terdapat dalam keliru satu dari sekian juta pelamar yang lulus seleksi Administrasi CPNS 2018, yang sudah diumumkan oleh BKN.

tips mengerjakan soal skd cat cpns 2018

Bersyukurlah dalam Tuhan apabila Anda telah lulus pada tahapan seleksi administrasi ini. Lantaran nir sedikit yg gagal lulus seleksi administrasi yang disebabkan oleh keteledoran dan ketidak hati-hatian pelamar CPNS waktu mendaftar.

Tips Mengerjakan Soal SKD CAT CPNS 2018

Untuk Anda yg lulus seleksi administrasi & namanya telah diumumkan di portal resmi penerimaan CPNS 2018, langkah Anda belum usai.

Jangan terlalu gembira dulu, karena masih ada beberapa tahapan lagi yg wajib Anda lewati buat bisa diangkat sebagai PNS.

Dan tahapan selanjutnya ini lebih berat daripada sekedar pendaftaran & seleksi administrasi cpns 2018.

Sebab Anda akan bersaing dengan puluhan ribu hingga jutaan pelamar lainnya.

Untuk itu, Anda harus selalu dalam keadaan semangat, konfiden dan optimis bahwa Anda akan sanggup diterima menjadi PNS.

Tahapan berikutnya merupakan Anda harus mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Seleksi Kompetensi Dasar ini dilakukan dalam Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Sistem CAT ini maksudnya merupakan suatu metode seleksi menggunakan indera bantu personal komputer , menjadi indera buat menerima nilai baku minimal kompetensi dasar bagi setiap pelamar CPNS.

Soal CPNS 2018 yg akan diujikan pada sistem CAT nantinya berbentuk multiple choice atau pilihan ganda.

Cara kerjanya merupakan para peserta CPNS 2018 akan dihadapkan dalam soal cpns 2018 dikomputer dan menjawab soal tadi menggunakan mengklik dengan mouse komputer dalam pilihan jawaban yang dianggap benar.

Sistem CAT ini sangat bermanfaat baik bagi peserta maupun bagi panitia penerimaan CPNS 2018.

Sebagai peserta Anda akan mendapatkan output yg transparan, karena hasil atau nilai menurut jawaban-jawaban yg Anda pilih pada sistem CAT tadi akan ditampilkan di monitor personal komputer .

Sehingga hasil ujian cpns 2018 yang dilakukan secara nasional lebih transparan, obyektif, akuntabel & bebas KKN.

Sedangkan bagi panitia penerimaan CPNS 2018, sistem CAT ini akan meningkatkan kecepatan proses pemeriksaan, sehingga akan mempersingkat saat panitia pada menentukan kelulusan peserta tes seleksi penerimaan CPNS.

Agar Anda bisa lolos tes SKD, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, terkait dengan apa itu SKD dan misalnya apa bentuk dan model soal nya.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar ini terdiri menurut 3 jenis tes, yakni:

1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP),

dua. Tes Intelegensia Umum (TIU),

3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tips Persiapan Menghadapi Tes CPNS 2018

Pengumuman peserta seleksi administrasi cpns telah dirilis, adalah segala persiapan harus mulai Anda lakukan supaya mampu lolos pada seleksi CPNS 2018 ini.

Seperti yang selalu kami katakan dalam postingan-postingan kami sebelumnya, disini Anda menghadapi puluhan hingga jutaan pelamar lainnya, sebagai akibatnya persaingan buat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pun semakin ketat.

Apabila sudah demikian, yg wajib Anda persiapkan buat sanggup lolos & diterima menjadi CPNS 2018 tahun ini merupakan mengatur strategi secara khusus buat bisa lolos seleksi cpns dan diangkat menjadi PNS.

Untuk itu, kami menurut awambicara akan menaruh Anda beberapa saran buat Anda pada menjawab soal tes CAT CPNS 2018 nanti.

Tips Menghadapi & Mengerjakan Soal CAT BKN CPNS 2018

Mengatur Waktu Pengerjaan Soal SKD CPNS

Disini Anda akan berhadapan dengan saat pengerjaan soal yang hanya 90 mnt. Waktu yg disediakan sang panitia ini buat setiap peserta tes SKD CAT CPNS 2018 merupakan hanya 90 mnt dalam menjawab 100 soal CPNS.

Yang adalah, Anda hanya mempunyai ketika sekitar 1,1 mnt saja buat mengerjakan 1 soal cpns 2018.

Jadi menggunakan demikian, Anda harus benar-benar mampu mengatur ketika Anda saat menjawab soal cpns dengan sistem CAT nantinya.

Untuk melakukannya, yang wajib Anda lakukan merupakan:

1. Mengerjakan Soal yg Praktis terlebih dahulu.

2. Jangan pernah merasa penasaran menggunakan 1 soal, apabila tidak sanggup lewati dulu

tiga. Jangan ragu, merupakan bila Anda telah menjawabnya ialah soal itu telah terselesaikan Anda kerjakan

4. Sisakan ketika lebih kurang lima-10 mnt buat menjawab soal yg kosong, yg Anda lewati.

Lima. Optimis

Memahami Passing Grade tiap jenis soal

Dalam mengatur saat, Anda pula harus mempertimbangkan nilai Passing Grade buat setiap jenis soal yg akan diujikan nantinya.

tips mengerjakan soal skd cat cpns 2018

Dalam hal ini, Anda wajib mempertimbangkan menjawab soal menggunakan sempurna buat jenis soal yg mempunyai nilai Passing Grade paling tinggi.

Adapun passing grade buat setiap jenis soal adalah sebagai berikut:

1. Jenis Soal TKP memiliki Passing Grade 143 poin

Soal tes CPNS TKP tahun 2018 berjumlah sebesar 35 soal, dengan nilai Passing grade sebesar 143.

Soal TKP CPNS 2018 ini bila berkaca dalam tes seleksi cpns pada tahun yg lalu, umumnya terletak di paling akhir, yakni menurut soal angka 66 sd 100.

Jadi untuk lolos passing grade tkp pada skor 143, Anda setidaknya harus menjawab 25 soal dengan sahih (bobot nilai 5).

Dua. Jenis Soal TIU memiliki Passing Grade 80 poin

Soal tes CPNS TIU tahun 2018 berjumlah sebesar 30 soal, dengan nilai Passing grade sebesar 80. Bobot nilai buat soal TIU ini adalah buat jawaban yg sahih bernilai lima dan yang keliru 0.

Untuk soal TIU cpns 2018 ini, Anda setidaknya wajib menjawab 16 soal dengan sahih (16x5=80).

3. Jenis Soal TWK memiliki Passing Grade 75 poin

Soal tes CPNS TWK tahun 2018 berjumlah sebanyak 35 soal, dengan nilai Passing grade sebesar 75. Bobot nilai buat soal TIU ini merupakan buat jawaban yang benar bernilai 5 & yg salah 0.

Untuk soal TWK cpns 2018 ini, Anda setidaknya harus menjawab 16 soal menggunakan benar (16x5=80), dan disini Anda memiliki kelebihan nilai 5 lantaran passing grade buat TWK merupakan 75 poin.

Memilih Soal Termudah Saat Menjawab tes CAT CPNS 2018

Setelah Anda mampu memanajemen waktu Anda, membagi berapa saat paling usang yg harus Anda habiskan buat 1 soal cpns 2018..,

.., serta tahu berapa soal yg harus Anda jawab dengan benar buat setiap jenis soal yang diujikan baik itu TKP, TIU maupun TWK buat lolos skor passing grade agar Anda sanggup lulus seleksi kompetensi bidang..,

.., sekarang selanjutnya merupakan Anda harus memulai dengan menjawab soal yang paling gampang buat setiap jenis tes CAT CPNS 2018 nanti.

Untuk melakukannya, cobalah menggunakan mengatur menjawab soal misalnya ini:

1. Mengerjakan Soal TKP CPNS 2018

Ketika Anda berhadapan dengan personal komputer CAT BKN buat seleksi SKD penerimaan CPNS 2018, cobalah buat mengerjakan soal yang paling gampang terlebih dahulu.

Dan untuk soal yang dianggap paling mudah adalah soal TKP (tes karakteristik pribadi).  Sebab, tes ini adalah untuk mengambarkan kepribadian Anda sebagai peserta seperti integritas, kejujuran dan ketegasannya.

Setiap Soal TKP CPNS 2018 memiliki nilai skor 1-5, yang artinya adalah jawaban apapun yang Anda pilih, semuanya memiliki nilai.

Adapun materi soal TKP dari Permenpan No 36 Tahun 2018 merupakan:

  • Sosial budaya
  • Kreatifitas dan inovasi
  • Professionalisme
  • Jejaring kerja
  • Integritas diri
  • Semangat berprestasi
  • Kemampuang menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
  • Kemampuan bekerjasama dalam kelompok
  • Pelayanan publik
  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Orientasi kepada orang lain
  • Kemampuan beradaptasi
  • Kemampuan mengendalikan diri
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  • Kemauan dan kemampuan belajar dan berkelanjutan
  • Orientasi pelayanan

2. Mengerjakan soal TIU CPNS 2018

Untuk memilih menjawab soal TIU yang termudah baiknya Anda mengatur untuk mengurutkan pada menjawabnya menjadi berikut:

- Soal Bahasa Indonesia

- Soal Sinonim

- Soal Padanan Kata

- Soal Antonim

Soal-soal misalnya Bahasa Indonesia, Sinonim, Antonim & Padanan Kata ini tidak terlalu menyita ketika Anda.

tips mengerjakan soal skd cat cpns 2018

Kemudian baru dilanjut dalam soal cerita. Dalam menjawab soal cerita dalam jenis tes TIU, cobalah buat menjawab soal yang ceritanya tidak terlalu panjang paragrafnya, setelah itu baru lanjut ke soal matematika.

Untuk soal matematika ini cobalah untuk menjawab soal Numerik terlebih dahulu, karena umumnya soal Numerik lebih gampang dibanding dengan soal deret nomor dan aritmatika.

Adapun materi soal TIU dari Permenpan No 36 Tahun 2018 adalah:

3. Mengerjakan soal TWK CPNS 2018

Seperti yang pernah kami bahas dalam postingan kami di Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) - Penerimaan CPNS 2018, tes TWK ini adalah termasuk tes CAT CPNS yang cukup berat.

Sebab para pelamar CPNS 2018 nantinya akan diuji tentang wawasan kebangsaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tes TWK ini sifatnya merupakan hafalan, dan pula ada materi soal yg isinya tentang wawasan daerah tempat dimana pelamar CPNS 2018 akan ditempatkan.

Tidak ada tips secara spesifik dan khusus pada menjawab tes TWK ini, hanya saja buat sanggup menjawab tes TWK, Anda harus tak jarang-seringlah membaca mengenai Pendidikan Kewarganeraan (PKN).

Dan jua sering-tak jarang menjawab model soal tes wawasan kebangsaan.

Anda nir akan pernah bisa lolos seleksi penerimaan CPNS, bila Anda tidak mempunyai persiapan yg relatif matang, terutama dalam hal belajar & mengulang-ulang contoh-model soal CPNS.

Dan Anda sanggup belajar dan mengulang-ulang menjawab model soal CPNS dengan membeli buku tes cpns, atau mampu pula menggunakan mendownload model soal yg poly tersebar di internet.

Dan yang paling mudah merupakan dengan mempelajari & mengulang-ulang contoh-model soal CPNS menurut kami awambicara.

Anda sanggup melihat model-contoh soal cpns kami pada menu CPNS/ CASN diatas.

Selain contoh soalnya, kami pula menyertai tips & trik cara menjawab cepat buat setiap jenis & bentuk soal cpns 2018 yang akan diujikan nantinya.

Kuncinya adalah OPTIMIS.. LATIHAN RUTIN.. PERCAYA DIRI..

Layaknya seseorang atlet, buat menjadi kampiun beliau harus & sangat membutuhkan latihan rutin buat setiap harinya, & begitu juga buat sanggup menjawab soal cpns 2018 dan lulus menjadi PNS Andapun wajib sering belajar, rutin belajar, optomis, serta percaya diri pada menjawab seluruh soal yg akan diujikan nantinya.

Dalam Tips Mengerjakan Soal Ujian Seleksi SKD CPNS menggunakan Sistem CAT BKN pada Sscn.Bkn.Go.Id ini, kami telah menyertai link-link tautan yg menuju ke contoh-contoh soal berdasarkan masing-masing materi.

Hal itu kami lakukan buat memudahkan Anda dalam belajar dan menavigasi artikel Tips Mengerjakan Soal Ujian Seleksi SKD CPNS menggunakan Sistem CAT BKN di Sscn.Bkn.Go.Id ini. Sukses buat kalian, terimakasih!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2