Cara Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda

Melakukan sebuah usaha akan terasa sangat membosankan waktu tidak ada orang-orang yang memperhatikan & menaruh apresiasi atas apa yg kita lakukan.

Berinteraksi & Melibatkan Audiens Blog

Percayalah, saya telah pernah mencicipi hal itu.

cara berinteraksi dan melibatkan audiens blog

Bahkan saya pernah dicibir sang sahabat aku sendiri atas aktivitas ngeblog ini.

Dengan nada sedikit mengejek, ketika aku baru saja memulai ngeblog, dan diterima google adsense, dimana penghasilan perbulan aku ketika itu hanya Rp.12.000 saja, ia mengatakan:

"Wow, usaha yg menjanjikan..Setahun belum tentu dapet satu juta.."

Ia berkata itu sambil tertawa & dihadapan banyak sahabat-teman kantor saya yang lain.

Apakah lantaran ejekan itu, kemudian saya berhenti ngeblog?

TIDAK!

Saya tidak berhenti, bahkan itu menjadi cambuk buat aku , sebagai pelecut semangat aku buat sanggup berhasil seperti blogger-blogger yg sudah menikmati output jerih payah mereka.

melibatkan audiens blog

Karena satu hal yang sebagai pegangan aku ..Mereka bisa, mengapa saya tidak?

Jadi aku harap, Anda pula tidak keluar berdasarkan ngeblog Anda, & patah semangat apabila bisnis ngeblog anda tidak menerima perhatian atau apresiasi atau mungkin bahkan ejekan baik itu berdasarkan sahabat dekat anda ataupun berdasarkan audiens anda.

Akan tetapi, itu bukan berarti aku selalu tegar & kuat menghadapinya..Ada kalanya diwaktu-saat tertentu saya ingin menyerah, & meninggalkan dunia blogging.

Tetapi lantaran kuatnya keinginan aku buat berhasil, menciptakan saya urung dan pantang buat menyerah.

Dan saya jua tahu bahwa Anda pasti juga berpikir misalnya aku .

Bahwa Anda bukanlah orang yang mudah menyerah....

Jadi aku tidak akan menganggap anda orang yg pantang menyerah, namun percayalah....

Ada kalanya anda akan menemukan diri anda pada keadaan down..Hilang semangat & rasa ingin menyerah.

Bahkan mungkin terdapat beberapa dari Anda akan berhenti sejenak, atau menunda membuatkan blog Anda saat Anda tidak melihat ada kemajuan berarti di blog Anda.

Dan pada akhirnya, Anda akan menghilangkan daftar tugas menulis blog anda dalam aktivitas rutin harian Anda.

Jujur saja, pemicu semangat ngeblog adalah perhatian & apresiasi berdasarkan para pembaca blog kita, para Audiens.

Iya, audiens adalah raja, jadi perlakukan mereka layaknya seorang tamu dan anda adalah seorang pelayan...(lihat: Bagaimana Cara Menjadi Blogger yang Berguna dan Terkenal? Baca Ini!)

Dan bila blog kita sepi komentar, sepi tanggapan audiens, sepi nyinyiran mereka, maka lambat laun akan tetapi pasti, semangat ngeblog kita yang berapi-api akan padam secara perlahan.

Karena itu, kali ini aku ingin menunjukkan pengalaman saya bagaimana cara melibatkan pembaca pada blog yang kita bangun.

Mungkin strategi ini pula dipakai sang blogger-blogger yg lain, namun setidaknya apa yang akan aku bagikan ini adalah hasil dari pengalaman aku sendiri.

Konten Berkualitas

Baiklah, yuk kita mulai!

Sebelum kita melanjutkannya, jawab satu pertanyaan berdasarkan aku !

"Apa yang membuat blog Anda sangat istimewa?"

Saya rasa semua blogger sepakat, jawabannya adalah: Konten. Betul Tidak?

Konten yang berkualitas

Yang menciptakan sebuah blog tidak sinkron menggunakan blog yang lainnya adalah konten.

Walaupun blog tersebut membahas suatu hal yang sama atau yg lebih dikenal dikalangan blogger adalah niche.

Yang membuat istimewa berdasarkan suatu blog merupakan konten.

Saya jadi teringat bagaimana dulu aku memulai ngeblog.

Saat saya mendaftarkan blog saya buat menjadi publisher google adsene, aku berkali-kali ditolak oleh google adsense.

Saya galau, apa yang menyebabkan blog aku hingga ditolak google adsense?

Setelah aku pelajari dan baca alasan penolakan dari google adsense adalah lantaran konten aku nir memadai.

Jadi jelas, konten merupakan suatu hal primer & terpenting pada ngeblog, bukan tampilan atau templates blog nya.

Pembaca tidak akan tertarik dengan suatu blog yg tidak memiliki konten yang memadai, walaupun tampilan blognya cantik luar biasa.

Yang Dicari Orang pada Internet

Baiklah?

Saya lanjutkan lagi....

Pertanyaan berikutnya:

"Apakah Anda memahami, apa yg menciptakan konten Anda istimewa?"

Jawaban: Solusi + Cerita + Khasiat

IYA!

Ingatlah satu aturan dunia blogging: BERIKAN APA YANG PEMBACA BUTUHKAN!

yang dicari orang di internet

Orang tidak akan melihat atau mencari sesuatu pada internet, kecuali karena mereka memang membutuhkan kabar tadi, dan lantaran mereka ingin mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.

Tetapi, secara umum, ada tiga hal yang pembaca ingin lihat di posting blog:

1. Solusi buat Masalahnya:

Pembaca, akan sangat antusias & terburu-buru meng-klik sebuah judul menurut output pencarian dan membukanya lantaran mereka pikir itu akan membantu mereka.

Ingatlah, bahwa mereka mencari solusi buat masalahnya, & terburu-buru mengklik buat melihat isi konten tadi.

Hal ini mungkin karena mereka tidak ingin membuang-buang saat mereka dalam mencari, jadi mereka ingin cepat merogoh sesuatu yang bermanfaat.

Dan saat pembaca menemukan solusi yg mereka inginkan, mereka akan mencobanya.

Namun jika ternyata konten tadi terlalu poly narasi & ceritanya serta dalam akhirnya tidak memberikan solusi apa-apa, mereka akan dengan cepat meninggalkannya..Dan bounce rate blog andapun akan sangat tinggi.

Contoh: Blog Awambicara ini adalah blog belajar dan informasi. Berisi tentang belajar lulus tes CPNS, serta berisi tentang informasi seputar penerimaan CPNS. Selain itu blog ini juga berisi tentang informasi-informasi mengenai hukum di Indonesia, tentang bagaimana berhadapan dengan hukum, tentang hukum pidana, beracara di pengadilan, tentang hukum perdata, gugatan, permohonan, advokat dan yang lainnya.

Dua. Panduan mengenai sebuah Topik:

Ada kalanya para pembaca blog ingin menilik berbagai hal & menemukan tutorial yg bisa membantu mereka.

Panduan atau how-to- atau jika di Indonesia kan "Bagaimana Cara-", "Tips untuk-", "Cara untuk-" dan lain sebagainya, yang cukup populer di blog.

Hampir setiap blogger, yg mengangkat tema/ niche tentang blog akan menulis postingan blog berupa pedoman yang akan membantu pembacanya.

Tentang bagaimana langkah-langkah ngeblog, tips & trik ngeblog dan lain sebagainya.

Contoh: Blog ini membahas tentang contoh-contoh soal CPNS beserta kunci jawabannya yang dilengkapi dengan tips dan trik menjawabnya. Panduan tentang bagaimana menjawab soal tes cpns dalam waktu singkat, panduan menghemat waktu dalam menjawab tes cpns. Blog ini juga membahas tentang panduan beracara dipengadilan, mengajukan gugatan, permohonan, dan sebagainya.

3. Peralatan & Sumber Daya yg Berguna Menyelesaikan Sesuatu:

Blgo Anda mungkin menunjukkan beberapa indera yang berguna & bermanfaat buat dibagikan dengan pembaca Anda di pada konten atau secara pribadi memberi tahu mereka di judul posting blog Anda.

Setelah pembaca blog mengetahui bahwa Anda selalu membuatkan alat-alat hebat, mereka akan terus mengikuti dan menunggu artikel-artikel Anda berikutnya.

Contoh: Blog yang membahas tentang peralatan atau sumber daya yang berguna menyelesaikan suatu masalah biasanya blog yang membahas tentang pemograman, coding atau templates blog. Blog awambicara ini tidak membahas tentang peralatan dan sumber daya ini, jadi sebagai contoh Anda bisa melihat blog dari kompi ajaib. Disana banyak dibagaikan tool-tool menarik seputar dunia blogging.

Pada dasarnya, pembaca mencari 3 hal primer tersebut di internet.

Jadi sekarang Anda sudah melihat & memahami apa yg ingin dilihat oleh pembaca di postingan blog.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menciptakan postingan blog Anda menarik pembaca.

Bisa jadi saat anda membaca blog favorit anda, Anda mungkin sudah terperangkap oleh sebuah strategi memikat pembaca yg diterapkan oleh penulis blog favorit anda.

Saya sendiri mengakuinya.

Saya mungkin memang telah berada dibawah perangkap yang dibuat oleh blogger favorit saya, tetapi aku menyukainya & itu terasa sangat menyenangkan...(I loved it..)

Sekarang, saatnya buat mengetahui hal-hal apa saja yang membuat para pembaca buat permanen terhubung menggunakan blog kita.

Hal ini bisa menjadi sebuah dorongan yang secara tiba-tiba mengatakan "HENTIKAN" atau "JANGAN LAKUKAN ITU".

Akan tetapi buat sebagian besarnya, Anda sine qua non di sana untuk membantu & mendidik pembaca Anda, bukan hanya mengungkapkan "HENTIKANdanquot; atau "JANGAN LAKUKAN ITUdanquot;.

Cara Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens

Berikut ini tujuh cara untuk melibatkan pembaca blog Anda:

1. Masukkan Cuplikan Inti Artikel/ Konten di Awal

Banyak blogger yg melakukan ini dan saya juga.

Hal ini sebenarnya merupakan taktik untuk menciptakan pembaca Anda siap secara mental bahwa sesuatu yg menakjubkan terdapat di sana dan mereka akan menyaksikan itu.

Cuplikan itu sendiri Berisi:

Anda bisa memberi cuplikan berupa petunjuk tentang apa yg akan terjadi, mengapa mereka (pembaca) harus tetap melanjutkan membaca konten Anda.

Dan tunjukkan apa yg akan terjadi bila mereka terus membaca artikel tersebut hingga terselesaikan.

Ketika tujuan Anda adalah buat melibatkan pembaca pada postingan blog Anda, & Anda konfiden bahwa konten Anda niscaya akan membantu mereka, kemudian lanjutkan.

Para pembaca akan merasa takjub ketika mereka memahami bahwa Anda akan menyampaikan rahasia Anda atau memberikan tips yang bagus pada mereka.

Contoh: Anda bisa lihat artikel saya tentang "Pihak Tanpa Sertifikat Menggugat Kepemilikan Tanah yang Bersertifikat".

2. Memberikan Contoh dalam Konten

Ketika Anda membentuk pandangan Anda pada goresan pena blog Anda menggunakan kesederhanaan, keaslian, dan kejelasan, sebagai lebih mudah bagi audiens buat memahami.

Dan ketika Anda menambahkan menggunakan memberi contoh pada konten Anda, bukan hanya membantu pembaca tahu konsepnya, namun pula menyebutkan esensi pesan menurut konten Anda.

Contoh: Anda bisa lihat di konten atau artikel ini, dimana saya memberikan beberapa contoh dalam setiap panduan yang telah saya berikan. Atau anda bisa melihat juga dari artikel-artikel saya yang lain, yakni: pembahasan soal CPNS, belajar bahasa inggris dan hukum di blog awambicara ini.

Memberikan contoh pada konten akan memberikan Anda tiga manfaat, yakni:

1) - Membantu membangun kepercayaan audiens.

2) - Memberikan bukti yang autentik tentang sudut pandang Anda.

3) - Memberikan Anda pengaruh untuk menjelaskan topik.

Ketiga manfaat tadi akan membantu Anda buat lebih dekat menggunakan audiens yg berinteraksi menggunakan Anda.

Ketika pembaca Anda tahu sudut pandang Anda menggunakan donasi model yang Anda gunakan, kemungkinannya adalah mereka akan selangkah lebih maju buat mengikuti Anda.

Gunakan aneka macam contoh pada posting blog Anda.

Jangan menciptakan diri Anda terjebak di bawah pertanyaan yang nir pasti, seperti:

Berapa poly contoh yg harus saya tambahkan?

Bisakah aku menambahkan model blog saya sendiri?

Haruskah saya menautkan ke orang lain sambil mengutip mereka pada model?

Haruskah saya menggunakan tautan atau screenshot buat menambahkan model?

Anda menginginkan perhatian, Anda menginginkan jangkauan sosial, & Anda ingin lebih banyak membuatkan sosial.

Bagaimana? Apakah hingga saat ini cukup kentara buat Anda?

Baiklah. Teruslah membaca ...

Banyak blogger dan motivator menggunakan model buat mendidik audiens mereka.

3. Seni Bercerita

Bercerita atau mendongeng bukan hanya sebuah seni tapi ini adalah sebuah seni yang luar biasa.

Ketika Anda mempunyai gaya, pengetahuan, dan semangat buat melibatkan penonton, maka Anda wajib melakukannya sebaik mungkin.

Bercerita adalah sesuatu yg dapat memukau pendengar.

Anda pernah menonton film animasi malaysia "Pada Zaman Dahulu"?

seni bercerita blog

Saksikanlah bagaimana anak-anak Anda, atau keponakan Anda, atau bahkan Anda sendiri terpukau & kagum dengan ceritanya? Dan semuanya terlihat begitu konkret?

Baiklah?

"Aki atau Kakekdanquot; yg berperan pada serial animasi tadi memang mempunyai talenta menceritakan sebuah kisah atau cerita dongeng.

Para salesman yg memberikan dagangannya pada komplek-komplek perumahan akan laba besar waktu mereka berhasil menaruh cerita atau kisah mereka yang dapat memukau ibu-mak kompleks disana.

Anda bisa melakukannya dengan mengetahui rahasia bagaimana membuat judul posting blog yang menarik dan memikat pembaca. (lihat: Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca).

Buatlah pembaca ingin memahami mengenai isi konten, & dalam akhirnya orang ingin mempelajari posting blog dan buletin Anda.

Contoh: Mengapa Profesi PNS Selalu Jadi Primadona? Ternyata Ini Sebabnya!

4. Jadilah Pemecah Masalah

Saya memberikan keterangan yg aku harapkan sanggup menjadi solusi & pemecah perkara pembaca saya.

Saya tahu keterangan berupa solusi ini akan membantu saya dalam menciptakan kreasi konten, menulis lepas dengan lebih gampang.

Sedangkan buat tool-tool blogging, seperti templates, tool SEO, jua saya sertakan diblog ini.

Khusus buat templates, saya nir memberikannya secara eksklusif, tetapi saya mengarahkan pembaca aku ke blog lain yang khusus membahas mengenai templates, seperti kompi ajaib.

Untuk pencarian kata kunci atau keyword, saya menggunakan tool gratis ekstensi google chrome keywordeverywhare.

Semua alat itu bisa memecahkan kasus aku . Jadi aku menyukai tool-tool tadi, terutama lantaran gratis tentunya.

Selain keywordeverywhere, untuk pencarian kata kunci atau keyword yang memiliki volume pencarian tinggi beserta dengan tingkat persaingannya, saya juga menggunakan tool dari neil patel yakni ubersuggest.

Semua alat tersebut yg sudah aku sebutkan, adalah indera yg aku gunakan pada blog awambicara saya ini.

Ingat, waktu Anda mulai memecahkan kasus audiens Anda di niche Anda, mereka akan mulai menyukai & mencintai Anda ...

Anda mungkin nir memahami apa yg akan terjadi selanjutnya..

Orang-orang akan mulai mendengarkan Anda, mereka mulai sepakat dengan Anda, dan mereka mulai mengikuti jejak Anda.

Ingatlah selalu, semakin poly orang mengikuti Anda, semakin Anda wajib bertanggung jawab.

Intinya merupakan, bila Anda ingin menciptakan orang tiba ke situs web atau blog Anda, Anda wajib membuatnya menjadi sebuah alat yang berguna untuk mereka.

Lakukan sesuatu yang membantu mereka seperti yg telah aku sebutkan tadi bahwa saya secara teratur memakai indera seperti keywordeverywhere dan ubersuggest.

Mengapa?

Karena tool-tool ini membantu aku , itulah mengapa aku merekomendasikannya.

5. Gunakan Tangkapan Layar (Screecshot) untuk Menarik Pembaca

Berbicara mengenai keterlibatan pembaca, screenshot sebenarnya membantu saya buat menarik pembaca.

Saya selalu mengambil tangkapan layar/ screenshot jika saya memberikan sebuah konten berupa panduan atau trik, seperti pada konten: Tombol Share atau Bagikan Facebook HILANG? Begini Cara Mengatasinya.

Saya perhatikan bahwa orang-orang menyukai tangkapan layar aku .

Kenapa?

Karena ini membantu mereka memahami maksud saya.

Dan Anda mungkin ingin melakukan hal yang sama pada blog Anda.

Anda tentu tidak ingin menciptakan pembaca anda pergi begitu saja tanpa menerima apa-apa di blog Anda bukan?

Untuk menghindari itu, Anda wajib menggunakan setiap taktik yg memungkinkan buat terus melibatkan mereka.

Apabila Anda mengunjungi blog blogger-blogger terkenal lainnya & hal itu pemberi efek untuk Anda ...,

....Anda akan melihat bahwa hampir semuanya memakai tangkapan layar/ screenshot di postingan blog mereka, lantaran strategi ini membantu mereka mengungkapkan aneka macam hal ...

6. Tambahkan Sumber yg Beragam Referensi

Mencampur media yg tidak selaras & menambahkan surat keterangan yg tepat akan menciptakan konten Anda lebih berguna dalam melibatkan pembaca.

Sumber yang majemuk tidak hanya membantu Anda buat mengotentikasi sudut pandang Anda namun jua menambah nilai pada pekerjaan Anda.

Blogger memakai banyak sekali situs buat menambahkan surat keterangan di konten mereka.

Dari video YouTube, presentasi Slideshare, artikel, sampai e-book.

Mereka memakai surat keterangan dari semua hal yang memungkinkan & tentu saja relevan.

Flipboard adalah platform yang luar biasa untuk menemukan konten terbaik yang diterbitkan dalam aneka macam kategori.

Scribd membantu Anda menemukan e-book diberbagai kategori.

Semakin Anda membuat konten Anda berguna, semakin banyak orang yg akan terlibat dengan Anda.

Alasannya sederhana, ketika Anda mempunyai artikel yang rinci & beragam buat ditampilkan, itu akan memberikan citra artikel yang berbasis penelitian yang bisa menggambarkan kerja keras Anda.

Dan orang-orang sangat menghormati sebuah output kerja keras.

7. Soroti Artikel yg Relevan

Orang biasanya tidak mengklik pada artikel terkait yang timbul di akhir artikel secara otomatis.

Mungkin lantaran artikel tersebut keluar secara rambang & nir ada sinergi apa pun antara artikel yg Anda baca & artikel terkait yg muncul pada footer atau artikel populer di sidebar.

Apabila Anda perhatikan, seluruh blogger mengungkapkan artikel mereka yang relevan di konten mereka?.

Atau yang biasa kita kenal dengan internal link.

Hal itu, juga bisa anda lihat dikonten/ artikel " Cara Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda" ini.

Artinya, hal ini adalah taktik yg sangat bermanfaat buat Anda adopsi.

Ada 3 manfaat menyoroti konten atau menaruh tautan internal terkait yang diposting sebelumnya:

Anda mendapatkan tautan internal di blog Anda

•  Menurunkan Bounce Rate atau Rasio Pentalan

•  Memandu pembaca dalam menemukan konten terkait

•  Membantu search engine meng crawler konten/ halaman blog Anda dan diindeks dengan cepat dan baik oleh search engine.

Meskipun, peringkat output pencarian search engine bergantung pada poly faktor yang tidak selaras, tetapi aku memiliki alasan buat percaya bahwa penautan internal jua membantu situs mendapatkan peringkat lebih tinggi pada mesin telusur.

Ketika Anda menciptakan tautan internal di blog Anda, maka itu akan memaksa Anda buat selalu menciptakan konten yg lebih berkualitas lagi.

Hasilnya, Anda akan menerima audiens yang akan jauh lebih terlibat pada Anda blog.

Apa yang akan Anda lakukan sekarang?

Saya tidak dapat menerapkan banyak hal secara beserta-sama.

Karena pada menerapkan suatu taktik baru, akan selalu membutuhkan ketika.

Tidak ada blogger yang menolak buat memiliki audiens yg selalu terlibat menggunakan mereka.

Lantaran audiens yg selalu terlibat akan bahagia mendengarkan Anda, menanti konten terbaru Anda, berbagi konten Anda, dan permanen mengunjungi blog Anda.

Anda mungkin ingin memakai plugin posting terkait atau plugin terkenal post untuk melibatkan pembaca.

Tetapi kembali lagi, saya ingatkan bahwa Anda tidak dapat memaksa seseorang buat mengembangkan konten Anda atau memaksa mereka buat menyukai pekerjaan Anda.

Gunakanlah semua taktik yg sangat memungkinkan buat melibatkan pembaca blog Anda.

Tetapi tetap menggunakan santun, sopan dan tentu saja lemah lembut.

Dari semua tools yang sudah saya sebutkan diatas, masih kalah jauh dan tidak akan ada yg dapat menandinginya menggunakan indera yang satu ini:

APA ITU?

Alat terbesar yang bisa Anda miliki adalah 'KONTEN BERKUALITAS' Anda.

Pembaca Anda wajib tahu bahwa mereka nir boleh melewatkan konten Anda.

Setelah Anda mulai menciptakan konten seperti itu, Anda akan melihat lebih banyak orang akan mengomentari artikel Anda & membuatkan menggunakan teman-sahabat mereka.

Apa lagi yang akan Anda lakukan buat melibatkan pembaca blog Anda?

Apabila anda mempunyai strategi yang lain, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

Intinya, teruslah berusaha untuk membuat konten yang berguna dan berguna bagi orang lain. Selanjutnya, izin aturan alam yg menyelesaikannya. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2