Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly

Memilih nama domain dan layanan hosting, mampu dibilang gampang-mudah susah.

Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu domain, dan apa itu hosting secara lengkap, karena jika anda telah memulai mencari bagaimana cara memilih nama domain dan layanan hosting yang baik dan SEO friendly, berarti anda telah sangat memahami apa itu domain dan apa itu hosting.

Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly

Apa itu Domain?

Nama domain atau biasa disingkat domain saja adalah bukti diri unik yang diberikan buat mengenal atau mengidentifikasikan nama komputer server sepertu web server atau email server pada jaringan personal komputer secara local juga internet secara global, dalam hal buat mempermudah pengguna internet atau jaringan dalam ketika akan melakukan akses ke server personal komputer tersebut.

Nama domain ini juga sebagai pengingat nama server yg dikunjungi tanpa wajib mengingat atau mengenal kumpulan angka-angka yg rumit yg dikenal menggunakan kata alamat IP (IP Address). Nama domain jua dikenal menggunakan istilah URL, atau alamat website/ blog. Sedangkan.....

Apa itu Hosting?

Adalah berupa layanan web hosting atau jasa layanan internet yang menyediakan asal daya server-server buat disewakan sebagai akibatnya memungkinkan bagi sebuah organisasi atau individu buat menempatkan keterangan-liputan pada internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Tips Memilih Nama Domain Dan Hosting SEO Friendly

Agar lebih gampang dipahami apa itu domain & apa itu hosting dapat kita analogikan menggunakan tanah & bangunan, yakni sebagai berikut:

Tanah = Hosting

Rumah/ Bangunan = Situs Web/ Website/ Blog

Alamat Rumah/ Bangunan = Nama Domain

Yang apabila diartikan merupakan menjadi berikut: Situs web/ website/ blog yang merupakan data & keterangan itu adalah bangunan/ rumahnya, & berdiri disebuah tanah yakni hosting nya, & rumah/ bangunan (website) diatas tanah (hosting) tadi memiliki alamat tertentu atau berlamat pada.....(domain/ nama domain).

Untuk layanan hosting sendiri, terdapat beberapa jenis layanan yang bisa kita pakai, antara lain: Hosting aneka macam (Shared Hosting), Hosting Dedikasi (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan Server Kolokasi (Colocatioan Server).Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu hosting mengembangkan (Shared Hosting), hosting pengabdian (Dedicated Hosting), VPS (Virtual Private Server) dan server kolokasi (Colocation Server).

Dalam memilih nama domain & layanan hosting tentu saja sangat berbeda, karena ke 2 hal tersebut kentara merupakan 2 hal yang tidak sama.

Dalam menentukan nama domain yang harus diperhatikan adalah menyangkut dengan "keterlihatandanquot; alamat situs web kita pada mesin pencarian (Search Engine), karena itu dalam menentukan nama domain tentu saja yang wajib diperhatikan adalah faktor SEO friendly nya, atau dengan istilah lain ramah SEO.

Tips menentukan nama domain yg SEO Friendly

1. Terdapat Kata Kunci/ Keyword

Hal ini dibutuhkan karena akan memudahkan anda dalam menerima hasil terbaik menurut hasil penelusuran search engine. Selain itu pula dapat membantu & juga memudahkan anda pada menciptakan link (backlink) untuk situs web/ blog anda dikemudian hari.

Menempatkan kata kunci atau keyword didalam nama domain yang akan digunakan, sebaiknya untuk kata kunci yang dapat menggambarkan secara keseluruhan mengenai topik (niche) yang akan dibahas pada situs web atau blog anda.

Sebagai contoh adalah blog awam bicara ini, kata kunci yang aku masukkan adalah kata kunci umum & bicara, yg mana umum berarti orang kebanyakan, orang biasa, & bicara, yg jika diartikan merupakan orang umum yang bicara apa adanya, atau bicaranya orang-orang umum .

Atau contoh lainnya merupakan jika anda membangun sebuah situs web bisnis online seperti jual beli batu akik bacan murah, maka anda sanggup menentukan nama domain Bacanmurah atau Akik Murah.

Dua. Menggabungkan Merek Bisnis & Keyword

Menggabungkan merek bisnis/ merk usaha anda menggunakan istilah kunci dalam nama domain situs web ini bisa sebagai pilihan buat anda yang ingin membentuk dan membangun sebuah merk atau merek bisnis anda sendiri. Yang akan sangat bermanfaat dikemudian hari, dimana brand usaha anda akan semakin dikenal & dalam akhirnya akan sebagai kata kunci sendiri dikemudian hari.

Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly

Contohnya adalah masih tentang blog awambicara ini. Awam bicara ini telah mempunyai merk tersendiri bagi pembacanya, yang mana pada laporan penelusuran organik google analytic, sudah mempunyai kata kunci merk bisnis tersendiri yakni "Awam Bicara".

3. Praktis di Ingat dan Singkat

Hal ini bertujuan buat memudahkan pembaca situs web/ blog anda buat pulang berkunjung ke blog atau website milik anda. Lantaran itu, upayakan untuk memiliki nama domain yg hanya terdiri berdasarkan satu suku istilah saja, tetapi jika tidak memungkinkan bisa memakai dua suku kata namun suku kata yg ringkas dan femiliar serta mendeskripsikan isi seluruh konten blog/ situs web anda.

Nama Domain yg singkat, sederhana juga mempunyai nilai tambah tersendiri bagi mesin pencari (search engine) apalagi nama domain yg singkat tadi memiliki istilah kunci yang mampu mewakili isi holistik blog atau website tadi.

Memiliki nama domain yg singkat & mempunyai istilah kunci yang mewakili isi holistik konten blog/ web memang bukanlah masalah mudah, karena umumnya jenis nama domain ini telah dimiliki oleh orang lain, dan umumnya dijadikan sebagai usaha jual beli nama domain oleh para pegiat bisnis jual beli nama domain.

4. Praktis Dieja

Tujuannya adalah supaya pengunjung blog/ situs web anda tidak keliru dalam mengetikan alamat URL situs web/ blog Anda. Tentu saja ini sangat merugikan sekali, apalagi merk bisnis atau merk situs web anda telah mulai dikenal poly orang. Jadi apabila seseorang mengenal atau mendengar nama blog/ situs web anda & eksklusif menuju alamat blog/ situs web anda tadi calon pengunjung nir diarahkan ke situs web yang keliru atau tidak selaras.

Sebagai contoh, misalkan nama blog ini menggunakan nama domain aw4mb1cara maka ketika orang mendengar awam bicara, dan beliau langsung menuju situs web awambicara.Id maka yg terjadi merupakan pengunjung tersebut eksklusif menunjuk pada situs web awambicara.Id bukan brand aw4mb1cara,id milik kita.

5. Kata Unik

Selain mempunyai keterkaitan menggunakan kata kunci, terkadang nama domain jua harus memperhatikan & menemukan istilah-kata unik yg memiliki "clickbaitdanquot; atau memancing rasa bertanya-tanya calon pembaca blog/ situs web.

Memilih nama domain dengan kata unik & bernuansa clickbait ini menurut saya memang cukup sulit, dan misalnya pun agak sulit buat aku temukan.

Namun menjadi citra buat anda, menurut aku nama domain yg mempunyai perbedaan makna clickbait atau rasa bertanya-tanya calon pembaca adalah terserahdeh,com.

Nama Domain tersebut nir mengandung istilah kunci, akan tetapi sangat femiliar & acapkali terdengar ditelinga orang indonesia, terutama dikalangan anak belia Indonesia jaman now.

Yang mana jua memiliki perbedaan makna clickbait, yakni memancing rasa penasaran, karena mempunyai kata yang sedikit mengandung atau menungkapkan sebuah perilaku, sifat atau ego.

6. Tanpa Tanda Hubung & Angka

Seperti yang telah saya bahas di point 4 Mudah Dieja, penggunaan istilah hubung seperti minus (?) dan Angka akan menciptakan pengunjung kesulitan dalam mengingat Nama Domain situs web atau blog Anda. Dan pula akan mengakibatkan kesalahan ketik alamat URL blog atau website di aplikasi perambat pada perangkat pengguna/ pembaca blog kita.

Karena itu, hindarilah penggunaan Tanda Hubung dan Angka pada Nama Domain yang akan kita buat, model nya seperti yg telah dibahas pada point 4 diatas buat nama domain yg menggunakan angka, sedangkan nama domain yang menggunakan kata hubung (-) tentu anda sudah acapkali melihatnya internet, seperti murah-meriah,com, gadget-murah,com, dll.

Tips menentukan Layanan Hosting

Hal ini merupakan sebuah problem: Penyedia layanan hosting mana yg harus dipercaya menggunakan situs saya?

Bagi pengembang, blogger, pemilik usaha mini , dan lainnya, memilih hosting sama halnya misalnya mencari "pasangan hidup yang sempurnadanquot;.

Jika dilakukan dengan benar, Anda bisa menghabiskan kebahagiaan seumur hidup menggunakan hosting yang handal & berkinerja tinggi yang selalu tersedia melalui telepon, chat, atau email buat menjawab pertanyaan-pertanyaan anda.

Namun, terburu-buru menjalin hubungan dengan hosting tanpa melakukan penelitian sanggup menyebabkan perasaan terperangkap, dijerumuskan, atau diperas. Memilih hosting yg salah seringkali berakhir dengan sakit ketua dan pula kerugian materi yg nir sedikit.

Saat ini saya masih pada penelitian untuk menjalin suatu interaksi dengan jasa layanan sewa hosting. Saya memang belumlah memakai layanan hosting tertentu untuk blog aku ini, aku masih menggunakan blogspot. Namun, walaupun demikian aku sudah mengalami pengalaman jelek dalam hal sewa layanan hosting buat situs web tempat kerja pemerintah tempat saya bekerja. ''

Dan aku tidak ingin hal ini terjadi pada situs web/ blog aku ini, karena itu saya menyusun pedoman langkah-demi-langkah ini buat bahan pembelajaran dan penelitian saya bagaimana aku mencari layanan hosting dan menyoroti beberapa hosting dengan fitur yang paling menarik, sebelum saya beralih dari blogspot ke layanan hosting tertentu pada ketika usia blog ini genap memasuki usia 1 tahun.

Lantaran saya berencana buat memakai layanan hosting sendiri untuk tahun kedua & seterusnya demi perkembangan blog awambicara ini.

1. Sesuaikan menggunakan Kebutuhan Situs Web/ Blog Anda

Apa yg ingin dan akan Anda lakukan dengan situs web/ blog Anda?

Memilih layanan hosting yang sempurna pada mendukung platform atau indera yang diharapkan buat membuat situs web/ blog yang Anda inginkan, ketersediaan penyimpanan, kecepatan, serta keandalan-keandalan lain yg relatif memadai bagi situs web/ blog Anda.

Misalnya;

Apakah situs web yang ingin anda bangun memerlukan pemrosesan pembayaran online?

Apakah anda inign menciptakan situs web galeri visual?

Atau mungkin hanya sekedar buat menulis blog pribadi?

Anda wajib sanggup menentukan layanan hosting yang sahih-sahih sempurna buat kegunaan situs web atau blog anda, & kebanyakan layanan hosting web telah menawarkan alat & infrastruktur pembuatan web yang mengkhususkan dalam jenis situs atau fungsi eksklusif.

Yang mana sanggup bermanfaat buat jenis situs web eksklusif tetapi tidak sinkron buat beberapa jenis situs web lainnya.

Dalam beberapa layanan web hosting acapkali kali telah sebagai paket bagian berdasarkan pembangunan situs web itu sendiri.

Dua. Pertimbangkan opsi pembuatan & bundling web

Anda dapat memilih layanan hosting yang menyediakan web-builder DIY & terdapat pula layanan hosting yang hanya menyediakan layanan hosting tanpa layanan web-builder DIY, pada artian, anda membangun sendiri situs web/ blog anda. Dan pula beberapa pilihan layanan hosting yang menggabungkan keduanya.

Layanan hosting & web-builder DIY (layanan adonan)

Banyak jasa layanan hosting yang pula memperlihatkan layanan web-building, yang mana memungkinkan kita buat membentuk situs web sendiri dan pula mendapatkan layanan hosting menjadi bagian menurut paket pembelian.

Contoh layanan hosting web yg juga menyertakan pembangun website yakni seperti; Wix, Weebly, Squarespace, Shopify dan Blogger (google domain).

Tips Memilih Nama Domain dan Layanan Hosting yang Baik dan SEO Friendly

3. Lakukan Penelitian

Setelah mengetahui situs web yang bagaimana yang anda butuhkan, dan layanan-layanan seperti apa yang Anda cari dalam hosting, saatnya untuk meneliti opsi hosting dan pembangun web Anda. Ada beberapa artikel mendalam yang dapat membantu Anda menemukan dan membandingkan berbagai host dan pembangun website (web-builder). (lihat thesitewizard) atau Anda dapat melakukan pencarian sendiri. Lalu buat daftar singkat pilihan utama Anda. Pikirkan kebutuhan situs web/ blog Anda untuk sekarang dan di masa depan.

4. Bandingkan Beberapa Faktor Kunci Berikut

Hal-hal khusus yang harus dicari pada layanan hosting web & pembangun situs web (wen-builder) bervariasi tergantung dalam kebutuhan situs web/ blog Anda, jadi gunakan daftar pada bawah ini untuk mengetahui hal-hal yg paling penting bagi situs web/ blog Anda.

A. Harga Pendaftaran dan Pembaharuan

Selain porto registrasi, pastikan buat menilik taraf perpanjangan & buat biaya tersembunyi atau kewajiban apa pun lainnya.

B. Kebutuhan Teknis

Pastikan layanan hosting web & pembangun situs web (web-builder) yang Anda pilih memenuhi seluruh persyaratan situs Anda, dan juga menilik hal-hal yg mungkin Anda inginkan atau butuhkan di masa mendatang, misalnya:

  • Jumlah domain yang bisa Anda host
  • Ruang server
  • Kecepatan
  • kehandalan
  • Batas bandwidth dan penggunaan
  • Pengaturan pengelolaan
  • Kemudahan penggunaan
  • Dukungan Layanan (tersedia 24jam/7hari seminggu)
  • Dukungan email, telepon dan livechat
  • Kustomisasi
  • Kemudahan Penyiapan
  • Kebijakan Pembatalan

Setelah memahami tips menentukan nama domain dan layanan hosting yang baik dan SEO friendly, sekarang saatnya anda memilih layanan hosting yg terbaik dan lengkap.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2