Cara Mencegah Nomor SIM Card di Duplikasi oleh Hacker

Akhir-akhir ini poly yg menyatakan bahwa akun media sosialnya diretas oleh hacker.

Apalagi menjelang tahun politik misalnya saat ini. Whatsapp, facebook, twitter, instagram & masih poly lagi laporan lainnya yg menyatakan akun media sosialnya diretas.

Mencegah Nomor SIM Card di Duplikasi

Dan yang paling hangat ketika ini adalah perkara gugatan terhadap facebook yg diajukan pada pengadilan negeri Jakarta Selatan, atas perlindungan data rahasia menurut pengguna facebook yg dimanfaatkan sang facebook buat kepentingan politik seorang.

Mencegah Nomor SIM Card di Duplikasi

Saat ini, buat melindungi penggunanya, akun media umum, email & lain sebagainya yang menyangkut tentang kehidupan global maya seorang, memakai proteksi dua langkah.

Atau perlindungan dua faktor, yakni selain dengan password, jua menggunakan menggunakan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.

Bahkan, bank-bank nasional pada layanan SMS atau M-Banking nya memakai nomor telpon atau SMS buat mengirimkan token transaksi m-banking nasabahnya.

Tetapi, yang namanya dunia digital, tidak ada proteksi yg benar-benar terjamin. Artinya, pada global digital selalu memiliki celah dan poly cara buat meretasnya.

Dari semua permasalah peretasan akun dan dunia digital kita, yg paling fundamental merupakan penggunaan kartu SIM GSM.

Karena, peretasan atau penggandaan nomor kartu SIM bukan nir mungkin buat dilakukan, bahkan pada beberapa kasus, seringkali kali kita dengar.

Sebut saja masalah Habaib Rizieq yg difitnah dengan masalah chat mesum nya. Sebelum tersebar chat tadi, HRS telah mewanti-wanti bahwa kartu SIM nya ada yang meretas atau menggandakannya.

Lantaran itu, beliau nir pernah menggunakan HP, atau memegang HP.

Ternyata nir lama berselang berdasarkan itu, memang ada pihak-pihak yg secara keji memfitnahnya.

Untuk itu, sebagai generasi milenial, generasi digital, kita pula wajib berpikiran secara digital.

Berpikiran digital artinya kita sadar bahwa dalam global digital, nir terdapat hal yg tidak mungkin terjadi, mulai dari orang berpura-pura menjadi kita, atau sebaliknya, hingga kerentanan jati diri global digital kita buat dimanfaatkan dan diretas sang hacker.

Pun begitu dengan nomor SIM GSM kita.

Penggandaan SIM GSM seluler ini, atau yang biasa diklaim menggunakan SWAP SIM, adalah saat seorang meyakinkan operator jaringan seluler buat mengalihkan angka SIM/ telepon kita ke kartu SIM yang mereka miliki.

Mencegah Nomor SIM Card di Duplikasi

Mereka memakai ini menggunakan maksud buat menjadi diri Anda. Memanfaatkan nomor kartu seluler Anda untuk menbobol akun media umum, email dan bahkan m-banking Anda.

Karena, apabila mereka berhasil menggandakan nomor SIM Anda, maka mereka dapat dengan gampang melewati inspeksi otentikasi 2 faktor berbasis sms yang melindungi akun Anda yang paling sensitif.

Menurut data menurut investor cryptocurrency SWAP SIM telah mengakibatkan pencurian token senilai 23,8 juta dollar.

Ini Adalah hal yg sangat serius, jangan pernah Anda menggangap bahwa penggandaan angka SIM seluler ini merupakan suatu hal yg tidak mungkin.

Apabila para pembajak kartu SIM yg ahli telah menargetkan Anda, percayalah, nir poly yg bisa Anda lakukan buat menghentikannya, mereka menggunakan sangat mudah mengambil seluruh identitas online Anda.

Karena bagaimana mereka dapat melakukan itu, yakni menggandakan kartu SIM Anda, tidak pernah bisa kita bayangkan. Setiap saat, setiap saat kemampuan mereka, intrik mereka dalam melakukan kejahatan ini terus berkembang.

Sekali lagi, dalam dunia digital, keamanan yg sempurna sekalipun tidak akan menghalangi mereka buat membobol kartu SIM Anda, atau merayu & menipu operator seluler kartu SIM Anda.

Faktanya, Flashpoint sebuah perusahaan keamanan digital menemukan beberapa tanda bahwa pembajak kartu SIM pada melakukan aksinya, merekrut pekerja ritel pada toko-toko ponsel bahkan merekrut karyawan-karyawan operator seluler buat menerima akses ke angka-nomor SIM yg dilindungi.

Apalagi, yang terbaru pemerintah memberlakukan registrasi ulang penggunaan kartu SIM seluler.

Sekilas bahwa hal ini merupakan sebuah tingkat keamanan yang tinggi, lantaran setiap nomor atau kartu SIM telah kentara siapa pemegang atau pemiliknya.

Namun, sebenarnya ini malah memudahkan seseorang buat mengenal Anda. Para hacker, melalui jaringan mereka akan dengan sangat gampang menemukan target korban mereka.

Misalnya, seorang seniman atau tokoh warga terkenal, seluruh identitasnya telah tersimpan pada operator seluler yg digunakannya.

Melalui rekan atau jaringan mereka yang bekerja pada toko-toko ritel ponsel atau operator seluler akan menginformasikan pada hacker tersebut siapa pemilik nomor SIM gsm itu, dan mereka akan dengan sangat mudah menggandakan nomor SIM seluler tersebut dan berpura-pura menjadi seniman atau tokoh terkenal tersebut. (Iya, semudah itu)

Tetapi, Anda mampu mencegah itu. Anda bisa melindungi bukti diri digital Anda. Menjaga diri Anda berdasarkan agresi hacker yg tidak pernah Anda ketahui didunia maya.

Caranya?

Gunakan PIN pada pada Kartu SIM Seluler Anda

Setiap operator seluler utama pada Indonesia mempunyai opsi buat memasukkan PIN atau kode sandi di kartu SIM telepon seluler Anda.

Yang dulu umumnya bila kita lupa PIN nya kita sanggup minta kode PUK pada operator seluler.

Dengan melakukan ini, Anda sudah menambahkan satu jenis informasi baru, yakni sebuah benteng baru dimana akan membuat sulit para hacker buat membobol kartu SIM Telepon Seluler Anda.

Tetapi, tetap saja hal ini bukan berarti sebuah cara yang paling aman, karena seperti yang kami sebutkan diatas, dalam dunia digital, selalu ada celah buat membobol identitas digital kita.

Akan namun apabila kita memakai atau memasukkan PIN kedalam nomor SIM telepon seluler ini jauh lebih baik daripada nir sama sekali.

Iya, sudah banyak yang Anda simpan untuk data & bukti diri digital yang kita miliki.

Mulai menurut PIN ATM, Password email, password akun medsos, password komputer, password telpon seluler, dan lain sebagainya.

Ditambah lagi mengingat PIN Kartu SIM telpon tentu akan sangat mengganggu. Akan namun percayalah, hal itu sepadan menggunakan bisnis Anda dalam melindungi langsung digital Anda.

Hampir sebagian akbar orang telah mematikannya atau nir memakai opsi PIN ini, karena bila mereka tidak bisa mengingat PIN ny, maka mereka akan diribetkan oleh bermacam birokrasi yang harus dilalui buat membuka & menggunakan SIM Card mereka.

Tetapi, jika Anda mementingkan keamanan dunia digital Anda, maka Anda harus melakukannya, buat mencegah nomor SIM Anda dimanipulasi sang orang-orang yang nir bertanggung jawab.

Gunakan Keamanan Dua Langkah yang Lebih Baik (Two Factor Authentifikasi)

Menggunakan keamanan dua langkah menggunakan mendapatkan kode autentikasi 2-faktor melalui SMS itu lebih baik daripada tidak sama sekali, akan tetapi hal itu nir akan membantu Anda sama sekali jika SIM Card Anda di gandakan.

Jadi Apa yang wajib dilakukan?

Menggunakan Aplikasi Otentikasi.

Aplikasi misalnya Google Authenticator dan Authy memberi Anda lapisan keamanan tambahan seperti halnya keamanan 2 faktor berbasis SMS, namun mereka pula mengikatnya ke perangkat fisik Anda daripada hanya nomor SIM card yang diberikan perusahaan telepon.

Aplikasi ini menerangkan kode enam digit yang diperbarui setiap 30 dtk atau lebih, & tetap sinkron secara kontinu menggunakan layanan apa pun yang Anda hubungkan.

Ingin memakai keamanan dua faktor lebih jauh & baik lagi?

Pilihlah metode otentikasi fisik, seperti Google Titan Security Key atau Yubikey.

Menggunakan Otentikasi Fisik

Benda kecil ini sangat pas dalam gantungan kunci kendaraan beroda empat atau tempat tinggal Anda.

Google Titan Security Key

Tancapkan ke port USB personal komputer buat membantu memverifikasi identitas Anda. Apabila Anda sudah mengaktifkan token berbentuk fisik ini, ditambah dengan istilah sandi Anda, serta dengan mematikan otentifikasi SMS, maka jika terdapat yang ingin membobol global digital Anda, maka seorang secara harfiah harus mencuri otentikasi fisik Anda.

Otentikasi fisik ini pula dipakai sang Bank Mandiri & Bank BCA buat transaksi internet bankingnya.

Lakukan Tindakan Ekstra

Jika lantaran sesuatu hal Anda mengetahui bahwa seorang sudah mengetahui beberapa pasword akun digital Anda, & mungkin mempunyai akses ke angka telepon Anda, sehingga dia bisa membobol otentikasi 2 faktor via SMS, maka tindakan ekstra yg wajib Anda lakukan adalah menggunakan memisahkan antara kehidupan sosial digital & keterangan rekening bank Anda.

Pisahkan keterangan dan bukti diri Anda pada akun-akun instagram, twitter, & sebagainya itu dengan akun rekening eksklusif Anda.

Atau dengan kata lain, jangan gunakan email dan  nomor telepon yang sama untuk akun media sosial dan rekening Anda.

Tetapi, ketika ini, sangat sulit cita rasanya buat memisahkan antara kehidupan nyata menggunakan kehidupan global maya kita, terutama lantaran kita begitu terikat dengan poly aplikasi dengan angka telpon yang terkait dengan ponsel kita.

Yang, sekali lagi, pulang ke kasus inti.

Masalah keamanan global maya ini, telah sebagai sebuah permasalah serius bagi pengembang pelaksanaan.

Mereka berjuang buat menaruh sebuah tingkat keamanan ekstra bagi penggunanya, tetapi sekali lagi mereka belum menerima sebuah jawaban yg sahih-sahih bisa membuat aman seluruh orang.

Yang dalam akhirnya, demi kemudahan & kelancaran yg dirasakan pengguna, mereka menggunakan otentikasi 2 faktor dengan mengirimkan kode melalui SMS ke nomor telpon seluler kita. Walaupun hal itu sebenarnya sangat tidak aman.

Langkah lain yang bisa Anda ambil, merupakan KEWASPADAAN.

Jika secara datang-tiba ponsel Anda tidak bisa mendapat panggilan, atau nir lagi mendapat SMS masuk, maka Anda wajib percaya bahwa SIM card ponsel Anda bermasalah, bisa jadi karena serangan SWAP SIM, atau mampu juga lantaran kerusakan.

Karena itu, jangan pernah menahan untuk memperbaiki & melaporkannya ke operator seluler Anda, semakin cepat Anda bertindak semakin baik buat Anda.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2