Strategi Membangun Personal Branding di Sosial Media

Di era digital kini ini semua liputan berputar menggunakan sangat cepat. Dalam hitungan detik, informasi apapun sampai diujung jari kita.

Kehidupan yang dulu sangat konvensional, berubah cepat menjadi serba digital.

Pekerjaan, bisnis, bahkan kehidupan sosial bermasyarakatpun menjadi serba digital waktu ini.

strategi membangun personal branding di media sosial

Jika dulu untuk bersosialisasi, berkumpul dan bersilaturahmi, wajib bertemu dulu antara satu dengan yang lainnya.

Lihat: Cara Menghapus Status Lama di Facebook dan Twitter

Namun sekarang, relatif menggunakan satu perangkat telepon genggam, kita sudah sanggup saling berafiliasi antara satu dengan yang lainnya.

Pesatnya perkembangan teknologi keterangan, mengharuskan kita buat lebih produktif, kreatif bahkan wajib lebih protektif dalam kehidupan yg serba digital ini.

Strategi Membangun Personal Branding

Media sosial terus bermunculan, Facebook, Instagram, YouTube, Tumblr, LinkedIn, Twitter, & sebagainya, telah sebagai aktifitas rutin kita sehari-hari.

Dengan terus banyaknya sosial media yg ada ketika ini, tentu banyak juga dampak yg ditimbulkannya.

Baik itu efek positif juga impak negatifnya.

Dampak negatifnya nir kalah poly pula dengan impak positif yg dihasilkan menurut sosial media.

Selain banyak manfaat yang kita dapat menurut media umum, banyak jua impak negatif yg wajib kita hadapi.

Sebagian akbar dari kita sangat sadar, bahwa Facebook dan situs jejaring sosial lainnya menyebabkan poly risiko berfokus terutama bagi privasi kita di internet.

Apalagi menggunakan adanya skandal Cambridge Analytica.

Dimana 87 juta data pribadi pengguna Facebook berdasarkan seluruh dunia sudah disalahgunakan sang facebook, & hal ini semakin mengajarkan kita tentang pentingnya memproteksi data langsung berdasarkan situs jejaring sosial.

Dengan istilah lain, bahwa kita nir dapat & tidak boleh mempercayai situs media umum buat dapat menjaga kabar pribadi kita.

Sedangkan keliru satu contoh pengaruh positif dari penggunaan sosial media ini, selain menjadi jati diri ke 2 kita didunia maya (Internet), adalah menjadi media buat membuatkan usaha & membangun sebuah personal branding.

Apa itu Personal Branding

Bagi pebisnis/ pengusaha, tentu sudah nir asing lagi menggunakan apa itu personal branding.

Namun buat Anda yang belum mengetahui apa itu personal branding, dari Wikiepedia Personal Branding merupakan proses dimana orang-orang & karir mereka berlaku layaknya sebuah produk.

Personal branding ini acapkali dikaitkan menggunakan kesuksesan seseorang.

Personal Branding adalah bagaimana cara kita memasarkan diri kita sendiri pada orang lain atau komunitas yang sebagai sasaran pasar kita.

Perkembangan media sosial ini dalam akhirnya menuntut setiap individu buat terus mempertinggi cara-cara dan pendekatan pribadi buat membentuk personal branding.

Saat ini, penilaian orang lain terhadap langsung sesorang jua didasarkan dalam perilaku mereka di media umum, nir hanya pada kehidupan konkret sehari-harinya.

Apapun karir Anda, apapun usaha yang Anda rintis dan tekuni, kehadiran Anda di media sosial terlalu krusial buat Anda abaikan, guna membicarakan pesan kepada orang lain tentang siapa Anda.

Lihat: Hapus 10 Informasi Ini dari Facebook Anda Segera!

Ketika Anda merasa aktivitas Anda disosial media nir terlalu penting, maka bersiaplah untuk menyaksikan ribuan orang yg berhasil mencuri perhatian orang lain di lingkungan sekitarnya atau bahkan dunia.

Serta menyaksikan bagaimana beliau mencapai kesuksesan dalam karir dan bisnisnya lantaran telah berhasil membentuk personal branding nya sendiri.

Saya menjadi Admin Awam Bicara, sudah mulai merasakan bagaimana manfaat dari sebuah personal branding di sosial media,

terutama ketika saya membentuk dan merintis blog awambicara id.

Untuk itu, siapapun Anda, baik Anda yg sedang merintis bisnis sendiri, entah itu sebagai bisnis sampingan ataupun bisnis berskala besar , atau seorang youtuber dan blogger, ketika ini kami telah menyusun beberapa taktik mengenai bagaimana cara membentuk personal branding di sosial media.

Strategi Membangun Personal Branding pada Sosial Media

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Gelombang sosial media yg melanda kehidupan kita saat ini telah membuka poly cara buat membangun personal branding.

Sehingga menciptakan kita nir tau harus memulainya menurut mana.

Lantaran itu, berdasarkan kami, langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah menceritakan tentang diri Anda, kisah Anda sendiri.

Jika orang tidak mengenal kisah Anda maka nir akan terbentuk brand.

Ketika Anda menciptakan cerita personal branding Anda sendiri, ada empat pertanyaan yang wajib Anda jawab.

Siapa Anda?

Apa harapan Anda?

Mengapa Anda ingin mencapainya?

Dan Bagaimana Anda akan mencapainya?

Ketika Anda bisa menjawab keempat pertanyaan mendasar diatas, maka Anda sudah berhasil membentuk sebuah cerita personal branding Anda sendiri.

Selanjutnya, Anda niscaya akan menemukan pertanyaan-pertanyaan lain yang akan terus berkembang, seiring meningkatnya personal branding tersebut, misalnya:

Apa minat Anda?

Anda yang ingin Anda tonjolkan mengenai kepribadian terbaik Anda?

Apa dan siapa yg paling anda hargai?

Anda ingin menaruh Apa dalam kehidupan ini?

Ketika orang menyebut tentang diri Anda, apa yg ingin Anda dengar?

& seterusnya!

Jujur menjawab pertanyaan tersebut, akan membawa Anda kepada kesuksesan dalam membentuk personal branding Anda sendiri.

2. Membangun Profil

Ada poly platform yg bisa Anda pakai buat menciptakan profil personal branding Anda sendiri.

Salah satunya adalah dengan membentuk profil personal branding Anda pada sosial media.

Manfaatkan social media ini menjadi cara Anda buat berkomunikasi dan berinteraksi eksklusif dengan audience Anda.

Yang harus Anda lakukan pertama kali merupakan memilih channel social media yang tepat buat Anda.

A. Gunakan Nama yang Sama Untuk Semua Sosial Media

Siapa diri Anda sebenarnya terlihat berdasarkan profil sosial media Anda sendiri.

Lantaran itu, gunakan informasi asli dan foto diri Anda sendiri disana. Anda sedang membentuk personal branding, karenanya, jangan menggunakan nama-nama palsu, nama-nama alay yg bukan merupakan keterangan diri Anda sendiri disana.

Penggunaan nama yang sama untuk seluruh profil sosial media yg Anda miliki ini akan memudahkan orang lain atau audience yang ingin mencari kabar tentang diri Anda diberbagai sosial media yg terdapat.

Dengan menggunakan nama, foto asli yang sama untuk seluruh profil media umum yang terdapat, maka Anda sudah melakukan sebuah personal branding untuk nama Anda sendiri.

B. Update Profil Media Sosial Anda Secara Berkala

Pastikan buat selalu memperbaharui seluruh profil media umum Anda secara berkala.

Memperbaharui foto diri, deskripsi mengenai Anda waktu ini, biografi, juga karir dan usaha Anda.

Profil yang up to date secara bersiklus membuat personal branding Anda akan semakin gampang buat terlihat sang orang lain atau audience Anda.

Selain itu, audience Anda akan merasa konfiden & percaya bahwa akun yang Anda kelola merupakan sahih-sahih brand Anda sendiri & bukan akun robot atau akun yg dikelola oleh pihak lain.

C. Posting Hanya yang Menjadi Passion atau Minat Anda Sendiri

Semakin seringkali Anda menciptakan postingan yg sesuai minat dan passion Anda sendiri, maka semakin poly pula orang yg akan mengenali siapa Anda.

Tetapi perlu Anda jangan lupa, pastikan Anda memposting pada media sosial pada ketika yg sempurna.

Yang penting adalah temukan passion & minat Anda terlebih dahulu.

Kembali lagi kepada poin pertama "ceritakan mengenai diri Anda".

Apakah Anda seorang yang mempunyai passion mengenai travelling? Kuliner? Musik? Film? Dsb.

Postinglah sesuatu yang berhubungan dengan passion, minat & bakat Anda sendiri.

D. Join Halaman, Grup dan Komunitas

Halaman, gerombolan dan komunitas merupakan galat satu tempat Anda menimba dan menunjukkan ilmu yg telah Anda miliki.

Bergabung pada sebuah laman, komunitas atau gerombolan yang memiliki minat, passion & visi yang sama dengan Anda tentu akan menambah wawasan Anda sendiri.

Jangan sebagai anggota grup atau komunitas yg pasif, atau silent reader, tetapi pastikan Anda aktif disana.

Sering-seringlah mengajukan pertanyaan dalam gerombolan atau komunitas tersebut, supaya orang lain/ audience semakin mengenal Anda dan mengetahui apa bakat apa yg Anda miliki.

Lakukan interaksi sesering mungkin menggunakan mereka yang mempunyai passion, minat, visi & misi yg sama menggunakan Anda.

Ketika Anda tak jarang menyapa & berinteraksi dengan anggota grup dan komunitas yang lain, maka semakin besar juga kemungkinan orang lain melihat & merekomendasikan profil Anda pada orang lain.

E. Memilih Media yg Tepat

Ketika seluruh pertanyaan telah Anda jawab menggunakan amanah, dan Anda telah mengetahui apa yg sebagai minat dan passion Anda, saatnya Anda menentukan media yg pas buat mendongkrang personal branding Anda.

Apabila Anda memiliki passion atau minat dibidang photografi, maka media umum yg pas buat menyalurkan minat & talenta Anda adalah instagram dan tumblr.

Walaupun media sosial yg lain misalnya Facebook, twitter tetap mendukung hal ini, namun akan lebih baik Anda menentukan media sosial yg spesifik sesuai menggunakan bakat dan minat Anda sendiri.

Akan namun, media personal branding yang paling sempurna yg dapat Anda pakai merupakan blog langsung/ website.

Lihat: Hati-hati! Jangan Sebar Informasi ini di Internet

Lantaran dengan mempunyai blog langsung, Anda bisa dengan bebas menceritakan tentang siapa Anda. Menyalurkan minat dan talenta Anda sendiri.

Dan membuahkan platform media sosial lainnya misalnya twitter, facebook, instagram, youtube, dan sebagainya sebagai pendongkrak personal branding Anda.

Namun, dari seluruh media umum yang terdapat, pastikan bahwa Anda memakai setiap sosial media sinkron menggunakan porsinya masing masing.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2