Pidato Lengkap Visi Indonesia Presiden Jokowi

Inilah petikan lengkap pidato Presiden terpilih Joko Widodo mengenai Visi Indonesia yang disampaikan pada Sentul International Covention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat.

Indonesia Maju adalah Indonesia yang tidak ada satu pun rakyatnya tertinggal untuk meraih cita - citanya.

Assalamuallaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Om swastiastu

Namo buddhaya

Salam kebajikan

Bapak, Ibu, saudara-saudara sebangsa & setanah air.

Seluruh masyarakat Indonesia yg aku cintai. Hadirin yang berbahagia.

Kita wajib menyadari, kita wajib sadar semuanya bahwa kini kita hayati dalam sebuah lingkungan global yg sangat dinamis! Fenomena global yang karakteristik-cirinya kita ketahui, penuh perubahan, penuh kecepatan, penuh risiko, penuh kompleksitas, & penuh kejutan, yg seringkali jauh dari kalkulasi kita, tak jarang jauh menurut hitungan kita.

Oleh sebab itu, kita wajib mencari sebuah contoh baru, cara baru, nilai-nilai baru dalam mencari solusi menurut setiap kasus menggunakan inovasi-penemuan. Dan kita semuanya harus mau dan akan kita paksa buat mau. Kita harus meninggalkan cara-cara usang, pola-pola usang, baik dalam mengelola organisasi, baik pada mengelola lembaga, juga pada mengelola pemerintahan. Yang telah tidak efektif, kita buat menjadi efektif! Yang sudah nir efisien, kita buat sebagai efisien!

Manajemen seperti inilah yang kita perlukan kini ini. Kita harus menuju dalam sebuah negara yg lebih produktif, yang memiliki daya saing, yang memiliki fleksibilitas yang tinggi pada menghadapi perubahan-perubahan itu. Oleh sebab itu, kita menyiapkan tahapan-tahapan akbar.

PERTAMA, pembangunan infrastruktur akan terus kita lanjutkan! Infrastruktur yg akbar-besar telah kita bangun. Ke depan, kita akan lanjutkan dengan lebih cepat & menyambungkan infrastruktur besar tersebut, seperti jalan tol, kereta barah, pelabuhan, dan bandara dengan kawasan-daerah produksi warga . Kita sambungkan dengan tempat industri kecil, sambungkan dengan Kawasan Ekonomi Khusus, sambungkan menggunakan tempat pariwisata. Kita pula harus menyambungkan infrastruktur besar dengan tempat persawahan, tempat perkebunan, dan tambak-tambak perikanan.

KEDUA, pembangunan SDM. Kita akan menaruh prioritas pembangunan kita dalam pembangunan asal daya manusia. Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan. Titik dimulainya pembangunan SDM merupakan dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini adalah umur emas untuk mencetak insan Indonesia unggul ke depan. Itu wajib dijaga benar . Jangan sampai terdapat stunting, kematian bunda, atau kematian bayi semakin tinggi. Tugas akbar kita di situ!

Kualitas pendidikannya jua akan terus kita tingkatkan. Bisa dipastikan pentingnya vocational pembinaan, pentingnya vocational school. Kita juga akan membangun forum Manajemen Talenta Indonesia. Pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi bakat-talenta Indonesia.

Diaspora yang bertalenta tinggi harus kita berikan dukungan supaya menaruh donasi akbar bagi percepatan pembangunan Indonesia. Kita akan menyiapkan lembaga khusus yg mengurus manajemen talenta ini. Kita akan mengelola bakat-bakat hebat yang mampu membawa negara ini bersaing secara dunia.

KETIGA, kita wajib mengundang investasi yg seluas-luasnya pada rangka membuka lapangan pekerjaan. Jangan ada yg alergi terhadap investasi. Dengan cara inilah lapangan pekerjaan akan terbuka sebanyak-besarnya. Oleh karena itu, yang menghambat investasi, semuanya wajib dipangkas, baik perizinan yg lambat, berbelit-belit, apalagi terdapat punglinya! Hati-hati, ke depan saya pastikan akan saya kejar, saya kontrol, saya cek, & saya hajar jika diharapkan. Tidak terdapat lagi hambatan-kendala investasi karena ini adalah kunci pembuka lapangan pekerjaan.

KEEMPAT, sangat penting bagi kita untuk mereformasi birokrasi kita. Reformasi struktural! Agar lembaga semakin sederhana, semakin simpel, semakin lincah! Hati-hati! Kalau pola pikir, mindset birokrasi nir berubah, aku pastikan akan aku pangkas!

Kecepatan melayani, kecepatan memberikan izin, sebagai kunci bagi reformasi birokrasi. Akan saya cek sendiri! Akan aku kontrol sendiri! Begitu saya lihat nir efisien atau tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas, copot pejabatnya. Kalau ada lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, akan saya bubarkan!

Tidak ada lagi pola pikir lama ! Tidak ada lagi kerja linier, nir ada lagi kerja rutinitas, nir terdapat lagi kerja terus-menerus, tidak ada lagi kerja di zona nyaman. HARUS BERUBAH! Sekali lagi, kita wajib berubah. Kita wajib menciptakan nilai-nilai baru pada bekerja, menuntut kita harus cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Maka kita wajib terus menciptakan Indonesia yg ADAPTIF, Indonesia yg PRODUKTIF, dan Indonesia yang INOVATIF, Indonesia yg KOMPETITIF.

KELIMA, kita wajib menjamin penggunaan APBN yg penekanan dan tepat target. Setiap rupiah yg keluar dari APBN, semuanya wajib kita pastikan memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat buat rakyat, menaikkan kesejahteraan buat warga .

BAPAK IBU DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA, tetapi perlu aku ingatkan bahwa mimpi-mimpi akbar hanya sanggup terwujud apabila kita manunggal! Apabila kita optimis! Jika kita percaya diri! Kita wajib jangan lupa bahwa negara kita merupakan negara akbar! Negara menggunakan 17 ribu pulau. Dengan letak geo-politik yang strategis. Kita merupakan negara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika! Memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Demografi kita juga sangat bertenaga! Jumlah penduduk 267 juta jiwa, yg dominan pada usia produktif.

Kita harus optimis menatap masa depan! Kita harus percaya diri dan berani menghadapi tantangan kompetisi dunia. Kita wajib konfiden bahwa kita mampu sebagai galat satu negara terkuat pada global.

Persatuan & kesatuan bangsa adalah pengikat primer pada meraih kemajuan. Persatuan dan persaudaraan kita harus terus kita perkuat! Hanya menggunakan bersatu, kita akan sebagai negara yg bertenaga dan disegani di global! Ideologi Pancasila merupakan satu-satunya ideologi bangsa yang setiap Warga Negara harus sebagai bagian darinya!

Dalam demokrasi, mendukung mangkat -matian seseorang kandidat itu boleh. Mendukung dengan militansi yg tinggi itu juga boleh. Menjadi oposisi itu pula sangat mulia. Silakan. Asal jangan oposisi menimbulkan dendam. Asal jangan oposisi menyebabkan kebencian. Apalagi disertai menggunakan hinaan, cacian, & makian.

Kita mempunyai kebiasaan-norma kepercayaan , etika, rapikan krama, dan budaya yg luhur.

Pancasila adalah rumah kita beserta, tempat tinggal beserta kita sebagai saudara sebangsa! Tidak ada toleransi sedikit pun bagi yang mengganggu Pancasila! Yang mempermasalahkan Pancasila! Tidak ada lagi orang Indonesia yang nir mau ber-Bhinneka Tunggal Ika! Tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak toleran terhadap disparitas! Tidak terdapat lagi orang Indonesia yg tidak menghargai penganut agama lain, masyarakat suku lain, dan etnis lain.

Sekali lagi, ideologi kita merupakan Pancasila. Kita ingin beserta dalam Bhinneka Tunggal Ika, pada keberagaman. Rukun itu latif. Bersaudara itu indah. Bersatu itu indah.

Saya yakin, semua kita berkomitmen meletakkan demokrasi yg berkeadaban, yang menunjujung tinggi kepribadian Indonesia, yg menunjung tinggi prestise Indonesia, yang akan membawa Indonesia sebagai Indonesia Maju, Adil dan Makmur.

Indonesia Maju merupakan Indonesia yang nir ada satu pun rakyatnya tertinggal buat meraih cita-citanya. Indonesia yg demokratis, yg hasilnya dinikmati oleh seluruh masyarakat. Indonesia yg setiap rakyat negaranya mempunyai hak yang sama pada depan aturan. Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan & teknologi kelas dunia. Indonesia yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa & negara pada dunia yang semakin kompetitif.

Ini bukanlah tentang aku , atau engkau . Juga bukan mengenai kami, atau mereka. Bukan soal Barat atau Timur. Juga bukan Selatan atau Utara. Sekarang bukan saatnya memikirkan itu seluruh. Tapi ini saatnya memikirkan tentang bangsa kita bersama. Jangan pernah ragu buat maju lantaran kita sanggup apabila kita manunggal!

Terima kasih,

Wassalamu?Alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bogor, 14 Juli 2019

CALON PRESIDEN TERPILIH,

JOKO WIDODO

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2