Perbedaan Lampu Halogen, LED, HID pada Mobil

Salah satu perlengkapan yang sangat penting dari kendaraan bermotor pada hal ini kendaraan beroda empat, merupakan lampu.

Baik itu lampu primer, lampu senja, lampu sein, lampu rem, sampai lampu buat mundur.

Dulu, nir banyak jenis lampu yang digunakan dalam mobil, dan yg paling banyak digunakan merupakan jenis lampu halogen.

perbedaan hid led dan halogen

Namun, saat ini, rata-homogen kendaraan beroda empat keluaran modern telah mengusung jenis lampu LED (light emiting diode).

Seperti hal nya jenis lampu lainnya, lampu LED pula mempunyai kelebihan-kelebihan serta kekurangan-kekurangannya masing-masing.

Kelebihan lampu LED memang memberikan pancaran sinar yang lebih jelas, tetapi demikian lampu LED pula mempunyai kelemahan.

Lampu LED apabila menyala atau digunakan dalam waktu hujan lebat (diguyur hujan) pancaran sinar putihnya kurang aporisma.

Begitu juga saat digunakan dikawasan pegunungan, atau kawasan yang berkabut.

Selain itu, porto perawatan jika ada kerusakan berdasarkan lampu LED tadi nisbi lebih mahal menurut contoh konvensional.

Berbicara mengenai lampu pada kendaraan beroda empat, terdapat beberapa macam jenis lampu yg dipakai dalam kendaraan beroda empat, diantaranya lampu halogen, LED, & HID.

Nah, apa saja maksud dari lampu halogen, LED, & HID tersebut, dan dimana letak perbedaannya?

Simak penjelasannya berdasarkan kami, agar Anda tidak gagal paham lagi.

Baca: Alat Penghemat BBM Terbaik

Perbedaan Lampu HID, LED, Halogen

perbedaan hid led dan halogen

Pada era 90-an, penggunaan lampu halogen cukup populer kala itu. Lampu yg menyala terang dengan jeda pancaran sinar yang relatif jauh, menciptakan jenis lampu ini banyak diaplikasikan pada mobil-mobil keluaran 90-an.

Tetapi, jenis lampu ini memiliki kekurangan yg cukup mengganggu, yakni bisa menguras energi aki.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi, pencahayaan kendaraan beroda empat sekarang ini telah berkembang kedalam banyak sekali jenis pencahayaan, seperti lampu HID & LED.

Lampu mobil jenis Halogen, HID dan LED, mempunyai kelebihan & kekurangannya masing-masing.

Seperti misalnya buat jenis lampu LED memiliki kelebihan hemat energi, & kelebihan lampu HID mempunyai nyala yang sangat terang.

Selengkapnya, berikut adalah adalah perbedaan antara lampu HID, LED dan Halogen

Lampu Halogen

Lampu halogen merupakan jenis lampu pijar biasa. Tetapi lampu halogen dalam mobil berisi filamen tungsten yg dibungkus dengan kaca & dimasukkan gas (nitrogen atau argon atau crypton).

Listrik yg masuk ke bohlamp ini akan memanaskan filamen, sehingga mengakibatkan sinar atau cahaya yg lalu diperkuat sang gas yang ada pada dalam bohlamp lampu halogen tersebut.

Lampu halogen termasuk jenis lampu dengan intensitas cahaya yang cukup kuat. Karena itu, jenis lampu mobil halogen  ini banyak dipakai untuk pencahayaan jenis mobil-mobil adventure.

Kelemahan lampu halogen ini merupakan lampu menjadi cepat panas sebagai akibatnya tempat tinggal lampu tak jarang sebagai lebih cepat buram.

Selain itu, lampu halogen juga termasuk sangat boros energi listrik, dengan daya minimum 55 watt akan sangat menguras aki mobil sebagai akibatnya aki cepat drop.

Kelebihan dari jenis lampu mobil halogen ini merupakan harganya yang nisbi cukup murah & terjangkau dan poly tersedia pada pasaran.

Kelebihan Lampu Halogen

  • Murah
  • Mudah dicari
  • Mudah di Aplikasikan

Kekurangan Lampu Halogen

  • Boros aki
  • Membuat rumah lampu cepat buram
  • Membuat aki cepat drop

Perlakuan jenis lampu halogen ini pun sangat spesial , yakni dalam hal cara memegannya ketika akan diaplikasikan dalam mobil.

Yakni tidak boleh dipegang dalam bagian kaca bohlamnya, karena akan meninggalkan bekas minyak dalam kaca bohlam, dan bekas minyak ini akan mengakibatkan suhu sebagai lebih dingin dibandingkan menggunakan bagian atas yg tidak tersentuh.

Akibatnya, gas pada bohlam halogen akan terganggu pada membentuk pijar, dampak gas tersebut menempel dalam sisi dalam bekas pegangan tangan tersebut.

Karena jenis lampu halogen ini tidak disarankan buat dipegang dalam bagian kaca bohlamnya, tetapi dipegang dalam bagian pangkalnya, atau dipegang menggunakan memakai alas, misalnya tissue & sebagainya.

Baca: Apa itu ECU Mobil, Jenis dan Fungsinya?

Lampu LED

Lampu Light Emitting Diodes (LED) adalah jenis lampu yg memakai perangkat elektronika, chip semi konduktor dengan hambatan.

Lampu ini menggunakan dioda buat membangun cahaya sehingga sangat awet, kelebihan berdasarkan lampu LED merupakan selain awet, jua tidak membuat panas misalnya halnya lampu halogen.

Sehingga lampu LED terbilang lebih irit energi serta nir merusak tempat tinggal lampu.

Jenis lampu LED ini banyak digunakan dalam senter-senter jaman sekarang yang membentuk nyala putih, sangat awet dan nir gampang putus.

Lampu LED jua banyak digunakan sebagai penjelasan peralatan elektro lainnya misalnya komputer, sistem audio, panel kontrol dalam kendaraan beroda empat atau bagian dalam mobil (kabin).

Bahkan jenis Lampu LED ini sekarang sudah banyak dipakai sebagai penerangan dirumah-tempat tinggal , menggantikan jenis lampu konvensional lainnya.

Sekarang, mobil-kendaraan beroda empat keluaran terbaru banyak memakai lampu LED menjadi lampu primer kendaraan beroda empat, serta sebagai lampu DLR (Day Light Runtime).

Kelebihan Lampu LED

  • Hemat energi sehingga tidak membuat aki tekor
  • Tahan lama/ awet dan tidak mudah putus atau rusak
  • Banyak variasinya

Kekurangan Lampu LED

  • Sinarnya kurang maksimal dikala hujan lebat dan bekabut
  • Mahal

Lampu HID

Lampu High Idensity Discharge (HID) terbuat berdasarkan adonan gas dan logam langka yang membentuk nyala seperti sinar matahari yakni putih terang.

Sekarang ini, jenis lampu HID sedang ekspresi dominan-trendnya, dan poly dipakai pengguna kendaraan beroda empat, baik kendaraan beroda empat lawas juga kendaraan beroda empat keluaran terbaru.

Jenis lampu HID ini jua nir hanya dipakai menjadi lampu primer (Headlamp) tetapi juga buat lampu foglam & lampu dim, yg dimodifikasi secara khusus pada kendaraan beroda empat.

Jenis lampu HID ini memang sangat terang, sehingga silau yg sangat terang dari HID sering kali menciptakan pengendara lain menjadi terganggu.

Sehingga penggunaan jenis lampu HID ini sebenarnya cukup berbahaya.

Bahkan dibeberapa negara eropa dan australia penggunaan lampu HID yang menyilaukan dianggap melanggar lalu lintas.

Karena itu, poly negara mengeluarkan aturan yang cukup ketat pada penggunaan jenis lampu mobil HID ini.

Agar penggunaan cahaya dari lampu HID dapat dikendalikan atau nir memancar secara maksimal .

Kelebihan Lampu HID

  • Sangat terang
  • Tidak boros

Kekurangan Lampu HID

  • Mengganggu pengguna jalan yang lain
  • Mahal

Sedangkan di Indonesia sendiri, baru menjadi sebatas wacana, dan belum ada sanksi atau aturan hukum yang mengatur penggunaan lampu yang terang dan menyilaukan.

Baca: Prosedur Perpanjangan STNK di SAMSAT

Namun demikian, sebagai pengendara mobil yang bijak, kita tentu harus menghormati pengguna jalan yang lainnya.

Jadi, kita mulai dengan diri kita sendiri untuk penggunaan jenis lampu HID yang tidak terang maksimal, sehingga tidak menggangu pengguna jalan yang lain.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2