Pengertian Kepala Sekolah Menurut Para Ahli
Pengertian Kepala Sekolah Menurut Para Ahli - Kepala Sekolah berasal dari dua kata yakni “Kepala” dan “Sekolah”. Kata kepala dapat diartikan sebagai ketua atau pemimpin dalam suatu organisasi atau lembaga. Sedangkan kata sekolah diartikan sebagai suatu lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran. Secara singkat Kepala Sekolah dapat diartikan pemimpin sekolah atau suatu lembaga dimana tempat menerima dan memberi pelajaran.
Wahjosumidjo (2005: 83) mendefinisikan Kepala Sekolah menjadi seseorang tenaga fungsional pengajar yang diberi tugas buat memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat dimana terjadi interaksi antara pengajar yang memberi pelajaran dan anak didik menjadi penerima pelajaran.
Dari definisi tersebut di atas, secara sederhana pengertian Kepala Sekolah adalah Seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Dengan ini Kepala Sekolah dapat disebut sebagai pemimpin di satuan pendidikan yang tugasnya menjalankan menajemen satuan pendidikan yang dipimpinnya. Baca juga fungsi dan tugas kepala sekolah.
Di taraf operasional, Kepala Sekolah merupakan orang yang berposisi di garis terdepan yang mengkoordinasikan upaya menaikkan pembelajaran bermutu. Kepala Sekolah diangkat buat menduduki jabatan bertanggung jawab mengkoordinasikan upaya beserta mencapai tujuan pendidikan pada tingkatan sekolah yang dipimpin. Tentu saja Kepala Sekolah bukan satu-satunya yg bertanggung jawab penuh terhadap suatu sekolah, karena masih banyak faktor lain yg perlu diperhitungkan. Selain kepala sekolah, terdapat pengajar yg dipandang sebagai faktor kunci yang berhadapan langsung menggunakan para peserta didik & faktor lain misalnya lingkungan yang mensugesti proses pembelajaran. Tetapi Kepala Sekolah mempunyai kiprah yg berpengaruh terhadap jalannya sistem yg terdapat pada sekolah.
Menurut Mulyasa (2007: 24), pengertian kepala sekolah adalah salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala Sekolah adalah penanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga pendidikan lainnya, pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana juga sebagai supervisor pada sekolah yang dipimpinnya. Jika dilihat dari syarat guru untuk menjadi Kepala Sekolah, Kepala Sekolah bisa dikatakan sebagai jenjang karier dari jabatan fungsional guru. Apabila seorang guru memiliki kompetensi sebagai Kepala Sekolah dan telah memenuhi persyaratan atau tes tertentu maka guru tersebut dapat memperoleh jabatan Kepala Sekolah.
Agar sekolah bisa mencapai tujuannya secara efektif dan efisien, maka kepala sekolah wajib melaksanakan fungsi-fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, hadiah motivasi, pelaksanaan, pengorganisasian pengendalian, penilaian dan inovasi. Kepala Sekolah yang baik diperlukan akan membentuk aplikasi pembelajaran yg baik pula. Jika pembelajaran pada sekolah baik tentunya akan membuat prestasi yg baik jua baik siswanya juga gurunya.
Dalam Mulyasa (2007: 25) ketua Sekolah bertanggungjawab atas manajemen pendidikan secara mikro, yg secara langsung berkaitan menggunakan proses pembelajaran. Pada dasarnya pengelolaan sekolah menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah dan pengajar. Tetapi demikian pada mencapai keberhasilan pengelolaan sekolah kiprah serta menurut para orang tua & murid, juga turut mendukung keberhasilan itu. Di samping itu pencapaian keberhasilan, pengelolaan tadi wajib didukung oleh perilaku pola & kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin forum pendidikan yg sebagai tanggung jawabnya.
Kepemimpinan Kepala Sekolah diharapkan dapat membangun syarat yang memungkinkan bagi lahirnya iklim kerja & hubungan antar insan yang harmonis & kondusif. Hal ini berarti bahwa seluruh komponen pendidikan pada sekolah wajib dikembangkan secara terpadu dalam rangka menaikkan relevansi atau kesesuaian dengan kualitas pendidikan.
Dari pendapat sejumlah ahli di atas dapat disimpulkan pengertian Kepala Sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah. Meskipun guru yang mendapat tugas tambahan Kepala Sekolah merupakan orang yang paling betanggung jawab terhadap aplikasi prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah.
Sebagai orang yg mendapatkan tugas tambahan berarti tugas utama Kepala Sekolah tadi merupakan guru yaitu sebagai energi guru dan pendidik, maksudnya dalam suatu sekolah seorang Kepala Sekolah harus memiliki tugas sebagai seseorang pengajar yang melaksanakan atau menaruh pelajaran atau mengajar bidang studi tertentu atau memberikan bimbingan. Berarti pada hal ini, Kepala Sekolah mempunyai dua fungsi yaitu sebagai tenaga kependidikan dan energi pendidik.