Pengertian Kas dan Setara Kas (Cash Equivalent)

Para pengguna laporan berkepentingan buat mengetahui bagaimana entitas menghasilkan dan menggunakan kas dan setara kas.

Hal tadi bersifat generik dan nir bergantung pada aktivitas entitas dan apakah kas dapat dipandang menjadi produk entitas, seperti yang berlaku di lembaga keuangan.

Pada dasarnya, entitas memerlukan kas menggunakan alasan yang sama meskipun masih ada perbedaan dalam aktivitas penghasil pendapatan primer (revenue-producing activities).

Entitas membutuhkan kas untuk melaksanakan usaha, melunasi kewajiban, & membagikan dividen (returns) kepada para investor.

Kas & Setara Kas merupakan galat satu komponen yg harus dilaporkan pada laporan Neraca, sehingga perlu buat mengetahui pengertian kas dan setara kas.

Pengertian Kas dan Setara Kas

Setara kas (cash equivalent) merupakan investasi yg sifatnya sangat likuid, berjangka pendek, & yang dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah yang bisa ditentukan dan memiliki risiko perubahan nilai yg nir signifikan.

Setara kas dimiliki buat memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan buat investasi atau tujuan lain.

Untuk memenuhi persyaratan menjadi setara kas, suatu investasi wajib segera dapat diubah menjadi kas dalam jumlah yg bisa ditentukan & mempunyai risiko perubahan nilai yg tidak signifikan.

Karenanya, suatu investasi pada umumnya memenuhi syarat sebagai setara kas hanya jika akan segera jatuh tempo dalam waktu, misalnya tiga bulan atau kurang sejak tanggal perolehannya.

Investasi dalam bentuk saham tidak termasuk setara kas, kecuali substansi investasi saham tersebut adalah setara kas.

Sebagai contoh, saham preferen yang dibeli dan akan segera jatuh tempo serta tanggal penebusan (redemption date) telah ditentukan.

Pinjaman bank dalam umumnya termasuk aktivitas pendanaan.

Namun demikian, cerukan (bank overdraft) merupakan bagian yg nir terpisahkan menurut pengelolaan kas entitas.

Dalam keadaan tadi, cerukan termasuk komponen kas dan setara kas.

Karakteristik berdasarkan pengaturan perbankan tadi menyebabkan saldo bank kadangkala berfluktuasi menurut saldo positif ke posisi penarikan berlebih (overdrawn).

Entitas membicarakan komponen kas & setara kas serta menyajikan rekonsiliasi jumlah tersebut dalam laporan arus kas dengan pos yang sama yg tersaji pada laporan posisi keuangan

Artikel Yang Perlu Diketahui :

Referensi :

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2