Koleksi 120 Soal Tes Wawasan NKRI Materi TWK Calon Pegawai Negeri Sipil 2019
Dalam mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang bersih, kompeten & melayani, setiap Pegawai Negeri Sipil harus memiliki kompetensi dasar sinkron dengan tuntutan jabatan & peranannya menjadi penyelenggara pemerintahan & pelayan masyarakat.
120 Soal TWK
Dan buat mengklaim terpenuhinya kompetensi dasar setiap Calon Pegawai Negeri Sipil, maka dibutuhkan indera ukur berupa nilai ambang batas eksklusif pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019.
Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar yg dimaksud adalah nilai minimal yg wajib dipenuhi oleh setiap peserta ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.
Untuk seleksi kompetensi dasar (TKD) mencakup:
a. Tes Karateristik Pribadi (TKP)
b. Tes Intelegensia Umum (TIU)
c. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Dimana Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar seleksi calon pegawai negeri sipil tahun 2019 yakni :
a. 143 buat Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
b. 80 buat Tes Intelegensia Umum (TIU)
c. 75 buat Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Untuk menambah dominasi pengetahuan dan kemampuan pada mengimplementasikan nilai-nilai Negara Kesatauan Republik Indonesia (NKRI), yakni :
1. Sistem Tata Negara Indonesia,
dua. Sejarah Perjuangan Bangsa,
3. Peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun dunia,
4. Kemampuan Berbahasa Indonesia secara baik dan benar
Serta melewati Nilai Ambang Batas Seleksi CPNS 2019 yang telah ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB tahun 2019, berikut kami berikan beberapa contoh soal sebagai bahan latihan soal untuk anda.
Koleksi 120 Soal Tes Wawasan NKRI Materi TWK CPNS
Contoh soal ini merupakan bagian menurut Bab 4 Kumpulan Soal-soal Latihan Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami & Menghadapi Ujian Seleksi CPNS.
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) - Wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) :
Bidang Kemampuan Berbahasa Indonesia secara baik & sahih
1. Kata depan yang ditulis secara benar terdapat pada ....
A. Bersembunyi dibalik pintu
b. menjilat keatas
c. datang kemari
d. pergi keluar negeri
e. tertera dibawah ini
dua. Tanda hubung yg dipakai secara benar terdapat pada
a. Adat sopan-santun
b. Muka merah-padam
c. Kaum muda-belia
d. Rumah porak-poranda
e. Penuh kasih-sayang
tiga. Tanda koma yg dipakai secara sempurna terdapat dalam
a. Terdakwa menurut hakiM, terbuk1i bersalah.
B. Perusahaan itu bangkrut, lantaran ulah direk1ur utamanya.
C. Dia belum berhasil, meskipun sudah bekerja keras.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
E. Pengalaman hidup itu, pengajar yang baik.
4. Huruf kapital yang dipakai secara sahih masih ada pada
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
B. Beberapa Sekolah Dasar pada wilayah terpencil kekurangan pengajar.
C. Bahasa Indonesia ditetapkan menjadi Bahasa Negara pada UUD kita.
D. Apabila nir segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
E. Pengalaman hidup itu, pengajar yang baik.
4. Huruf kapital yang dipakai secara sahih masih ada pada
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
B. Beberapa Sekolah Dasar pada wilayah terpencil kekurangan pengajar.
C. Bahasa Indonesia ditetapkan menjadi Bahasa Negara pada UUD kita.
D. Makalah berjudul "Globalisasi & lmperialisme"
e. Peng-lndonesiaan kata asing perlu digalakkan.
5. Kata yg tidak cocok digunakan pada komunikasi tulis resmi terdapat pada ....
a. Mengubah haluan
b. Mengukuhkan jabatan
c. Memantapkan jati diri
d. Menjajaki pendapat umum
e. Bertekat bulat
6. Kata sarapan yg cocok dipakai dalam komunikasi tulis resmi masih ada dalam
a. Azas partal
b. Sikap emosionil
c. Aktifitas anak
d. Segi kognitif
e. Sujutsyukur
7. Sudah saatnya ... peralatan militer kita segera dilakukan.
Kalimat yg sempurna buat melengkapi kalimat pada atas adalah ....
a. Perlengkapan
b. Kelengkapan
c. Pelengkapan
d. Pemerlengkap
e. pelengkap
8. Susunan kalimat yang tidak janggal terdapat pada ....
A. Siapapun yang bersalah, ia harus dieksekusi.
B. Sesudah berunding selama lima jam, putusan baru dapat diambil.
C. Alasannya adalah lantaran dia nir patuh pada atasan.
D. Selama era pasar bebas yg bertenaga akan menelan yg lemah.
E. Krisis ekonomi terjadi ditimbulkan karena korupsl, kolusi, dan nepotisme merajalela.
9. Fasilitas jalan masih terus dibangun di Kota Jakarta. Meskipun demikian, kepadatan dan kemacetan lalu lintas selalu terjadi setiap hari, baik pada pagi hari saat warga kota Jakarta dan sekitarnya akan memulai aktivitasnya, maupun sore hari saat mereka pulang ke rumahnya ...
Kalimat yang sinkron menjadi kelanjutan paragraf diatas adalah .....
A. Sebelum ada ledakan penduduk di perkotaan dan pemilikan kendaraan pribadi, kota Jakarta masih terasa naman.
B. Upaya yang dilakukan pemerintah wilayah selama ini hanya perkara pelebaran jalan dan pembuatan jalan layang.
C. Keadaan seperti itu dapat dijadikan alasan supaya sistem transportasi massa pada kota Jakarta segera dibangun.
D. Telah diberitakan diberbagai media masA bahwa sistem transportasi massa di kota Jakarta segera dibangun.
E. Hal yg perlu diperhatikan lebih lanjut merupakan keterkaitan sistem transportasi yg terpadu dengan struktur kota Jakarta.
10. Para tokoh masyarakat memandang bahwa ide-ide para mahasiswa yang disampaikan kepada pemerintah melalui demontrasi belum direspon secara proporsional. Kata ulang yang semakna dengan kata ulang bercetak miring dalam kalimat di atas adalah ....
A. Sakit-sakit
b. Tinggi-tinggi
c. Duduk-duduk
d. Pikiran-pikiran
e. Pusing-pusing
11. Anak itu menderita sakit akibat kehujanan sepanjang perjalanan menu ju ke rumahnya. Kata berimbuhan ke-an pada kata bercetak miring dalam kalimat di atas semakna dengan kata berimbuhan ke -an dalam kalimat .....
A. Kedua pengantin itu mencicipi kebahagiaan yang selama ini mereka dambakan.
B. Ledakan born itu kedengaran hingga ke seluruh lantai gedung.
C. Masalah kemiskinan di Indonesia harus ditangani secara serius.
D. Kemacetan lalu lintas setiap hari terjadi di Jakarta.
E. Petani itu keracunan selesainya makan sayuran mentah.
12. Pemakaian pertanda titik 2 dalam kalimat-kalimat berikut yangsesuai dengan Pedoman Umum EYD merupakan ...
A. Ayahku sedang mencari: celana, sepatu, & topi.
B. Dalam kedap itu yg hadir hanya: Mattalata, Faisol, Rogers, & Rozi.
C. Saya masih memerlukan perabot rumah tangga: meja, almari, & kursi.
D. Sebentar lagi anak saya akan membeli :radio, jam dinding, dan tas.
E. Fakultas itu mempunai jurusan: Kimia, Geologi, biologi, dan Geodesi.
13. Penulisan nama dengan gelar kesarjanaannya yangtepat terdapat dalam contoh..
A. Dr. Valentino Woworuntu, MBA.
B. DR. Lajnah Latifah, M.Pd.
C. Ir. Lois Lalu, MA.
D. I.R. Cordlva Aridho, M.M.
E. DRS. Saddam Husnaeni, SH.
14. Penulisan lmbuhan serapan yangsesuai menggunakan Pedoman Umum EYD terdapat pada contoh kalimat...
A. Petemun nonformal antara kedua presiden itu akan berlangsung pada lstana Bogor.
B. Komunikasi telepon antar kota pada Kupang sempat putus karena terdapat gangguan teknis.
C. Bantuan masyarakat pada para tuna rungu masih perlu ditingkatkan.
D. Setiap sub-bab dalambuku itu perlu dibaca agar dapat dipahami isina.
E. Pada tahap semi-final Kesebelasan Korea tampak kompak bermain.
15. Pemakaian pertanda koma dalam kalimat berikut yg tepat adalah...
A. Mereka, sebenarnya bukan pemain yg berbakat melainkan pemain yg memiliki kemauan keras.
B. Dia wajib membatalkan niatnya pulang ke Paris, lantaran pesawat yg mau ditumpangi rusak.
C. Para politisi dan pejabat pemerintah, diharapkan bekerja lebih keras agar rakyat lebih sejahtera
d. Penghasilan utama daerah jawa barat, adalah padi sedangkan daerah Maluku merupakan rempah-rempah.
E. Sebetulnya, tim Indonesia lebih poly memiliki peluang emas, tetapi karena penyelesainnya kurang baik, akhirnya kalah melawan tim Malaysia.
16. Rangkaian penulisan kata serapan yang sinkron menggunakan EYD adalah ...
A. Monarkhi, akhir analisa, autopsi
b. Sekunder, ransliterasi,otopsi, varitas
c. Teknik, khlorida, komplit, materiel
d. Frekwensi, ekstrimis, etletik,grup
e. Komplet, anarki,varietas, pasien
17. Di daerahnya, di pelosok kampung, Pak Sembiring terbiasa menggnakan bahasa wilayahnya. Ketika beliau pindah ke Jakarta, kebiasannya masih saja dipertahankan. Pantaslah poly orang terdiam atau senyum-senyum bila diajak bicara PakSembiring karena mereka tidakpaham apa yg dikatakannya.
Kebiasaan Pak Semibiring sesuai menggunakan gambaran pada atas, nir sejalan dengan peribahasa ...
A. Ibarat kembang, bagus dipakai, layu dibuang
b. Lain ldang, lain belakang.
C. Ayam hitam terbang malam.
D. Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung
e. Berjalan peliharalah kaki, menyampaikan peliharalah pengecap.
18. Di sini angin pun kecil-kecil dan mengusap wajah kita
Di luar trend pun menyekap dan engahan udara
Menghembus pohon-pohon, membelai-belai wajah kita
Di serambi. Dingin lewat & berhenti
Bersama langkahku. Bersama bisikan pada sentra hatimu ...
Angin Kecil-Kecil dan Musim Menyekap Kita, Abdul hadi
Penggalan puisi diatas menggunakan majas...
A. Pleonasme
b. Litotes
c. Personifikasi
d. Eufemisme
e. Repetisi
19. "Berpuasa sunat itu besar manfaatnya, Rapiah tadi sementara itu wajib benar bagimu memelihara kewarasan tubuhmu. Jangan rupamu secara ini, tinggal kulit pembalut tulang saja".
Benar sekali badanmu menjadi kurus, Ibu. Tapi bukanlah kurus itu disebabkan sang berpuasa. Meskipun kurus, tetapi perasaanku kesehatan tubuh tidaklah terganggu.
Salah Asuhan, Abdol Moeis.
Apa amanat yg terungkap pada penggalan novel di alas?
A. Turutilah nasihat orang tua bila ingin berhasil.
B. Jangan melakukan perbuatan yg akhirnya merugikan diri sendiri.
C. Seorang perempuan wajib memelihara kecantikannya.
D. Seorang mak mertua wajib mencintai manantuna.
E. Seorang istri seharusnya dapat menjaga kesehatan dirinya.
20. Tak hingga haatinya hendak meninggalkan Medasing sakit, tiada berdaya seorang diri di rimba itu. Meskipun laki-laki itulah pangkalkemelaratannya, meskipun kepala penyamun yg buas itulah yang menganiaya ayah bundanya, sehinga tak tentu apa jadi mereka kini ini, dalam penghidupannya yg aman pada tengah-tengah rimba di tengah penyamun-penyamun yg tak mengusiknya itu, menggunakan tiada setahunnya tumbuh di kalbunya tali perhibungan menggunakan mereka. Bukan pada perbuatan mereka yg buas, tetapi pada perasaan hayati ...
Anak Perawan pada Sarang penyamun, STA
Unsur moral yg masih ada dalam penggalan novel di alas merupakan ....
A. Tidak dendam
b. Tanggung jawab
c. Kasih sayang
d. Selia mitra
e. Perhatian
Kunci Jawaban Bidang Bahasa Indonesia menggunakan Baik dan Benar:
BIDANG BAHASA INDONESIA | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
1. | C | Datang kemari |
2. | C | Kaum muda belia |
3. | D | Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan meraja lela |
4. | A | Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas |
5. | D | Menjajaki pendapat |
6. | C | Aktivitas anak |
7. | A | Perlengkapan |
8. | E | Krisis ekonomi terjadi disebabkan karena korupsi, kolusi dan nepotisme merajalela |
9. | E | Hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah keterkaitan sistem transporasi |
10. | D | pikiran-pikiran |
11. | E | Petani itu keracunan setelah makan sayuran mentah |
12. | E | Fakultas itu mempunyai jurusan: Kimia, Geologi, Biologi,dan Geodesi |
13. | A | Dr. Valentino Woworuntu, MBA. |
14. | A | Pertemuan nonformal antara kedua presiden ituakan berlangsung di lstana Bogor |
15. | E | Sebetulnya, tlm Indonesia lebih banyak memiliki peluang emas,tetapi karena penyelesaiannya kurang baik, akhirnya kalah melawan tim Malaysia |
16. | C | Teknik, klorida, komplit, materiel |
17. | B | Lain ladang,lain belalang |
18. | C | Personifikasi |
19. | A | Turutilah nasihat orang tua bila ingin berhasil |
20. | C | Kasih sayang |
Bidang Pancasila
21. lr.Soekarno dalam sidang BPUPKI pertama, mengusulkan rumusan Pancasila yaitu ....
A. Nasionalisme internasional (peri humanisme), konsensus, kesejahteraan sosial & kutuhanan
b. Nasionalisme, Ketuhanan Yang Maha Esa, perikemanusiaan, kebangsaan Indonesia, konsensus & kesejahteraan sosial.
C. Kesejahteraan sosial, internasionalisme, nasionalisme, peri kemanusiaan dan ketuhanan
d. Internasionalisme, nasionalisme, mufakat, demokrasi dan ketuhanan
e. Gotong royong, ketuhanan, kerakyatan, nasionalisme dan demokrasi
22. Pancasila menjadi azas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, setiap warga negara hendaknya ....
A. Memahami Pancasila sebagai asal hukum
b. Memahami Pancasila menjadi dasar negara
c. Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila
d. Berupaya selalu mempelajari Pancasila
e. Mempelajari hakikat menurut Pancasila
23. Pancasila sebagai way of life dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Dalam hal ini Pancasila memiliki makna sebagai .....
A. Kristalisasi nilai
b. Ciri-karakteristik warga negara
c. Kepribadian bangsa
d. Karakteristik bangsa
e. Pedoman hayati
24. Pancasila tidak mengenal adanya fasisme sebab fasisme bertitik tolak pada..
A. Pemusatan kekuasaan dalam beberapa orang
b. Mengutamakan individualisme radikal
c. Material terbaru dan individualisme
d. Pemusatan kekuasaan dalam satu orang
e. Memaksakan praktek liberalisms
25. Fungsi pembukaan UUD 1945 alinea IV, yang mencantumkan dasar negara yang tersusun secara hierarki dan piramida di Indonesia menjadi.. ..
A. Filter bagi masuknya budaya asing
b. Sumber budaya bangsa
c. Petunjuk aplikasi peraturan
d. Sumber hukum yg berlaku
e. Ciri dan karakteristik bangsa
26. Keunggulan demokrasi Pancasila dalam setiap pengambil keputusan ialah..
A. Hasil keputusan wajib dapat dipertanggungjawabkan
b. Kepentingan tiap individu didahulukain
c. Pengambil keputusan sang pimpinan kedap
d. Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat
e. Masalah harus diselesaikan hati-hati
27. Konsekuensi dari hubungan kausial organis antara Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan baang Tubuh UUD 1945 yang tidak dapat dipisahkan ialah ....
a. tiap pasal atidak boleh saling bertentanganB. Nilai Pancasila harus ada pada tiap pasal
c. Tipa unsur tadi harus saling mengisi
d. Batang tubuh adalah penjelasan Pancasila
e. Undang-Undang Dasar wajib merangkum sila-sila pad Pancasila
28. Manakah pernyataan dibawah ini yangsesuai menggunakan sila ke-2 Pancasila?
A. Kaum pria memiliki derajat yang lebih tinggi.
B. Pemimpin dan pemuka rakyat berkedudukan lebih tinggi.
C. Manusia mempunyai derajat & martanat yangsama.
D. Kedudukan seseorang dipengaruhi oelh yg dimilikinya.
E. Kedudukan seseorang dipengaruhi pleh perbuatannya.
29. Perwujudan hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dapat dilihat dalam bentuk .....
A. Menentukan sistem perekonomian
b. Menentukan kerjasama dengan bangsa lain
c. Mengakui kebebasan beragama
d. Menentukan ketertiban lingkungan
e. Menyatakan pendapat dan berorganisasi
30. Mana yg terkandung pada nilai patriotisme pada kehidupan berbangsa merupakan..
a. Selalu berjuang untuk kepentingan negaraB. Selalu menentang dalam negara penjajah
c. Rela berkorban buat kepentingan keluarga
d. Selalu mengupayakan persatuan bangsa
e. Mau menyumbangkan harta untuk warga
31. Kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat, menurut UUD 1945, bertenaga karena
a. Berhak menentapkan Anggaran Pendapatan & Belanja Negara
b. Sekuruh anggota DPR merangkap menjadi anggota DPR
c. Setiap undang-undang menghend:aki persetujuan DPR
d. Merupakan kawan Presiden pada bidang legislatif
e. Turut dan meratifikasi perjanjian internasional
32. Salah satu disparitas prinsipil antara orde reformasi dengan orde sebelumnya merupakan..
a. DPR bersidang sekurang-kurangnya sekali dalam setahunB. Aspirasi rakyat langsung bisa disampaikan
c. Presiden dibantu sang badan nondepartemen
d. Presiden dibantu oleh menteri ne91ara
e. DPR dan MPR bersifat dua kamar
33. Suasana kebatinan atau keinginan aturan dasar negara Ri terangkum pada ...
A. Pidato kenegaraan Presiden menjelang 17 Agustus
b. Berbagai konvensi & jurisprudensi yg berlaku
c. Peraturan perundang-undangan yg sudah berlaku
d. Empat pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
e. Ketetapan dan keputusan MPR/MPRS
34. Di Pembukaan UUD 1945 tercantum tujuan negara, yaitu " ..... melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia..."
Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia menganut sistem dalam arti .....a. Negara aturan demokrasi
b. Negara kepolisian & jaksa
c. Negara hukum kesejahteraan
d. Begara menjadi penjaga malam
e. Negara aturan pada arti terbatas
35. Pada amandemen keempat UUD 1945, pasal 29, tekah disepakati ...
A. Penjelasan lebih rinci
b. Adanya penambahan ayat
c. Perubahan hanya dalam ayat (1)
d. Perubahan hanya pada ayat (2)
e. Telah mengambil perubahan
36. Cita-cita nasional bangsa Indonesia yang memberi corak kepada politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif tercantum dalam Pembukaan UUD 45, yaitu...
a. Menjaga ketertiban duniaB. Mengirimkan pasukan kewilayah perseteruan
c. Menentang penyerangan sepihak sang Alaihi Salam
d. Mendukung penyelenggaraan interaksi bilateral
e. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa
37. Contoh aplikasi politik luar negeri yang bebas & aktif dari Pancasila merupakan ...
A. Lkut campur & memihak galat satu blok
b. Pengiriman pasukan perdamaian ke daerah pertarungan
c. Memberi bantuan senjata pada negara yang bertikai
d. Menghimpun negara sepaham dan seideologi
e. Organisasi ekonomi yang eropa sentris
38. Bangsa Indonesia tidak dapat berdiam diri terhadap peristiwa-insiden internasional yg menciptakan suatu negara terpuruk karena ...
a. Indonesia merupakan anggota PBB yang ke 50B. Pemerintah Indonesia mempunyai kedaulatan yang absah
c. Bangsa Indonesia adalah bagian absolut dar bangsa-bangsa di global
d. Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan supaya bangsa Indonesia menjadi bangsa yg kuat
e. Keberhasilan pembangunan bangsa lndonesia sangat bergantung pada dunia internasional
39. Karena nilai dasar Pancasila permanen tidak mengalami perubahan, maka Pancasila tergolong pad a ideologi yang ...
A. Kaku
b. Terbuka
c. Lnovatif
d. Progresif
e. Kontemporer
40. Fungsi filsafat Pancasila dalam interaksi menggunakan ideologi-ideologi di dunia merupakan menjadi...
a. Perbandingan perkembangan ideologiB. Penyaringan masuknya ideologi asing
c. Perpaduan filsafat dan ideologi
d. Perebutan hegemoni filsafat
e. Unsur ideologi setiap bangsa
Kunci Jawaban Bidang Pancasila
BIDANG PANCASILA | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
21. | E | Gotong royong, ketuhanan, kerakyatan, nasionalisme dan demokrasi |
22. | C | Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila |
23. | E | Pedoman hidup |
24. | B | Mengutamakan individualisme radikal |
25. | E | Ciri dan karakteristik bangsa |
26. | D | Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat |
27. | C | Tiap unsur tersebut harus saling mengisi |
28. | C | Manusia memiliki derajat dan martabat yang sama |
29. | A | Menentukan sistem perekonomian |
30. | B | Selalu menentang pada negara penjajah |
31. | A | Berhak menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara |
32. | B | Aspirasi rakyat langsung dapat disampaikan |
33. | D | Empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 |
34. | A | Negara hukum demokrasi |
35. | C | Perubahan hanya pada ayat (1) |
36. | E | Kemerdekaan adalah hak segala bangsa |
37. | B | Pengiriman pasukan perdamaian kewilayah konflik |
38. | E | Keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia sangat bergantung kepada dunia internasional |
39. | A | Kaku |
40. | B | Penyaringan masuknya ideologi asing |
Bidang Tata Negara
41. Pengakuan de jure berdasarkan suatu negara terhadap negara yg lain ditandai oleh ...
A. Bantuan diplomasi
b. Kerja sama militer
c. Hubungan diplomatik
d. Kunjungan ketua negara
e. Bantuan ekonomi
42. Dilihat dari segi tujuannya, negara kepolisian bertujuan ...
A. Meningkatkan kesejahteraan
b. Mewujudkan ketertiban
c. Memelihara kekuasaan
d. Menjamin keamanan
e. Mempertahankan persatuan
43. Corak negara yg menganut ideologi fasisme mengutamakan ...
A. Kesejahteraan beserta
b. Kemakmuran warga
c. Keadilan sosial
d. Ketentraman warga
e. Kekuasaan negara
44. Ciri khas negara kesatuan adalah ...
A. Kepala negaranya merupakan seorang presiden
b. Kekuasaan orisinil ada pada pemerintah pusat
c. Warga negara gampang berpindah domisili
d. Adanya konstitusi yang tertulis
e. Kepala negaranya dipilih oleh warga
45. Apabila didasarkan pada ajaran Trias Politika, yang dikenal dengan teori pemisahan kekuasaan negara, maka penetapan APBN berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 adalah campur tangan ...
A. Presiden pada kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
b. Dewan Perwakilan Rakyat dalam kekuasaan presiden
c. Presiden dalam kekuasaan Mahkamah Agung
d. Mahkamah Agung dalamkekuasaan Presiden
e. DPR dalam kekuasaan Mahkamah Agung
46. Jika dibandingkan menggunakan kabinet parlementer kelebihan kabinet presidentil merupakan dalam hal ...
A. Pembentukan kabinet sangat demokratis
b. Jalannya pemerintahan lebih setabil
c. Para menteri bertanggung jawab secara kolektif
d. Para meneri bisa diganti sewaktu-ketika
e. Pemerintahan lebih mencerminkan aspirasi masyarakat
47. Dibandingkan menggunakan banyak sekali norma sosial lainnya, hukuman norma kesopanan bersumber dari ...
A. Hati nurani
b. Masyarakat
c. Tuhan
d. Lembaga sosial
e. Negara
48. Berikut ini,hal yang termasuk pada bidang aturan privat merupakan ...
A. Melanggar perjanjian
b. Penggelapan barang
c. Hubungan antara wilayah
d. Pelanggaran aturan
e. Pembunuhan berencana
49. Untuk menggoda masyarakat Indonesia Jepang membentuk dan melantik badan Penyidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia pada lepas ..
A. 8 Maret 1942
b. 8 September 1943
c. 29 April 1945
d. 29 Mei 1945
e. 14 Agustus 1945
50. Norma pertama pada tata aturan Indonesia merupakan ...
A. Dekrit Presiden
b. Proklamasi Kemerdekaan
c. Ketetapan MPR
d. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
e. Pancasila
51. Hubungan antara pancasila dan Prokolamasi Kemerdekaan merupakan ...
A. Pancasila memberi motivasi usaha kemerdekaan
b. Pancasila sebagai dasar perumusan Teks Proklamasi
c. Teks Proklamasi dirumuskan bersamaan dengan Pancasila
d. Proklamasi Kemerdekaan sebagai dasar berlakunya Pancasila
e. Nilai Pancasila dan Proklamasi Kemerdekaan merupakan sama
52. Menu rut Pasal 14 ayat ( 1) Undang-Undang Dasar 1945 hasil perubahan pertama, pada hal memberi pengampunan hukuman & rehabilitasi, Presiden perlu memperhatikan pertimbangan menurut
a. Majelis Permusyawaratan Rakyat
b. Dewan Perwakilan Rakyat
c. Mahkamah Agung
d. Menteri Kehakiman
e. Dewan Pertimbangan Agung
53. Berdasarkan UUD 1945, anggota Badan Pemeriksa Keuangan dipilih oleh ....
A. Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPR
b. DPR menggunakan memperhatikan usul berdasarkan pemerinah
c. Presiden dengan memperhatikan pendapat DPD
d. DPR dengan meperhatikan pertimbangan DPD
e. Presiden menggunakan memperhatikan perimbangan DPD
54. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat menurut UUD 1945 mempunyai hak interpelasi, yakni hak untuk ....
A. Bertanya pada Pemerintah
b. Melakukan penyelidikan
c. Melakukan perubahan terhadap RUU
d. Mengawasi jalannya pemerintahan
e. Lkut dan memutuskan APBN
55. Berdasarkan UUD 1945, Mahkamah Agung hanya mempunyai hak menguji formil terhadap peraturan perundang-undangan yang berupa ....
A. Undang-undang
b. Peraturan pemerintah
c. Keputusan presiden
d. Keputusan menteri
e. Peraturan derah
56.Menurut Pasal 24 ayat (1) UUD 1945, Mahkamah Konstitusi anatar lain mempunyai kewenangan .....
A. Memberhentikan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat
b. Memberhentikan ketua DPR
c. Memberhentikan presiden
d. Membuat partai politik
e. Mengubah undang-undang dasar
57. Desentralisasi sebagai salah satu asas yang dianut dalampenyelenggaraan pemerintahan di daerah maknanya adalah ....
A. Penugasan berdasarkan pemerintah kepada daerah buat melaksanakan tugas eksklusif
b. Penyerahan wewenang kepada derah untuk mengurus tempat tinggal tangganya sendiri
c. Pendelegasian wewenang berdasarkan pemerintah sentra pada pemerintah wilayah
d. Pelimpahan tugas pada daerah untuk mengurus & melaksanakan pemerintahan
e. Pembagian tugas pemerintahan antara pemerintah sentra dan pemerintah wilayah
58. Salah satu hal yg menjadi kewenangan pemerintah pusat dari Undang??Undang No.22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah merupakan ...
A. Lndustri & perdagangan
b. Penanaman modal
c. Pemberdayaan sumber daya alam
d. Pekerjaan umum
e. Pendidikan dan kebudayaan
59. Berikut ini adalah asas-asas yg dianut PP, KECUALI ,,,,
a. Persamaan kedaulatan antara semua anggota
b. Memenuhi kewajiban dengan itikad baik
c. Menyelesaikan persengketaan menggunakan cara damai
d. Menjauhi penggunaan ancaman dan kekerasan
e. Mencampuri urusan suatu negara demi kepentingan besama
60. Organ primer PBS yg berfungsi menciptakan rekomendasi entang prinsip kolaborasi internasional dalam rangka memelihara perdamaian dan keamanan internasional adalah ...
A. Dewan Keamanan
b. Majelis Umum
c. Dewan Perwalian
d. Sekretariat
e. Dewan Ekonomi & Sosial
Kunci Jawaban Bidang Tata Negara :
BIDANG TATA NEGARA | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
41 | B | Kerjasama militer |
42 | B | Mewujudkan ketertiban |
43 | - | |
44 | B | Kekuasaan asli ada pada pemerintah pusat |
45 | A | Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat |
46 | B | Jalannya pemerintahan lebih stabil |
47 | A | Hati nurani |
48 | A | Melanggar perjanjian |
49 | E | 14 Agustus 1945 |
50 | D | Pembukaan UUD 1945 |
51 | D | Proklamasi kemerdekaan menjadi dasar berlakunya Pancasila |
52 | C | Mahkamah Agung |
53 | A | Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPR |
54 | A | Bertanya kepada pemerintah |
55 | C | Keputusan Presiden |
56 | - | |
57 | C | Pendelegasian kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah |
58 | C | pembedayaan sumber daya alam |
59 | E | Mencampuri urusan suatu negara demi kepentingan bersama |
60 | A | Dewan keamanan |
Bidang Sejarah
61. Dunia Melayu, yaitu Riau, Malaka, & wilayah sekitarnya sangat beruntung dipandang dari sudut internasional, karena...
A. Letak geografis yang dipengaruhi angin ekspresi dominan
b. Tedapat beberapa keseltanan dikedua tepi Selat Malaka
c. Penggunaan mata uang yang sama
d. Agama yg sama
e. Penggunaan bahasa yg sama
62. Kedatangan bangsa-bangsa baik dari Asia Barat, Asia Selatan maupun Asia Timur ke Kepulauan Indonesia sejak abad X adalah karena antara lain lada yang dihasilkan di Sumatera dan Jawa Ba rat, jug a di ....
A. Jawa Tengah
b. Kalimantan Selatan
c. Kalimantan Timur
d. Jawa Timur
e. Sulawesi Selatan
63. Rempah-rempah yang sulit diperoleh di Eropa pada abad ke-15, ke-16, dan ke-17 membuat orang-orang Eropa ingin membelinya sendiri dari tempat-tempat penghasilannya. Hal ini menimbulkan persaingan antara orang-orang Eropa sendiri antara lain yang terjadi di Banten antara orang-orang Beland a dan ....
A. Orang-orang Spanyol
b. Orang-orang Portugis
c. Orang-orang Perancis
d. Orang-orang Italia
e. Orang-orang lnggris
64. Pembentukan Oost-lndische Compagnie dalam tahun 1602 dimaksudkan agar pada perdagangan rempah-rempah pada Kepulauan lndonesai, pedagang??Pedagang Belanda bisa menghadapi beserta ...
A. Pedagang-pedagang Spanyol
b. Para pedagang Cina
c. Para perampok
d. Maslah-perkara yg ada lebih terpadu
e. Persaingan antar pedagang Belanda sendiri
64. Untuk melindungi perdagangan, VOC diberi ....
A. Keleluasaan menciptakan kapal-kapal perangnya sendiri
b. Hak octrooi
c. Keleluasaan mengekspor rempah-irempah ke pasar Eropa
d. Armada dengan tentara sewaan yg bertenaga
e. lzin untuk meberlakukan Punale Sanctie
66. Jatuhnya kerajaan-kerajaan besar pada Indonesia seperti Gowa, Mataram, Banten, & Aceh yang berlangsung berdasarkan kurang lebih 1680 sampai 1750 ke tangan Belanda menandai awal berdasarkan. ..
A. Hancurnya perdagangan rempah-rempah
b. Mulai terciptanya kesatuan wilaah pada Indonesia
c. Pendidikan barat masuk ke Indonesia
d. Munculna perlawanan terhadap kekuasaan Belanda
e. Berakhirnya impak Portugis di Indonesia
67. Raja Bone, Arum Pone, menolak menyerahkan daerah-daerah kekuasaannya, setelah lnggris meninggalkan Indonesia pad tahun 1816, karena beliau menganggap
a. Kerajaannya adalah kerajaan merdeka
b. Kedudukannya sama dengan Belanda
c. Belanda selalu memeras
d. Belanda ingin menguasai secara mutlak
e. Belanda nir pernah menepati janji
68. Pada tahun 1830 pemerintah Belanda menghadapi kekurangan dana untuk menjalankan kegiatannya di Hindia Belanda karena ....
A. Keikutsertaannya pada perang yang terjadi di Eropa
b. Harus memberi sumbangan kepada perancis yang menjadi sekutu
c. Perang Diponegor yang menelan porto akbar
d. Kerugian yang dialami lantaran banjir besar yang melanda Belanda yg berada pada bawah bagian atas bahari
e. Harus memberi dukungan finansial pada lnggris yang membantunya melawan Perancis
69. Munculnya pencerahan berbangsa di kalangan penduduk Indonesia didorong mula-mula sang ...
A. Kaum intlektual Belanda
b. Kaum intlektual Indonesia
c. Para ulama
d. Para musyafir
e. Para pedagang
70. Salah satu sumbangan yang diberikan Sumpah Pemuda merupakan ...
A. Memberi penghargaan pada tradisi etnik
b. Meningkatkan pencerahan berbangsa
c. Saling menghargai pada kalangan suku-suku bangsa
d. Kesadaran akan kemampuan bangsa sendiri
e. Kesadaran akan kebhinekaan
71. Jepang dalam dasawasa 20 & 30 abad ke-20 telah memiliki perhatian sangat akbar terhadap Hindia Belanda karena menduga potensi yang dimiliki wilayah ini sangat krusial.Potensi-potensi itu diantaranya adalah ...
A. Perkebunan-perkebunan
b. Tanaga manusia
c. Hasil tambang
d. Hasil laut
e. Hasil pertanian
72. Indonesia ternyata bukan wilayah kecil bagi yentara pendudukan Jepang pada waktu Perang Dunia II. Oleh sebab itu, wilayah ini dibagi atas dua bagian untuk diperintah, yaitu bagian timur dan bagian barat, Bagian barat Indonesia dikuasai oleh..
A. Kami Kase
b. Angkatan Darat
c. Angkatan Lau
d. Angkatan Udara
e. Kempe tai
73. Untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia dalam tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Soekarno mengumumkan berdirinya 3 abadan baru, yaitu ..
A. KNPI
b. KNIP
c. KNI
d. KPIR
e. KNRI
74. Setelah Indonesia merdeka & memeperoleh pengakuan internasional, ternyata kasus-kasus yg dihadapi belumberakhir, terutama kasus konstitusi. Pada tahun 1950, setelah terbentuk negara kesatuan, Undang-Undang Dasar Sementara yag dipakai pada hakikatnya merupakan UUD ...
A. Hindia Belanda menggunakan beberapa perubahan
b. Negara Indonesia Timur dengan belberapa perubahan
c. 1945 yang disempurnakan
d. RIS dengan beberapa perubahan
e. Baru yg direncanakan KNI
75. Sadan yang diharpakan dapat menciptakan konstitusi baru setelah pemilihanumumpertama merupakan konstituante. Tetapi, badan ini ternyata gagal, sehinga Undang-Undang Dasar Sementara tetap diberlak.Ukan sampai Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit 5 Juli 1959. Masallah yg dihadapi konstituante merupakan ..
A. Para anggota tidak ahli
b. Terlalu banyak partai
c. Tidak ada batas ketika
d. Partai-partai kecil nir bisa bersuara
e. Partai-partai besar mendominasi perdebatan
76. Dampak kegagalan konstituante dan pemberontakan-pemberontakan di beberapa daerah Indonesia membuat Letnan Jenderal Nasution mengeluarkan peraturan tanggal 3 Juni 1959 yang ....
A. Melarang kegiaan politik
b. Mengadakan mutasi
c. Mengurangi jumlah partai
d. Melarang partai sosialis Indonesia
e. Melarang partai Masyumi
77. Kabinet Ali Sastroamidjojo adalah kabinet yang menonjol dalam ofensif diplomasi. la mengadakan kerjasama dengan negara-negara a sing berdasarkan prinsip ....
A. The right to be free
b. The right of self determination
c. Human rights
d. Right to have education
e. Good neighbour policy
78. lndonesia menjadi anggota negara-negara nonblok karena ingin netral dalam percaturan dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara itu setelah Perang Dunia II terlibat dalam ....
A. Perang ideologi
b. Perlombaan persenjataan
c. Persaingan ekonomi global
d. Ofensif politik
79. Pada dekade terakhir abad ke-20 Indonesia mengalami beberapa kali pergantian kepala negara. Kepala Negara pertama-tama ditumbangkan dianggap telah ....
a. Mempengaruhi tentara untuk melindungi kepentingannyaB. Tidak bisa lagi lantaran usia
c. Membawa krisis ekonomi bagi RI
d. Memberi janji-janji kosong buat menyengsarakan warga
e. Dipengaruhi oleh IMF & WHO
80. Kemajuan komunikasi yang canggih sebagai output kemajuan iptek telah menaikkan konsumerisme melalui ...
A. Sinetron
b. Penawaran barang mewah
c. Lklan pada media elektro
d. Film
e. Kuis
Kunci Jawaban Bidang Sejarah :
BIDANG SEJARAH | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
61 | E | Penggunaan bahasa yang sama |
62 | E | Sulawesi Selatan |
63 | B | Orang-orang Portugis |
64 | E | Persaingan antar pedagang Belanda sendiri |
65 | D | Armada dengan tentara sewaan yang kuat |
66 | D | Munculnya perlawanan terhadap kekuasaan Belanda |
67 | D | Belanda ingin menguasai secara mutlak |
68 | A | Keikut sertaannya dalam perang yang terjadi di eropa |
69 | B | Kaum intelektual Indonesia |
70 | B | Meningkatkan kesadaran bangsa |
71 | D | Hasil tambang |
72 | - | |
73 | B | KNIP |
74 | A | Hindia belanda dengan beberapa perubahan |
75 | A | Para Anggota tidak ahli |
76 | A | Melarang kegiatan politik |
77 | - | |
78 | B | Perlombaan persenjataan |
79 | C | Membawa krisis ekonomi bagi RI |
80 | C | Iklan dalam media elektronik |
Bidang Kebijaksanaan Pemerintah
81. Pemerintah telah menetapkan kebijakan wajib belajar Pendidikan dasar 9 tahun. Yang dimaksud pendidikan dasar 9 tahun adalah .....
A. Pendidikan yang terdiri dari prasekolah, SD, & SL TP
b. Pendidikan tingkat SL TP 3 tahun yang dihapus dan diintegrasikan menjadi Sekolah Dasar tahun
c. Pendidikan tingkat Sekolah Dasar 6 tahun dan SL TP 3 tahun
d. Pendidikan dalam tingkat SD yg diperpanjang sebagai 9 tahun
e. Pendidikan SD & SL TP yang sama-sama menjadi 9 tahun
82. Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur dan jenjang yang tersedia. Yang dimaksud jalur pendidikan adalah jalur pendidikan ....
A. Sekolah dan luar sekolah
b. Formal & informal
c. Umum dan kejuruan
d. Dasar, menengah, & tinggi
e. Umum dan kedinasan
83. GBHN 199-2004 tlah mengamanatkan terselengaranya pemilu secara lebih demokratis pada tahun 2004 yang dilaksnakan oleh sebuah badan penyelenggara pemilu yang independen dan nonpartisan, yaitu ....
A. Komisi pemiihan generik
b. Lembaga pemilihan umum
c. Sadan pemilihan umum
d. Biro pemilihan umum
e. Pelksanaan pemilihan generik
84. Sistem pemerintahanpresidential mengatur hubungan antara presiden menggunakan DPR, yaitu..
A. Presiden dapat membubarkan DPR
b. Presiden dan DPR tidak bisa saling menjatuhkan
c. Presiden bisa menganti anggota DPR
d. Presiden dapat diberhentikan sang DPR
e. Presiden dapat me-recall anggota DPR
85. Ciri utama sistem ekonomi kerakyatan merupakan penegakan prinsip keadilan & demokrasi disertai kepedulian ...
A. Terhadap peningkatan ekspor
b. Terhadap energi perempuan
c. Terhadap yg lemah
d. Menghadapi globalisasi
e. Terhadap pertahanan nasional
86. Kosong..
87. Untuk menanggulangi banyaknya tenaga kerja yang menganggur dan setengah menganggur, salah satu jalan keluarnya ialah dengan ....
A. Memperbaiki sektor industri
b. Memperluas kesempatan kerja
c. Memperluas pendidikan
d. Memanfaatkan sumber daya alam
e. Meminta donasi luar negeri
88. Sasaran pemugaran struktur politik yg demokratis dalam intinya adalah adanya ekuilibrium, adanya penigkatan kinerja forum-forum negara, serta adanya ...
A. Pemisahan kekuasaan secar tegas
b. Pengawasan yang ketat
c. Kebebasan pers
d. Kemauan pimpinan nasional
e. Dominasi partai politik
89. Indonesia perlu membina kerjasama internasional dalam upaya memberantas kejahatan lintas batas. Hal itu dapat dilakukan melalui perluasan ....
A. Zona perairan bebas
b. Perjanjian mengenai perbatasan negara
c. Tugas interpol
d. Hukum bahari
e. Perjanjian ekstradisi
90. Pemilihan generik yg dilaksanakan pada Indonesia selama Orde Baru mempunyai asas langsung, generik, bebas dan misteri, sedangkan dalam masa reformasi (pemilu1999) termasuk Juga asas..
A. Kebesamaan
b. Semua buat seluruh
c. Efektif dan efisien
d. Jujur & adll
e. Bertanggungjawab
91. Pendidikan dasar tidak sinkron degan sekolah dasar lantaran pendidikan dasar meliputi ...
A. Taman Kanak-kanak & Sekolah Dasar
b. SD dan SMP
c. SD, SLTP, Ml dan MTSd. Sekolah Dasar, SMP, dan SMU
e. Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan SMp
92. Konsep school/community based management yg mulal dllaksanakan di Indonesia kini ini adalah manajemen pendidikan yg diprogramkan buat
a. Prasekolah dan pendidikan dasar
b. Pendidlkan tlnggl
c. Pendidikan menengah dan tinggi
d. Pendidikan dasar & menengah
e. Sekolah dasar dan menengah
93. Pendidikan luar sekolah (PLS) sangal pentlng diselenggarakan di Indonesia lerulama berkenaan dengan banyaknya warga negara yang berusia 10-44 lahun masih..
A. Belum bisa menerima pekerjaan
b. Bula pengelahuan dasar
c. Tergolong masyarakat negara lidak mandiri
d. Mengalami perilaku rendah diri
e. Bula aksara latln dan nomor
94. Pada dasarnya Indonesia merupakan galat salu lujuan wisatwan mancanegara lantaran Indonesia mempunyai selain sumber daya keragaman budaya dan seni juga memlllkl ...
A. Lelak yg stralegis
b. Banyak pulau
c. Alam/pesona alam
d. Keaslian budaya
e. Penduduk yang ramah
95. Berdasarkan UU tenlang Pemerinlahan De rah (U U No.22 tahun 1999), pemerlnlahan Derah yg lerkecll merupakan desa,pemerlnlahan desa lerdirl alas pemerinahan desa dan ...
A. Badan konsulasi desa
b. Badan permusyawaratan desa
c. Badan rembug desa
d. Badan perwakilan desa
e. Badan kekeluargaan desa
96. Penyelenggaraan pemerintah dengan otonomi berdasarkan pada asas ...
A. Dekonsentrasi
b. Desentralisasi
c. Medebewin
d. Sentrallsasi
e. Konsentrasi
97. Jakarta merupakan suatu Daerah Khusus lbu Kota menggunakan penataan pemerintahannya secara khusus karena memillki kekhususan, antara lain sebagai
a. Pusat pemerintahan negara
b. Pusat industri tinggi
c. Kota yang paling tua
d. Daerah tujuan wisata
e. Kota terbaru
98. Indonesia kaya akan sumber daya alam apabila dibandlngkan menggunakan yg dimiliki oleh Jepang, tetapi kita kalah dengan Jepang dalam hal kualitas asal daya
a. Teknologi
b. Generasi belia
c. Perempuan
d. Lndustri
e. Manusia
99. Hutan Indonesia dikhawatlrkan akan semakin mengalaml kerusakan parah terutama karena ulah pemegang HPH, penebangan liar, dan karena ...
A. Permintaan pabrik kertas
b. Meningkatnya industri tripleks
c. Terjadinya penyelundupan
d. Kemarau panjang
e. Kebakaran hutan
100. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia mengalami perubahan substansial, yakni Tentara Nasional Indonesia sebagai kekuatan pertahanan negara, sedangkan Polri sebagai kekuatan menggunakan fungsi ...
a. Sosial kemasyarakatanB. Menjaga aturan dan keadilan
c. Pengendallan mumum
d. Keamanan & ketertiban warga
e. Penyidikan dan keamanan publik
Kunci Jawaban Bidang Kebijaksanaan Pemerintah :
BIDANG KEBIJAKSANAAN PEMERINTAH | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
81 | A | Pendidikan yang terdiri dari prasekolah, SD dan SLTP |
82 | B | Formal dan informal |
83 | A | Komisi pemilihan umum |
84 | - | |
85 | C | Terhadap yang lemah |
86 | - | |
87 | B | Memperluas kesempatan kerja |
88 | A | Pemisahan kekuasaan secara tegas |
89 | E | Perjanjian ektradisi |
90 | D | Jujur dan Adil |
91 | D | SD, SMP dan SMU |
92 | D | Pendidikan dasar dan menengah |
93 | E | Buta aksara latin dan angka |
94 | C | Alam/ pesona alam |
95 | D | Badan Perwakilan Desa |
96 | B | Desentralisasi |
97 | A | Pusat pemerintahan negara |
98 | E | Manusia |
99 | E | Kebakaran hutan |
100 | D | Keamanan dan ketertiban masyarakat |
Bidang GBHN
101. Berdasarkan Ketetapan MPR No.IV/MPR/1999, Garis-garis Besar Haluan negara diberi pengertian ....
A. Perwujudan asplrasi masyarakat Indonesia herbi masa depannya
b. Pernyataan kehendak masyarakat yang menyeluruh danterpadu menjadi haluan negara
c. Haluan negara yang dlrumuskan menjadi kebljaksanaan pembangunan nasional
d. Landasan pembangunan pada Garis-garis besar untuk jangka ketika 5 tahun
e. Pernyataan kehendak rakyat yg mencita-citakan kehidupan yangadil dan makmur
102. Maksud perumusan GBHN seperti yg dinyatakan pada Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat No.LV/Majelis Permusyawaratan Rakyat/1999 adalah ...
A. Mempercepat tercapainya tujuan pembangunan
b. Memberikan arah bagl penyelenggaraan negara
c. Meletakkan dasar terwujudnya stabilitas nasional
d. Memberikan panduan pelaksanaan pembangunan
e. Menjadi panduan pada perumusan kebijakan publik
103. Visi pembangunan nasional seperti dirumuskan dalam GBHN adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dn sejahtera, yang didukung manusia Indonesia yang memiliki karakterlstlk sebagal berlkut, KECUALI .....
A. Berakhlak mulia
b. Cinta tanah air
c. Berkesadaran aturan
d. Berwawasan global
e. Memiliki etos kerja
104. Salah satu misi pembangunan menurut GBHN adalah penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara. lmplementasl dalam bldang pendidikan dllapangan yang sesual sebagai perwujudan misi tersebut terutama ....
A. Peningkatan disiplin belajar
b. Pembebasan uanq sekolah
c. Penegrian lembaga pendidikan
d. Konsep globaiisasi pendidikan
e. Manajemen berbasis sekolah
105. Program pembangunan nasional miemuat ...
A. Uraian rinci & terukur pada aplikasi GBHN
b. Kebijakan pemerintah dalam aplikasi GBHN
c. Uraian aktivitas pembangunan bebagai departemen
d. Program kerja kabinet selama periode eksklusif
e. Landasan struktural pembangunan nasional
106. Arah kebijakan pembangunan hukum diantaranya adalah menegakkan hukum secara konsisten buat menjamln kepastlan hukum. Untuk mewujudkan arah kebijakan ini sangat diharapkan, terutama ...
A. Gaji aparat penegak aturan yang mencukupi
b. Sarana & prasarana peradilan yang mencukupi
c. Aparat penegak aturan yang berpendldlkan tlnggi
d. Peraturan perundang-undangan tertulis
e. Perubahan terhadap hukum acara yang ada saat ini
107. Program pemberdayaan lembaga peradilan dan berbagai lembaga penegak hukum saat ini terutama bertujuan untuk ....
A. Memelihara keamanan ligkungan
b. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
c. Mempercepat penyelesaian aneka macam [Perkara
d. Mencegah terjadinya berbagai kejahatan
e. Menumbuhkan agama masyarakat
108. Arah kebijakan pembangunan bidang ekonomi antara lain menghindari terjadi struktur pasar monopolistik, karena hal ini sangat merugikan bagi ....
a. Pertumbuhan usaha koperasi
b. Perkembangan usaha pertanian
c. Terwujudnya persalngan sehat
d. Perkembangan global industri
e. Peningkatan pendapatan pajak
109. Pemberdayaan ekonomi rakyat sangat terkait dengan upaya menggerakkan perekonomian pedesaan Karena alasan-alasan berikut, KECUALI. ..
A. Sebagian besar masyarakat pedesaan hidup miskin
b. Wllayah negeri lni sebagian akbar merupakan pedesaan
c. Pedesaan kaya menggunakan potensi yang bisa dikembangkan
d. Rakyat di pedesaan menuntut demokratisasi ekonomi
e. Pembangunan pedesaan bisa menghemat arus urbanisasi
110. Upaya pendidikan politlk secara intenslf dan komprehenslf dllakukan terutama buat...
A. Mewujudkan kesatuan dalam berpolitik
b. Mencegah masuknya budaya politik asing
c. Meningkatkan kiprah banyak sekali forum negara
d. Mengembangkan budaya potitik yang demokratis
e. Menghindari perbedaan pandangan politik yang tajam
111. Amanat GBHN di bidang hukum antara lain ....
A. Pembentukan badan peradilan yang transparan
b. Proses peradilan yang berimbang
c. Proses peradilan terhadap pelanggaran hukum & HAM
d. Kesetaraan posisi antara jaksa penuntut dan pembela
e. Kesejahteraan yg memadai bagi penyelenggara keadilan
112. Tujuan utama pendidlkan menurut GBHN adalah
a. Memberikan ketrampilan kepada siswa
b. Menciptakan warga Indonesia yang berkualitas atinggi
c. Agar siswa menjadi orang bermanfaat pada masyarakat
d. Menjadlkan manusla Indonesia cerdik dan panda!
E. Membentuk kepribadian yg bertaqwa
113. Menurut GBHN, pemerintah berkewajiban untuk melakukan pembaharuan dan pematapan sistem pendidikan nasional dengan bersdasarkan .....
A. Penyelenggaraan pendidikan sang pemerintah & rakyat
b. Pasal tentang pendidikan yg tercatum dalam UUD 1945
c. Visl & misi bangsa Indonesia pada seluruh aspek kehidupan
d. Prisip desentralisasi, otonomi keilmuan, dan manajemen
e. Merevisi undang-udang sistem pendidikan
114. Mengembangkan otonoml daerah secara luas, nyata, dan bertanggug jawab dalam rangka pemberdayaan masyarakat, lembaga ekonomi, politik,hukum, keagamaan, adat,swadaya masyarakat merupakan amanat GBHN secara umum pada bidang...
A. Pembangunan daerah
b. Pembangunan nasional
c. Pengembangan pemerintah sentra
d. Pengembangan pemerintah daerah
e. Kesetaraan anata pusat dan daerah
115. Dalam rangka pengembangan otonomi daerah dalam wadah Negara Kesatuan RI, daerah yang mendapatkan perhatian khusus pada amanat GBHN adalah
a. Lrian Jaya, Maluku Utara, dan Maluku
b. Daerah lstimewa Aceh, lrian Jaya, & Maluku
c. Nusa Tenggara Timur, maluku, dani lrian Jaya
d. Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi tengah
e. Daerah lstimewa aceh, Oki Jakarta, & DIY
116. Presiden berkewajlban umtuk mengerahkan semua potensl dan kekuatan pemerlntah dalam melaksanakan dan mengendalikan pembangunan nasional.
Amanat ini tertuang pada .....
A. Garis-garis Besar Haluan Negara
b. DPR
c. MPR
d. Undang-undang Dasar
e. Pemerintah yang berkuasa
117. Pembangunan nasional akan memperkuat jatidiri dan kepribadian masnusi, masyarakat, & bangsa Indonesia dalam suasana yg demokratis, tenteram, aman, & damai, merupakan amanat GBHN pada bagian ...
A. Visi dab nlsi
b. Kondidi umum
c. Arah kebijakan
d. Kaidah pelaksanaan
e. Penutup
118. Berikut adalah lembaga yang berkewajiban melaksanakan GBHN secara aplikatif sesuai dengan fungsi, tugas, dan wewenangnya berdasarkan UUD 1945,KECUALI...
A. Dewan kabinet
b. Dewan Pewakilan Rakyat
c. Dewan Pertimbangan Agung
d. Mahkamah Agung
e. Badan Pemeriksa Keuangan
119. Rencana pembangunan tahunan merupakan bentuk rinci dari ...
A. Propenas
b. APBN
c. Repelita
d. RAPBN
e. RAPBD
120. Program Pembangunan Nasional yangdituangkan dalamUndang-undang Nomor 25 tahun 2000 merupakan Prope:nas untuk tahun ...
a. 2000 - 2004
b. 2000 - 2005
c. 2000 - 2010
d. 2000- 2018
e. 2000 - 2020
Kunci Jawaban Bidang GBHN :
BIDANG GBHN | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
101 | B | Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh dan terpadu sebagai haluan negara |
102 | D | Memberikan pedoman pelaksanaan pembangunan |
103 | D | Berwawasan global |
104 | E | Manajemen berbasis sekolah |
105 | A | Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN |
106 | B | Sarana dan prasarana peradilan yang mencukupi |
107 | B | Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat |
108 | C | Terwujudnya persaingan sehat |
109 | D | Rakyat dipedesaan menuntut demokratisasi ekonomi |
110 | D | Mengembangkan budaya politik yang demokratis |
111 | E | Kesejahteraan yang memadai bagi penyelenggara peradilan |
112 | B | Menciptakan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi |
113 | C | Visi dan Misi bangsa Indonesia disemua aspek kehidupan |
114 | D | Pengembangan pemerintah daerah |
115 | B | Daerah Istimewa Aceh, Irian Jaya dan Maluku |
116 | A | Garis-garis Besar Haluan Negara |
117 | E | Penutup |
118 | A | Dewan Kabinet |
119 | D | RAPBN |
120 | A | 2000-2004 |
Tips : Berdasarkan hasil tes penerimaan CPNS pada tahun 2014 silam, sebagian akbar peserta ujian ketika itu gagal Tes Kompetensi Dasar di pada materi Tes Wawasan Kebangsaan, buat itu perbanyaklah membaca model-model soal latihan Tes Wawasan Kebangsaan. Dan anda sanggup menemukannya disini, di awam bicara dot id.
Anda juga dapat belajar dari kesalahan-kesalahan umum penyebab gagal lulus tes seleksi penerimaan CPNS di 5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS.
Salam sukses!!
Untuk pulang ke Daftar isi silahkan menuju :
Daftar Isi - Bab Belajar CPNS: Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS