Kasus Pertama di Indonesia, Pasien Corona Sudah Sembuh Lalu Positif Lagi

Loading...

Loading...

Kasus pertama pasien sembuh kemudian pulang positif terjadi pada Indonesia. Ajudan wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, yakni Ori Kurniawan, kembali dinyatakan positif covid-19.

Padahal, sebelumnya Ori Kurniawan sudah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19.

Awalnya, Ori menyebut dirinya telah melewati 2 kali tes swab yang menyatakan negatif. Sehingga, dia resmi dinyatakan sembuh berdasarkan virus Corona pada Senin 6 April 2020.

?Negatif yg pertama, negatif yang ke 2 baru dikasih pulang. Dia 2 kali negatif,? Celoteh Ori Selasa 7 April 2020 misalnya dikutip menurut detikcom.

Setelah pulang, kata Ori, beliau diwajibkan menjalani isolasi berdikari di rumah selama 14 hari. Dia Sempat pulang ke Aceh usai dinyatakan sembuh.

Akan tetapi, selang berapa saat dalam Senin 4 Mei 2020, Ori balik dinyatakan positif virus Corona. Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, menyatakan, ada 2 penyebab kenapa orang sanggup tertular ulang.

?Iya. Ada dua kemungkinan, pertama terinfeksi ulang atau reaktivasi,? Kata Aris Yudhariansyah, Selasa lima Mei 2020.

Dia menduga, Ori balik positif lantaran terinfeksi ulang. Kini, Ori sudah dibawa ke RS Martha Friska Medan buat menjalani perawatan.

?Kalau dari yang kita lihat, kemungkinan itu terinfeksi ulang,? Ucapnya.

?(Sempat) Pulang ke Aceh, sekarang sudah dibawa ke Martha Friska semenjak tadi malam,? Ujar Aris.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Mayor Kes Whiko Irwan, menambahkan, kasus Ori sebagai perkara pertama pasien sembuh balik positif pada Indonesia.

?Sepengetahuan saya eksklusif, saya baru dengar ini (positif balik usai sembuh di Indonesia),? Ujar Whiko, dihubungi terpisah.

Whiko menganggap, ada kemungkinan Ori terinfeksi virus Corona varian yang tidak selaras menggunakan virus sebelumnya. Seharusnya, berdasarkan Whiko, bila telah pernah terinfeksi virus Corona, harusnya mempunyai kekebalan.

?Itu kemungkinan varian-varian dari Corona. Harusnya dengan virus yg sama telah nir, lantaran kan telah terdapat imunitas,? Tuturnya.

Kasus orang sembuh kembali positif bukan hal pertama pada global. Kejadian itu telah terjadi pada China menjadi asal virus Corona.

?Tapi nyatanya di China sendiri ada ditemukan mantan penderita COVID-19 itu positif balik sampai 116 orang,? Pungkasnya.

Sementara itu, Wagub Sumut, Ijeck, berkata Ori belum masuk kerja. Dirinya, beserta dengan staf lainnya, belum sempat bertemu Ori selesainya sembuh.

?Saya nir pernah ketemu Ori sejak beliau keluar (RS Adam Malik) begitu pula semua staf & teman-teman kerja juga tidak pernah ketemu,? Istilah Ijeck, Selasa (lima/lima).

Dia mengatakan dirinya memang meminta Ori buat istirahat sesudah dinyatakan sembuh dari virus Corona pada Senin (6/4). Ijeck menyebut Ori jua meminta izin pulang ke tempat tinggal orang tuanya pada Aceh buat beristirahat sesudah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu.

?Setelah dinyatakan sembuh per telepon Ori menghubungi aku dan aku sampaikan untuk istirahat saja dulu nir usah masuk kerja dulu selama dua minggu. Kemudian Ori minta biar ke saya bila beliau istirahat pergi ke Bireuen tempat orang tuanya & saya izinkan, jadi sesudah keluar RS dia dengan kendaraannya sendiri eksklusif pulang ke rumah orang tuanya,? Ujar Ijeck.

Sumber :terkini.id

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2