Informasi Penting Seputar Penerimaan CPNS 2018, Jadwal Pendaftaran, Formasi dan Gaji PNS

Siapkan diri Anda..

Penerimaan CPNS 2018 akan kembali di buka untuk dalam waktu yang tidak akan lama lagi

Penerimaan kali ini mampu dikatakan relatif besar , lantaran sudah bisa dipastikan akan dibuka sebanyak lebih kurang 200 ribu CPNS.

Informasi Penting Seputar Penerimaan CPNS 2018

Informasi Penting Penerimaan CPNS 2018

Hal ini dimungkinkan karena pada tahun ini, jumlah PNS yang pensiun mencapai 250 ribu PNS. Apalagi menggunakan adanya moratoruim penerimaan CPNS selama empat tahun terakhir ini.

Pastinya penerimaan CPNS 2018 kali ini tidaklah jauh tidak selaras dengan penerimaan CPNS tahun 2017 kemarin, yang akan dilaksanakan secara terbuka & transparan, yakni dengan sistem CAT.

Berbeda menggunakan tahun 2017, penerimaan CPNS 2018 kali ini pemerintah akan merekrut CPNS selain buat perpaduan instansi pusat, jua untuk perpaduan instansi wilayah.

Sehingga telah barang tentu, rekrutmen CPNS 2018 kali ini akan semakin ketat & semakin poly saingannya.

Sebagaimana penerimaan CPNS dalam tahun-tahun sebelumnya, tentu akan ada beberapa berkas krusial yang wajib anda persiapkan buat melamar & mendaftar sebagai CPNS nantinya.

Dan apakah penerimaan kali ini akan terdapat gugusan buat tamatan SMA sederajat atau nir, belum dapat dipastikan.

Tetapi menurut pengalaman rekrutmen penerimaan CPNS yang sudah-sudah, beberapa tahun terakhir nir ada penerimaan CPNS buat kumpulan tamatan SMU sederajat atau buat golongan ruang II/ a.

Pada dasarnya berkas yg harus anda siapkan tidaklah jauh tidak sama dengan yg pernah ada, misalnya:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Ijazah & Transkip Nilai yg telah dilegalisir

tiga. Pas foto terbaru berukuran 4x6 centimeter sebesar 4 lembar - latar belakang merah.

4. Materai Rp 6.000

lima. Fotokopi ijazah SD

6. Fotokopi ijazah SLTP

7. Fotokopi ijazah SLTA.

Berikut ini merupakan fakta-warta penting buat anda seputar Penerimaan CPNS 2018:

Informasi Penting Seputar Penerimaan CPNS 2018

1. Pendaftaran dibuka dalam awal Juli 2018

Dari informasi dan kabar yg ada, kementrian PAN-RB, menyampaikan penerimaan CPNS masih dalam proses validasi data usulan perpaduan menurut setiap wilayah.

Pembukaan CPNS akan dilaksanakan dalam bulan Juli 2018.

Tahapan seleksi CPNS eksklusif dimulai setelah tahapan Pilkada Serentak 27 Juli 2018.

Pemerintah menunggu pilkada kelar buat menghindari pemanfaatan penerimaan CPNS ini menjadi modus kampanye kandidat.

2. Persyaratan Umum Pendaftaran

Persyaratan generik registrasi masih sama atau tidak jauh tidak sinkron dengan penerimaan CPNS 2017 yang lalu, diantarnya:

  • Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.Pada tahun 2017 pemerintah sempat membuka rekrutmen CPNS tapi hanya untuk beberapa pos kementerian.
  • Untuk anda yang sudah pernah mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2017, dan gagal tentu anda tidak akan pusing dan sibuk lagi dalam mempersiapkan segala persyaratan yang ada, karena mungkin anda masih memiliki semua berkas yang disyaratkan tersebut.
  • Serta kabar baiknya untuk Anda, yakni anda hanya perlu untuk mempersiapkan diri anda sedini mungkin dengan banyak belajar contoh soal dan bentuk soal tes penerimaan CPNS ini.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS /PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
  • Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

3. Jumlah Formasi & Kuota Penerimaan CPNS 2018

Kementrian PAN-RB telah mengusulkan jumlah kumpulan CPNS 2018 ke Kementrian Keuangan, yg mana akan ada 250 ribu PNS yg purna tugas, 39 ribu antara lain di pemerintah sentra dan sisanya daerah.

Sehingga menggunakan demikian, sudah barang tentu jumlah gugusan yg akan dibuka dalam tahun 2018 ini, tidaklah jauh tidak sinkron dengan jumlah PNS yg purna tugas dalam tahun 2018 ini.

4. Keuntungan sebagai PNS

Sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri berdasarkan tiga komponen, yakni honor pokok, tunjangan kinerja, & tunjangan kemahalan, yang walaupun sampai waktu ini belum terealisasi, namun dalam akhirnya nanti pemerintah wajib mentaati amanat undang-undang ini.

Selain penghasilan yang sudah mulai diperhatikan, ditambah dengan tunjangan kinerja serta dengan adanya sistem reward dan punishment, maka profesi PNS saat ini semakin menjadi profesi primadona di Indonesia.

Apalagi, disetiap pesta demokrasi, ditahun-tahun politik, PNS selalu menjadi komoditas penting buat dijadikan berita dalam menaikkan elektabilitas serta mendapatkan simpati warga para tokoh-tokoh politik terutama bagi yg berkuasa saat ini.

Sebagai contohnya, pada bulan ramadhan dan menjelang lebaran hari raya idul fitri ketika ini, pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan yang cukup populis yakni menggunakan menaruh gaji ke-14 atau THR (Tunjangan Hari Raya) pada PNS, dan memberikan liburan atau cuti beserta yg cukup panjang.

Semua, nir lain & tidak bukan adalah demi menerima simpati rakyat, terutama para PNS, yg jumlahnya sampai saat ini mencapai 4 juta lebih.

Untuk itu, persiapkanlah diri anda menggunakan sebaik dan sesiap mungkin untuk menghadapi setiap seleksi penerimaan CPNS 2018 nantinya.

Bisa dengan mengikuti lembaga bimbingan belajar, atau membeli kitab -buku kiat sukses lulus tes penerimaan CPNS, yang poly tersebar dipasaran.

Atau bisa juga dengan mengikuti blog awam bicara ini, (tips super lulus tes cpns 2018, contoh soal, kunci jawaban dan trik menjawabnya) karena kami telah memberikan beberapa contoh soal cpns beserta dengan pembahasan dan kunci jawabannya yang juga disertai dengan tips dan trik dalam menjawabnya.

Lima. Gaji seseorang PNS

Untuk honor utama, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran honor terendah PNS dan honor tertinggi PNS.

Nantinya, honor utama tidak lagi menurut masa kerja, akan tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya.

Penerapan sistem honor baru ini baru akan dilakukan dalam 2018 karena pemerintah membutuhkan persiapan buat sosialiasi ke seluruh wilayah sekaligus persiapan anggarannya pada daerah.

Walaupun semenjak jaman pemerintahan sekarang ini belum pernah mengalami kenaikan gaji utama PNS akan tetapi dari amanat undang-undang ASN, maka pemerintah mau tidak mau harus mengikuti dan menjalani amanat undang-undang tersebut.

Yang tentu nantinya, dibutuhkan akan menaikkan kesejahteraan para PNS.

Saat ini, pemerintah hanya menaikkan tunjangan kinerja (tukin), belum mempertinggi honor utama PNS.

Yang mana tunjangan kinerja (Tukin) buat pemerintah pusat, atau TPP buat pemerintah wilayah, berbeda-beda buat setiap instansinya.

Untuk anda yang tertarik sebagai PNS & gundah harus memilih instansi yg mana buat anda mendaftarkan nanti, ini dia kami sampaikan daftar instansi yg mempunyai tunjangan kinerja tertinggi:

Instansi Pemerintah Bergaji Tertinggi di Indonesia

1. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan merupakan instansi pemerintahan pemberi tunjangan kinerja paling tinggi.

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, tunjangan pegawai pangkat terendah sebanyak Rp lima,36 juta per bulan, sedangkan yang tertinggi sebanyak Rp 117,37 juta per bulan.

Belum lagi ditambah menggunakan komponen-komponen penghasilan lainnya.

2. Kementerian Keuangan

Diluar Direktorat Jenderal Pajak.

Setiap kali terdapat pembukaan lowongan CPNS, bisa dipastikan Kementerian Keuangan selalu dibanjiri pelamar.

Berdasarkan Peraturan Presidan Nomor 156 Tahun 2014 Kementerian keuangan memberikan tunjangan senilai Rp dua,57 juta per bulan untuk pegawai pangkat terendah, sedangkan yg tertinggi senilai Rp 46,95 juta per bulan.

3. Badan Pemeriksa Keuangan

Sama menggunakan Kementerian Keuangan, karena tugasnya merupakan mengawasi penggunaan uang negara, Badan Pemeriksa Keuangan pula menjanjikan tunjangan dan gaji yg relatif besar .

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 188 Tahun 2014 mengenai Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan, diberikan buat PNS berpangkat rendah senilai Rp 1,54 juta per bulan, sedangkan yg tertinggi sebanyak Rp 41,55 juta per bulan.

4. Pemprov DKI Jakarta

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 193 Tahun 2015, PNS Pemprov dan Pemkot di DKI Jakarta pun sebagai PNS penerima tunjangan tertinggi pada Indonesia.

Jika digabungkan dengan honor & tunjangan yang inheren pada gaji, maka take home pay yang diterima oleh PNS pada DKI Jakarta pada atas homogen-homogen.

Tunjangan paling tinggi sebesar Rp 127 juta.

Lima. Mahkamah Agung

Pada penerimaan CPNS beberapa tahun terakhir, pendaftar CPNS dalam Mahkamah Agung (MA) semakin membludak.

Mungkin salah satu penyebabnya merupakan besarnya tunjangan kinerja atau take home pay yg diterima para pegawai Mahkamah Agung RI, karena menurut Keputusan Mahkamah Agung Nomor 117/KMA/SK/XII/2015 tentang Perubahan Keputusan Ketua MA Nomor 128/KMA/SK/VIII/2014 mengenai Tunjangan Kinerja Khusus Pegawai Negeri pada MA & Badan Peradilan pada Bawahnya menampakan tunjangan kinerja pangkat terendah pada MA senilai Rp 1,71 juta sampai Rp 1,8 juta per bulan.

Sedangkan paling tinggi senilai Rp 31,6 juta sampai Rp 32,6 juta per bulan.

Alhamdulillah, saya sebagai salah satu Pegawai Negeri Sipil Mahkamah Agung RI, & saya ketika ini, take home pay yg aku terima rata-rata 10 juta perbulan.

Saya bersyukur lantaran Mahkamah Agung RI sahih-sahih menyeleksi pegawainya secara murni, terbuka & transparan.

Tidak ada KKN, tidak ada kata titipan, saya lulus dengan murni, & yang membantu saya lulus selain berdoa adalah model soal & tips dan trik menjawab soal yang saya pelajari.

Karena itu, contoh soal, kunci jawaban, serta tips dan trik menjawabnya yg aku pelajari sampai aku lulus & diterima menjadi PNS Mahkamah Agung RI ini saya bagikan buat anda di blog umum bicara aku ini.

Saya berharap, kesuksesan yang telah saya terima, bisa pula anda raih menggunakan belajar seluruh tips dan trik menjawab soal tes CPNS yang telah saya pelajari & bagikan pada blog umum bicara ini.

6. Kementerian Hukum dan HAM

Tunjangan kinerja diberikan buat PNS Kementerian Hukum & HAM (Kemenkumham) berpangkat terendah Rp 2,21 juta, sedangkan buat berpangkat tertinggi senilai Rp 27,57 juta per bulan.

Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nompr lima Tahun 2015 mengenai Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja bagi Pegawai pada Lingkungan Kemenkumham.

7. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai pada Lingkungan Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral , pegawai dengan pangkat terendah berhak menerima tunjangan kinerja senilai Rp 1,96 juta per bulan.

Sementara tertinggi senilai Rp 26,32 juta per bulan.

8. Komisi Pemberantasan Korupsi

Pegawai komisi anti korupsi ini memang wajib digaji tinggi karena pekerjaannya sangat beresiko bagi keselamatan nyawa juga godaan suap.

Tunjangan kinerja pegawai KPK pula dibilang tidak mengecewakan besar .

Besaran tunjangan kinerja pegawai KPK, yakni yg menjabat ketua bagian atau tenaga fungsional administrasi senilai Rp 8 juta per bulan, pegawai non-jabatan Rp 4 juta per bulan, & pegawai pendukung Rp tiga juta per bulan.

Apabila penghasilan & jaminan kesejahteraan yang sebagai tolak ukur anda dalam menentukan instansi mana yg menjadi pilihan anda untuk mendaftar nantinya, maka delapan instansi teratas bisa menjadi acuan bagi anda.

Tetapi, apapun pilihan anda, seluruh akan sia-sia, apabila anda nir mempersiapkan diri anda secara matang. Apalagi penerimaan CPNS 2018 kali ini, hampir bertepatan dengan bulan ramadhan (bulan puasa) & hari raya idul fitri.

Bulan kudus ramadhan dan liburan hari raya idul fitri ini sebenarnya bisa anda manfaatkan buat belajar dan mendalami semua bentuk soal tes seleksi penerimaan CPNS 2018, lantaran selain anda mendapatkan pengetahuan, anda pula menerima pahala ibadah lantaran belajar dibulan suci ini.

Akan namun, mungkin satu-satunya tantangan terberat anda dalam belajar & mempersiapkan diri menghadapi tes penerimaan CPNS 2018 nanti, merupakan event besar pagelaran final piala dunia 2018 yg dilansungkan di Rusia nanti.

Final Piala Dunia 2018 yg dibuka bertepatan menggunakan malam takbiran dan berakhir pada pertengahan bulan Juli 2018 nanti.

Tentu saja, apabila anda nir pandai -pandai mengatur waktu, anda akan terlena & ikut eforia demam piala dunia.

Baca: Kisi-kisi serta Bocoran Bentuk Soal Tes CPNS 2018

Karena itu disini kami tekankan pada anda, bahwa piala dunia masih akan berlangsung pada tahun 2022 nanti, jadi tidak terdapat salahnya anda nir ikut demam eforia pegelaran final piala dunia 2018 ini, namun penekanan belajar dan mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi penerimaan CPNS yang dalam ketika dekat sudah akan dibuka oleh pemerintah.

Tanamkan pada diri Anda bahwa anda harus lulus tes penerimaan CPNS 2018 ini dan jadikan momen piala global 2018 ini menjadi prioritas kesepuluh, sehingga pada pagelaran Final Piala Dunia 2022 nanti, anda ikut serta dalam eforia dan demam piala dunia menggunakan status sebagai PNS.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2