Fakta Ibu dan 2 Anak Positif Corona, Di Jemput Pakai Ambulan Karena Tertular dari Pakaian Ayah

Loading...

Loading...

Tiga orang warga pada Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dinyatakan positif corona. Pasien tersebut terdiri dari bunda dan dua anaknya yg masing-masing berusia empat & delapan tahun.

Dari tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, tiga pasien tadi diduga tertular virus corona menurut pakaian oleh ayah. Pasalnya, oleh ayah diketahui bekerja menangani pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dinyatakan positif corona

Bupati Bogor Ade Yasin mengungkapkan, ibu dan dua anaknya itu dinyatakan positif corona berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan pada laboratorium RS Polri Jakarta. Dia menyebutkan, pada 14 April 2020, ketiga anak menurut keluarga itu awalnya mengeluhkan sakit ketua & demam dengan suhu tubuh mencapai di atas 38 derajat celsius.

Lalu, mereka dibawa ke galat satu rumah sakit pada Kabupaten Bogor. Ketiga anak tersebut diketahui mengalami peradangan di paru-paru. Saat dilakukan tes darah, limfosit ketiga anak itu diketahui menurun dan mengarah dalam Covid-19.

"Lantaran kondisinya kurang mengagumkan dinyatakan PDP," kata Ade. Keesokan harinya, oleh Ibu juga mengalami sesak napas dan akhirnya dilarikan ke IGD RSUD Cileungsi buat menerima perawatan.

Karena kondisi itu, keluarga tadi dilakukan inspeksi tes swab pada RS Polri Jakarta. "Tanggal 20 April 2020, output lab berdasarkan RS Polri dinyatakan bahwa mak & dua anaknya positif Covid-19. Sedangkan sang ayah & anak pertama dinyatakan tak terdeteksi atau negatif," kata Ade.

Tertular menurut sandang sang ayah

Juru Bicara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Dedi Syarif mengatakan, bunda dan 2 anak tadi tertular virus corona berdasarkan baju sang ayah.

Pasalnya, sang ayah diketahui bekerja menangani pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. "Iya telah (diperiksa tertular dari baju ayahnya)," ucap Dedi yang juga Kepala Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor waktu dihubungi Kompas.Com, Minggu (26/4/2020).

Baju sang ayah tadi menjadi media penularan virus corona pada tempat tinggal mereka. Pasalnya, waktu ayahnya pergi berdasarkan bekerja, pakaian yang dikenakan nir pribadi direndam. Kemudian, secara nir sengaja tersentuh oleh tangan istrinya. "Lantaran kan beliau (ayah) memang bekerja di sana, Wisma Atlet. Kemungkinan akbar dari pakaiannya (penularan virus)," istilah Dedi.

Viral di media sosial

Rekaman video yang menerangkan proses penjemputan seorang mak dan 2 anaknya yang dinyatakan positif corona sang tim medis viral di media umum. Dalam video tersebut, seseorang mak terlihat memeluk anaknya di atas ambulans.

Beberapa saat lalu, diduga oleh ayah menggendong anak lainnya ke pada ambulans yg disambut pelukan sang oleh ibu. Kapolsek Cileungsi Kompol Endang Kusnandar waktu dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Penjemputan itu dilakukan pada 20 April 2020 dini hari.

Mereka dibawa ke tempat tinggal sakit buat menjalani perawatan selesainya dinyatakan positif corona. "Bapak & anak pertama tidak terdeteksi, namun buat mak , anak ke 2 dan ketiga terdeteksi. Kami tim Satgas berinisiatif agar permanen dirawat & melakukan langkah-langkah itu," istilah Endang saat dihubungi Kompas.Com, Minggu (26/4/2020).

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2