Dibuka 1 Juni, Ini Cara Dapatkan Subsidi Listrik PLN untuk Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA

Loading...

Loading...

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) mengadakan gerakan Light Up Indonesia yg bertujuan meringankan beban masyarakat dengan menaruh donasi tagihan listrik bagi famili prasejahtera. Di bulan Juni ini, dialokasikan kuota sebanyak 40.000 penerima donasi listrik.

Pendaftaran dibuka dalam 1-5 Juni 2020 secara online melalui situs www.Lightup.Id. Founder & CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa Veronica Colondam berkata, kuota pendaftar bulan Juni hampir 2 kali lipat dibandingkan Mei.

"Karena kita banyak belajar mengenai pembuktian dan kendala teknis yg sempat terjadi di bulan Mei. Kami berharap semoga bulan Juni lebih baik menurut bulan lalu," istilah Veronica pada Kompas.Com, Senin (1/6/2020).

Ia menambahkan, jumlah penerima donasi pada bulan Mei sebanyak 18.300 rekening. Jumlah ini lebih poly enam kali lipat menurut bulan sebelumnya.

Di bulan April, penerima bantuan sebanyak dua.197 rekening. "Terdiri dari mak pengusaha ultra mikro binaan YCAB sebanyak 6.104 dan rakyat unum yang mendaftar di lightup.Id sebesar 14.393," ujar dia.

Donasi Light Up

Vero menyebutkan, program ini dilakukan lantaran kepedulian terhadap syarat golongan masyarakat yang sebagai semakin terbatas akibat dampak pandemi Covid-19.

Banyak rakyat yang kehilangan pekerjaannya, akan tetapi masih harus memenuhi kebutuhan sehari-hari salah satunya listrik. "Melalui gerakan Light Up Indonesia ini kami berupaya menciptakan ketahanan ekonomi keluarga prasejahtera dan menaruh harapan pada tengah kegelapan.

Dengan adanya bantuan ini, pemasukan yang mereka dapatkan ketika ini bisa dialokasikan buat membeli sembako dan kebutuhan lainnya buat pencegahan Covid-19," papar Vero, April lalu.

Sementara itu, gerakan ini juga mengajak masyarakat yang berniat berdonasi. Donasi dapat dilakukan melalui situs www.Lightup.Id. Donasi yang masuk akan disalurkan kepada keluarga prasejahtera menggunakan daya 900 VA hingga 1300 VA tapi nir menerima subsidi menurut pemerintah.

Cara mendapatkan subsidi listrik

Pendaftaran dilakukan secara online lewat situs lightup.Id. Nantinya, rakyat diminta buat mengisi alamat e-mail, nama lengkap, password, dan kode captcha.

Setelah itu akan muncul laman yang berisi formulir registrasi. Isi data yang ada menggunakan lengkap dan benar, serta unggah sejumlah dokumen yg diminta. Kemudian ikuti langkah-langkah yg ada.

Selanjutnya, data pelanggan akan diverifikasi pada 6-13 Juni 2020.

Pada 14-19 Juni, pelanggan rekening pasca-bayar dengan tagihan kurang menurut Rp 100.000 akan menerima notifikasi berdasarkan OVO bahwa menerima pembayaran penuh.

Sementara buat tagihan yg melebihi Rp 100.000, maka pelanggan wajib melakukan top up pembayaran yang kurang melalui link top up yg diberikan OVO mulai 14 Juni 2020. Pada 15-30 Juni 2020, bagi pelanggan rekening prabayar, bisa mengunjungi website PLN atau WA ke PLN buat menjamin bantuan yg diberikan dalam bentuk token.

Jika tidak menerima notifikasi pemberitahuan melalui OVO (bagi pelanggan pasca-bayar) atau tidak tertera donasi donasi ketika cek website PLN (bagi pelanggan prabayar) pada 14-19 Juni 2020, maka dinyatakan belum menerima bantuan di bulan berjalan.

Namun, rakyat masih dapat mengajukan lagi di bulan berikutnya.

Ditegaskan, selain kuota penerima bantuan, terdapat beberapa hal yang menyebabkan belum menerima donasi.

Adapun hal-hal tadi antara lain:

1. Format ID PLN yg tidak tepat

dua. Informasi yg diisi tidak sinkron dengan bukti foto yg diunggah

3. Foto yang diunggah tidak sinkron menggunakan permintaan warta

Sumber :kompas.com

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2