Belajar SEO - Pengertian dan Istilah-istilah yang Ada dalam SEO

Dalam dunia Internet Marketing (bisnis online), SEO (Search Engine Optimization) adalah keliru satu cara yg sangat penting untuk menaikkan penjualan produk secara online, baik produk jasa juga barang.

Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Apalagi buat para blogger, yang tugas atau kerjanya "hanya" memberikan liputan-warta sesuai dengan niche atau tema blog yang mereka pilih.

belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

Karena tujuan dasar SEO adalah terkait dengan posisi atau peringkat situs web dan blog di search engine.

Yakni buat membuat &/ atau mempertinggi posisi, peringkat atau ranking blog dan situs web atau postingan di laman pertama output pencarian search engine.

Singkat istilah, SEO bertujuan buat menciptakan situs web atau blog berada pada laman pertama atau berada pada peringkat paling atas output pencarian Search Engine.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Dari tujuan dasar SEO tersebut diatas, dapat kita ketahui bahwa maksud atau tujuan utamanya adalah demi buat menerima pengunjung (trafik).

Artinya, semakin baik posisi situs web/ blog di peringkat hasil penelusuran search engine maka akan semakin besar kemungkinan situs web/ blog ditinjau pengunjung yg pada akhirnya akan meningkatkan trafik web/blog.

belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

Setelah memahami maksud & tujuan dasar menurut SEO, maka kentara SEO memiliki poly manfaat dalam perkembangan situs web/ blog kita.

Sehingga mau nir mau sebagai blogger, apalagi blogger pemula kita harus belajar, memahami, dan menerapkan setiap praktik terbaik demi buat menyebarkan situs web/ blog serta menaikkan pengunjung (trafik) kita.

Dalam dunia SEO Anda tidak harus sebagai seseorang pakar SEO professional, misalnya halnya aku yang hanya seorang blogger pemula & masih harus poly belajar dalam dunia blogging & Internet Marketing.

Namun bukan berarti kita harus minder & malu pada mempraktekkannya, lantaran SEO bukanlah sebuah keahlian glamor yang hanya boleh dipelajari sang pegiat global Internet Marketing saja.

Artikel ini saya buat, bukan mengindikasikan bahwa saya adalah seseorang yg pakar dibidang SEO, aku menciptakan artikel ini semata-mata sebagai bahan pembelajaran buat aku sendiri.

Dan juga sebagai catatan study perkara yg aku lakukan pada menerapkan praktik-praktik dasar SEO yang sedang saya pelajari.

Karena pada prinsipnya, belajar sambil praktik merupakan cara terbaik didalam tahu suatu bidang ilmu.

Jadi sebelum anda berpikir bahwa aku terlalu berani atau nir sadar diri dengan menciptakan sebuah artikel postingan tentang SEO aku pastikan bahwa seluruh ini merupakan cara saya pada mempraktekkan & memeriksa dan menerapkan study perkara dalam pembelajaran teknik dasar SEO yg saya pahami.

Sebagai dasar dari pembelajaran teknik dasar SEO ini, saya menciptakan catatan khusus mengenai pengertian & kata-kata yang terdapat didalam ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Istilah-istilah SEO (Search Engine Optimization)

Mulanya, selama saya belajar ngeblog & Internet Marketing apalagi saat saya mulai menemukan kata Search Engine Optimation (SEO).

Saya mengelami banyak sekali kendala-hambatan, karena waktu itu, aku nir memahami menggunakan baik arti & makna menurut beberapa kata pada SEO itu sendiri.

belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

Daftar istilah SEO yang aku buat ini mampu menjadi panduan dasar bagi aku dan Anda juga yg sama-sama belajar seperti saya (blogger pemula).

Sekaligus "me-refresh" wawasan mengenai SEO bagi yang telah akrab menggunakan kata-kata penting di dunia blogging, Internet Marketing & desain konten website.

Anda mampu menuju langsung kedalam istilah SEO yang Anda cari menggunakan jalan menekan tombol CTRL F dalam keyboard, lalu mengetikkan kata kata SEO yg Anda cari.

Berikut ini adalah daftar kata-istilah pada SEO.

Keyword Research atau Riset Keyword

Riset keyword adalah proses dimana kita mencari istilah kunci yg sempurna buat setiap konten yg kita hasilkan & menjadikannya target buat dioptimasi.

Yaitu menggunakan menentukan keyword yang memiliki hasil pencarian tinggi dengan tingkat persiangan serendah mungkin.

Riset keyword ini sanggup dikatakan sebagai bagian terawal menurut SEO & mampu sangat mempengaruhi hasil rank page situs web/ blog kita nantinya.

Sebagai contoh, jika anda baru mempunyai sebuah blog, & Anda menentukan keyword yang taraf persaingannya medium keatas, maka ini mampu dikatakan menjadi sebuah kesalahan yg sangat besar .

Lantaran peluang blog Anda yang masih baru tersebut buat berhasil masuk pada laman output pencarian Search Engine hampir nir terdapat karena persaingan kata kunci tadi terlalu bertenaga.

Long Tail Keyword

Long tail Keyword merupakan kata kunci panjang yang berfungsi agar pada merangking sebuah halaman blog di hasil search engine menjadi lebih mudah karena biasanya long tail keyword ini tingkat persaingan lebih rendah.

SEO Onpage

SEO Onpage merupakan cara kita mengoptimalkan situs web/ blog buat search engine didalam laman atau situs web/ blog itu sendiri.

Adapun didalam SEO Onpage masih ada kata-istilah SEO Onpage lainnya, yakni:

1. Title Tag

Adalah kode yang mengatur tampilan judul halaman di bagian tab browser, biasanya kode ini diletakkan dibawah kode <head>.

2. Meta Description

Meta description merupakan meta yg menampilkan teks kalimat pelukisan pada page hasil pencarian google.

3. Relevansi

Relevansi adalah taraf relevan atau kesamaan sebuah situs yg ditentukan oleh google menjadi penentu peringkat Search Engine.

4. Permalink

Permalink merupakan url yg terdapat sehabis url homepage, contohnya https://www.Awambicara.Id/2017/12/strategi-seo-dasar.Html, yang berwarna merah merupakan permalink.

Lima. Tag Heading

Tag Heading adalah pemberian tag pada teks/ kalimat buat memberitahukan kepada pengguna/ user ataupun robot Google bahwa teks/ kalimat ini yang terpenting, lebih krusial, kurang krusial, dan sebagainya.

6. Bold, Italic, Underline

Adalah teknik penulisan konten atau artikel menggunakan menggunakan format Text Bold, Italic dan Underline.

Gunanya merupakan buat meningkatkan kecepatan artikel terindex Search Engine. Format text ini dapat membantu meningkatkan kualitas SEO Onpage situs web/ blog lantaran membantu user lebih nyaman dan tertarik ketika membaca artikel yang dibuat.

Bold adalah membuat teks menjadi tercetak tebal, Italic - membuat teks dicetak miring, dan Underline menggaris bawahi teks/ kalimat, yang biasanya dilakukan pada kata kunci yang menjadi target optimasi.

7. Alt Text

Alt Text merupakan teks alternatif yg mempunyai fungsi buat memberitahu search engine pada suatu image/ gambar. Alt text memiliki peranan krusial untuk memunculkan blog atau website di google image.

8. Anchor Text

Anchor text merupakan sebuah teks atau goresan pena yang masih ada dalam sebuah page blog atau website, dimana pada teks tersebut didalamnya terdapat sebuah link yang mampu pada klik dan menunjuk ke sebuah page.

9. Internal Link

Internal link adalah kata yg menyatakan bahwa dimana sebuah teks/ kalimat ditautkan atau diberikan link yang menuju laman/ konten lain pada situs web/ blog yang sama.

10. Redirect 301

Ini adalah teknik yang relatif seringkali dipakai sang para penggiat SEO.

Adapun maksud dari pemakaian teknik ini adalah untuk menjaga URL yg telah atau sedang di meningkatkan secara optimal nir terkena penalti menurut google.

Secara umum, redirect 301 adalah mengalihkan secara permanen URL usang ke URL baru atau URL A ke URL B, dimana sekitar 90-99% link juice menurut URL tadi (dari) akan diarahkan ke URL yang baru.

11. Pagespeed Insights

PageSpeed Insights adalah indera untuk mengukur kinerja page (kecepatan page) buat perangkat seluler & perangkat desktop. Alat ini merogoh URL 2 kali, yg satu buat pengguna seluler, dan yg satunya lagi buat pengguna desktop.

Untuk blogger umumnya dibedakan dengan contoh: https://www.Awambicara.Id/?M=1 (buat seluler) & https://www.Awambicara.Id/ (untuk desktop).

12. Accelerated Mobile Pages (AMP)

Adalah keliru satu proyek Google yang dikembangkan buat tujuan mempercepat kinerja suatu website/ blog agar bisa menampilkan setiap halaman dengan cepat.

AMP bukan saja dirancang buat tampilan page blog/ situs web dan loading cepat saja, tetapi memiliki impak yg sangat baik untuk SEO, karena baru-baru ini Google sudah mengupdate algoritma nya yang memasukkan faktor kecepatan situs web pada versi seluler sebagai galat satu faktor peringkat situs web/ blog.

SEO Offpage

SEO Offpage adalah sebuah cara optimisasi SEO yg dilakukan di luar halaman situs web/ blog.

Dalam membentuk SEO Off Page dikenal dengan dua bentuk SEO, yakni pertama WhiteHat SEO yang adalah meningkatkan secara optimal diluar halaman situs web/ blog dilakukan secara alami (Natural) dan sinkron menggunakan peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Google.

Kedua BlackHat SEO, ialah menjalankan tindakan optimasi SEO Off Page dengan cara melanggar peraturan & kebijakan yg dikeluarkan Google Search Engine, serta membahayakan situs web/ blog.

Istilah-istilah dalam Offpage SEO

1. Social Media

Merupakan media buat membagi beragam hal, seperti status, foto, artikel atau link artikel.

Untuk memperkenalkan blog atau artikel terbaru, blogger umumnya menggunakan social media buat memberikan artikel terbarunya ke banyak sekali platform social media, seperti: Google , Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin, StumbleUpon, & sebagainya.

Blogger yang selalu membagi artikelnya ke aneka macam social media mempunyai kesempatan lebih besar untuk dapat memenangkan kata kunci dan pastinya lebih cepat terindex oleh Search Engine.

2. PBN - Private Blog Network

PBN atau Private Blog Network merupakan sekumpulan situs web/ blog milik sendiri atau milik orang lain yang tujuannya merupakan buat memberi backlink ke blog utama (kita) pada bisnis meningkatkan ranking blog tadi dalam output penelusuran Search Engine.

3. Dofollow

Adalah jenis link yg poinnya akan diteruskan sang google ke laman yg dirujuknya.

4. Nofollow

Adalah kebalikan berdasarkan Dofollow, yaitu google nir akan meneruskan poin halamannya ke halaman yang dirujuk.

Lima. Link Building

Adalah proses buat menciptakan backlink yang akan diarahkan ke blog primer kita.

6. Backlink

Adalah kata dimana tautan atau link dari blog lain yang menunjuk ke blog kita.

7. Footprint

Footprint merupakan catatan kaki yang dimasukkan ke query pencarian google buat mencari blog-blog yang dijadikan loka menanam backlink.

8. Outbound Link

Outbound Link adalah link keluar yang terdapat pada sebuah laman ke page yg lain. Dalam mencari backlink, sebaiknya anda menanam backlink di tempat yang minim Outbound link.

9. Reciprocal link

Reciprocal link merupakan Pertukaran Link yang dilakukan sang dua buah situs web/ blog dimana fungsinya agar bisa mendapatkan trafik yg menguntungkan diantara kedua belah pihak.

10. Social Bookmark

Social bookmark adalah sebuah website yang biasa dipakai buat mengelola, menyimpan, dan memberikan URL yg dianggap penting. Social Bookmark adalah situs yang memperbolehkan kita mempublish dan mem-bookmark artikel/ konten blog kita.

11. Blog Comment

Blog comment merupakan teknik mencari backlink menggunakan berkomentar dalam situs atau blog orang lain.

Istilah-istilah umum lain dalam global SEO

1. SERP

Serp adalah sebuah singkatan berdasarkan "Search Engine Results Pagedanquot; atau jika di Indonesia kan ialah yakni "page output penelusuran search enginedanquot;.

Dua. Crawling

Crawling merupakan sebuah proses ketika Googlebot (Robot Google Search Engine) merayapi sebuah situs dan menemukan konten baru di website atau blog, lalu lalu konten tadi akan dibubuhi agar bisa terindeks sang Google.

Semakin sering situs tersebut pada crawl sang google, maka semakin bagus blog itu pada mata google.

3. Domain Authority (DA)

Sebuah metrik atau nilai yg digunakan sang MOZ buat memprediksi seberapa kuat otoritas sebuah nama domain. Secara umum, Domain Authority (DA) mempunyai perhitungan sendiri misalnya jumlah link eksternal yang menuju domain, usia domain, jumlah konten yg terindeks google, & lain-lain.

4. Page Authority (PA)

Page authority (PA) merupakan sebuah output perhitungan metrik yang dikeluarkan oleh Moz buat menilai seberapa baik sebuah page situs web/ blog.

Perhitungan tadi sangat erat kaitannya menggunakan peringkat website pada halaman hasil penelusuran search engine.

Adapun yg sebagai indikator menurut perhitungan metrik tersebut yakni perhitungan link yang masuk, nilai MozRank, MozTrust, dan masih banyak faktor-faktor lainnya.

Lima. Google analytics (GA)

Google analytics merupakan Layanan google buat mengukur & menganalisa konduite pengunjung/ user pada sebuah situs web/ blog.

belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

6. Bounce Rate - Rasio Pentalan

Bounce rate atau kata Indonesianya merupakan "Rasio Pentalan" kata yakni nilai yg dipakai untuk mengukur seberapa usang seorang user mengunjungi dan berinteraksi dalam sebuah halaman situs web/ blog kita.

Bounce rate pada ukur dalam %. Semakin rendah nilainya, semakin indah sebuah situs web/ blog.

Sebagai contoh bounce rate blog awambicara ini merupakan 61.40% artinya, apabila terdapat 100 pengunjung, maka terdapat sekitar 61 orang/ user yg langsung meninggakan website/ blog tanpa membuka artikel lain. Website dipercaya berkualitas jika bounche ratenya dibawah 50%.

7. Broken Link

Broken link merupakan Link yang berada pada sebuah blog atau website yang sudah nir valid atau mengalami kerusakan (error 404).

8. Link Juice

Kata ini dipopulerkan sang seseorang SEO Expert yaitu Greg Boser. Menurut Greg, link juice adalah sebuah link yang terdapat pada dalam sebuah website/ blog, dimana link tersebut memiliki kiprah pada meningkatkan website yang sedang dioptimasi.

Adapun tolak ukur link juice itu sendiri bisa dipandang dari seberapa terkenal website loka link blog/ web kita ditanam.

9. Honeymoon

Honeymoon merupakan kata buat menggambarkan sebuah situs web atau blog yang bisa eksklusif berada di halaman satu google hanya dalam beberapa ketika saja, & apabila tidak dioptimisasi secara benar, posisi nya mampu saja akan berubah.

10. Whitehat SEO

Whitehat SEO ini kebalikan menurut Blackhat SEO, yakni sebuah teknik meningkatkan secara optimal output pencarian search engine yg sinkron menggunakan pedoman kebijakan menurut penyedia search engine misalnya Google, Bing, Duckduckgo, yahoo, dan sebagainya.

Jika teknik Whitehat SEO yg diterapkan pada optimasi blog, maka segala bentuk update prosedur pemecahan modern tidak akan menaruh efek buruk apa-apa terhadap blog, bahkan bisa menaikkan hasil atau rangking search engine.

11. Blackhat SEO

Blackhat SEO merupakan sebuah teknik optimasi output pencarian search engine yg bertentangan pedoman pada google.

Teknik ini umumnya bisa meranking sebuah website atau blog dengan cepat, tapi ketika google melakukan update algoritma maka website atau blog tadi niscaya akan terkena efek dan bahkan bisa sampai dalam termin paling ditakuti setiap blogger "penaltidanquot; berdasarkan Google.

Istilah-istilah pada Blackhat SEO

1. Hidden Text

Adalah teknik menyembunyikan link yg sebenarnya, umumnya warnanya akan disamakan menggunakan rona background.

Dua. Cloacking

Adalah teknik yang membuat search engine menampilkan hasil yang nir sama atau tidak selaras dengan output yg dipandang oleh pembaca atau pengunjung. Teknik ini adalah yg paling berat hukumannya apabila diketahui sang google, yaitu deindex.

Tiga. Penumpukan kata kunci/ keyword

Adalah menaruh banyak kata kunci pada satu halaman psotingan supaya istilah kuncinya dapat dicerna oleh google search engine.

4. Link spam

Adalah menanam backlink pada sembarangan tempat, misalnya seringkali berkomentar spam diblog-blog lain, menciptakan thread diforum dan menanamkan backlink yang tidak relevan.

Link spam ini termasuk blackhat SEO, karena google menganggap link spam, baik komentar-komentar spam, atau berada diforum-lembaga hanya buat menyepam, akan mengurangi kenyamanan pengunjung dalam sebuah laman situs web/ blog.

Istilah-istilah SEO & Algoritma Google

1. Google Dance

Google dance adalah sebuah prosedur pemecahan yang diciptakan google buat menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Jadi jangan heran jika website anda jumlah visitornya tiba-datang turun dan jangan eksklusif men-judge website anda terkena penalti.

2. Google Pagerank

Google pagerank merupakan sebuah nilai metrik yang diberikan ke sebuah situs web/ blog, dimana nilai tersebut mempunyai arti mengenai seberapa krusial website anda menurut sudut pandang Google. Saat ini Google tidak lagi memberikan metrik atau nilai Pagerank terhadap sebuah situs/ blog.

3. Google Panda

Sebuah nama algoritma google yg dibentuk supaya dapat menampilkan blog atau website yg berkualitas, memiliki konten yg original dan bukan output "copas" atau copy-paste. Pada intinya algoritma yang satu ini lebih menekankan pada kualitas konten yang anda buat pada website atau blog.

4. Google Penguin

Sebuah prosedur pemecahan yang dirancang oleh Google buat menaruh penalti pada web atau blog yang terbukti melakukan pelanggaran anggaran kebijakan Google buat memanipulasi SERP.

Contohnya adalah dengan melakukan link building secara berlebihan, keyword stuffing, cloacking, & masih banyak lagi.

5. Google Hummingbird

Algoritma Google Hummingbird dipakai buat membantu Google menafsirkan output penulusuran mereka menggunakan lebih baik lagi, yakni menaruh hasil yg paling sesuai dan relevan menggunakan maksud & impian user.

6. Google Pigeon

Algoritma Google Pigeon diluncurkan dalam tahun 2014, yg menyasar dalam optimasi search engine (SEO) on-halaman dan off-laman.

Algoritma Pigeon memengaruhi hasil penelusuran pada mana lokasi user mempunyai peranan krusial. Praktek terbaik buat memulai teknik SEO off-laman adalah dengan jalan membuat konten yg berkualitas & berguna.

Sehingga, akan banyak direkomendasikan sang situs-situs web lainnya. Maka akan terciptalah backlink yang natural. Dimana backlink alami merupakan adalah galat satu meningkatkan secara optimal SEO off-page.

7. Mobilegeddon

Update Algoritma Seluler Google atau yg diklaim menggunakan Algoritma Mobilegeddon buat memastikan peringkat teratas yg sesuai untuk output penelusuran versi seluler.

Sedangkan untuk situs web/ blog yg tidak memberikan pengalaman pengguna yg baik dalam versi mobile/ seluler akan disaring menurut hasil SERP atau mengalami penurunan peringkat output penelusuran secara signifikan.

8. Google RankBrain

Yang adalah sistem pembelajaran mesin yg membantu Google tahu makna pada pulang kueri, & menyajikan output pencarian yg paling sinkron buat menjawab pertanyaan tadi.

9. Google Possum

Pembaruan atau update ini memastikan bahwa output lokal yg bervariasi lebih poly tergantung pada lokasi user.

Semakin dekat user menggunakan alamat bisnis/ situs web/ blog, semakin besar juga kemungkinan user buat melihatnya dihalaman pertama hasil penelusuran google.

10. Google Fred

Algoritma ini menyasar situs blog/ web yang miskin konten, lebih menunjuk kepada affaliates serta yg hanya fokus pada pengiklanan saja.

Fred menargetkan situs web/ blog yang melanggar pedoman webmaster Google.

11. Speed Update for Mobile Search

Terhitung mulai lepas 9 Juli 2018, Update Algoritma Kecepatan Halaman buat Mobile Search - "Google Speed Update for Mobile Search" kini sebagai galat satu faktor berdasarkan 200 lebih faktor yang digunakan google pada memberi peringkat terhadap suatu situs/ blog.

Selengkapnya mengenai update algorimta Google terbaru silahkan lihat di9+1 Update Mayor Algoritma Google Search Engine 2011-2018.

12. Google Sandbox

Sandbox merupakan saat yg diharapkan sebuah situs buat mencari dan mendapatkan pulang kepercayaan Google search engine lantaran telah kehilangan kepercayaan dan menghilang dari halaman index google search engine.

Google Sandbox merupakan sebuah penalti atau sanksi yang diberikan oleh google terhadap sebuah situs web/ blog atau hanya dalam satu page situs web/ blog, menggunakan cara menurunkan posisi ranking page tersebut pada SERP.

Hal ini kentara akan sangat merugikan karena situs web/ blog yang terkena Google Sandbox tidak akan menerima trafik dengan istilah kunci yg pernah pada optimasikan.

Banyak blogger beropini bahwa Google Sandbox ini hanyalah sebuah mitor, tetapi walaupun demikian ada baiknya kita permanen dalam jalur yg sahih, yakni mempraktekkan Whitehat SEO, bukannya Blackhat SEO.

Jika ada tambahan istilah-kata SEO yg lain, silahkan bagikan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2