7 Teknik dan Cara untuk Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Smartphone & internet sudah membarui segalanya, nir terkecuali otak kita.

Informasi tanpa batas kini hadir pada ujung jari kita. Lantaran itu, nir mengherankan bila kemampuan kita buat menyimpan & mengingat keterangan pun mulai berhenti berkembang.

cara meningkatkan daya ingat

Ketergantungan mental pada teknologi ini sering disebut sebagai "Google Effect" .

Lihat: Tips Mengerjakan Ujian Seleksi SKD CPNS

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh kaspersky mengatakan bahwa 50% orang tidak berusaha untuk mengingat informasi atau mencari jawaban dari orang-orang di sekitarnya sebelum mereka mencarinya secara online.

Juga, ada dua pertiga konsumen mengatakan bahwa menggunakan membiarkan perangkat mereka melakukan pekerjaan mengingat, mereka anggap itu bisa membantu mereka lebih poly.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

apabila perangkat atau ponsel kita bisa dengan sangat baik menyimpan berita & menjawab seluruh pertanyaan, mengapa kita wajib repot-repot buat mengingat sesuatu?

Para ahli mengingatkan bahwa apabila kita tidak secara aktif mengingat balik suatu keterangan, maka secara tidak eksklusif kita sudah menghancurkan diri kita sendiri pada masa yang akan tiba.

Lantaran dengan memiliki ingatan jangka panjang yang sedikit maka kita akan mempunyai banyak kesulitan untuk mempertahankan informasi jangka pendek.

Awambicara akan menaruh beberapa teknik simpel buat membantu Anda menerima balik ingatan jangka pendek Anda, misalnya yg kami dapatkan menurut infografis QuidCorner dibawah ini.

Entah itu buat menyelidiki bahasa-bahasa baru atau hanya sekedar buat mencoba mengingat kode akses pintu masuk ruangan kantor Anda?

Teknik Memorisasi - Teknik Menghafal

Disini terdapat beberapa trik yg bisa Anda lakukan untuk membantu Anda supaya lebih efektif mengingat suatu fakta & membantu mempertinggi daya ingat Anda.

1. Teknik Locus - Tempat

Teknik ini khususnya diperuntukkan dalam tugas-tugas yg lebih menuntut hafalan, seperti pidato, cobalah buat visualisasikan bagian-bagian fakta pada sepanjang jalan atau loka yg Anda kenal baik.

teknik lokus - cara dan teknik menghafal

Teknis ini memakai keterampilan navigasi & memori spasial Anda buat membantu Anda mengingat informasi secara linear.

Langkah 1 : Ingatlah dan kenali dengan baik setiap sudut rumah Anda, misalnya dengan berjalan-jalan disekitar atau area rumah Anda.

Langkah 2 : Visualisasikan setiap bagian informasi yang ingin Anda ingat disetiap ruangan dan area yang berbeda disudut rumah Anda.

Langkah 3 : Untuk mengingat kembali setiap informasi yang diterima telusuri kembali setiap rute dan setiap bagian logkasi saat Anda berjalan melewati area rumah Anda.

Contohnya, cobalah buat mengingat dan menavigasi rumah Anda, ruangan-ruangan, kamar-kamar, atau loka-loka sepanjang bepergian Anda menurut kantor menuju rumah dan kebalikannya.

Tips: Cobalah untuk menelusiri dan mengingat-ingat kembali didalam pikiran Anda setiap informasi yang Anda terima dan ingin Anda ingat setiap harinya sampai informasi tersebut menetap disana.

Lihat: Tips dan Kunci Sukses Lulus Tes CAT CPNS

dua. Teknik Akronim

Teknik Akronim untuk mempertinggi daya jangan lupa ini adalah dimaksudkan atau bertujuan buat mengingat formasi kata.

Penelitian menunjukkan bahwa, kita cenderung lebih gampang mengingat sebuah informasi, waktu kita memberi makna menurut sebuah istilah.

teknik akronim - cara meningkatkan daya ingat

Teknik atau cara ini bahkan bisa membantu kita mengingat lebih usang.

Ketika kita memberi makna dalam satu istilah atau kalimat atau susunan kata yang kentara, kita akan gampang mengingat kata atau berita tersebut.

Teknik Akronim ini merupakan teknik penyingkatan kalimat atau kata menjadi sebuah kata atau kalimat baru yg lebih kentara & lebih generik kita dengar.

Caranya merupakan:

Langkah 1 : Buat dan kumpulkan serta susun huruf pertama dari setiap kata yang akan kita ingat.

Langkah 2 : Atur setiap huruf yang telah kita ambil dari daftar kata tadi, sehingga membentuk sebuah kata baru yang lebih jelas atau sering kita dengar, agar kita lebih mudah mengingatnya.

Langkah 3 : Untuk mengingat informasi tersebut, susun huruf dari kata pertama tadi menjadi sebuah kata baru yang lebih umum, jelas dan lebih mudah kita ingat.

Tips: Kita cenderung lebih suka mengingat kata-kata yang umum dan jelas. Sehingga dengan demikian, sedapat mungkin buatlah kata-kata baru yang lebih mudah diingat.

Contoh: Untuk menghafal atau mengingat arah mata angin, ambil huruf pertama dari setiap istilah arah mata angin, kemudian bentuk sebagai kata baru, yakni NEWS (North, East, West, South)

3. Teknik Pribahasa - Sajak - Puisi

Teknik Pribahasa, Sajak, Puisi merupakan cara buat menaikkan daya jangan lupa dalam mengingat fakta pada perintah yg lebih naratif atau spesifik.

teknik pribahasa - sajak - puisi - cara meningkatkan daya ingat

Pribahasa, sajak dan puisi membantu kita pada mengingat suatu warta, sebagaimana otak kita bisa buat membongkar sebuah struktur kalimat.

Ini juga biasanya disebut dengan Encoding Akustik.

Caranya:

Adalah dengan membayangkan gambaran dari pribahasa, sajak atau puisi yang akan kita jangan lupa.

Lihat: Tips Jitu Lulus Tes CPNS

Contohnya: "Seperti membeli kucing dalam karungdanquot;. Anda dapat membayangkan atau membuat gambaran kucing didalam karung.

4. Teknik Linking - Tautan (menghubungkan)

Teknik Lingking adalah galat satu teknik atau cara buat mempertinggi daya jangan lupa, terutama buat mengingat sebuah daftar.

teknik linking - cara meningkatkan daya ingat

Disebut juga menggunakan Teknik Tautan atau Teknik Menghubungkan, atau mampu juga disebut menggunakan teknik visualisasi dan asosiasi.

Yakni sebuah teknik memorisasi yang menautkan atau mengaitkan menggunakan kesamaan alami kita buat tahu dunia melalui sebuah cerita.

Dengan menautkan atau menghubungkan keterkaitan antara beberapa item dalam daftar antara satu menggunakan yang lainnya secara kreatif, maka Anda akan lebih cenderung mudah mengingatnya daripada Anda menghafal daftar itu.

Caranya:

Langkah 1 : Buat gambaran dalam pikiran Anda untuk setiap item informasi yang ingin Anda ingat.

Langkah 2 : Hubungkan dan kaitkan setiap image atau gambaran dalam pikiran Anda didalam daftar tersebut. Bayangkan seekor lebah terbang mengelilingi daftar informasi Anda, dan mendarat di informasi terakhir dari daftar tersebut.

Tips: Cobala untuk menghubungkan setiap informasi yang ada didalam daftar sehingga membentuk sebuah cerita.

Hal ini bisa membantu buat permanen menangkap setiap fakta menurut daftar dan membantuk menaikkan daya ingat Anda.

Contohnya merupakan mengingat daftar belanjaan sebelum Anda pulang ke pasar.

5. Teknik Chunking

Yakni berupa rabat berita yang lebih kompleks. Misalnya gugusan nomor yg panjang.

Deretan angka yg panjang akan lebih gampang diingat bila kita telah memecahkan nomor panjang tersebut menjadi beberapa bagian.

teknik chunking cara meningkatkan daya ingat

Contoh seringkali kita temui berdasarkan "chunking" ini merupakan format nomor telepon.

Pada tahun 1950-an, Bell Laboratories bekerja sama menggunakan profesor George A. Miller berdasarkan Universitas Harvard untuk mendapatkan wawasan mengenai bagaimana menyandikan fakta ke dalam memori jangka panjang.

Singkatnya, penelitian Miller memilih bahwa format angka telepon (555) 555-5555 merupakan format gugusan angka yg paling efektif agar otak bisa lebih gampang menyimpan keterangan kontak telepon.

Lihat: Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional

"Dengan mengatur informasi ke dalam beberapa dimensi dan berurutan ke dalam potongan-potongan, maka kita setidaknya bisa memecahkan atau meregangkan hambatan yang ada dalam informasi tersebut" - George A. Miller

6. Teknik PQRST

Teknik PQRST merupakan kepanjangan menurut Preview, Question, Read, State & Test.

Merupakan salah satu cara atau teknik untuk meningkatkan daya jangan lupa saat menghadapi ujian.

teknik pqrst cara meningkatkan daya ingat

Entah itu ujian semester, ujian nasional, ujian menghadapi seleksi penerimaan pegawai (PNS, Swasta, BUMN), ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Para ahli menyampaikan bahwa teknik ini dapat berhasil, karena dapat menaruh Anda pengembalian ingatan yang lebih kuat.

Caranya:

Preview : Dengan membaca sekilas materi yang akan diujikan.

Question : Pikirkan pertanyaan penting tentang informasi yang sedang Anda baca.

Read : Baca semua materi atau bahan informasi yang akan diujikan secara lengkap.

State : Nyatakan jawaban atas pertanyaan kunci yang Anda pikirkan dengan tegas.

Test : Uji diri Anda sendiri untuk memastikan bahwa Anda mengingat semua informasi penting yang Anda baca.

Tips: Pada saat langkah atau tahapan PREVIEW, bacalah paragraf pertama dan terakhir. Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan inti dari informasi yang Anda baca.

7. Teknik Menulis - Mencatat

Teknik terakhir buat membantu menaikkan daya jangan lupa kita adalah menggunakan mencatat seluruh fakta krusial tadi.

Teknik ini mampu & umumnya digunakan buat mengusut bahasa baru.

teknik mencatat - menulis - cara meningkatkan daya ingat

Dengan menulis dan mencatat, Anda secara tidak eksklusif merangsang bagian sel otak, memicu Reticular Activating System (RAS), yang akan menciptakan otak Anda buat aktif dan memberi perhatian lebih menurut setiap fakta yang Anda catat atau tulis.

Caranya:

Dengan mencatat dan menulis setiap informasi penting yg Anda terima pada sebuah kartu catatan khusus, dan ulangi serta beri ulasan sebesar 3 kali sehari.

Tips: Cobalah untuk memberikan gambar, warna sesuai dengan arti kalimat yang ditulis, serta dengan bentuk tulisan yang berbeda di kartu catatan khusus Anda.

Sebab, dapat merangsang beberapa syaraf sensorik, sebagai akibatnya berita lebih mudah diingat.

Kunci Mengingat

Teknik-teknik yg sudah kami jelaskan di atas adalah buat memicu bagian lain menurut otak buat membantu kita pada membentuk ingatan yang lebih kuat.

Lihat: Cara Mencapai Target Kelulusan

Di era "Digital Distraction" ini, dengan hanya sekadar mengulang beberapa liputan beberapa kali saja tidak cocok dengan visualisasi mental dan menambahkan makna kedalam konteks pada sebuah berita.

Pahami ini, & Anda dapat mengingat hampir seluruh hal.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2