Mengapa Harus Jadi Pegawai Negeri Sipil - PNS?

Berita seputar penerimaan dan pendaftaran CPNS 2018, sanggup dikatakan menjadi headline informasi media-media mainstream selama beberapa bulan terakhir.

Mengapa Harus Jadi PNS?

Tanggal pendaftaran & penerimaan CPNS 2018, jumlah gugusan CPNS buat setiap instansi, serta kualifikasi pendidikan menjadi trending topik di penelusuran Google.

mengapa harus jadi pns

Dapat disimpulkan bahwa antusiasme rakyat dalam setiap penerimaan CPNS yg dilakukan pemerintah sangat tinggi.

Mengapa?

Banyak hal yg bisa sebagai faktor mengapa profesi seseorang abdi negara (PNS) begitu sebagai primadona pada negeri ini.

Bisa lantaran jaminan kesejahteraan yang diberikan, sanggup pula karena gengsi & status sosial lantaran berprofesi menjadi Abdi Negara.

Namun, dari poly alasan mengapa pekerjaan sebagai Abdi Negara ini begitu banyak menarik minat rakyat Indonesia, ada beberapa faktor utama yang sebagai alasan mengapa menentukan menjadi PNS.

1. Jaminan Kesejahteraan

Sudah tidak mampu kita pungkiri bahwa Anggaran Pendapatan & Belanja Negara (APBN) hampir setengahnya merupakan diperuntukkan menjadi Belanja Pegawai.

Yang ialah, kurang lebih 30-40 % APBN digunakan buat membayar Gaji, Tunjangan-tunjangan, serta pengeluaran lainnya yg diperuntukkan bagi PNS.

Dengan besarnya angka Belanja Negara untuk pegawai ini, jelas menampakan bahwa Kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil telah menjadi perhatian negara, yg dalam hal ini pemerintah.

Apalagi diera reformasi ini, dimana pemimpin daerah dan wakil masyarakat baik pada tingkat wilayah maupun sentra, dipilih eksklusif sang masyarakat.

Bahkan nir hanya itu, Presiden dan wapres pun dipilih pribadi sang rakyat.

Dengan keadaan ini, telah barang tentu PNS telah menjadi "komoditi" politik bagi penguasa juga bagi mereka yang ingin berkuasa.

Mengapa demikian?

PNS saat ini berjumlah lebih menurut 4 juta orang, dan bayangkan apabila menurut 4 juta PNS tadi mempunyai keluarga yang sudah punya hak pilih, maka ada berapa bunyi yang dapat didapatkan.

Karena itu, pada setiap tahun-tahun politik, PNS selalu menjadi salah satu faktor yg digunakan sang penguasa, dan yang ingin merebut kekuasaan buat menjaring bunyi.

Dan untuk melakukan itu, salah satu cara menarik suara dari para Abdi Negara ini adalah dengan menaikkan kesejahteraan mereka.

Sebut saja, yang terbaru pemerintah berencana akan menaikkan gaji pokok PNS pada tahun 2019 nanti.

Belum lagi hadiah tunjangan misalnya tunjangan kinerja, tunjangan kesehatan, tunjangan kemahalan, & tunjangan-tunjangan lainnya.

Selain kesejahteraan saat menjadi PNS, kesejahteraan masa pensiun dan hari tua PNS pun diberikan oleh pemerintah.

Karena itu, tentu tidak mengherankan mengapa saat ini profesi PNS sebagai sebuah profesi primadona di negeri ini.

Jika kita kembali ke 30 tahun yang kemudian, profesi PNS ini masih ditinjau sebelah mata sang sebagian akbar warga Indonesia.

2. Strata Sosial

Iya, memang betul, kita tidak sedang hidup di jaman feodal, atau hidup dimasyarakat yang menganut sistem KASTA.

Tetapi kita pula nir dapat menepis anggapan warga yang berkembang buat profesi PNS ketika ini.

Menjadi PNS sanggup sangat membanggakan bagi mereka sendiri & juga bagi sanak saudara & keluarganya.

Bisa menaikkan derajat famili, karena dengan sebagai PNS maka suatu saat apabila karir PNS nya rupawan, sanggup sebagai pimpinan di instansi loka ia bekerja.

Dan seluruh ini telah poly dibuktikan, admin sendiri melihat seluruh ini.

Bahkan tidak sedikit orang tua yang menginginkan menantu seorang PNS. Karena bagi orang tua, jaminan masa depan yg cerah buat anak mereka dapat menciptakan hari tua mereka sebagai damai.

Tiga. Melanjutkan Pendidikan

Untuk sebagian orang, sebagai PNS merupakan merupakan sebagai galat satu batu loncatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Karena, pemerintah selalu berupaya menaikkan kemampuan para pegawainya, menggunakan menaruh kesempatan dan beasiswa buat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa yg diberikan ini bahkan kadang bekerjasama menggunakan universitas-universita bergengsi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Dengan sebagai PNS, maka membuka peluang dan kesempatan bagi mereka yg ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi lagi.

4. Ingin Berada di Lingkungan Orang-orang Penting

Dunia politik & entertaiment nir bisa dipisahkan. Berita politik selalu menjadi konsumsi utama masyarakat, selain entertaiment (hiburan).

Bahkan terkadang anjung politik bisa menjadi hiburan yg cukup menciptakan masyarakat terhibur, terutama menggunakan kisah & tingkah laris politikus yang terkadang relatif menggelikan.

Sebut saja informasi Setnov yg menabrak tiang listrik hanya karena ingin menghindari penyidikan KPK atas perkara korupsi yg menimpanya, dan cerita mengenai benjol kepala Setnov sebanyak Bakpao.

Profesi dan pekerjaan PNS tidak terlepas dari politik dan entertaiment.

PNS pada dasarnya adalah pelayan masyarakat, yg menjalani semua kebijakan yg telah ditentukan pemerintah, yang mana pemerintah itu sendiri merupakan sebuah jabatan Politik.

Memang benar, bahwa PNS harus dipisahkan dari Politik dan telah ada peraturan tentang itu (lihat:Netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Awam/ ASN dalam PILKADA), namun kenyataannya tidaklah demikian.

Seperti yg telah kami katakan diatas, bahwa PNS telah menjadi komoditi politik para politikus pada negeri ini.

Menjadi PNS berarti Anda berada dalam lingkungan orang-orang penting dan terkenal pada negeri ini.

Berada & dekat dengan lingkungan orang-orang penting dan populer, ialah ikut berada & bahkan mungkin pula akan ikut kecipratan terkenal.

Jika rakyat awam, tentu tidak akan mudah buat bertemu apalagi bersama dengan Bupati, Walikota, Gubernur, apalagi Presiden.

Namun, jika Anda menjadi PNS, & ditempatkan pada instansi yg berada dilingkungan orang-orang penting tersebut, maka menggunakan sendirinya menciptakan Anda sebagai populer.

Lantaran sanggup jadi Anda merupakan orang (PNS) yg menentukan jadwal acara, jadwal rendezvous atau jadwal wawancara/ talkshow pejabat-pejabat publik tadi.

Jika telah demikian, maka telah barang tentu Anda akan herbi pihak-pihak pers, televisi, bahkan pula artis-artis.

5. Jalan-jalan

Anda mungkin seorang petualangan sejati. Menyukai loka-loka baru. Mencintai bepergian ketempat & suasana baru.

Dan berprofesi sebagai PNS merupakan salah satu alasan buat Anda sanggup mewujudkan keinginan Anda tanpa wajib mengeluarkan porto. Bahkan didanai negara.

Iya, PNS merupakan profesi yg tugasnya melayani warga . Dan pada melayani masyarakat PNS wajib berpergian, yang terkadang kedaerah-wilayah yg jauh & terpencil.

Dan jua berpergian dari satu kota ke kota yg lain serta dari provinsi yg satu ke provinsi yang lain, yg biasa nya mengikuti program training, diklat, dan lain sebagainya.

Menjadi PNS berarti membuka  kesempatan untuk Anda bepergian ketempat-tempat baru, bahkan ketempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Dan apabila Anda seorang traveler maka sebagai PNS mampu jadi adalah galat satu alasan mengapa harus menjadi PNS.

Mungkin masih poly alasan Mengapa Anda Harus Menjadi Pegawai Negeri Sipil - PNS, yang nir kami sebutkan diatas.

Tetapi apapun alasan Anda, PNS bukanlah satu-satunya profesi idaman dan primadona dinegeri ini.

Profesi apapun yang Anda jalani, selama itu sesuai dengan hati dan hasrat Anda, apalagi profesi yg Anda sukai yang sebagai hobi Anda maka itu merupakan profesi primadona untuk Anda.

Anda merupakan generasi milenial, hayati pada era yang serba digital, maka pikiran & pola pikir Anda pun harus digital.

Manfaatkan apa yang terdapat disekitar Anda, jadikan semua kelebihan dan keunggulan Anda menjadi kapital Anda dalam menjalani profesi Anda.

Saatnya sebagai generasi milenial Anda harus berkarya, menciptakan bukan mengharapkan. Anda harus menjadi seorang penggagas, seorang yang memiliki visi yang jauh kedepan. (lihat:Manfaatkan Waktu Luang Mu Wahai Generasi Millenial - Ini Waktunya Kita).

Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh sebagai PNS. Jika keinginan Anda merupakan sebagai Abdi Negara, berbakti kepada bangsa & rakyat Indonesia, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, maka Anda HARUS sebagai PNS.

Jangan sampai profesi PNS ini diisi oleh orang-orang yg ingin merongrong negara ini, diisi sang orang-orang yang ingin menggantikan ideologi bangsa, orang yg ingin menjual bangsa ini.

Anda tentu memahami, bahwa bangsa ini sedang dalam keadaan yang sangat mengkhawatirkan, Tenaga Kerja Asing merajalela, paham-paham komunis mulai tumbuh fertile dinegeri ini.

Karena itu, Anda harus menjaga negeri ini, jangan sampai yang duduk pada birokrasi nanti orang-orang yg disusupkan oleh para pengusung ideologi komunis.

Diisi oleh orang asing yg mungkin telah menerima KTP, atau identitas Indonesia.

Apabila Anda menyayangi bangsa ini, & menginginkan yg terbaik bagi NKRI, maka Anda wajib sebagai PNS.

Jika Anda menyalurkan bunyi Anda buat perbaikan negeri dan bangsa ini, maka menjadi PNS adalah jalan buat Anda memperbaikinya.

Dan buat itu, berusahalah, belajar, & persiapkan diri Anda sebaik mungkin, pada menghadapi seleksi penerimaan CPNS 2018 ini.

Ikuti bimbingan belajar yang ada, beli buku tes cpns, browsing di internet bentuk soal, contoh soal, kunci jawaban dan pembahasan serta tips dan trik menjawab soal ujian cpns (lihat: Lulus Tes CPNS 2018 - Contoh Soal dan Pembahasannya).

Selamat berjuang buat Anda yg akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2018 ini. Percayalah dalam kemampuan diri Anda sendiri.

Berusaha dan berdoa lah secara terus menerus agar asa Anda menjadi Abdi Negara tercapai.

Apabila keberuntungan belum menjadi milik Anda, berbesar hatilah, dan permanen optimis dan berharap pada pembukaan penerimaan CPNS ditahun-tahun yg akan datang, Anda bisa diterima.

Ingatlah, output nir pernah mengkhianati usaha. Semakin bertenaga Anda berusaha, yang diiringi menggunakan doa pada Tuhan YME, maka semakin akbar peluang Anda buat diterima sebagai PNS.

Anda adalah misalnya apa yang Anda lihat. Jika Anda melihat diri Anda adalah orang yg sukses, maka Anda akan sukses, namun bila Anda selalu berkeluh kesah, nir yakin dalam kemampuan diri, maka kesuksesan akan menjauh dari Anda.

Selamat berjuang!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2