Menteri Marwan Dorong Pengembangan Potensi Ekonomi Desa

GampongRT - Potensi kekayaan alam di desa-desa sangat melimpah, namun belum digarap secara optimal sehingga belum mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa secara menyeluruh.

Kondisi inilah yang membuat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri desa PDTT) Marwan Jafar terus menyerukan agar seluruh masyarakat desa segera bekerja mengoptimalkan semua resources yang ada di desanya.

?Desa-desa pada Indonesia sangat fertile dan gudangnya potensi. Mulai berdasarkan aneka buah-buahan, aneka bunga, kerajinan UMKM, sektor pertanian, keindahan alam dan banyak potensi lain yg mampu pada eksplore buat kemajuan ekonomi desa dan daerah perdesaan,? Ujar Menteri Marwan.

Menteri pengawal implementasi UU Desa ini mengungkapkan, apabila semua potensi desa bisa dikelola menggunakan optimal, maka ekonomi masyarakat desa niscaya akan ikut berkecimpung. Dengan mengelola potensi yg ada, maka nir akan ada warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari lantaran roda perekonomian desa akan berjalan dengan baik & merata.

?Ini yang terus kita dorong. Di desa poly jenis buah-buahan, jangan hingga buah impor terus membanjiri. Demikian juga potensi sektor pertanian, UMKM, dan banyak lagi potensi lain yang sanggup membantu menggerakkan perekonomian desa dan tempat perdesaan. Sekali lagi aku katakan, poly sekali potensi desa yg sanggup dikembangkan buat menggerakkan perekonomian rakyat desa,? Ungkapnya.

Menteri Marwan menambakan, dukungan pemerintah terhadap kemajuan desa sudah optimal. Selain ada pengakuan dan pemberian kewenangan, juga ada Dana Desa yang bisa dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur desa dan pembangunan ekonomi desa berbasis potensi lokal. Kementerian Desa sendiri adalah pengawal implementasi UU Desa, sekaligus mengarahkan desa-desa agar bisa mengelola potensi yang dimilikinya, termasuk mengawal penggunaan Dana Desa .

"Kami mendorong terus agar desa-desa sanggup sejahtera dan berdikari. Ini ikhtiar beserta yg harus dilakukan karena dalam adasarnya desa-desa itu sudah kaya akan potensi namun belum digarap secara baik. Padahal apabila dikelola, aku yakin ekonomi rakyat desa akan bangkit,? Imbuhnya.

Menteri Marwan mengingatkan, pemerintah Jokowi telah mengarahkan kebijakan menciptakan desa menjadi galat satu prioritas utama pembangunan nasional. Ini dituangkan dalam Naca Cita ketiga, yakni menciptakan Indonesia berdasarkan pinggiran menggunakan memperkuat wilayah & desa dalam kerangka negara kesatuan.

?Desa-desa ditempatkan sebagai subjek pembangunan. Mayarakat desa merupakan pelaku pembangunan. Paradigma ini wajib benar-sahih dihayati dan dilaksanakan secara penuh oleh semua elemen bangsa,? Tandas Menteri Marwan. (Kemendesa/admin)

Keterangan Foto: Kerajinan Tangan Masyarakat Gampong di Kecamatan Lhokga, Aceh Besar.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2