Menteri Desa: Jaga Kedaulatan Bangsa Dengan Transmigrasi

GampongRT - Permasalahan daerah Perbatasan antara Indonesia dengan negara tetangga kerap menjadi momok perseteruan. Tak jarang, konflik yang terjadi berawal dari pergeseran batas dengan cara mematok wilayah perbatasan.

Upaya serius pemerintah untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa dari pencaplokan Negara tetangga terus di lakukan, salah satunya dengan Program Transmigrasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT) yang akan menempatkan para transmigran di daerah perbatasan Indonesia.

?Transmigrasi pada wilayah perbatasan akan kita kembangkan, tahun ini telah mulai pada perbatasan Kalimantan, target kita minimal dua juta hektar untuk daerah transmigrasi di sepanjang Kalimantan. Untuk tahun berikutnya, kita fokuskan di Papua atau NTT & wilayah-wilayah perbatasan lainnya,? Istilah Menteri Desa, Marwan Jafar, di Jakarta.

Guna merealisasikan acara tersebut, Menteri Desa menyampaikan bahwa Kementerian Desa, PDTT sudah melakukan sinergitas acara dengan Kementerian/Lembaga Negara dan Pemda setempat.

?Alhamdulillah komunikasi kita sangat baik & kondusif dengan LHK & Agraria. Saling take and give, mana tanah yg di lepaskan, mana yg tidak pada lepaskan? Ujar Marwan Jafar.

Marwan mengumpamakan sekali dayung dua 3 pulau terlampaui. Selain akan menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, program transmigrasi secara terpadu pula akan menyerap tenaga kerja baru dan memanfaatkan huma-lahan yg kurang produktif dan sanggup melahirkan kawasan-kawasan kota terpadu.

?Ini luar biasa, ini karya sejarah sepanjang republik ini berdiri," tandasnya.

Dia mengungkapkan bahwa banyak sekali kreatifitas dan penemuan buat mampu merealisasikan acara itu menggunakan baik dan lancar sudah di lakukannya, akan tetapi akan lebih maksimal jika di berikan penambahan aturan. Karena saat ini aturan yang pada berikan masih sangat minim.

?Lantaran dananya yg minim, maka kita dorong menggunakan transmigrasi lokal, namanya desa pugar? Ujar Marwan.

Agar para transmigrasi betah pada daerah perbatasan, Marwan Jafar pun berjanji akan membuatkan fasilitas generik di kawasan tadi.

?Nanti dikawasan transmigrasi akan ada rumah sakit, puskemas, pasar, loka ibadah, pendidikan, pasar, dan seluruh berpadu sebagai satu,? Tutup Marwan.[Info Kemendes]

Editor: Admin-02

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2