Peta Jalan Badan Usaha Milik Desa Indonesia

Badan Usaha Milik Desa yang disingkat BUM Desa adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat kemandirian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan masyarakat dan potensi desa.

Peta Jalan Badan Usaha Milik Desa Indonesia ini berisi rincian mengenai keadaan BUMDes masa kini, tantangan yang dihadapi, serta kebijakan dan strategi pengembangan BUMDes masa depan.

Sebagai pilar kebangkitan ekonomi Indonesia dari Desa, keberadaan BUMDes dari Sabang sampai Meurauke, dari Miangas sampai Pulau Rote masih memerlukan dukungan dan pendampingan dari berbagai pihak. Agar BUMDes benar-benar menjadi wadah atau pusat pelaksanaan kegiatan pemberdayaan ekonomi di desa.

Dalam menguatkan ekonomi desa, tim dari BUMDes.id telah menyusun sebuah Peta Jalan Badan Usaha Milik Desa Indonesia. Peta jalan ini dilahirkan atas sinergi dari Academics-Business-Community-Government-Financial Institution dan Media (ABCGFM).

Dalam peta jalan BUMDes tadi menandakan tentang keadaan BUMDes masa kini , tantangan yang dihadapi, serta kebijakan & strategi pengembangan BUMDes masa depan.

Supaya BUMDes dapat maju dan berdikari, maka setiap Desa harus percaya pada kemampuan warganya buat mengubah nasib. Nasib Desa tidak akan berubah, kecuali rakyat desa itu sendiri yg merubahnya.

Desa bukan miskin potensi, namun desa miskin keberanian & penemuan. Warga desa perlu dibangun mental wirausaha. Bagaimana melihat & menangkap peluang, serta mengubah peluang tersebut sebagai profit.

Baca juga: BUMDes Pilar Ekonomi Masa Depan Desa.

Sebuah mental buat selalu berpikir positif, percaya usaha sendiri & berani mengambil risiko. Kondisi desa wajib ditinjau menurut kacamata wirausaha. Banyak masyarakat desa yg silau atas kemajuan daerah lain, padahal mereka sedang duduk pada gunungan emas.

Peningkatan kapasitas SDM diperlukan buat mengolah potensi yg terdapat sesuai kearifan lokal & perkembangan pasar.

Untuk itu BUMDes wajib sebagai rumah akbar semua bisnis di desa. Harus bisa jadi lokomotif untuk menggerakkan semua potensi desa. BUMDes Harus sanggup jadi anjung buat mendorong masyarakat desa jadi pemain, bukan penonton.

Oleh karena itu, berbagai informasi yang disajikan dalam Petan Jalan BUMDes Indonesia menuju Kemandirian Desa ini sangat layak untuk dibaca.

Salah satu kunci kemandirian desa merupakan inovatif & kreatif desa dalam menggali, mengelola dan menyebarkan potensi desa sebagai produktif dan bernilai bagi kesejahteraan rakyat desa.(*)

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2