Donwload Dokumen Pembelajaran Inovasi Desa

Dari tahun 2015 penyaluran Dana Desa terus mengalami peningkatan. Kenaikan dana desa setiap tahun merupakan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam menjalankan mandat Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dokumen Pembelajaran Program Inovasi Desa

Memasuki empat tahun aplikasi UU Desa, perencanaan pembangunan desa lebih banyak terfokus dalam aktivitas-kegiatan fisik & minim kegiatan pemberdayaan ekonomi. Kedepan diperlukan, desa akan lebih kreatif & inovatif dalam membentuk desanya.

Oleh karena itu, Program Inovasi Desa (PID) hadir menjadi upaya buat mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan menaruh banyak referensi & penemuan-penemuan pembangunan desa serta memperkuat peran pendamping menggunakan banyak referensi dalam proses pendampingan P3MD pada desa.

Buku Dokumen Pembelajaran Program Inovasi Desa sebagai surat keterangan bersama bagi pembangunan desa yang lebih kreatif & inovatif, dan pertukaran pengetahuan atau "knowolege sharing" pada proses perencanaan pembangunan pada desa.

Buku pembelajaran tersebut dapat digunakan menjadi rujukan pembangunan & pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif. Sehingga penggunaan dana desa bisa sahih-benar memberikan donasi terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat desa.

Dengan adanya buku pembelajaran ini, kiranya desa-desa lebih terdorong dan berkomitmen untuk mereflikasi kegiatan-kegiatan pembangunan desa yang lebih kreatif dan inovatif.

Donwload: Dokumen Pembelajaran Inovasi Desa Tahun 2017

Apa itu Program Inovasi Desa atau PID?

PID adalah penemuan/kebaruan pada praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan. Inovasi ini dipetik berdasarkan realitas/output kerja Desa-Desa pada melaksanakan kegiatan pembangunan yang didayagunakan menjadi pengetahuan buat ditularkan secara meluas.

Donwload:Dokumen Pembelajaran Inovasi Desa Tahun 2018.

Semoga menggunakan adanya dua dokumen pembelajaran acara inovasi desa, menambah pengetahuan kita dalam menciptakan kemandirian desa.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2