Demi Kesejahteraan, Desa Didorong Jadi Basis Bisnis

GampongRT -Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Ahmad Erani Yustika mengatakan, upaya untuk menjadikan desa sebagai basis bisnis tak lain demi kesejahteraan masyarakat desa. “Ini dikenal dengan program lumbung ekonomi desa. Jadi desa harus menjadi lokus bagi masyarakat untuk meningkatkan derajat kesejahteraannya,” katanya, Jumat, (29/7).

Menurut Erani, desa mempunyai beberapa unit kegiatan ekonomi. Seperti koperasi dan usaha mikro menengah. Diharapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu melengkapi beberapa unit kegiatan tadi.

?Kami mendorong BUMDes dalam info pengelolaan asal daya alam dan telah terdapat unsur pengelolaannya. Jadi tidak hanya sekadar penyediaan bahan standar, berikut dengan pendistribusiannya,? Ujarnya.

Ketua Wahana Masyarakat Tani dan Nelayan (Wamti) Agusdin Pulungan mengatakan, pihaknya tertarik menggunakan program BUMDes yang digalakkan oleh Kementerian Desa. Menurutnya misi BUMDes senada dengan misi Wamti yg berupaya membuatkan bisnis di desa.

?Bisnis tadi digerakkan melalui bidang pertanian, kelautan dan perikanan. Kami ingin desa mampu memenuhi kebutuhan pangannya dan sanggup mensuplai pangan bagi wilayah kurang lebih bahkan global.?

Ia mengaku melihat potensi usaha tadi pada beberapa wilayah misalnya di Lampung Utara, Pandeglang, Lebak, Majalengka, Ciamis, dan Demak. Menurutnya Wamti dan Kementerian Desa sanggup berkolaborasi buat membuatkan ekonomi pada desa.

?Kita wajib mendorong pemuda-pemuda di desa mampu membuatkan bisnis pada bidang pertanian, kelautan dan perikanan,? Ujar Agusdin. (ROL)

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2