Kementerian Desa Raih Dua Penghargaan Rekor MURI

INFODES - Kementerian Desa dan Pembagunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) mendapat dua rekor penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kementerian Desa dan Pembagunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) mendapat dua rekor penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).
Penghargaan Rekor MURI buat Kemendesa PDTT/Foto: Kemendes

Kedua rekor itu merupakan penandatanganan MoU terbanyak dengan melibatkan 102 kepala wilayah dan 68 perusahaan atas kolaborasi mendukung Program Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades).

Kemudian Kemendes di bawah pimpinan Eko Putro Sandjojo pula dianugerahi rekor MURI karena banyak menciptakan infrastruktur pada desa-desa.

?Kami anugerahkan dua rekor MURI. Pertama, membentuk infrastruktur desa terbanyak pada kurun waktu 3 tahun. Kedua, membuat konvensi kemitraan Kemendes menggunakan swasta, pemkot, & pemkab terbanyak,? Kata Osmar Semesta Susilo sekalu Wakil Direktur MURI dalam program penekenan MoU Prukades pada Hotel Sutan, Jakarta, Kamis (8/tiga).

Sementara itu, Mendes Eko mengatakan, kerja sama pola kemitraan ini melahirkan sekitar 200 kerja sama dalam model Prukades. Dengan kerja sama ini, ekonomi Indonesia akan dibangun secara signifikan dari desa ke desa.

?Kita tahu Indonesia negara akbar. Kita diperkirakan kekuatan ekonomi ke-16 global. 2030 nanti negara kita sebagai ekonomi terkuat sembilan global. Dan 2050 akan sebagai kekuatan ekonomi empat dunia. Tapi kita buat mencapai ke situ, pekerjaan rumah tidak kecil di antaranya menghapuskan kesenjangan,? Istilah Eko dalam sambutannya.

Menurut Eko, buat menghapus kesenjangan itu, wajib dimulai menurut desa. Lantaran itu, seluruh pihak, baik pemerintah, partikelir & global usaha harus bersama meningkatkan ekonomi di desa-desa.

?Penandatanganan MoU hari ini, diperkirakan mencapai nilai investasi Rp 47 triliun lebih. Dan diperkirakan menyerap sepuluh juta energi kerja pada desa-desa. Model ini pula mampu menaruh langkah padat karya & lainnya,? Kata Eko.

Di samping itu, kata Eko, Kemendes PDTT berhasil menurunkan nomor kemiskinan sebanyak 4,5 persen pada kurun ketika 3 tahun. Angka tadi lebih akbar menurut sasaran yang dipatok yaitu empat persen.

Dia menambahkan, prestasi itu didapat atas kerja sama sejumlah pihak & dorongan menurut acara Dana Desa.

?Terima kasih MURI sudah berikan rekor baru. MoU ini diteken & kita kawal. Mudah-mudagan beberapa bulan lalu poly peresmian pada wilayah-wilayah,? Tandas Eko.(dbs)

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2