Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya

INFODES - Inovasi merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada atau pun diterbitkan sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi terobosan-terobosan baru mengenai sebuah hal yang diteliti oleh sang inovator (orang yang membuat inovasi). Inovasi biasanya sengaja dibuat oleh sang inovator melalui berbagai macam aksi atau pun penelitian yang terencana.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

1. Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe, penemuan adalah setiap kegiatan yg tidak bisa didapatkan menggunakan satu kali pukul, melainkan suatu proses yg panjang & kumulatif, mencakup poly proses pengambilan keputusan, mulai berdasarkan inovasi gagasan sampai ke implementasian nya di pasar.

2. Van de Ven, Andrew H

Menurut Van de Ven, Andrew H., pengertian penemuan merupakan pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru sang orang dalam jangka waktu eksklusif yang dilakukan menggunakan banyak sekali kegiatan transaksi pada pada tatanan organisasi eksklusif.

Tiga. Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, penemuan adalah sebuah pandangan baru, gagasan, ojek, & praktik yg dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yg baru sang seorang atau pun kelompok eksklusif buat diaplikasikan atau pun diadopsi.

Pengertian Inovasi pada UU Nomor 19 Tahun 2002

Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah aktivitas penelitian, pengembangan, & atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan mudah nilai & konteks ilmu pengetahuan yg baru, atau pun cara baru buat menerapkan ilmu pengetahuan & teknologi yg telah ada ke pada produk atau pun proses produksinya.

Baca: Program Inovasi Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Ciri-karakteristik Inovasi

Sebuah pandangan baru, gagasan, atau pun teori hanya mampu digolongkan ke dalam sebuah penemuan jika memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut:

1. Khas

Ciri primer dari sebuah penemuan merupakan spesial . Inovasi wajib memiliki ciri khas sendiri yg nir dimiliki atau pun terdapat dalam wangsit atau pun gagasan yg sudah terdapat sebelumnya. Tanpa karakteristik khas yg spesifik, sebuah wangsit atau pun gagasan nir dapat digolongkan menjadi sebuah inovasi baru.

Dua. Baru

Ciri ke 2 dari sebuah penemuan adalah baru. Setiap inovasi harus lah adalah wangsit atau pun gagasan baru yang memang belum pernah diungkapkan atau pun dipublikasikan sebelumnya.

Tiga. Terencana

Ciri ketiga berdasarkan sebuah penemuan adalah terjadwal. Sebuah penemuan biasa nya sengaja dibentuk dan direncanakan untuk berbagi objek-objek tertentu. Dengan kata lain, setiap penemuan yg ditemukan dalam dasar nya merupakan aktivitas yg sudah direncanakan sejak awal.

4. Memiliki Tujuan

Ciri terakhir yang sine qua non pada penemuan adalah mempunyai tujuan. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin yg sebelumnya, penemuan merupakan kegiatan berkala buat mengembangkan objek-objek tertentu (tujuannya adalah menyebarkan objek-objek tertentu).

Itulah beberapa pengertian inovasi menurut para ahli beserta dengan ciri-cirinya, seperti disadur dalam lamanpengertian definisi. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2