Kemendes Berencana Membuat BUMDes Percontohan di Empat Provinsi

Ayo Bangun Desa - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, Kemendes berencana akan membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) percontohan di empat Provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Banten yang akan diarahkan di Kabupaten Pandeglang.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, Kemendes berencana akan membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) percontohan di empat Provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Banten yang akan diarahkan di Kabupaten Pandeglang.
BUM DESA/Ilustrasi

"Kami akan menciptakan modeling atau percontohan untuk BUMDes di empat Provinsi antara lain Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk Banten pada arahkan ke Kabupaten Pandeglang," istilah Eko waktu beraudiensi beserta Pemkab Pandeglang, Selasa (21/dua/2017).

Baca: 5 Rekomendasi untuk Memperkuat BUM Desa

Selain buat acara BUMDes, Eko juga siap buat memfasilitasi Kabupaten Pandeglang untuk bisa lari berdasarkan kategori Daerah tertinggal.

"Selain di Kemendes, banyak program menurut kementrian lainya buat mendukung Kabupaten Pandeglang menjadi Kabupaten yg maju, misalnya Kementerian PUPR, dan ESDM. Tinggal pada buat lokusnya dimana, nanti kami akan fasilitasi buat bisa menyampaikan acara yang sudah di untuk," ucapnya.

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengungkapkan beberapa ajuan acara pada pengentasan desa tertinggal. Menurutnya, program tadi diperlukan menerima dukungan berdasarkan pihak kementerian agar Pandeglang bisa lari berdasarkan predikat wilayah tertinggal.

Baca: Ikhtiar untuk BUM Desa yang Berdaya

"Kami ucapkan terimakasih, karena poly sekali program & bantuan yg sudah diberikan berdasarkan Kemendes buat Kabupaten Pandeglang. Kami juga berharap proyek nasional yang ada di Pandeglang menerima dukungan menurut Kemendes, supaya bisa berjalan menggunakan baik," papar Irna.

Untuk mendukung proyek strategis nasional yg terdapat pada Pandeglang, Irna berharap, dihidupkanya BUMDes, khususnya di daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, umumnya pada setiap Desa yg ada pada Kabupaten Pandeglang.

"Banyak sekali pak Menteri produk lokal pada Pandeglang yang ketika ini telah berjalan, mulai berdasarkan kerajinan tangan sampai olahan kuliner yang dapat dikemas lebih baik lagi menjadi produk unggulan pada Pandeglang.

Olahan kuliner tersebut dibutuhkan jadi butir tangan buat para pengunjung ke lokasi wisata yang terdapat di Pandeglang, salah satunya dibentuk BUMDes," jelasnya.

Baca: BUMDes Berpotensi Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Acara kunjungan ditutup dengan mecicipi makan baso ikan dan nugget ikan, output olahan menurut gerombolan pengolahan dan pemasaran binaan dinas perikanan kabupaten pandeglang yang telah mendapatkan donasi pembinaan & peralatan berdasarkan Kemendes dan PDTT.[Diolah dari Bantenhist.Com]

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2