Dirikan Mitra BUMDes, Kemendes PDTT dan BULOG Percepat Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan

Ayo Bangun Desa - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama BULOG dan BUMN membentuk PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa-desa. PT MBN dibentuk sebagai holding untuk mengkoordinir Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Foto: Kemendesa PDTT

?Dengan adanya PT Mitra BUMDes Nusantara ini diharapkan seluruh BUMDes akan terdapat di seluruh Indonesia dan terdapat pendampingan. Kemudian program-program pemerintah akan mampu disalurkan melalui PT MBN. Lembaga ini diperlukan mampu sebagai link and match antara bisnis kecil dan industri akbar sebagai sebuah tim,? Ujar Mendes PDTT Eko Sandjojo saat program pembentukan PT Mitra BUMDes Nusantara pada tempat kerja BULOG, Jakarta, Selasa (4/4).

Menteri Eko menambahkan, alasan menggandeng BULOG lantaran lembaga tadi sanggup menjangkau wilayah pertanian dan tahu proses pascapanennya. BULOG mengambil inisiatif bersama Kopelindo dan dibantu empat Bank BUMN lainnya buat memperkuat manajemen PT MBN. Skema yang disiapkan yakni 51% kepemilikan saham akan dipegang sang PT. MBN. Sementara sisanya akan dipegang sang BUMDes.

Baca:Balilatfo Kemendes PDTT Siapkan PSN untuk Latih BUMDes.

?Kami siapkan organisasi minimalnya. Kami juga siapkan sumber daya manusianya. SDM di pusat telah disiapkan pada tim. Pedesaaan sekarang juga telah ada peran. Kami pula gandeng BUMN. Artinya, yang kita ingin raih bukan sekedar uang, melainkan tenaga mereka yang bisa sebagai pemimpin pada daerahnya,? Kentara Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti.

Selain itu, lanjut Djarot, Mitra BUMDes juga akan menjadi kepanjangan tangan bagi BULOG buat masuk dalam ekonomi pedesaan. Seluruh proses keterjangkauan pangan dan produk bisa ditangani dengan baik.

?Hari ini simbol konvensi kemajuan lebih nyata lagi. Ini dapat dilaksanakan penuh tanggungjawab pada rangka mewujudkan negara berkedaulatan pangan dan ekonomi yg berkeadilan,? Ujar Djarot.

Pada tahap awal, PT MBN akan menjadi kawan pengadaan buat produksi di desa. Dari proses tadi, desa akan diarahkan buat menjadi lumbung-lumbung pangan desa dan menjadi transaksi perdagangan pangan. Djarot menambahkan, lahirnya PT MBN bukan buat sebagai pesaing. Nantinya, bonus yg masuk ke desa akan disalurkan melalui badan tadi menggunakan formula yang menguntungkan bagi desa & Mitra BUMDes.

?Jangan hingga timbul persepsi PT MBN akan mematikan usaha bisnis yang sudah terdapat. Saya pesan kepada komisaris & direksi Mitra BUMDes, jangan pernah mengambil alih usaha yg telah dilakukan rakyat. Yang boleh kita lakukan merupakan menambah kapasitas pasarnya, teknologinya, & serapan bahan bakunya,? Tutupnya.(*)

Kemendesa PDTT

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2