Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli
Menjelaskan pengertian komunikasi pemasaran dapat diuraikan melalui hubungan antara komunikasi dan pemasaran, sebab komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah penggabungan dua kajian yaitu komunikasi (communication) dan pemasaran (marketing).
Secara generik, komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran menggunakan memanfaatkan teknik-teknik komunikasi yang ditujukan buat menaruh fakta bagi orang poly menggunakan harapan tercapainya tujuan perusahaan yakni peningkatan pendapatan (keuntungan).
Philip Kotler (2001) mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, serta diatribusi sejumlah barang dan jasa, untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi. Sedangkan komunikasi telah dijelaskan dalam pengertian komunikasi menurut para ahli.
Untuk memperdalam pemahaman pengertian komunikasi pemasaran, berikut ini kamu kemukakan beberapa pendapat para ahli herbi definisi komunikasi pemasaran:
- Terence A. Shimp (2003: 4) mengemukakan bahwa komunikasi pemasaran atau marketing communication adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran.
- Sutisna dalam Amir Purba, dkk (2006: 126 - 127) mengemukakan bahwa komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk meyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen saran mengenai perbedaaan produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan rangkaian kegiatan untuk mewujudkan suatu produk, jasa, ide, dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran langsung (direct marketing).
- William G. Nickles dalam buku Amir Purba,dkk (2006: 126) mendefiniskan komunikasi pemasaran sebagai proses pertukaran informasi yang dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran dapat berjalan efektif dan efisien.
- Komunikasi pemasaran merupakan bentuk komunikasi yang ditujukan untuk memperkuat strategi pemasaran guna meraih segmentasi yang luas (Soemanagara, 2006: 4- 5 ).
- Beberapa literatur menyamakan arti istilah promosi dengan komunikasi pemasaran. Crosier menjelaskan bahwa istilah tersebut disamaartikan karena terdapat konteks pengertian yang sama dalam memahami untuk konteks pijakan 4P atau Product, Price, Place, dan Promotion (Prisgunanto, 2006: 9).
Dapat dikemukakan bahwa pemasaran memfasilitasi proses pertukaran & pengembangan hubungan menggunakan konsumen dengan cara mengamati secara cermat kebutuhan dan hasrat konsumen yg dilanjutkan dengan mengembangkan suatu produk (product) yg memuaskan kebutuhan konsumen dan memperlihatkan produk tadi pada harga (price) eksklusif serta mendistribusikannya agar tersedia pada tempat-loka (place) yg menjadi pasar produk yg bersangkutan. Untuk itu perlu dilaksanakan promosi (promotion) atau komunikasi guna membentuk kesadaran dan ketertarikan konsumen pada produk bersangkutan. Proses ini disebut bauran pemasaran (marketing mix) atau disingkat 4 P (Morissan, 2010: 5).
(Baca pula: aspek yang sangat berkaitan dengan bahasan ini yakni pengertian e-marketing dan manfaatnya)
Sejumlah pakar menempatkan komunikasi pemasaran dibawah periklanan & promosi, tetapi waktu ini, komunikasi pemasaran ada sebagai suatu bentuk komunikasi yang lebih kompleks & tidak sinkron. Sehingga, banyak akademisi dan jua praktisi mendefinisikan pemasaran yaitu semua elemen kenaikan pangkat dari marketing mix yg melibatkan komunikasi antar organisasi dan target khalayak dalam segala bentuknya yang ditujukan buat mempertinggi performa pemasaran (Prisgunanto, 2006: 8).
Demikian pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli dan penjelasan terkait. Baca juga pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli karena komunikasi pemasaran menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan komunikasi bisnis.