Didukung 19 Kementerian, Pembangunan dan Perekonomian Desa akan Semakin Membaik

Ayo Bangun Desa - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan tahun ini 19 kementerian RI membuat program untuk membangun desa dengan total anggaran sebesar Rp 560 triliun.

Ilustrasi: Blogger Desa

"Program tersebut merupakan instruksi berdasarkan presiden buat membantu Kemendes PDTT dalam menciptakan desa-desa pada Indonesia," pungkasnya saat peletakan batu pertama pembangunan embung Sungai Abu Tabek Gadang, Kecamatan Toboh Gadang, Padangpariaman, Sumatera Barat, Sabtu kemaren.

Baca: Membangun Networking Desa

Bantuan menurut 19 kementerian tersebut bertujuan supaya empat acara primer Kemendes PDTT dijalankan lebih baik sebagai akibatnya manfaat dana desa betul-benar dirasakan rakyat.

Adapun keempat acara tersebut yaitu desa membuat produk unggulan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membuat embung, & membangun wahana olahraga.

Dia menyatakan, meskipun semenjak undang-undang Nomor 6 tahun 2014 diundangkan, banyak pihak yang meragukan desa untuk mengelola keuangan karena banyak pemerintah kabupaten dan kota bermasalah di bidang keuangan.

Namun presiden berkeyakinan, jikalau tidak dicoba maka tidak akan pernah mampu," ucapnya.

Hasilnya, pada 2015 penyerapan dana desa hanya 80%, tetapi dalam 2016 penyerapan dana desa naik sebagai 99,8%.

"Penyerapan dana desa tahun kemudian hampir 100% sebagai akibatnya menepis keraguan menurut berbagai pihak tersebut," tambahnya.

Dia menjelaskan, dalam 2016 banyak desa merampungkan proyek yg dananya dari menurut dana desa yg pengerjaannya tidak mungkin dikerjakan sentra.

Baca: 7 Peran Pendamping Desa dalam Mengawal Kemandirian Desa.

Pengerjaan tadi yaitu pembangunan jalan lebih menurut 66.000 kilometer & turap pelawan longsor lebih menurut 38 unit.

Ia menyampaikan lantaran pembangunan turap tersebut maka musibah longsor akbar yang ada di Indonesia dalam tahun lalu hanya tiga kejadian padahal badai dan hujan turun begitu deras.

Dia berharap, setelah dana desa dalam tahun ini sebesar Rp 60 triliun & semua program menurut 19 kementerian terealisasikan maka pembangunan dan perekonomian desa Indonesia akan semakin membaik.(ANT)

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2