Contoh Makalah Komunikasi Bisnis Dalam Perusahaan

Berikut ini adalah salah satu contoh makalah komunikasi bisnis . Tentunya, untuk lebih memperluas bahasannya, diperlukan literatur yang lebih memadai. Makalah yang lengkap memerlukan sistematika penulisan yang runut. Dimulai dari halaman sampul, daftar isi, pembahasan, penutup sampai pada daftar pustaka.

Untuk itu, model makalah komunikasi usaha dibawah ini adalah model makalah berupa poin-poin penting yg nantinya wajib disesuaikan dengan panduan penulisan makalah yang benar sebagaimana yg disyaratkan pada setiap karya ilmiah. Selain itu, contoh makalah komunikasi usaha di bawah ini masih sangat memerlukan tambahan referensi demi kesempurnaannya.

(Simak pula: Contoh Makalah Tentang Komunikasi Bisnis Yang Efektif)

A. PENDAHULUAN

Masalah komunikasi bersifat inheren atau inherent sebagai akibatnya sangat penting bagi kebutuhan insan. Rasanya tidak mungkin seorang hidup paripurna tanpa berkomunikasi menggunakan orang lain. Komunikasi adalah ?Darah sebagai sumber kehidupan? Bagi setiap organisasi dan adalah kunci sukses pada karir bisnis dan kehidupan eksklusif seorang.

Penerapan komunikasi dengan pasar menjadi syarat mutlak bagi setiap penghasil yang membentuk produk secara besar -besaran yg ditujukan kepada para konsumen yang nir dikenalnya. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar pula berarti suatu kondisi absolut bagi setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hayati perusahaannya & terus maju berkembang.

Dalam lingkungan usaha, terdapat berbagai wahana komunikasi perdagangan yg bisa digunakan para pengusaha buat berkomunikasi dengan warga konsumen. Sarana-wahana komunikasi perdagangan yg tersedia antara lain: pengiriman surat, percakapan telepon, kunjungan eksklusif, & lain-lain.

B. KONSEP DASAR DAN TUJUAN KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan suatu kegiatan menusia buat berafiliasi satu dengan yang lain secara otomatis. Sehingga tak jarang terlupakan bahwa keterampilan berkomunikasi adalah merupakan suatu hasil berdasarkan belajar manusia.

Komunikasi pada umumnya diartikan menjadi hubungan atau kegiatan-aktivitas yg kaitannya dengan masalah interaksi atau diartikan juga menjadi saling tukar menukar pendapat. Komunikasi bisa juga diartikan interaksi kontak antara insan baik individu juga kelompok.

Menurut James A. F. Stoner (Manajemen), Komunikasi adalah proses dimana seorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Oleh karena itu komunikasi merupakan dasar tindakan serta dasar kerjasama maka hanya adanya kesepakatan atas dasar tindakan serta kerjasama itulah kegiatan yang ada di dalam setiap lingkungan dapat berlangsung secara harmonis. Penjelasan mendalam tentang pengertian komunikasi ini dapat dibaca di pengertian komunikasi menurut para ahli.

Yang sebagai tujuan berdasarkan setiap proses komunikasi adalah :

  1. Menciptakan pengertian yang sama atas setiap pesan dan lambing yang disampaikan
  2. Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang diterima.
  3. Melakukan tindakan yang selaras sebagaimana diharapkan dengan adanya penyampaian pesan tersebut yaitu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
  4. Memahami orang lain, kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan, jangan mereka menginginkan kemauannya.
C. PENERAPAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA BISNIS

Suatu perusahaan hanya akan merealisasikan tujuannya jika setiap petugas bekerja secara efisien dan terdapat kerjasama antara petugas yang satu menggunakan yang lain. Salah satu factor yg memungkinkan terjadinya disebutkan terakhir ini adalah interaksi yg baik antara pemimpin dengan bawahannya. Bermacam cara buat mengadakan interaksi komunikasi antara seseorang menggunakan lainnya. Demikian jua dalam perusahaan buat mengadakan interaksi menggunakan orang lain, yaitu dalam rendezvous-pertemuan, berbicara melalui telepon, mengirim surat, berbicara pribadi, hadiah laporan, pemberian petunjuk, dan pemberian perintah. Agar terdapat suatu interaksi komunikasi yg baik antara atasan dengan bawahan, berkomunikasi itu pimpinan haruslah tetap memelihara sikap baik.

Komunikasi bisnis dapat dilakukan pada dalam perusahaan dan diluar perusahaan. Di dalam perusahaan komunikasi perlu dibina dengan baik dengan para karyawan supaya mereka lebih yakin menggunakan produk yang didapatkan sang perusahaan. Apabila karyawan tidak yakin, nir mengenal secara lengkap akan produk yang didapatkan maka mereka sulit mengkomunikasikan produk tadi kepada orang lain pada luar perusahaan. Kemudikan komunikasi intern ini sangat penting buat menjaga kelancaran jalannya organisasi perusahaan sehingga nir akan muncul miskomunikasi antar bagian-bagian, seksi-seksi dalam perusahaan. Komunikasi eksternal dilakukan perusahaan pada hubungan menggunakan rakyat, pemerintah pada umumnya & khususnya terhadap para konsumen atau langganan.

D. TEKNIK KOMUNIKASI BISNIS

Banyak cara bisa dilakukan dalam komunikasi usaha, antara lain :

  1. Mencetak bulletin; terbitkan secara teratur, yang memuat informasi tentang perusahaan
  2. Membuat film documenter, organisasi bisnis atau perusahaan dapat membuat film documenter, misalnya menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televise dalam bentuk berita pembangunan.
  3. Publicity; Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan, seperti sejarah berdirinya perusahaan.
  4. Promosi; Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua usaha yang bertujuan meningkatkan penjualan.
E. PROSES KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN

Sebagai suatu organisasi, setiap perusahaan mempunyai strata yang mengakibatkan komunikasi pada dalamnya. Apabila ada satu pihak aktivitas komunikasi sebagai suatu prosedur sosialisasi, integrasi dan peningkatan kerjasama, maka dalam pihak yg lain kegiatan itu merupakan pencerminan menurut situasi sosialisasi & kerjasama yg dimaksud. Dengan demikian, maka setiap kegiatan komunikasi mempunyai dua aspek, yaitu aspek aktif dan aspek pasif. Aspek aktif berupa aktivitas yang bertujuan mempengaruhi situasi & bisa mengubahnya, sedangkan aspek pasif merupakan pencerminan situasi social yg memanfaatkan komunikasi tadi.

Lantaran itu, impak komunikasi tergantung menurut perilaku komunikator itu sendiri, yaitu buat tujuan apa komunikasi itu dilakukan dengan maksud hening atau mengakibatkan kontradiksi.

Setiap proses komunikasi sekurang-kurangnya mempunyai lima komponen, yaitu :

  1. Ide atau kejadian yang akan diberitakan
  2. Komunikator yang mengadakan kegiatan perumusan berita
  3. Pesan yang dirumuskan dan disalurkan
  4. Mengintepretasikan pesan
  5. Tujuan kegiatan pemberitaan
Suatu lembaga bisnis, harus mampu menciptakan komunikasi antar manusia (human relation) yang kondusif, baik yang bersifat internal (menjalin hubungna baik dengan anggota komunitas) maupun yang bersifat eksternal (menjalin hubungan dengan orang di luar komunitasnya).

Komunikasi antar insan yg bersifat internal bertujuan mempertahankan integrasi secara psikologis maupun social. Efek berdasarkan stabilitas ini merupakan taraf produktivitas ( baik kuantitas juga kualitasnya) yg akan semakin tinggi.

Komunikasi antar manusia yg bersifat eksternal diperlukan lantaran pusat pembelian umumnya terdiri dari beberapa orang dengan kedudukan, kewenangan, ikut merasakan & perilaku yang bhineka. Maksudnya tentu saja bahwa diperlukan pendekatan komunikasi yang bhineka agar dapat mencapai orang ? Orang itu.

F. KOMUNIKASI UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH

Tujuannya adalah buat mempelajari kapan komunikasi tepat buat berhubungan dengan masalah-masalah bisnis, buat menilik bagaimana cara membangun suasana supaya rendezvous-pertemuan bisa berhasil, buat memeriksa bagaimana menyusun agenda kedap, untuk menilik bagaimana menyusun sebuah kelompok diskusi, buat mempelajari yg bersifat menjadi pimpinan & untuk mengetahui keadaan suatu grup.

Metode yang dipakai merupakan penting buat berhati-hati pada menentukan pilihan metode untuk menciptakan keputusan. Banyak organisasi yang menggunakan metode kelompok secara luas buat kabar komunikasi yang penting dan menciptakan keputusan-keputusan.

Ada laba & kerugian pada metode kelompok. Alasan primer yg acapkali disebutkan buat menggunakan metode grup diantaranya :

  1. Keputusan yang berkualitas lebih baik
  2. Keputusan kelompok membuat pengembangan dukungan yang lebih besar.
  3. Keputusan kelompok dapat menghasilkan suatu tekad yang kuat untuk melaksanakan keputusan tersebut.
  4. Metode rapat atau kelompok menimbulkan resiko yang lebih efektif dalam proses pengambilan keputusan.
Adapun kerugian metode kolompok ini ada sejumlah pembatasan untuk mempertimbangkannya :

  1. Metode kelompok memakan waktu yang cukup panjang.
  2. Metode kelompok atau rapat meminta keahlian atau keterampilan pemimpin.
  3. Keputusan kelompok kadang-kadang menggambarkan rata-rata keahlian dalam kelompok
  4. Keputusan kelompok dapat membuat kesalahan dalam menghasilkan dugaan.
G. PENUTUP

Secara umum komunikasi sangat berperan krusial dalam suatu bisnis, karena bisnis tanpa melakukan komunikasi akan sangat merugikan perusahaan. Keberhasilan suatu produk dipengaruhi oleh gambaran (image) yg positif menurut konsumen (pemakai). Bila gambaran sebuah produk sudah tertanam, konsumen akan mengalami ketergantungan yang sangat bertenaga akan produk tadi. Oleh karena itu, bila ekspansi pasar telah dilakukan, harus segera dilakukan jua penelitian (action research) buat mengetahui posisi produk menurut citraya pada masyarakat.

H. DAFTAR PUSTAKA

Nawangsari Sri, SE. Komunikasi Bisnis, Edisi Diktat Kuliah Universitas Gunadarma. Jakarta.

Redi Panuju, Drs. Komunikasi Bisnis, Bisnis Sebagai Proses Komunikasi, Komunikasi Sebagai Kegiatan Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1995

Demikian contoh makalah komunikasi bisnis yang dapat kami share. Untuk memenuhi tugas perkuliahan khususnya mata kuliah komunikasi bisnis, contoh makalah tersebut dapat dijadikan panduan dasar. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2