BUMDes Didorong Kampanyekan Produk Unggulan Desa
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) terus menggalakkan promosi Produk Unggulan daerah melalui pergelaran aneka macam event tingkat nasional. Selain itu, mengirimkan para nasabah sekaligus penguasa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdasarkan aneka macam usaha buat memperkenalkan & menjual produk-produk UMKM unggulan wilayah.
Dalam aktivitas Expo BUMDes Nusantara yg digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi, Lembaga Penelitian & Pemberdayaan rakyat, Bank BRI mengikutsertakan 3 BUMDes binaan dari daerah Jawa Tengah buat ikutserta terjun pribadi & mempromosikan produk unggulanya dan menjual secara eksklusif produk-produk tersebut di lokasi acara.
"Bank BRI terus melakukan pendampingan dan training kepada pengusaha UMKM di Indonesia baik yg sudah bergabung dalam BUMDes juga yg belum. Hal ini sebagai keliru satu tanggungjawab bank BRI buat terus membentuk bisnis UMKM yg berkeberlanjutan pada Indonesia,"kata Corporate Secretary Bank BRI Hadi Siaga Amijrso melalui berita resminya, Seperti dilansir Kompas.Com, Minggu (14/lima/2017).
Apapun BUMDes binaan BRI yg terlibat dalam aktivitas tadi yakni BUMDes Binangun yg dari dari Kabupaten Rembang, BUMDes Romban Joyo berdasarkan Kabupaten Jepara, BUMDes Wiuna Utama menurut Kabupaten Pemalang.
BUMDes Binangun membawa produk unggulannya, yaitu batik Lasem, BUMDes Romban Joyo menggunakan kopi output fermentasinya, yaitu kopi Tempur dan keripik olahan, & BUMDes Wiguna Utama memamerkan produk Mangga Unggulannya yaitu Mangga Istana yg selama ini sebagai pesanan rutin berdasarkan pihak Istana Negara.
Saat ini BRI sudah bekerja sama dengan lebih berdasarkan 4.050 BUMDes pada seluruh Indonesia, diantranya sekitar 755 BUMDes telah menjadi angen BRILink.
Selain mempromosikan & menjual produk, acara ini jua diramaikan sang aksi bersepeda dalam rangkaian acara Tour de Singgalang 2017 yg digelar bersamaan dengan acara BUMDes Expo 2017 pada Bukit.(*)