8 Tips dan Trik Setir Mobil untuk Meningkatkan Kenyamanan Berkendara bagi Pemula

Apabila Anda pernah kesulitan pada memarkirkan mobil atau mungkin nir konfiden apakah segala sesuatu di kendaraan beroda empat Anda sudah diatur menggunakan benar atau nir.

Dalam postingan kami kali ini Anda akan membuat perubahan akbar berdasarkan cara mengemudi atau menyetir mobil Anda.

Anda nir akan percaya bahwa ternyata seluruh itu relatif mudah dilakukan, apabila Anda tahu persis apa yg wajib dilakukan.

Instruksi langkah-demi-langkah sederhana ini sangat bermanfaat terutama bagi pengemudi baru atau bagi yg baru mampu menyetir mobil.

Bahkan mungkin bagi pengemudi yang berpengalamanpun tips dan trik menyetir mobil ini mampu diterapkan.

Baca: 8 Tips dan Trik Nyetir Mobil untuk Pemula

Tips dan Trik Menyetir Mobil Bagi Pemula

Kami menurut awambicara telah menciptakan beberapa cara mengemudi atau menyetir buat menaikkan kenyamanan berkendara/ mengemudi Anda.

Langsung saja, kita simak satu persatu tips menyetir kendaraan beroda empat buat menaikkan ketenangan berkendara.

1. Parkir paralel mundur

Memarkirkan mobil secara paralel mundur terkadang menjadi sebuah mimpi jelek bagi banyak pengemudi baru.

Nah, buat Anda yg beru bisa menyetir kendaraan beroda empat, saat Anda dihadapkan dalam syarat parkir kendaraan beroda empat secara paralel dan mundur, maka yg wajib Anda lakukan adalah:

tips dan trik nyetir mobil bagi pemula

Pertama-tama: Periksa apakah Anda memiliki cukup ruang untuk menempatkan atau memarkirkan mobil Anda disana.

Katakanlah Anda harus melakukan parkir mobil secara paralel di sisi kiri.

Anda membutuhkan ruang yg nir kurang berdasarkan satu 1/2 kali panjang mobil Anda.

Kedua: Kendarai mobil Anda kedepan sampai mobil Anda sejajar dengan mobil di depan tempat parkir, kita sebut saja dengan mobil A.

Kemudian Lihat menurut bahu kiri Anda pada jendela pintu kiri belakang dan berkendara mundur pada garis lurus.

Ketika bagian belakang mobil A sejajar dengan jendela bagian belakang mobil Anda, putar setir ke kiri, sampai kendaraan beroda empat Anda masuk ke ruang yg kosong.

Ketiga: Lihat kaca spion kanan Anda.

Ketika Anda dapat melihat seluruh bagian depan mobil pada belakang loka parkir, kita sebut menggunakan mobil B, luruskan setir mobil, arahkan kendaraan beroda empat dalam garis lurus.

Selanjutnya lihat keluar melalui jendala disamping Anda, dan waktu Anda melihat bagian ekor kendaraan beroda empat A, putar setir ke kanan pelan-pelan, & mobil akan berkecimpung ke tempat parkir.

Keempat: Parkirkan mobil sejajar dengan trotoar.

Jangan lupa untuk menaruh sedikit ruang untuk mobil B, agar dia mempunyai ruang buat keluar menurut parkiran.

Ingatlah bahwa Anda mungkin wajib memajukan mobil Anda sedikit lebih jauh dalam langkah ke 2, apabila mobil Anda lebih panjang berdasarkan berukuran standar.

2. Parkir sudut 45?

Langkah-langkah ini berlaku bila Anda wajib parkir di syarat loka yg miring di sebelah kiri Anda.

tips dan trik setir mobil bagi pemula

Pertama-tama: Kendarai kendaraan beroda empat Anda ke kanan sejauh mungkin.

Kedua: Bergeraklah hingga jendela kanan Anda (pintu kursi penumpang depan) sejajar menggunakan lampu belakang kanan kendaraan beroda empat yang parkir di kiri Anda.

Ketiga: Kemudian putar setir mobil Anda ke arah kiri & mengemudi sampai Anda masuk ke loka parkir.

Keempat: Putar kembali setir Anda ke kanan buat meluruskan mobil.

Ingatlah bahwa Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian buat langkah Kedua apabila mobil lebih panjang menurut standarnya.

Baca: Bayar SIM Sekarang Lebih dengan Go-Pay

tiga. Sesuaikan kaca spion sisi pengemudi

Sambil duduk pada kursi pengemudi, condongkan tubuh ke kanan sedekat mungkin ke pintu samping & sesuaikan spion sebagai akibatnya Anda dapat melihat spatbor belakang kendaraan beroda empat Anda.

tips dan trik menyetir mobil bagi pemula

Ketika Anda dalam posisi duduk yang benar, Anda seharusnya hampir tidak melihat fender belakang samping.

4. Sesuaikan kaca spion sisi penumpang

tips dan trik mengemudi mobil bagi pemula

Sambil duduk pada kursi pengemudi, condongkan tubuh Anda ke kiri sehingga kepala Anda simpel berada pada tengah kendaraan beroda empat.

Dan sesuaikan cermin sebagai akibatnya Anda dapat melihat spatbor belakang.

Ketika Anda pada posisi duduk yang sahih, Anda seharusnya hampir tidak dapat melihat fender belakang samping.

Lima. Sesuaikan kaca spion tengah

tips dan trik mengendarai mobil bagi pemula

Sesuaikan kaca spion tengah Anda hingga ventilasi belakang diposisikan sempurna di tengahnya.

6. Parkir maju tegak lurus

Katakanlah Anda ingin melakukan parkir tegak lurus pada sebelah kiri Anda.

tips dan trik parkir mobil bagi pemula

Bawa kendaraan beroda empat Anda sejauh mungkin ke kanan Anda. Hati-hati, perhatikan kemudian lintas menurut arah depan & belakang. Semakin jauh Anda ke kanan, maka akan semakin mudah.

Sejajarkan spion kiri Anda menggunakan garis kanan loka parkir.

Majulah menggunakan perlahan, putar setir ke arah kiri & mengendarai kendaraan ke tempat parkir sampai Anda hampir lurus.

Selanjutnya putar setir ke kanan & luruskan kendaraan beroda empat.

7. Penyesuaian kursi pengemudi (sopir)

Hal ini seharusnya yang pertama kali yang harus Anda lakukan.

tips dan trik cara menyetir mobil

Menyesuaikan kursi pengemudi (sopir) dengan benar akan menciptakan mengemudi Anda jauh lebih kondusif dan nyaman.

Tinggi kursi:

Sesuaikan ketinggian kursi sebagai akibatnya Anda dapat menggunakan jelas melihat panel dasbor dan jalan.

Jika Anda sangat kecil & masih nir dapat melihat instrumen (panel dasbor dan jalan) sehabis menyesuaikannya dengan aporisma, pertimbangkan buat membawa bantal atau ganjalan ke kursi.

Posisi kursi:

Dorong kursi ke depan sehingga Anda bisa mencapai pedal tanpa wajib meluruskan kaki Anda sepenuhnya. Ingat bagian punggung Anda nir boleh menjauh dari bagian belakang kursi.

Lutut Anda wajib sedikit ditekuk dan sine qua non celah mini antara bagian belakang lutut dan tempat duduk.

Kemiringan kursi:

Kemiringan punggung kursi wajib lebih kurang 100? - 110?.

Dukungan lumbar:

apabila mobil Anda mempunyai dukungan lumbar, maka Anda harus menyesuaikan ketinggian dan kedalamannya.

Tepi rendah wajib pada garis ikat pinggang Anda & kedalaman harus mendukung lekuk punggung bagian bawah Anda.

Sandaran kepala:

Sesuaikan ketinggian sandaran ketua sebagai akibatnya bersandar di tengah ketua Anda.

Meskipun ini disebut sandaran kepala, itu nir benar-sahih buat mengistirahatkan kepala Anda, namun itu dibuat buat melindungi leher Anda dari cedera jika terjadi kecelakaan.

Ini berarti Anda wajib memiliki celah mini antara kepala & sandaran ketua.

Apabila Anda mampu meletakkan kepalan tangan pada antara sandaran ketua dan kepala Anda, Anda memiliki jarak yg sempurna.

Baca: Perbedaan Dinamo Starter dan Dinamo Ampere

8. Posisi lengan pada setir

Menyesuaikan atau mengatur posisi kemudi (setir) sangat penting buat keselamatan Anda.

posisi memegang setir mobil yang benar

Sesuaikan posisi roda kemudi sehingga Anda bisa dengan jelas melihat instrumen (dasbor).

Setidaknya Anda memiliki jarak kurang lebih 30 CM antara roda setir & tubuh Anda.

Tangan Anda wajib sedikit lebih rendah menurut bahu Anda.

Trik penentuan posisi tangan yg paling generik merupakan membayangkan bahwa setir Anda adalah sebuah jam.

Sebagian akbar orang merasa nyaman memegang tangan mereka dalam posisi jam 9 dan jam tiga, tetapi beberapa orang lebih suka dalam posisi jam 8 dan jam 4.

Kedua posisi ini sahih dan bisa diterima. Pilih salah satu yg lebih nyaman bagi Anda.

Perlu diingat bahwa para ahli tidak merekomendasikan posisi jam 10 dan jam dua, karena tangan akan menghalangi airbag jika terjadi kecelakaan & dapat mengakibatkan cedera.

Bagaimana, mudah bukan?

Tips dan trik menyetir mana menurut kedelapan tips & trik setir kendaraan beroda empat diatas yang akan Anda coba untuk pertama kalinya?

Atau mungkin Anda punya tips & trik spesifik sendiri?

Jika iya, bagikan dengan kami dan para pembaca yang lain, yang tentu saja akan sangat bermanfaat dan bernilai bagi kita seluruh.

Bagikan tips dan trik menyetir mobil Anda dibagian kolom komentar kami dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2