1 BUMDes Ditargetkan Miliki Penghasilan Rp1 Miliar Per Tahun

Ayo Bangun Desa - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo dalam acara Jakarta Marketing Week kelima menargetkan satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu memiliki penghasilan Rp1 miliar per tahun. Dengan target, perusahaan perdesaan bisa lebih mandiri.

Untuk merealisasikannya, Eko mengaku masih ada tantangan, utamanya pada sumber daya manusia (SDM) yg belum mampu mengelola BUMDes menggunakan baik. Untuk itu, dirinya melakukan kerjasama menggunakan Kementerian BUMN membangun PT Mitra BUMDes Nusantara (BMN) yang tugasnya memberikan training dan bimbingan pada desa-desa.

"Ketika ada kemampuan dan temuan mereka, satu BUMDes berhasil maka rata-rata pendapatannya bisa Rp1 miliar per tahun," tuturnya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Berdasarkan data Kemendes PDTT, waktu ini jumlah BUMDes baru 18 ribu perusahaan menurut 74.910 desa. Dirinya pun menargetkan pada 5 tahun ke depan terdapat setiap desa mampu mempunyai BUMDes yg mampu berhasil.

"apabila konsolidasi sekira 74.910 ribu desa maka pendapatan kita menurut desa telah sanggup sekira Rp75 triliun. Provitnya kita targetkan 5 tahun ke depan lah. Dalam 5 tahun telah 75 ribu desa. Saya yakin ini bisa," tuturnya.

Sebagai fakta, pemerintah mendorong kemandirian perdesaan menggunakan mempunyai satu perusahaan berskala nasional pada bawah training PT Mitra BUMDes Nusantara (BMN). BMN sendiri adalah bentukan usaha dari Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) dan Kopelindo.

Dalam program peluncuran BMN, Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkapkan, desa-desa pada daerah harus menciptakan perusahaan yang memiliki pemikiran layaknya korporasi atau gerombolan . Sehingga aktivitas desa sanggup disatukan ke pada satu perusahaan dan betul-benar memiliki nilai perekonomian.

Selama ini, kata Rini, hanya sedikit perusahaan perdesaan yang mampu berkembang karena berada pada bawah satu perusahaan besar . Skema ini yg wajib diubah supaya poly perusahaan perdesaan yg ada ke atas tanpa berada di bawah perusahaan apa pun.

"Mitra BUMDes Nusantara ini tujuannya membentuk kesetaraan. Bagaimana agar perdesaan mampu mempertinggi perekonomian yang berkeadilan. Hal itu tentu mampu dilakukan secara menyeluruh di seluruh desa," ujarnya.(*)

Okezone.Com

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2