Pengertian Arus Kas Bunga dan Dividen

Bunga yg dibayarkan muncul sebagai dampak menurut pinjaman yg diterima berdasarkan pihak lain seperti bank, lembaga keuangan selain bank atau perusahaan lain.

Pembayaran bunga atas pinjaman yg diterima umumnya dilakukan secara bulanan bersamaan dengan angsuran pokok utang, atau sanggup pula menggunakan cara lainnya sinkron menggunakan kesepakatan ke 2 belah pihak.

Jumlah bunga yang dibayar selama suatu periode diungkapkan dalam laporan arus kas baik yang telah diakui sebagai beban dalam laporan laba rugi maupun yang dikapitalisasi sesuai PSAK No. 26: Biaya Pinjaman.

Bunga Pinjaman bagi pihak yg membayarkan adalah porto, sedangkan bagi yg mendapat adalah pendapatan.

Dividen ada lantaran perusahaan berbentuk PT (Perseroan Terbatas) mempunyai Laba Ditahan yg dari keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) atau dari keputusan pemegang saham akan dibagikan pada pemegang saham.

Pembayaran Dividen umumnya dilakukan satu tahun sekali sinkron konvensi pemegang saham.

Dividen yang dibayar dapat diklasifikasi sebagai arus kas pendanaan karena merupakan porto perolehan sumber daya keuangan.

Sebagai alternatif, dividen yang dibayar dapatdiklasifikasi sebagai komponen arus kas dari aktivitas operasi dengan maksud membantu para pengguna laporan dalam menilai kemampuan entitas membayar dividen dari arus kas operasi.

Pembayaran dividen bagi pihak yg membayarkan akan mengurangi jumlah Laba Ditahan pada Laporan Neraca, sedangkan bagi pihak yg menerima merupakan pendapatan.

Arus kas berdasarkan bunga & dividen yang diterima & dibayarkan, masing-masing harus diungkapkan secara terpisah.

Masing-masing wajib diklasifikasi secara konsisten antar periode sebagai keliru satu menurut kegiatan operasi, investasi, atau pendanaan.

Bunga yg dibayar dan bunga serta dividen yang diterima oleh lembaga keuangan biasanya diklasifikasikan menjadi arus kas operasi.

Namun demikian, bagi entitas lainnya belum ada kesepakatan tentang pembagian terstruktur mengenai arus kas ini.

Bunga yg dibayarkan & bunga dan dividen yg diterima dapat diklasifikasi menjadi arus kas operasi lantaran mensugesti keuntungan atau rugi.

Sebagai cara lain , bunga yg dibayar & bunga serta dividen yg diterima dapat diklasifikasi, masing-masing sebagai arus kas pendanaan & arus kas investasi karena adalah biaya perolehan asal daya keuangan atau sebagai hasil investasi (return on investments).

Artikel Yang Perlu Diketahui :

Referensi :

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2