Opsi Pengamanan Akun Paling Super dari Google: Titan Security Key

Sudah tahukah Anda produk mini besutan menurut super besar internet dunia Google ini?

Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya.., iya, produk terbaru ini merupakan kunci keamanan berdasarkan Google yang mampu dibilang bukanlah hal yg baru.

The Google Titan Security Key

Perangkat modern Google yang kecil ini disebut juga dengan Google Titan Security Key. Fungsinya merupakan sebagaimana bentuk otentikasi 2 faktor (two-factor authentication) yang kita kenal selama ini.

Opsi Keamanan Akun Super dari Google: Titan Security Key

Artinya buat bisa masuk dan log in kedalam akun kita, baik itu akun Google atau akun kita yang lainnya yg mendukung perangkat ini, sebagai bentuk verifikasi 2 langkah yg menyatakan bahwa itu merupakan sahih-sahih kita.

Berbeda dengan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) yang kita kenal selama ini, yakni masuk atau log in ke akun google dengan menggunakan password, kemudian menunggu Google mengirimkan kode untuk log in (masuk) melalui SMS ke ponsel kita.

Akan namun, cukup menggunakan mencolokkan Google Titan Security Key ke komputer atau laptop & kemudian menekan tombolnya, &..Tara..Kita eksklusif log in ke akun kita.

Namun sayangnya, sampai artikel ini kami buat, Anda tidak akan bisa mendapatkan dan membeli produk terbaru dari google ini dalam waktu dekat, karena Google sudah mengkonfirmasi bahwa produk ini baru akan tersedia dipasaran dalam waktu dekat.

Walaupun informasi ini baru adalah sebuah pesan atau pengingat, namun jua merupakan sebuah keterangan indah pada hal buat keamanan cyber.

Lantaran menggunakan menyiapkan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) dalam akun kita merupakan salah satu cara paling mudah dan paling aman saat ini buat menjaga informasi-liputan krusial kita.

Yang walaupun nama pengguna (username) & kata sandi (password) kita telah berhasil diretas atau dicuri oleh para pelaku kejahatan cyber.

Baca: Hapus 10 Informasi ini Dari Akun Facebook Anda. Segera!

Sebenarnya, produk kunci keamanan yg dimuntahkan Google ini bukanlah hal baru. Setidaknya bagi Anda pengguna atau pernah menggunakan produk internet banking dari BCA & Bank Mandiri.

Hanya saja, kunci keamanan yg dimuntahkan oleh pihak Bank BCA & Bank Mandiri nir digunakan menggunakan cara mencolokkan perangkat ke personal komputer atau laptop kita misalnya Google Titan Security Key.

Namun dilakukan menggunakan cara mengetik angka-angka yg ditampilkan di situs internet banking BCA & Mandiri kedalam Key BCA atau Key Mandiri, lalu lalu Key BCA atau Key Mandiri tersebut akan mengeluarkan angka-angka kode buat dimasukkan pulang kedalam website internet banking BCA dan Mandiri.

Berdasarkan data berdasarkan sebuah perusahaan yang berkiprah dibidang pencegahan agresi cyber & phishing yg berpusat di Amerika, membicarakan bahwa persentase serangan dan peristiwa kejahatan cyber global, secara konsisten meningkat dengan tajam.

Lantaran itu, menggunakan mempunyai otentikasi dua faktor (two-factor authentication) pada akun duina maya (online) kita, setidaknya kita bisa membuat pelaku kejahatan cyber ataupun pelaku pencurian data eksklusif di akun-akun online kita semakin sulit, buat sanggup masuk kedalam akun dan mengaksesnya.

Artinya: Mengaktifkan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) itu adalah sebuah langkah cerdas.

Sebenarnya mengaktifkan dan menggunakan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) dalam bentuk kunci fisik itu bukanlah merupakan satu-satunya pilihan untuk Anda.

Ada poly macam pilihan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) yang dapat Anda ambil, selain menggunakan bentuk fisik, diantaranya:

Otentikasi Dua Faktor Via SMS

Pakar keamanan berkata bahwa menerima kode log in buat masuk kedalam akun dengan menerima pesan singkat atau sms merupakan merupakan pilihan yg terlemah menurut beberapa opsi otentikasi 2 faktor (two-factor authentication).

Prosedur verifikasi 2 faktor melalui sms ini sebenarnya relatif sederhana, yakni:

  1. Anda mencoba untuk masuk/ log in ke akun Anda (misalnya Google) dengan username dan password yang telah Anda buat
  2. Sebelum Anda benar-benar bisa masuk ke akun Anda, Anda harus memasukkan kode yang dikirimkan via SMS ke ponsel Anda.

Sangat gampang memahami dan menciptakan pengaturan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) ini melalui SMS ini.

Walaupun otentikasi dua faktor (two-factor authentication) dengan SMS ini merupakan sebuah opsi terlemah, namun setidaknya ini lebih baik daripada nir sama sekali.

Metode otentikasi dua faktor (two-factor authentication) melalui SMS ini tidak dapat dikatakan sebagai metode paling kondusif, bahkan jua mempunyai beberapa kelemahan & kekurangan, yakni:

  • SMS tergantung dari jaringan yang disediakan oleh provider seluler, seperti Telkom, Telkomsel, Sinar Mas Telecom, XL Axiata, Hutchison, Natrindo, Mobile-8 dan sebagainya.
  • Pesan singkat atau SMS yang dikirimkan melalui jaringan seluler bisa dikatakan sangat tidak aman atau tidak terenskripsi dan tidak pernah digunakan untuk sebuah opsi keamanan oleh banyak pihak.
  • Metode otentikasi dua faktor (two-factor authentication) dengan cara mengirimkan kode via SMS ke ponsel ini merupakan cara yang sangat buruk.
  • Karena SMS itu sendiri berjalan pada jaringan yang disediakan oleh penyedia jaringan telepon seluler.
  • Jaringan yang disediakan oleh telepon seluler bisa dikatakan tidak aman atau tidak terenskripsi dan tidak pernah digunakan untuk sebuah opsi keamanan oleh banyak pihak pelaku usaha online.
  • Pembajakan Akun/ Nomor Telepon (kloning nomor handphone)

Bahkan, pesan instan misalnya whatsapp, bbm & yang lainnya itu malah lebih baik & lebih aman dan terenskripsi dibandingkan menggunakan pesan singkat/ sms.

Fakta tentang jaringan gsm/ seluler yg nir kondusif, ditambah lagi dengan liputan tentang banyaknya laporan tentang angka telepon (handphone) yang dibajak oleh pihak-pihak pelaku kejahatan cyber relatif menciptakan otentikasi 2 faktor (two-factor authentication) dengan SMS ini menjadi pilihan keamanan akun yang lemah.

Para pelaku kejahatan cyber bisa mengkloning atau menggandakan Nomor Handphone korbannya dengan jalan berpura-pura sebagai orang lain, & meminta angka telepon korban untuk dipindahkan ke ponsel baru mereka, dengan alasan bahwa angka tersebut merupakan angka handphonenya yang hilang.

Atau mampu pula dengan memakai alat yang poly dijual pada pasar gelap buat menggandakan angka handphone.

Tetapi, apabila liputan ini masih juga tidak dapat meyakinkan Anda bahwa angka handphone dapatlah dikloning atau digandakan, Anda bisa mengambil model dengan angka kartu ATM atau DEBIT yg dikloningkan, yang akhir-akhir ini marak terjadi pada beberapa kota besar di Indonesia.

Hal ini pula bisa menyebabkan sebuah skenario yang nir menyenangkan bagi korban.

Misalnya, penyerang/ hacker sanggup saja menarik uang menurut rekening bank korban, bila si korban pula menggunakan otentikasi 2 faktor (two-factor authentication) buat internet & SMS Banking mereka.

Otentikasi Dua Faktor Tanpa SMS

Jika pilihan otentikasi 2 faktor (two-factor authentication) dengan SMS merupakan adalah sebuah pilihan yg tidak baik, kemudian pilihan yang bagaimana yang paling baik dalam mengamankan akun kita?

Sebenarnya otentikasi dua faktor (two-factor authentication) tidak hanya menggunakan mengirimkan kode melalui SMS, namun pula bisa tanpa wajib mengirimkan kode via SMS.

Pakar keamanan mengatakan bahwa ada pilihan yg lebih baik daripada mendapatkan kode yg dikirim via sms ke telepon seluler Anda, seperti:

  • Menggunakan Aplikasi Authy,
  • Menggunakan Aplikasi Google Authenticator.

Aplikasi-pelaksanaan tersebut merupakan pelaksanaan yang berfungsi buat membuat kode berupa enam digit angka yg kita butuhkan buat mampu log in atau masuk dan mengakses akun kita.

Kelebihan lainnya adalah bahwa kode-kode enam digit angka ini akan kedaluwarsa sehabis jangka saat eksklusif, layaknya sebuah pesan yang dapat merusak diri sendiri seperti yang pernah kita lihat di film "Mission: Impossibledanquot;.

  • Menggunakan Ponsel yang dicolokkan atau terhubung via Bluetooth.

Dan kemudian, terdapat juga otentikasi 2 faktor (two-factor authentication) yg menggunakan gadget/ ponsel yang dicolokkan ke komputer atau terhubung melalui Bluetooth.

  • Menggunakan YubiKey.
  • Menggunakan Google Titan Security Key

Dan produk yang akan tiba menurut Google, yakni Google Titan Security Key.

Menggunakan otentikasi dua faktor (two-factor authentication) menggunakan produk fisik misalnya YubiKey atau Google Titan Security Key ini dipastikan akan menciptakan para pelaku kejahatan cyber/ hacker, akan menerima kesulitan yg sangat akbar buat mampu melewati keamanan berupa token keamanan bentuk fisik ini.

Hal itu dikarenakan para pelaku kejahatan cyber umumnya menjalankan aksinya dari jarak jauh, yakni menggunakan hanya memiliki akses ke nama pengguna (username) dan kata sandi (password) saja.

Dan jika otentikasi dua faktor (two-factor authentication) itu dibuat dengan SMS maka masih sangatlah mungkin bagi pelaku kejahatan cyber untuk meretas akun kita, karena mereka masih mampu menjalankan aksinya menurut jarak jauh dengan mengkloning angka handphone kita.

Namun, apabila otentikasi dua faktor (two-factor authentication) ini kita untuk dengan menggunakan produk dalam bentuk fisik, maka para pelaku kejahatan cyber baru dapat masuk & mengakses akun kita, apabila mereka memang harus benar-benar mendapatkan objek fisik security key yang kita miliki.

Untuk produk Google Titan Security Key ini sendiri, pihak Google menyampaikan bahwa mereka telah berhasil menguji cobanya dan telah menggunakannya secara internal.

Setelah mereka menggunakannya secara internal, pihak google nir lagi mendapat laporan tentang akun karyawan google yg diretas.

Dan yg lebih menariknya lagi, The Google Titan Security Key ini nir hanya berfungsi menggunakan akun Google saja, tetapi pula dapat digunakan di akun-akun lain yg mendukung penggunaan kunci keamanan.

Satu-satunya kelemahan menurut objek kunci keamanan cyber fisik ini adalah Anda wajib membawa produk ini kemanapun Anda pulang, layaknya sandang yg Anda kenakan.

Dan hal ini merupakan tantangan dan hal lain yang juga harus sebagai perhatian berdasarkan para ahli keamanan cyber.

Segala bentuk keamanan cyber secanggih & sekuat apapun jua, baik berupa pengiriman kode via SMS, menggunakan aplikasi ataupun menggunakan produk kunci keamanan fisik yang dilakukan buat mengamankan akun didunia maya (online), maka akan selalu terdapat ancaman-ancaman serius tentang kejahatan cyber.

Baca: 10 Hal yang Pertama Terjadi dan Ada di Internet

Memiliki satu cara pengamanan cyber (online), tidak akan menghentikan para peretas buat mencoba membobol dan mengakses akun-akun Anda.

Apalagi, selama Anda masih terdorong buat mendownload arsip-arsip berbahaya, misalnya pelaksanaan, film & musik bajakan dan yang lainnya.

Terlepas dari apakah Anda berencana akan membeli Google Titan Key ini atau tidak, mengaktifkan otentikasi 2 faktor (two-factor authentication) dalam akun utama Anda adalah sebuah keniscayaan, & sebuah opsi keamanan paling utama saat ini.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2