Ngeblog - Dari Iseng, Hobby, Ikut-ikutan sampai Menghasilkan Uang

Blog?

Apaan sih blog itu? Pertanyaan yang dulu timbul saat aku mendengar kata Blog..Blogging..Blogger.

Saya mengenal blog sudah lebih menurut 8 tahun yang lalu. Walaupun sebenarnya aku sudah usang sekali mengenal apa itu blog, bukan berarti aku adalah orang yg sangat berpengalaman di global Blogging.

Blog Awam Bicara. Apa itu Blog?

Memang saya mengenal & tau mengenai blog sudah lebih dari 8 tahun silam, akan tetapi aku baru sahih-sahih mendalami global blogging baru-baru ini saja, belum pula hingga satu tahun.

Sekitar 8 tahun yg lalu, aku sering mendengar tentang blog, blogger, blogging. Bagaimana cara membentuk uang menurut internet, tepatnya berdasarkan blog, & lain sebagainya.

Dari situ aku mulai mencari tau mengenai apa itu blog, bagaimana bentuknya, manfaatnya, dan apa yang paling acapkali sebagai pertanyaan saya merupakan, bagaimana sanggup sebuah blog dapat menghasilkan uang.

Ngeblog - Dari Iseng, Hobby, Ikut-ikutan hingga Menghasilkan Uang

Setelah itu aku coba-coba, buat blog. Singkat cerita aku ikut-ikutanlah, belajar dari kitab , google, dll bagaimana cara membuat sebuah blog dan menghasilkan uang dari blog.

Intinya, aku buat blog sembarangan, hanya lantaran ingin ikut-ikutan, & hanya karena tertarik menggunakan cara menghasilkan uang berdasarkan blog tadi.

Jadilah blog saya musnah lebur gak karuan isinya.

Blog copas, comot artikel sana sini, tidak pernah tau & mengerti apa itu plagiat, nir orisinil, dan bukan goresan pena sendiri.

Blog yg sembarangan itu, saya coba daftarkan ke google adsense.

Saya masih ingat betul, pada saat itu buat mendaftar ke google adsense, blognya harus berbahasa inggris.

Lantaran pada ketika itu google adsense hanya mendukung blog berbahasa inggris & beberapa bahasa lainnya, yang didalamnya nir termasuk atau tidak mendukung bahasa indonesia, misalnya kini ini.

Hasilnya? Sudah bisa ditebak, blog aku selalu ditolak google, jangan lupa?SELALU.

Kecewa, putus asa & menyerah pastinya yang saya rasakan.

Lantaran itu aku berhenti dari dunia blog, blogging, blogger.

Apabila ketertarikan kita hanya dalam satu tujuan, yakni materi saja, dan andai kata tujuan (materi) tersebut tidak tercapai, maka pada akhirnya kita akan menyerah, berhenti dan meninggalkannya.

Sampai ketika athun baru 2017 tadi, lantaran pekerjaan offline saya sedang mengalami waktu-waktu yang kurang mengenakkan, nir terlalu poly pekerjaan offline yang aku terima, & karena banyaknya saat yang aku miliki tanpa melakukan sesuatu hal yg berarti, saya kembali lagi ngeblog.

Semua infrastruktur nya aku miliki, seperti laptop, jaringan internet, dan ketika pastinya.

Yang mana poly aku habiskan hanya sekedar menonton film saja, atau bermain game yg poly membuang ketika-waktu berharga aku .

Dari situ aku sadar, semua infrastruktur yg aku miliki tersebut sangat tidak menaruh manfaat apa-apa, baik bagi diri aku sendiri, famili ataupun orang lain.

Lantaran itu, aku tertarik untuk pulang ngeblog lagi.

Tetapi kali ini tujuan aku buat ngeblog sangat berbeda menurut 8 tahun yg lalu.

Tujuan aku ngeblog karena ingin membantu orang dengan apa yang aku ketahui menurut pekerjaan offline aku dan membagikannya melalui tulisan dan artikel saya diblog ini.

Pekerjaan offline aku adalah PNS, aku bekerja dibidang aturan, tepatnya di Pengadilan, dibawah Mahkamah Agung RI.

Saya ingin mengembangkan tentang apa yg saya alami didunia kerja aku , pertarungan-permasalahan yg sering dihadapi sang masyarakat terkait dengan perseteruan-konflik aturan yang mereka hadapi.

Tentang ketidaktahuan mereka atas hukum yang berlaku pada negeri ini, karena itu saya kembali lagi untuk ngeblog, dan lahirlah blog Awam Bicara ini.

Tujuan aku ngeblog adalah ingin menaruh informasi-berita seputar aturan, bagaimana menghadapi permasalahan-konflik menyangkut hukum itu sendiri, & juga sekaligus sebagai tempat pembelajaran bagi saya sendiri.

Dengan tujuan ngeblog yang hanya karena ingin menaruh berita-kabar mengenai aturan kepada masyarakat, ternyata menurut situ banyak hal yg sanggup aku dapatkan dan pelajari serta kembangkan didalam global blogging.

Saya jadi poly belajar mengenai, Templates Blog, Widget Blog, Mobile Friendly, Responsive, Monetisasi Blog, dan lain sebagainya.

Dan yang paling acapkali menjadi pertanyaan buat saya serta paling banyak menyita pikiran saya adalah tentang SEO (Search Engine Optimizer).

Tapi.., diartikel kali ini saya tidak akan bercerita tentang apa itu SEO, tetapi saya fokus pada apa itu blog, blogger atau blogging.

Baca :Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine

Kita lanjutkan?.

?Jadi menurut blog aku ini, iseng-iseng aku coba daftarkan kembali ke google adsense. Dan Ternyata permohonan google adsense saya lagi-lagi ditolak.

Pasti anda menerka saya langsung diterima sang google sebagai publisher adsense, iya kan? ??

Terus terperinci, bila anda bertanya apa yg aku rasakan sehabis serius pulang buat ngeblog dan dengan tujuan yang ingin membantu orang banyak, tentu saja KECEWA jawabannya.

Tetapi, hal itu tidaklah membuat aku berputus asa & menyerah, serta menciptakan saya berhenti lagi dari ngeblog.

Tujuan saya ingin membantu orang banyak, buat itu aku terus menaruh keterangan-kabar yg saya ketahui & dapatkan didalam global kerja aku tentang aturan pada masyarakat awam.

Selain itu, sebenarnya karena aku sayang pula sama domain nya, udah aku beli buat 1 tahun, hehehe..??

Saya fokus di blog informasi tentang aturan, saya jadi banyak belajar mengenai blog, mengenai konten berkualitas, mengenai konten unik, mengenai monetisasi blog, tentang poly hal yang menyangkut dunia blogging.

Begitu juga mengenai dunia hukum yang memang menjadi pekerjaan offline aku , aku sebagai seringkali membaca literatur-literatur mengenai aturan, & poly belajar mengenai seluk beluk hukum dan beracara di Pengadilan.

Dari apa yg saya dapatkan & pelajari menurut global blog ini, saya kembali mencoba buat mendaftarkan blog aku dan menjadi seorang publisher google adsense.

Namun lagi-lagi blog aku ditolak oleh google adsense..??

Karena berkali-kali ditolak oleh google adsense, yang inti penolakannya merupakan konten saya nir menaruh manfaat yg signifikan bagi pembaca, saya jadi berfikir & mencari pulang, konten misalnya apa yang sangat disukai sang google adsense.

Dan akhirnya saya jadi poly belajar pula tentang "Nichedanquot; blog.

Jujur saja hingga waktu ini saya nir tau apa arti dari niche blog, yg aku pikirkan dan simpulkan tentang niche blog adalah pokok utama yang menjadi pembahasan blog yang kita kelola.

Pada ketika saya searching digoogle tentang apa itu niche blog, yg saya dapati malah mengenai bagaimana cara memilih niche yg banyak dicari orang di penelusuran google, bukan tentang arti istilah dari niche itu sendiri.

Lantaran itu, aku menyimpulkan sendiri bahwa niche blog itu adalah pokok pembahasan utama berdasarkan blog.

Kemudian, saya membuat lagi blog baru, & kali ini saya mengangkat niche "Wisata" atau "Travelingdanquot;.

Saya mengangkat niche wisata di blog baru aku seluruh lantaran memang daerah saya merupakan wilayah yang sedang giat-giatnya mempromosikan parawisatanya.

Di blog baru ini, aku bercerita mengenai tempat-loka wisata yang ada pada daerah aku , kebudayaannya, istiadat istiadatnya & lain sebagainya.

Yang dalam dasarnya adalah selain bertujuan buat didaftarkan ke google adsense, juga sebagai wadah buat saya pada membantu pemerintah daerah saya pada mempromosikan wisata yang ada kota saya.

Daerah berasal aku memang mempunyai banyak sekali tempat-loka wisata yang menurut aku relatif menakjubkan.

Saya masih ingat betul, saat itu aku hanya mempunyai 10 artikel tentang wisata, & semua merupakan tentang pengalaman langsung saya.

Saya daftarkan ke google adsense.

Hampir satu bulan saya tidak mendapat kabar apa-apa menurut google, dan karenanya saya jadi nir terlalu begitu berharap lagi apakah bakal diterima menjadi publisher google adsense atau nir.

Ternyata.., saya lupa kapan kejadiannya, yang saya ingat adalah aku iseng buka email, kebetulan email yg aku gunakan sehari-hari dengan email blog saya berbeda, aku mendapatkan email dari google adsense, & saya dinyatakan diterima penuh sebagai publisher google adsense.

Mungkin terdapat menurut anda yang bertanya-tanya, bagaimana aku sanggup diterima sebagai publisher google adsense Non Hosted?

Pada waktunya nanti, seluruh pengalaman-pengalaman saya di dunia blogging, akan saya bahas dan ceritakan di blog awam bicara aku ini nanti.

Begitu jua mengenai bagaimana kita-kiat aku buat diterima & sebagai publisher google adsense non hosted, bagaimana supaya blog sanggup tampil pada page pertama google, apa itu SEO, Backlink, pokoknya seluruh yang saya dapati dan pelajari selama ini akan saya bagikan dilain kesempatan.

Namun disaat ini, dikesempatan kali ini saya hanya ingin bercerita mengenai Apa itu Blog? ??

Baiklah, kita lanjutkan lagi ceritanya?.

?Jika anda searching digoogle, tentang apa itu blog? Anda akan mendapatkan poly sekali jawaban mengenai apa itu blog, blogging, blogger.

Jadi aku konfiden anda pasti akan paham dengan sendirinya apa itu blog, walaupun sebelumnya anda nir pernah tau apa itu blog.

Apalagi bagi anda para generasi Y, generasi Milenial, yg sudah tidak asing lagi dengan internet dan dunia teknologi keterangan.

Tetapi, walaupun begitu, buat detail lagi saya akan mengulang balik apa itu blog seperti yang dikatakan menurut hasil pencarian google:

Blog merupakan satu menurut beratus-ratus juta jenis website atau situs yg ada di internet.

Yang mana, terakhir aku tau menurut 'Pingdom' seperti dilansir sang detikcom dalam tahun 2014 silam, jumlah situs/ website didunia ini menembus nomor 663juta lebih, itu pada tahun 2014 silam, bisa anda bayangkan perkembangannya dalam tahun 2017 ini bukan???

Yang terdiri dari berbagai jenis website atau situs, diantaranya :

Situs warta seperti detikcom, kompascom, cnn,liputan6,dll, situs media sosial misalnya facebook, twitter, linkdin, tumblr, dll, situs search engine, semacam google, bing, yahoo, yandex, situs ritel atau toko online, semacam tokopedia, bukalapak, bhinneka, lazada, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan satu hal yang paling prinsip yg membedakan antara blog dengan jenis situs-situs atau website lainnya merupakan fungsi berdasarkan blog itu sendiri.

Mulanya, blog acapkali dipakai sebagai loka buat menulis catatan pribadi, semacam diary lah, tetapi seiring berkembangnya dunia blogging, Blog berkembang sebagai tempat buat mengembangkan kabar, tempat buat ber opini, untuk bisnis, dan bahkan buat keperluan global perpolitikan.

Melalui blog kita bisa menyebarkan kabar-kabar krusial menggunakan orang lain, dalam hal ini pembaca, yang bahkan kadang kala mungkin warta tersebut sangatlah berharga bagi sebagian orang.

Jika sudah demikian, anda pasti bertanya-tanya, “Jika informasi itu berharga, lalu untungnya buat kita apa?”

Banyak sekali yg mampu kita dapatkan berdasarkan blog, akan tetapi menurut seabrek manfaat & laba menurut blogging itu sendiri, bagi saya adalah ?Kepuasan Batin?.

Maksudnya adalah, dengan membuatkan aku merasa sebagai lebih berguna buat orang banyak, & itu merupakan kepuasan batin yg tidak dapat dinilai dengan materi, itu berdasarkan aku .

Tetapi, selain itu manfaat dari nge blog merupakan :

1. Bisa sebagai seorang penulis

Saya bukanlah termasuk seorang yg pandai menulis, seorang yang punya talenta menulis, akan tetapi menggunakan ngeblog saya jadi mampu dan "beranidanquot; menulis, & merasa telah sebagai seseorang penulis..??

Awalnya saya takut, membuat malu, & perasaan lainnya yang bercampur kocok mengenai goresan pena yang aku buat.

Takut nir baguslah, takut tidak menariklah, takut ditertawai oranglah, & lain sebagainya.

Yang dalam akhirnya saya sadar bahwa, itu hanyalah perasaan saya saja.

Pada dasarnya nir terdapat orang yang memperhatikan bagaimana mutu tulisan kita, nir ada yg peduli.

Para pembaca hanya peduli tentang berita apa yang kita bagikan, peduli tentang manfaat berdasarkan berita yg kita bagikan.

Apabila bermanfaat buat mereka tentu saja mereka akan membacanya, begitu jua kebalikannya.

Mengenai baik atau buruknya tulisan kita, berkualitas atau tidaknya konten/ goresan pena yg kita buat, terdapat penilai yg lebih hebat (dari saya), akan tetapi khusus buat tulisan di internet, yakni GOOGLE itu sendiri.

Jika rupawan tulisan kita, tentu saja tulisan kita tersebut akan nangkring pada peringkat satu google, dan jika kebalikannya maka blog kita akan terpuruk didasar penelusuran google.

2. Bermanfaat bagi orang lain

Seperti aku sebutkan diatas, yg paling primer menurut apa yang aku dapatkan menurut nge blog merupakan rasa 'kepuasan batin'. Kepuasan batin karena berguna bagi orang banyak.

3. Membangun komunitas dan jaringan sendiri

Manfaat yg satu ini baru dapat kita nikmati bila blog kita berguna bagi orang lain dan dalam akhirnya poly membantu mereka, selanjutnya menggunakan sendirinya akan terbangun komunitas baru & jaringan baru buat kita.

Yang pada akhirnya nanti membuat blog kita semakin banyak dikenal orang, terutama dikalangan Netizen atau masyarakat internet.

4. Menghasilkan uang

Dari sekian banyak manfaat yang kita dapatkan dari nge blog, & yg pastinya merupakan bisa menghasilkan uang.

Pada akhirnya nanti blog yg kita buat & kelola akan mendatangkan hasil yang mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya.

Dari yang tadinya hanya sekedar iseng, hobby atau malah hanya sekedar ikut-ikutan sampai akhirnya bisa mendatangkan keuntungan materi alias membentuk uang buat kita.

Bahkan mungkin melampaui hasil yang didapat dari pekerjaan offline kita, jika nanti blog kita sahih-sahih menjadi sebuah blog yang poly dikenal orang & yg mendatangkan poly manfaat bagi orang poly.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang kita dapatkan berdasarkan nge blog, hanya saja tidak dapat aku sebutkan satu persatu.

Saya hanya menyampaikan manfaat yg sahih-sahih saya rasakan besar dampaknya bagi diri saya eksklusif.

Dulu, waktu-ketika saya mulai belajar blogging, tulisan-goresan pena seperti inilah yg seringkali kali saya temui mengenai apa itu blog.

Dari sini saya mulai mengenal, mulai belajar, mulai mempraktekkan, & tentunya poly mengenal orang-orang yang telah sukses dan mapan didunia blogging.

Saya yakin, anda yg baru belajar nge blog seperti halnya aku , akan menghadapi poly sekali pertanyaan-pertanyaan seputar ngeblog, blogging & blogger.

Mulai dari, bagaimana membuat tampilan blog kita jadi latif, rupawan, dan manis?

Bagaimana cara menentukan niche berdasarkan blog?

Bagaimana cara memasang widget, tombol share sosial media, memasang hidangan beranda, dll seputar pemograman templates blog?

Bagaimana caranya mendapatkan poly pengunjung ke blog kita?

Bagaimana menciptakan blog kita terkenal?

Apa yang wajib aku lakukan supaya blog aku dikenal orang tanpa harus saya kenalkan? Yang artinya dikenal dan diketahui orang menurut google search.

Banyaknya pertanyaan-pertanyaan yg ada tersebut dalam akhirnya mengantarkan kita dalam 1 tujuan dan jawaban saja, yakni bagaimana membuahkan blog kita populer & selalu berada diperingkat 1 google search.

Pertanyaan-pertanyaan yg muncul tadi, membuat saya sebagai ingin belajar, ingin mencoba, & ingin mempraktekkannya, sampai dari situ saya mendapatkan banyak sekali pengalaman-pengalaman yang berharga.

Anda akan menemukan misalnya apa yang aku temui, yakni tentang Pertanyaan-pertanyaan global blog yang hampir nir terdapat habisnya.

Semakin banyak yg anda ketahui, semakin banyak pula pertanyaan-pertanyaan yg timbul, & tentu saja semakin membuat haus rasa cita-cita tahuan kita akan itu.

Dengan begitu, maka semakin banyaklah pengalaman-pengalaman yg akan kita dapatkan, yg tentu saja akan sebagai aset berharga untuk kita.

Aset dalam menciptakan blog & membentuk jaringan serta komunitas kita di dunia blogging.

Lantaran itu, pertanyaan-pertanyaan yg ada dan pernah aku alami, dan jawaban-jawaban yang saya dapati dan pengalaman-pengalaman berharga aku , akan aku jabarkan satu persatu didalam artikel lanjutan dari label belajar blog di Awam Bicara ID ini.

Sekian menurut aku , terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2