Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine

Saya akan berbagi tentang beberapa pengalaman saya serta apa yang saya dapatkan dan pelajari selama ini mengenai beberapa faktor penting dari SEO (Search Engine Optimization)  di tingkat laman blog.

Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine

Gambar sang : digitalvidya.Com

Yang pastinya dapat Meningkatkan Trafik Organik & Peringkat Blog Secara Cepat di google search engine.

Ada beberapa faktor krusial dalam mengoptimasi blog agar sanggup cepat masuk dihalaman pertama google search engine.

Yang pada akhirnya akan meningkatkan lalu lintas organik Blog, menaikkan rangking blog dan secara tidak eksklusif jua memperbaiki SEO berdasarkan laman blog itu sendiri.

Cara menaikkan traffic pengunjung & peringkat blog atau website yang akan aku bahas kali ini merupakan dengan teknik "SEO On Page" yg aku pahami selama ini.

Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine

Jujur saja, tidak banyak hal yg bisa aku pahami mengenai SEO, saya juga masih pada tahap belajar.

Dan artikel ini juga aku jadikan sebagai pembelajaran buat aku sendiri dalam mengoptimasi SEO buat meningkatkan kecepatan menaikkan trafik organik dan peringkat blog secara masuk akal dan alami.

Karena belajar sambil praktek adalah teknik & cara terbaik pada menaikkan kemampuan dan pengetahuan kita.

Teknik "SEO On Pagedanquot; ini sudah saya praktekkan secara tidak sengaja, lantaran selama ini, saya membuat konten atau postingan tanpa memikirkan apapun jua termasuk SEO.

Hanya berpikir tentang bagaimana agar artikel ini berguna bagi orang poly.

Ternyata, setelah beberapa bulan mendalami Blog, Blogger & Blogging, dan mengenal dan belajar SEO, ternyata apa yg aku lakukan selaras & sejalan menggunakan SEO.

Saya belajar SEO dari artikel saya sendiri, menggunakan membandingkan dengan teori-teori yg saya pelajari selama setahun terakhir.

Hasilnya, banyak postingan saya yang berhasil masuk kedalam page pertama Google Search Engine, yang bahkan terdapat beberapa artikel saya berada di peringkat pertama output penelusuran Google.

Semua itu saya lakukan tanpa plugin apapun pula, karena aku memakai hosting Blogspot untuk Blog atau Situs awambicara.Id ini.

Tidaklah seperti wordpress yg mempunyai plugin-plugin dalam optimisasi SEO.

Baiklah, kita mulai...

Meta tag dan kata kunci adalah 2 faktor krusial didalam faktor SEO laman Blog atau Website.

Apabila kita melakukan semuanya menggunakan benar pada menerapkan beberapa Faktor SEO pada dalam page blog, artikel atau konten blog atau website kita...

...Dapat saya pastikan jumlah pengunjung organik kita akan meningkat secara tajam, menurut setiap konten yang kita publikasikan.

Hal ini sudah saya buktikan dalam beberapa artikel saya di Blog Awam Bicara ini, karena itulah saya berani untuk berbagi cara cepat meningkatkan trafik organik dan peringkat blog dengan mengoptimisasi "SEO On Page".

Daftar Praktik Terbaik SEO On Page ini aku susun pada 16 bagian :

1. Optimasi URL/ Permalink yg baik

Dalam wawancara antara Stephen Spencer dan Matt Cutt (Kepala Webspam Google) mengatakan bahwa, Google memberikan bobot lebih besar untuk 4-5 kata pertama sehingga tetap menjaga URL blog kita untuk direkomendasikan.

Dalam hal ini, kita mampu mengoptimasi URL/ Permalink, dengan beberapa istilah kunci yg kita targetkan yang tentu saja sesuai dengan isi/ konten menurut artikel, dan mendiskripsikan secara singkat mengenai isi menurut konten artikel kita.

Judul & Url yang kita buat nir boleh terlalu panjang ataupun terlalu pendek, menggunakan panjang URL dan Judul artikel 4-5 kata, maka konten akan terlihat alami, dan menaruh pengalaman pengguna yang lebih baik.

Jadikan diri anda menjadi seorang user, dalam saat melihat hasil penelusuran google, yang diperhatikan adalah Judul dan URL/ Permalink, serta Deskripsi singkat berdasarkan konten.

Sebagian akbar pengguna atau user ketika mengklik sesudah membaca kata yang disertakan pada pada URL page / posting.

Hindari penggunaan URL/ permalink yg terlihat tidak baik seperti http://awambicara.Id/p=123.

Kita adalah insan & lebih memilih kata-istilah daripada sapta biner atau angka & alamat IP.

Panjangnya URL pula sebenarnya kurang begitu berpengaruh dibandingkan dengan URL yg singkat.

Optimasi struktur URL postingan memang masih menjadi kontroversi di beberapa kalangan blogger, ada yang menyukai versi yang panjang disertai tanggal dan ada juga yang fokus pada URL pendek.

Neil Patel, pendiri 4 perusahaan multi millioner lebih suka menggunakan URL halaman tanggal yang panjang dan lengkap.

Dia meyakini bahwa hal ini membantu mesin telusur pada menentukan peringkat nya dalam hal keterbaruan atau fresh nya suatu artikel & mungkin pula membantu pembaca buat memilih postingan modern berdasarkan mesin pencari itu sendiri.

Meskipun terdapat aturan yang tidak diatur buat menyusun URL Anda dengan cara yg lebih baik tetapi Anda menyalin gaya URL dari situs otoritas.

Google memang tidak memasukkan bobot ke pada gaya permalink/ URL, namun memberi nilai lebih pada istilah kunci yg dipakai pada dalamnya.

Tidak masalah apakah URL itu panjang atau pendek tetapi URL umum kaya kata kunci melakukannya menggunakan baik pada laman hasil mesin pencari.

Semuanya bergantung dalam konten yg bermanfaat.

Para ahli SEO mengatakan: Tulislah URL dengan cara yang mendidik pembaca tentang topik setelah melihat URL kita. Jadi URL harus dibuat secara jelas mendeskripsikan konten.

Contoh : Lihat link ini www.Awambicara.Id/2017/05/model-surat-permohonan-perwalian-di.Html, setiap pengguna/ user bisa menggunakan mudah mengingatnya tanpa perkara, hanya berisi 5 istilah.

Dua. Memulai Judul menggunakan Kata Kunci

Isi artikel sangat krusial akan tetapi perlu anda ingat, judul artikel pun jauh lebih penting daripada isi dari dalamnya.

Dengan membaca judul, seorang pengunjung sanggup meramalkan & mengira-ngira tema & isi konten kita.

Judul artikel atau postingan sangat penting pada faktor SEO page dan search engine memberi nilai lebih pada kata kunci pencarian ketika ditempatkan pada awal judul.

Kata para ahli : Memang kita tidak perlu untuk memulai judul artikel dengan penargetan kata kunci namun jika kita melakukannya pasti akan meningkatkan nilai pada hasil pencarian.

3. Panjang Judul

Title Tag/ Tag Judul mendeskripsikan isi atau tema dari postingan lengkap kita. Ini wajib singkat, jelas. Menarik dan deskriptif.

Judul harus pada 50-65 karakter lantaran jika lebih dari 65 karakter, mesin telusur tidak bisa menampilkan judul yg panjangnya lebih berdasarkan itu.

Berikut adalah cuplikan judul panjang yg terlampaui di mesin telusur Google.

Judul Postingan SEO On Page

Jika tidak yakin dengan bagaimana tampilan judul postingan mu, kamu bisa menggunakan tool pratinjau dari Moz untuk melihat bagaimana judul yang kita tulis diterbitkan dan bagaiamana penampakannya di mesin telusur.

Moz Tool Pratinjau Judul Postingan

4. Deskripsi Meta

Jika kita melihat hasil Survey Mike King, posting yang memiliki deskripsi meta yang mengesankan mendapatkan klik 42% lebih banyak daripada deskripsi meta sederhana.

Cuplikan tentang bagaimana deskripsi meta muncul di hasil penelusuran, dapat kamu lihat pada Gambar di atas dengan kata kunci "Nearme Find Phone Oppo".

Kita hanya mempunyai 160 karakter buat menulis deskripsi meta & jangan berlebihan meletakkan kata kunci tertarget disana, relatif gunakan sinonim untuk sasaran istilah kunci primer kamu.

Memasukkan kata kunci pada pelukisan meta yg hiperbola niscaya akan merugikan engkau sendiri.

Misalnya, kamu bisa melihat contoh gambar pada postinganNearMe Find Phone, Solusi dari OPPO bagi Pengguna Smartphone OPPO yang Hilang dengan kata kunci "Nearme Find Phone Oppo" diatas.

Kata kunci target saya diatas adalah "Nearme Find Phone Oppo" maka saya menggunakan deskripsi meta : Smartphone Oppo kamu hilang? Berikut solusi yang ditawarkan oleh OPPO Nearme Find Phone.

Atau engkau mampu menggunakan sinonim (LSI Keyword) menurut saran yg diberikan oleh Google Search Engine, misalnya dibawah ini :

oppo nearme apk

nearme apps oppo

cara daftar o cloud pada oppo f1s

cara mencari hp oppo yang hilang

login oppo

oppo account

find my phone oppo f1s

o cloud oppo a37

Kamu sanggup menemukan istilah-istilah terkait pada bagian bawah hasil pencarian Google. Menggunakan kata kunci ini bisa menaikkan kemudian lintas organik ke postingan blog kita.

LSI - Suggesting Kata kunci di Google Search Engine

Lima. Sertakan Multimedia alt tag

Konten yang bermanfaat memang sangatlah krusial bagi SEO.

Akan tetapi, apabila artikel atau konten kita pada perkaya lagi menggunakan memakai gambar, video & presentasi kontekstual maka akan jauh lebih menarik lagi & dapat mengurangi taraf bouncing/ pentalan situs kita.

Jika kita perhatikan, blogger-blogger yg sukses, selalu memakai banyak gambar dan video buat menarik perhatian pengunjung & pula membantu mereka buat memahami isinya menggunakan lebih akurat.

Adapun faktor SEO yg terkait dengan multimedia (gambar, video, dll), adalah dengan memakai kata kunci sasaran menjadi teks Alt (Alt Tag).

Google memberi bobot nilai lebih pada gambar yang disertai dengan "tag altdanquot; dengan istilah kunci yg tertarget/ krusial.

6. Gunakan Outbound Links

Menyisipkan link keluar yg berkualitas menggunakan jumlah yg poly dalam artikel Postingan kita akan menciptakan & menaruh liputan lebih banyak dan bermanfaat bagi pengunjung.

Tautan keluar yang relevan ada di artikel kita akan membuat situs web/ blog kita sebagai semacam web/ blog yang menaruh donasi dan menjadi web/ blog tipe pembantu.

Strategi ini adalah strategi " White Hat SEO " dan lebih mudah dalam mendapatkan lebih banyak trafik atau lalu lintas.

Blogger pemula biasanya tidak menyertakan poly link keluar berdasarkan postingan mereka, lantaran mereka berpikir bahwa dengan banyaknya link atau tautan keluar ke blog/ website lain maka para pengguna akan meninggalkan situs mereka.

Padahal pikiran mereka yang seperti itu adalah salah besar , karena dengan memberikan tautan keluar kesitus lain yg berguna maka user atau pengguna akan beranggapan bahwa situs/ blog kita benar-sahih bermanfaat.

Bahkan ini adalah faktor SEO krusial yang pula pada hitung oleh Google. Kita setidaknya memasukkan dua-4 Link Keluar/ Tautan Keluar per 1000 istilah.

Tips : Hubungkan selalu ke situs yang mempunyai otoritas yang lebih tinggi.

7. Bold, Italic & garis bawah istilah kunci

Plugin SEO terbaru merekomendasikan kita untuk mem Bold, Italic, dan menggarisbawahi kata kunci target setidaknya satu kali.

Walaupun masih banyak kontradiksi dari para pakar SEO, namun cara ini tidak terdapat salahnya kita lakukan setidaknya buat satu kali kata kunci sasaran.

8. Sertakan Kata Kunci dalam 100 kata pertama

Plugin SEO wordpress SEOPressorV5 merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci target kita pada 100 istilah pertama didalam artikel postingan.

Blogger pemula dan poly blogger menengah selalu membuat kesalahan ini.

Mereka memulai postingan mereka dengan memasukkan dan memperkenalkan kata kunci target mereka pertama kali di tengah postingan.

Saya juga terkadang masih melupakan hal ini, & melalui artikel ini aku ingin belajar & selalu mengingatkan aku akan pentingnya faktor SEO yg satu ini.

Dengan menyisipkan & meletakkan kata kunci target didalam 100 istilah pertama, akan membantu Google buat mengetahui isi holistik konten kita yang lainnya.

9. Sertakan Kata Kunci dalam 100 kata terakhir

Selain di dalam 100 kata pertama, Plugin SEO Wordpress SEOPressorV5 juga merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci target kita di 100 kata terakhir didalam artikel postingan kita.

Hal Ini juga merupakan sesuatu yang kebanyakan blogger tidak lakukan akan tetapi yakinlah "it's workdanquot;.

Dengan menyisipkan & memasukkan kata kunci sasaran didalam 100 kata terakhir postingan akan memberikan output yang lebih baik. Karena hal ini bisa membantu Google dalam tahu mengenai apa menurut holistik isi konten postingan kita.

10. Judul harus berada pada bawah tag h1

Faktor SEO buat setiap tema WordPress sudah menggunakan judul didalam tag h1.

Kita juga wajib memakai dan menyertakan istilah kunci pada h2 dan h3 dan heading pula.

Ini akan menaikkan kinerja postingan kita.

11. Waktu Pemuatan Laman Blog/ Web

Semua pengguna atau user ingin kecepatan suatu website atau Blog wajib cukup cepat sebagai akibatnya nir membuang waktu mereka secara sia-sia, dikarenakan loading/ render Blog yang lamban.

Penelitian terbaru menemukan bahwa 47% pengunjung mengharapkan situs web dimuat dalam ketika tidak lebih berdasarkan 2 dtk.

Saya pribadi nir berbelanja pada Bhinneka karena hampir disetiap kunjungan, aku selalu mendapati loading web yang cukup lama .

Kecepatan situs kita wajib masuk akal, dan nir membutuhkan saat lebih dari 3 dtk.

Pada tahun 2010, Matt Cutts tidak menganggap kecepatan loading situs atau Blog memainkan peranan penting dalam SEO, namun di tahun 2016 kondisinya sudah berubah, Google menganggap kecepatan render/ loading halaman Blog sangat penting.

Lantaran itu, semenjak tahun 2015 Google sudah memperkenalkan AMP (Accelerated Mobile Page), Apple dengan Apple News nya & Facebook pun nir mau ketinggalan ingin berperan penting dalam kecepatan memuat laman web/ Blog menggunakan Artikel Instannya.

Kamu bisa memeriksa kecepatan situs kamu dengan menggunakanPingdom Website Speed Test,

Pingdom Website Speed Test

atau dengan GTmetrix.

GTmetrix

Akhirnya, dengan mengurangi waktu loading atau render situs atau blog bisa membantu peringkat blog pada search engine sebagai lebih baik lagi.

Sehingga dengan sendirinya akan menaikkan trafik organik blog kita di search engine.

12. Menambahkan Kata-kata Pemikat pada Judul

Menambahkan istilah-kata misalnya "2018danquot;, "Terbaikdanquot;, "Tercepat", "Topdanquot;, "review", & "Cara" serta istilah-kata yg dapat membangkitkan rasa ingin memahami pengunjung dapat membantu menarik lebih banyak pengunjung ke situs atau blog kita.

Kata-kata inilah yg sebagian besar pengunjung coba cari pada web/ internet.

Mereka selalu menginginkan beberapa panduan terbaik dan paling terbaik buat topik apa pun. Penambahan istilah ini bertindak menjadi pendukung dalam kata kunci ekor panjang atau "Long Tail Keyword".

13. Pentingnya Tombol Sharing Sosial Media

Tombol membuatkan ke sosial media sebenarnya nir memiliki peran krusial pada membawa situs atau blog kita ke halaman pertama google.

Namun demikian, memberikan postingan kedalam media umum secara pribadi akan meningkatkan kemudian lintas atau trafik blog kita.

Saya pula menggunakan tombol sharing media sosial buat mendapatkan kemudian lintas secara eksklusif.

14. Panjang Artikel / Postingan

Google sebenarnya menyukai konten yg mendetail.

Apabila kita melakukan studi perkara dari 10 hasil pencarian teratas Google search engine, dan jika kamu melihat artikel saya homogen-homogen semuanya berjumlah lebih menurut 2000 istilah dan diurutkan dengan baik di mesin pencari.

Saya sangat menyarankan supaya kamu menulis postingan/ artikel minimal 2000 kata, postingan yang lebih panjang dan detail dan berguna, akan bertahan lebih lama pada SERP Google.

Penelitian 10 peringkat teratas google berdasarkan panjang artikel

15. Kurangi Rasio Pentalan/ Bounce Rate

Rasio Pentalan adalah waktu rata-rata pengunjung saat membuka dan melihat dan membaca web/ blog kita yang dinyatakan dalam persentase.

Semakin akbar persentase Rasio Pentalan/ Bounce Rate kita maka kualitas web/ blog kita dievaluasi google semakin jelek.

Jadi saat pengunjung tiba ke situs atau blog kita & kemudian segera meninggalkannya, ini menyebabkan persentase rasio pentalan kita tinggi.

Banyak faktor yang mengakibatkan mengapa rasio pentalan/ bounce rate kita tinggi, namun ada trik yang bisa kita lakukan dalam hal mengurangi rasio pentalan situs atau blog kita.

Triknya sebagai berikut, yakni dengan mengaitkan kedalam artikel kita sendiri.

Ya, Internal Link, yg di letakkan diawal postingan/ artikel bisa membantu kita dalam mengurangi taraf bouncing atau taraf pentalan.

Orang selalu membaca beberapa paragraf diawal artikel sebelum benar-benar meninggalkan situs atau blog kita.

16. Kepadatan Kata Kunci dan Sinonim Kata Kunci (LSI Keyword)

Kepadatan kata kunci atau banyaknya kata kunci yg kita sertakan dalam artikel atau postingan kita umumnya disarankan dua-4% saja.

Untuk meningkatkan banyaknya istilah kunci yg bisa kita tambahkan kedalam artikel atau postingan, kita mampu menggunakan sinonim kata kunci atau LSI Keyword (Latent Semantic Indexing keyword)

LSI Keyword merupakan sinonim yang digunakan Google buat memilih relevansi laman, atau output pencarian.

Disini kita bisa membuat artikel yg panjang seperti di saran aku pada angka 14 tersebut, menggunakan memakai lebih poly kata kunci sinonim atau LSI Keyword untuk dimasukkan kedalam lebih poly jumlah kata yang terkait.

Karena saya terbiasa menulis postingan atau artikel panjang, jadi saya tidak terlalu begitu peduli dengan menggunakan LSI Keyword lantaran disaat kita menulis artikel atau postingan lebih menurut 2000 kata, tanpa kita sadari kita telah menyertakan kata kunci turunan/ LSI keyword secara otomatis.

Bagi pengguna wordpress dapat menggunakan Plugin SEOPressorV5 yang mempunyai kelebihan yakni memberikan saran LSI keyword dalam setiap postingan blog/ website.

Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine bisa dikatakan memerlukan keahlian khusus dan sedikit pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization).

Namun, jika kita menulis & menciptakan artikel atau postingan yg isinya berguna bagi pengguna atau orang poly, saya pastikan dan aku jamin, artikel/ postingan anda pasti berada dihalaman pertama google search engine, tanpa kita perlu pusing memikirkan SEO.

Demikianlah dari saya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2