Latihan Soal Tes Karakteristik Pribadi beserta Kunci Jawaban dan Bobot Nilainya

Sekali lagi kami tekankan, bahwa Kunci Sukses Lulus Tes Penerimaan CPNS merupakan acapkali mengulang & terbiasa mengerjakan contoh-model soal tes CPNS, baik berdasarkan buku ataupun berdasarkan soal-soal berdasarkan tes-tes penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

Latihan Soal Tes Karakteristik Pribadi beserta Kunci Jawaban & Bobot Nilainya

Contoh Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2019

Cobalah buat mengerjakan Contoh Soal CPNS 2019 ini menggunakan kemampuan anda sendiri sebelum mencocokkannya menggunakan Kunci Jawaban Contoh Soal CPNS ini.

Apalagi buat Soal Tes Karakteristik Pribadi, tidaklah relatif hanya menggunakan berlatih soal menggunakan berpedoman dalam kunci jawaban nya.

Karena dalam tes karakteristik pribadi, tidak ada jawaban yang salah,  maka dari itu diperlukan suatu kemampuan serta pengetahuan yang luas untuk dapat menganalisis nilai atau bobot dari setiap jawaban yang ada.

Untuk itu, perbanyaklah melatih soal buat tes karakteristik pribadi ini, hingga anda terbiasa dalam menilai bobot jawabannya.

Berikut Contoh Soal Latihan CPNS 2019 Tes Karakteristik Pribadi bersama Kunci Jawabannya.

1. Saya sudah mempersiapkan diri menggunakan baik sebelum melakukan presentasi di tempat kerja besok pagi.

A. Saya konfiden besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya permanen mempersiapkan dengan maksimal .

B. Meski begitu aku cemas bila-jikalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar

C. Saya pasrah apabila terdapat kendala

D. Tak mungkin presentasi aku nir lancar

E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain

JAWABAN:

Penilian memakai skala nilai skor:

A. Saya konfiden besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya permanen mempersiapkan dengan maksimal . (Skor 5)

B. Meski begitu aku cemas bila-jikalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Skor 1)

C. Saya pasrah apabila terdapat kendala (Skor 3)

D. Tak mungkin presentasi aku nir lancar (Skor 2)

E. Tapi Mungkin saja presentasi aku terganggu hal lain (Skor 4)

dua. Dalam setiap pekerjaan pasti mempunyai job description masing-masing, dan saya sudah melakukan sinkron menggunakan job description tadi.

A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya permanen mau membantu teman merampungkan pekerjaannya yang tertunda

B. Saya akan membantu kawan saya yg lain bila diminta.

C. Saya mau menilik hal lain diluar pelukisan jabatan saya.

D. Saya hanya akan melakukan pekerjaan diluar deskripsi jabatan apabila diminta sang atasan.

E. Enggan berkontribusi lebih dari apa yang telah dikerjakan ketika ini.

JAWABAN:

Penilian memakai skala nilai skor:

A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya permanen mau membantu teman merampungkan pekerjaannya yang tertunda (skor 5)

B. Saya akan membantu kawan saya yg lain bila diminta. (skor 4)

C. Saya mau menilik hal lain diluar pelukisan jabatan saya. (skor 3)

D. Saya hanya akan melakukan pekerjaan diluar deskripsi jabatan apabila diminta sang atasan. (skor 2)

E. Enggan berkontribusi lebih dari apa yang telah dikerjakan ketika ini. (skor 1)

3. Saya diutus buat menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada saat yg bersamaan aku sedang mengerjakan laporan yg tidak terlalu mendesak.

A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab sanggup saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)

B. Laporan tadi akan menjadi bikin capek bila tertunda.(skor tiga)

C. Saya akan menghadiri seminar tadi agar bisa menghindar berdasarkan tugas laporan.(skor 4)

D. Saya akan menghadiri seminar tadi karena laporan belum harus segera diserahkan pada atasan.(skor 1)

E. Saya sanggup menghadiri seminar & mengerjakan laporannya nanti saja.(skor dua)

JAWABAN:

Penilian memakai skala nilai skor:

A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab sanggup saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)

B. Laporan tadi akan menjadi bikin capek bila tertunda.(skor tiga)

C. Saya akan menghadiri seminar tadi agar bisa menghindar berdasarkan tugas laporan.(skor 4)

D. Saya akan menghadiri seminar tadi karena laporan belum harus segera diserahkan pada atasan.(skor 1)

E. Saya sanggup menghadiri seminar & mengerjakan laporannya nanti saja.(skor dua)

4. Andi merupakan seorang karyawan yang rajin. Tetapi apa yg akan terjadi dalam masa mendatang tidak ada yg tahu

A. Andi tetap saja akan terkena PHK bila ekonomi nasional lesu

B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK

C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin bisa membantu kenaikan karirnya kelak

D. Pemecatan poly karyawan tidaklah terlalu berpengaruh terhadap citra perusahaan

E. Harusnya karyawan rajin tidak boleh kena PHK

JAWABAN:

Penilian memakai skala nilai skor:

A. Andi tetap saja akan terkena PHK bila ekonomi nasional lesu (Skor 4)

B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK (Skor 1)

C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin bisa membantu kenaikan karirnya kelak (Skor 5)

D. Pemecatan poly karyawan tidaklah terlalu berpengaruh terhadap citra perusahaan (Skor 3)

E. Harusnya karyawan rajin tidak boleh kena PHK (Skor 2)

5. Setelah mematangkan rencana,

A. Saya masih khawatir apakah planning tersebut mampu berhasil

B. Berhasil tidaknya tak tanggal menurut pihak lain juga

C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yg menentukan

D. Bagaimanapun caranya planning harus berhasil

E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, karena pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang

JAWABAN:

Penilian memakai skala nilai skor:

A. Saya masih khawatir apakah planning tersebut mampu berhasil (Skor 1)

B. Berhasil tidaknya tak tanggal menurut pihak lain juga (Skor 3)

C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yg menentukan (Skor 5)

D. Bagaimanapun caranya planning harus berhasil (Skor 2)

E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, karena pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang (Skor 4)

6. Apabila suatu rencana kerja terlihat rumit, maka

A. Saya tak mau repot-repot mencobanya

B. Saya khawatir bila mencobanya & gagal

C. Saya berani mencoba setelah mempertimbangkan risikonya

D. Saya minta pendapat isteri Yang krusial saya coba dulu

E. Yang penting saya coba dulu

JAWABAN:

Penilian memakai skala nilai skor:

A. Saya tidak mau repot-repot mencobanya (Skor 1)

B. Saya khawatir bila mencobanya & gagal (Skor 2)

C. Saya berani mencoba selesainya mempertimbangkan risikonya (Skor lima)

D. Saya minta pendapat isteri Yang krusial saya coba dulu (Skor 4)

E. Yang penting saya coba dulu (Skor tiga)

Contoh Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2019 Beserta Kunci Jawabannya tanpa bobot nilai :

1. Sikap aku terhadap perubahan, inspirasi-wangsit dan cara-cara baru dalam bekerja

A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.

B. Perubahan merupakan suatu yang niscaya.

C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, pandangan baru dan cara-cara baru tersebut

D. Stabilitas dalam bekerja lebih krusial.

E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja niscaya lebih baik.

Jawaban E

2. Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yg wajar

A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan wajib setia terhadap perusahaannya

B. Saya meyakini nilai-nilai yg berkata bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah perilaku yang terpuji.

C. Pekerjaan saya saat ini nir bisa mengklaim masa depan aku .

D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu krusial, sebagai akibatnya aku merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan.

E. Saya menyukai pekerjaan aku , namun bila ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu buat pindah

Jawaban E

3. Kerja keras dan cermat adalah wujud upaya untuk menjadi langsung yang berguna. Berkaitan menggunakan hal itu aku bahagia..

A. Pekerjaan yang menantang.

B. Pekerjaan yg rutin.

C. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru.

D. Bekerja menggunakan standar yg tinggi.

E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih.

Jawaban C

4. Saya mempunyai kitab favorit dan kitab tersebut dihilangkan oleh teman dekat saya.

A. Saya marah pada teman aku

B. Saya memintanya buat mengganti buku tadi karena buku itu favorit saya.

C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.

D. Saya memusuhinya & melarangnya meminjam buku aku lagi.

E. Saya memintanya buat mengubah & berkata padanya untuk lebih berhati-hati apabila dia meminjam kitab aku lagi.

Jawaban E

5. Perusahaan loka aku bekerja sedang mengalami kesulitan keuangan.

A. Saya tidak merasa risi & aku nir akan pindah perusahaan karena saya merasa cocok dengan pekerjaan ini.

B. Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan.

C. Perusahaan harus segera bertindak buat mengatasi kasus ini.

D. Saya mulai mencari pekerjaan lain sambil permanen bekerja diperusahaan ketika ini.

E. Saya nir berpikir 2 kali buat segera keluar menurut perusahaan tadi walaupun belum memiliki pekerjaan lain.

Jawaban A

Selanjutnya, saya ingin anda melatih diri buat menjawab Contoh Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dibawah ini, tanpa disertai Kunci Jawaban dan Bobot Nilainya.

Saya harap anda akan mengisi dua bagian contoh soal latihan Tes Karakteristik Pribadi dibawah ini, yg terdiri menurut Bagian 1 berjumlah 18 Soal Latihan & Bagian dua 17 Soal Latih dengan kemampuan anda sendiri tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu.

Jawablah menurut apa yg anda anggap paling benar & tetapkan bobot nilainya menurut penilaian menurut anda sendiri, untuk melatih diri dan mengembangkan kemampuan & pengetahuan anda.

Bagian 1

1. Sudah sejak lama saya berusaha buat memperbaiki kelemahan diri, namun belum juga tampak hasilnya. Pada akhirnya aku :

A. Dengan terpaksa menerimanya

B. Menerimanya dengan sedikit kekecewaan

C. Menerimanya dengan ikhlas

D. Membenci diri sendiri

E. Meratapi diri sendiri

2. Untuk mencapai tujuan grup yg sudah ditetapkan aku :

A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak

B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik bila situasi memungkinkan

C. Mendorong orang lain bekerja menggunakan baik bila dibutuhkan

D. Menstimulasi orang lain buat mau bekerja dengan baik

E. Mengajak orang lain beserta-sama buat bekerja menggunakan baik

3. Ketika sahabat tempat kerja sedang membicarakan satu sahabat yg bermasalah, saya akan ;

A. Membicarakan menggunakan teman dekat kemungkinan terbaik

B. Mengajak teman-teman mempertimbangkan suatu tindakan tertentu

C. Meyakinkan teman-teman akan keperluannya dilakukan suatu tindakan

D. Mengajukan usulan alternatif tindakan yang sempurna

E. Menyetujui saja apa yg menjadi keputusan

4. Ketika sedang mengerjakan tugas bersama yg harus selesai dalam hari itu, seseorang sahabat akan meninggalkan terlebih dahulu, maka saya:

A. Memaksa buat permanen tinggal

B. Membujuknya buat menyelesaikan tugas

C. Mempersilakan pergi

D. Meminta pertimbangan teman yang lain

E. Memintanya buat mempertimbangkan

lima. Saya mengerjakan tugas koreksi laporan tempat kerja yang harus selesai besok pagi. Tiba-tiba sahabat datang menggunakan muka cemberut dan tampaknya ingin curhat (mencurahkan isi hati) kepada saya. Atas kejadian itu saya :

A. Menanggapi & memberi banyak sekali alternatif solusinya

B. Meneruskan koreksi laporan dan nir memerdulikan harapan teman aku

C. Mendengarkan ceritanya menggunakan penuh perhatian

D. Dengan menyesal nir dapat mendengarkan keluhannya

E. Terus mengoreksi laporan sembari sekali waktu mendengarkan ceritanya

6. Ketika timbul suatu perkara dan terkait menggunakan hal-hal yang sebagai kewajiban aku , maka aku :

A. Akan bertanggung jawab

B. Menunjuk orang lain sebagai penyebab

C. Mencermati dulu apakah saya terlibat pada dalamnya

D. Melihat dulu apakah saya menjadi asal perkara

E. Membiarkan masalah tetap berlangsung

7. Kerja keras dan cermat adalah wujud upaya buat menjadi pribadi yg bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tadi, aku senang ...

A. Bekerja menggunakan baku hasil yg tinggi

B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru

C. Pekerjaan yang rutin

D. Pekerjaan yang menantang

E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih

8. Ketika aku harus menyebutkan sesuatu kepada orang lain hal yg terjadi adalah:

A. Kebanyakan orang ingin supaya penerangan tersebut diulang

B. Sebagian orang masih meminta penerangan

C. Orang tahu penerangan aku

D. Orang menjadi antusias atas penerangan saya

E. Tidak ada seseorang pun yang menaruh tanggapan

9. Pada rendezvous famili pada rangka merayakan hari raya, saya :

A. Berusaha menjajagi peluang buat mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan aku

B. Mengarahkan pembicaraan dalam halhal yg memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya

C. Berusaha memuaskan tamu menggunakan menjamu tamu sebaik-baiknya

D. Menunggu kesempatan buat menerima tawaran bagi pengembangan masa depan aku

E. Menjamu menggunakan ramah sembari menunjukkan kelemahan aku

10. Dalam melaksanakan suatu tugas yang dipercayakan kepada aku , aku ...

A. Selalu mencari cara lain lain supaya nir merogoh keputusan sendiri

B. Tidak berani merogoh keputusan sendiri

C. Selalu menunggu keputusan pimpinan

D. Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut telah dipercayakan kepada saya

E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diperlukan jika keputusan tersebut diluar kewenangan aku

11. Dalam suatu kepanitiaan pada tempat kerja, tugas yg diberikan pada aku hasilnya mengecewakan. Meskipun aku sudah berusaha anggota lain menilai aku tidak sanggup bekerja.

A. Sulit mengakui penilaian tersebut

B. Menerima penilaian tersebut

C. Menyangkal evaluasi tersebut

D. Tersinggung merasa dipermalukan

E. Berusaha mendapat penilaian tadi

12. Sahabat ayah aku tiba-tiba masuk rumah sakit terkena agresi jantung. Saya akan :

A. Menemaninya buat memberi dukungan

B. Ikut bersedih & terus memikirkannya

C. Berusaha buat nir memikirkannya

D. Menghibur keluarga semampu saya

E. Tetap melanjutkan kegiatan aku

13. Menurut aku , bekerja merupakan upaya buat meraih kesuksesan. Untuk itu upaya aku adalah ...

A. Bekerja menggunakan cermat & berusaha menjadi terbaik & diakui

B. Berusaha menyingkirkan orang yang saya anggap menghalangi upaya saya

C. Bekerja sepenuh hati

D. Bekerja hingga larut malam

E. Bekerja dari perintah atasan

14. Di unit kerja aku sudah terjadi pergantian pimpinan. Sikap aku merupakan ...

A. Tidak peduli

B. Berusaha mengenal dan tahu visi & misi pimpinan baru

C. Tidak berusaha mendekati pimpinan baru lantaran takut dicap penjilat

D. Berusaha mengenal langsung pimpinan baru

E. Pergantian pimpinan itu sesuatu yang biasa

15. Atasan yg saya sukai merupakan yg ?.

A. Sangat disiplin & selalu meminta aku menunggu keputusan yang diambilnya sebelum suatu pekerjaan dilaksanakan

B. Selalu menanyakan pendapat & ide menurut bawahan menjadi bahan masukan buat suatu pekerjaan yg dilakukannya

C. Senantiasa mendelegasikan wewenangnya dalam bawahan

D. Tidak terlalu membantu bawahan menuntaskan tugas, tetapi kebalikannya berharap saya mampu menuntaskan pekerjaan tanpa seringkali berkonsultasi kepadanya

E. Selalu memberi petunjuk yang kentara atas pekerjaan yg akan bawahan kerjakan

16. Saya mengajukan suatu usulan untuk atasan aku tetapi usulan tersebut dari atasan aku kurang sempurna. Sikap saya merupakan ...

A. Merasa sangat kecewa

B. Mencoba mencari alternatif usulan yang lain buat diajukan lagi

C. Merasa kecewa namun berusaha melupakan penolakan tadi.

D. Tetap mencoba memberikan alasan dan pembenaran atas usulan tadi sampai dapat meyakinkan atasan saya

E. Tidak merasa kecewa dan berusaha melupakan penolakan tersebut

17. Saya sedang mengerjakan ujian calon pegawai negeri sipil, waktu yang disediakan tinggal lima mnt lagi padahal ada beberapa soal yang belum saya selesaikan, saya :

A. Berusaha menutupi kecemasan aku

B. Tak ingin memikirkannya

C. Memikirkan apa yg aku nikmati

D. Merasa gelisah, risi nir selesai

E. Mengerjakan soal tersisa sampai saat habis

18. Jika aku diterima menjadi PNS & aku nir mempunyai uang maka aku akan :

A. Cari pinjaman ke sahabat sekantor

B. Bekerja apapun berasal sanggup dapat uang

C. Mengundurkan diri menurut PNS

D. Mencari sumbangan menurut suatu lembaga

E. Mencari donasi atasan

No

Kunci Jawaban + Bobot Nilai Jawaban

A

B

C

D

E

1.

3

4

5

1

2

2.

1

2

3

5

4

3.

4

3

2

5

1

4.

2

4

1

3

5

5.

2

3

1

4

5

6.

5

1

3

4

2

7.

5

2

2

3

1

8.

3

2

4

5

1

9.

5

3

4

3

1

10.

3

2

1

5

4

11.

2

5

3

1

4

12.

5

1

3

4

2

13.

4

1

5

2

3

14.

1

5

2

4

3

15.

3

5

1

2

4

16.

2

5

4

1

3

17.

4

3

2

1

5

18.

3

4

1

5

2

(Bagian dua)

1. Ketika aku mengalami kegagalan pada meminta maaf atas kesalahan yang aku lakukan pada kepala kantor saya akan:

A. Berusaha m eminta maaf lagi, hingga dimaafkan

B. Bimbang apakah meminta maaf lagi itu perlu

C. Tidak berani meminta maaf lagi

D. Berusaha meminta maaf lagi berharap dimaafkan

E. Meminta donasi orang lain menjadi penengah

2. Saat saya sedang nir sibuk dan secara mendadak diminta menggantikan teman yg sedang dirawat pada rumah sakit maka saya:

A. Mempelajari tugas tadi sebelum menerima

B. Dengan segera menyanggupi buat menggantikannya

C. Meminta beliau buat mencari sahabat lain yg bisa mengganti

D. Mempertimbangkan buat menerima tugas tersebut

E. Mencarikan teman lain buat mengubah

tiga. Bagi aku buat sebagai pegawai negeri sipil yg sukses, saya harus melakukan ?

A.  Mengikuti perintah dan arahan pimpinan secara loyal dan penuh kepatuhan

B. Melakukan pekerjaan yang terbaik menggunakan baku kinerja yang tinggi

C. Mengembangkan hal-hal baru yg belum pernah diciptakan sebelumnya

D. Menciptakan hubungan baik menggunakan setiap orang, rekan kerja & pimpinan

E. Bekerja sinkron dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pimpinan

4. Teman tempat kerja aku adalah orangtua keliru seorang siswa Sekolah Menengah Atas yg lulus ujian nasional nir dapat menghadiri penerimaan ijazah di sekolah lantaran mereka wajib keluar kota, aku akan :

A. Berpendapat sahabat saya memiliki hak buat mengatur acaranya

B. Meminta teman aku buat mempertimbangkan keberangkatannya ke luar kota

C. Meminta sahabat saya buat membatalkan rencananya ke luar kota

D. Anaknya disuruh merogoh ijazah itu secara pribadi

E. Memahami bahwa acapkali terjadi program yg bersamaan saat

lima. Teman saya meminjam sepeda motor kepada aku buat pergi ke loka kerja, padahal sepeda motor tersebut hasil pinjaman berdasarkan sepupu aku , maka aku :

A. Mengatakan bahwa sepeda motor tadi merupakan pinjaman

B. Meminjami sepeda motor dengan mengutip bayaran

C. Mengatakan bahwa saya nir berani meminjamkan lantaran bukan milik saya

D. Mengantarkan teman ke tempat kerja tanpa pemilik motor

E. Menolak buat meminjami sepeda motor tersebut

6. Saya dituduh & dimarahi sang kepala kelompok aku sedangkan tuduhan itu nir sesuai menggunakan keadaan yg sebenarnya. Saya akan :

A. Menanggapi pertanyaan dari siapapun mengenai info itu

B. Mencari penyebar info dan melawannya

C. Membiarkan saja informasi berkembang

D. Menerangkan keadaan yg sesungguhnya

E. Menceritakan pada sahabat dekat

7. Saya ditugaskan buat memimpin tim kerja menggunakan batas saat yg sangat ketat. Anggota tim kerja menunjukkan sikap tidak peduli dengan tugas yg diemban. Sikap aku merupakan...

A. Bekerja sendiri yang penting tugas terselesaikan

B. Mengancam mengeluarkan anggota yg nir serius berdasarkan tim kerja

C. Melaporkan mereka dalam pimpinan supaya diberi sanksi

D. Membagi tugas secara adil & memotivasi anggota untuk menyelesaikannya

E. Menasehati mereka supaya sadar akan penyelesaian tugas yg diembannya

8. Saya ditawarkan sang pimpinan buat melanjutkan studi pada provinsi lain atas biaya kantor. Saat ini aku baru saja dikaruniai bayi kembar yg masih membutuhkan perhatian aku . Keputusan saya adalah ?

A. Menolak tawaran tadi

B. Menerima tawaran tadi dengan konsekuensi mengikutkan famili adalah tanggung jawab aku

C. Menerima tawaran tersebut menggunakan permohonan agar famili dapat ikut saya menggunakan tambahan porto hayati

D. Menolak tawaran tadi namun mohon kebijakan pimpinan jika ada kesempatan lagi saya dapat diikutkan

E. Menerima tawaran tadi & dengan berat hati meninggalkan famili

9. Menurut saya, sepuluh tahun sesudah aku diangkat sebagai PNS, saya akan menjadi ?

A. Pejabat struktural atau tenaga fungsional yang profesional pada bidangnya

B. Bukan PNS lagi

C. PNS masih menjadi pelaksana pada unit yang pertama kali saya diterima

D. Belum memahami karena sepenuhnya tergantung pada nasib

E. PNS masih sebagai pelaksana di unit lain yang sinkron dengan kompetensi aku

10. Saya ditugaskan pimpinan buat menjadi notulen dalam kedap Badan Pertimbangan Jabatan & Kepangkatan. Respon aku adalah ?

A.  Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat

B.  Dengan bangga saya akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat

C.  Memberitahukan anggota keluarga tentang hasil keputusan rapat

D.  Memberitahu sahabat saya dikantor tentang hasil keputusan rapat

E.  Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya

11. Ketika saya naik sepeda motor di jalan mendekati gedung kantor, aku melihat kepala kantor berjalan kaki, saya akan :

A. Mengurangi kecepatan sambil mengucapkan salam

B. Berhenti meminta izin buat mendahului

C. Berhenti sembari menawari buat membonceng

D. Melewati begitu saja

E. Mengurangi kecepatan sambil minta biar mendahului

12. Saya dipercayakan mengelola kegiatan yg belum dipublikasikan dan masih wajib dijaga kerahasiaannya. Ketika aku berada pada antara teman-sahabat dekat di kantor, saya ...

A. Suka menerima masukan demi masukan pada rangka pengembangan tugas baru saya

B. Membicarakan hal-hal lain yang nir ada kaitannya menggunakan tugas baru aku

C. Membatasi pembicaraan supaya nir menyangkut ke hal-hal tugas baru aku

D. Akan merasa gelisah dan kurang senang apabila mereka mulai mengungkapkan tugas baru saya

E. Akan mengalihkan ke pembicaraan lain jika mereka telah mulai menyinggung tugas baru saya

13. Jika terdapat kesempatan buat berkompetisi dalam bidang yang saya senangi, maka aku :

A. Mengalahkan pesaing dengan menaikkan diri

B. Tidak ikut kompetisi

C. Ikut hanya jika terdapat kemungkinan menang

D. Berusaha keras mengalahkan pesaing dengan mencari kelemahan mereka

E. Lebih baik tidak usah ikut karena risi akan kalah

14. Agar suatu aktivitas berhasil aku laksanakan, aku akan :

A. Minta bimbingan pengajar dalam melaksanakan kegiatan tadi

B. Mempelajari jenis kegiatan tersebut sebelum memulai kegiatan

C. Mencontoh orang lain yg sukses mengerjakan pekerjaan serupa

D. Menyesuaikan dengan syarat yang sedang berjalan

E. Menggunakan cara yg biasa saya pakai

15. Ketika terkait dalam suatu kesanggupan buat melakukan hal eksklusif, dalam umumnya aku :

A. Menolak aktivitas lain sebelum tugas selesai

B. Lebih poly melakukan aktivitas lain yang baru

C. Hanya melakukan kegiatan yang relevan dengan aktivitas utama

D. Melakukan kegiatan lain sekedar menjadi selingan

E. Dalam ketika yg sama, melakukan banyak sekali aktivitas

16. Pada ketika wajib memecahkan suatu dilema, maka umumnya pikiran saya :

A. Tetap terpusat pada masalah jika gangguan nisbi kecil saja

B. Mudah beralih kepada hal lain lantaran gangguan sedikit saja

C. Terpusat pada hal yg wajib dipecahkan apapun gangguannya

D. Mudah beralih tanpa karena apapun

E. Praktis beralih ke hal lain oleh karena yang sangat mengganggu

17. Dalam suatu pertemuan gerombolan aku tiba terlambat ketika pembicaraan sedang berlangsung hangat. Padahal aku ingin menyumbang pandangan baru. Hal yg aku lakukan adalah :

A. Duduk mendengarkan pembicaraan sedang berlangsung hangat, baru lalu bicara

B. Menanyakan apakah saya boleh segera bicara

C. Segera bicara mengemukakan pendapat

D. Menunggu kesempatan buat berbicara

E. Meminta waktu buat berbicara

No

Kunci Jawaban + Bobot Nilai Jawaban

A

B

C

D

E

1.

2

5

1

4

3

2.

4

5

1

3

2

3.

3

2

1

4

5

4.

4

5

3

1

2

5.

3

1

5

2

4

6.

4

1

2

5

3

7.

1

3

2

5

4

8.

3

5

1

4

2

9.

5

2

3

1

4

10.

4

1

3

2

5

11.

4

2

5

1

3

12.

5

1

4

3

2

13.

5

1

3

4

2

14.

3

5

2

4

1

15.

3

1

5

4

2

16.

4

2

5

1

3

17.

4

3

1

5

2

Berdasarkan Peraturan menurut Menteri PAN RB tahun 2019, kisi-kisi soal tes penerimaan CPNS yg dilaksanakan menggunakan menggunakan sistem CAT (Computer Assestment Test) terbagi dalam tiga bidang Tes Kompetensi Dasar (TKD) yakni Tes Karakteristik pribadi, Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) buat menilai penguasaan pengetahuan & kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang mencakup:

a)     Pancasila;

b)     Undang-Undang Dasar 1945;

c)     Bhineka Tunggal Ika; dan

d)   Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

B. Tes Kedua terdiri dari soal Tes Inteligensia Umum (TIU) dengan materi:

a)    Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;

b)    Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;

c)     Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan

d)  Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

C. Tes Pertama terdiri berdasarkan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menggunakan materi buat menilai:

a)     Integritas diri;

b)     Semangat berprestasi;

c)     Kreativitas dan inovasi;

d)     Orientasi pada pelayanan;

e)     Orientasi kepada orang lain;

f)      Kemampuan beradaptasi;

g)     Kemampuan mengendalikan diri;

h)     Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;

i)      Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;

j)      Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;dan

k)     Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Soal ujian penerimaan CPNS 2019 tentang Tes Karakteristek Pribadi (TKP) adalah sebuah tes psikologi yg meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam aneka macam aspek misalnya yang telah disebutkan pada terali soal pada peraturan menteri PAN RB tahun 2019.

Selamat Belajar dan Berlatih!

Salam SUKSES!

Daftar Isi - Bimbingan Belajar Tes CPNS

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2