Kesalahan-kesalahan Sepele Penyebab Gagal Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2019

Semua gugusan jabatan, pembagian terstruktur mengenai pendidikan, persyaratan dokumen pendaftaran dan lain sebagainya telah jelas benderang diumumkan secara luas dalam penerimaan CPNS 2018 per 19 September 2018 yg lalu.

Kesalahan Sepele Penyebab Gagal Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2019

Sehingga Anda yang sedang melakukan pendaftaran atau bersiap untuk mengikuti setiap tahapan seleksi penerimaan CPNS 2019 ini, tentu telah mempersiapkan segala sesuatunya.

penyebab sepele gagal lolos seleksi administrasi cpns 2018

Baik itu persyaratan dokumen maupun persyaratan-persyaratan lainya.

Tetapi ingatlah, jangan pernah Anda terburu-buru atau gegabah pada menentukan gugusan dan menentukan instansi loka Anda mendaftar CPNS 2019.

Lantaran, mampu jadi ada perpaduan lain yg sinkron menggunakan talenta, kemampuan dan pendidikan Anda.

Serta tentu saja buat meminimalisir kesalahan Anda dalam seleksi Administrasi registrasi CPNS 2019.

Ingatlah, pada setiap seleksi penerimaan pegawai, baik itu partikelir, BUMN terlebih lagi penerimaan CPNS, pasti ada yang namanya seleksi Administrasi.

Seleksi Administrasi ini umumnya dalam bentuk berupa pengecekan kelengkapan berkas sesuai perpaduan yang dilamar, serta persyaratan awal waktu registrasi.

Apalagi buat penerimaan CPNS 2019 ini, seleksi administrasi dilakukan secara online, dan terintegrasi pada satu portal saja, yakni sscn bkn go id.

Karena itu, ketelitian & kecermatan Anda pada mengisi setiap persyaratan dasar waktu registrasi menjadi faktor krusial supaya Anda lulus termin seleksi administrasi ini.

Berkaca dalam penerimaan CPNS dalam tahun-tahun sebelumnya, poly pelamar yg kurang teliti atau mampu dikatakan teledor & nekad dalam mendaftar.

Padahal ada persyaratan yang tidak terpenuhi atau terlewatkan, atau bahkan salah pada mengisinya.

Misal, model perkara penerimaan CPNS pada tahun 2017 yg kemudian, dimana penerimaan CPNS berdasarkan instansi Kemenpan RB, terdapat 1.600 pendaftar, & hanya 108 yg memenuhi seleksi administrasi, & pada instansi Kemendikbud, menurut 114.000 pelamar yg mengirim berkas, hanya 54.000 an saja yg lolos seleksi administrasi.

Jadi sekali lagi, apabila Anda berharap buat diterima & diangkat sebagai PNS, jangan pernah menganggap remeh seleksi administrasi ini.

Lantaran tahapan awal buat diterima menjadi PNS merupakan lulus seleksi administrasi.

Anda nir akan pernah mengetahui kemampuan Anda pada menjawab semua bentuk soal cpns 2019 yg akan diujikan nanti, karena Anda tidak akan hingga dalam tahapan seleksi kompetensi dasar bila Anda gagal pada seleksi Administrasi.

Awambicara kali ini akan menyebutkan mengapa poly pelamar yg gagal pada seleksi Administrasi, khususnya pada penerimaan CPNS 2019 ini.

Tujuannya adalah agar Anda nir mencicipi pahitnya gagal seleksi administrasi dan Agar Anda nir mengulangi kesalahan yang sama yg dilakukan pelamar CPNS dalam tahun-tahun sebelumnya.

Baiklah, kita pulang pada perkara penyebab kegagalan pelamar CPNS pada tahap seleksi administrasi.

Teliti dan Cermati Segala Prosedur Pendaftaran CPNS 2019

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan secara akurat waktu Anda mengikuti seleksi Penerimaan CPNS 2019.

Jika Anda berharap untuk lolos tes administrasi maka Anda harus teliti dan cermat ketika registrasi CPNS 2019 nanti.

Jangan hingga Anda melakukan beberapa kesalahan yg cukup sepele ini sebagai akibatnya menciptakan Anda gagal ikut tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019.

Sekali lagi kami ingatkan! Ketelitian dan kecermatan waktu melakukan registrasi CPNS 2019 menjadi poin krusial supaya Anda lolos seleksi administrasi.

Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2019 perlu diperhatikan dengan seksama agar Anda lolos ke tahap selanjutnya.

1. Nomor KTP

Yang harus Anda perhatikan ketika registrasi nanti, Anda wajib memastikan bahwa angka KTP yang ditulis waktu registrasi sesuai dengan KTP yg Anda lampirkan.

Jangan hingga terjadi kesalahan penginputan angka KTP, lantaran jika Anda salah satu nomor saja, bisa menjadi penyebab gugurnya Anda di seleksi administrasi CPNS 2019 nanti.

2. Kecocokan Nama

Kesesuaian & kecocokan nama pada saat Anda mendaftar jua sama halnya menggunakan waktu Anda menginput Nomor KTP. Patokan yang digunakan merupakan nama yg sesuai menggunakan KTP.

Jika ternyata terjadi ketidaksesuaian, maka maka panitia akan memeriksanya ke ijazah Anda, dan apabila ternyata semuanya berbeda, jangan harap Anda lolos seleksi administrasi CPNS 2019.

Karena itu, ingat! Jangan sampai Anda ceroboh waktu memasukkan nama Anda waktu registrasi CPNS 2019.

Nama wajib ditulis lengkap sesuai dengan apa yang tertulis pada KTP.

Tiga. Batasan Usia

Batasan usia yg sebagai syarat registrasi CPNS juga harus mendapatkan perhatian Anda. Usia nir boleh melebihi batas per lepas yg sudah ditetapkan.

Karena itu, bila usia Anda melebihi batas, maka sudah dapat dipastikan Anda tidak akan lolos tes administrasi.

4. Kualifikasi Pendidikan

Sekali lagi, Anda wajib benar-benar konfiden dengan gugusan yang sebagai pilihan Anda. Setelah konfiden, Anda wajib sahih-sahih memperhatikan jurusan yg dibutuhkan dalam gugusan tadi.

Jangan hingga Anda nekat mendaftar dalam gugusan yg jurusan pendidikannya nir sesuai dengan jurusan pendidikan Anda.

Karena, apabila formasi yg Anda daftarkan nir membutuhkan jurusan yg Anda miliki, maka kentara saja Anda tidak akan lolos seleksi administrasi.

Ingat! Teliti & cermat.

Lima. Nomor Ijazah

Kedengarannya sepele, namun kesalahan memasukkan angka ijazah sanggup membuat Anda gagal menjadi PNS sebelum Anda mengikuti tes atau ujian soal cpns 2019.

Sebagai kabar, kesalahan mengisi angka ijazah waktu pendaftaran ini, hampir 30 persen terjadi pada registrasi penerimaan cpns pada tahun 2019 yang lalu.

Conoth, nomor Ijazah yg tertera yang iasanya di kiri atas Ijazah adalah PNS-23022017.

Maka semua angka tersebut wajib ditulis lengkap. Jika ada saja ketidaksesuaian, maka panitia berhak buat menggugurkan Anda.

6. Tanggal Ijazah

Sama halnya misalnya angka ijazah, lepas ijazah juga merupakan hal yang penting. Banyak pelamar galat saat memasukkan tanggal ijazah.

Tanggal Ijazah yang dimaksud adalah tanggal diberikannya kelulusan, bukan tanggal yudisium atau lepas lulus. INGAT ITU!

Dari 6 kesalahan saat registrasi yang biasanya terjadi diatas, Anda menjadi galat satu dari sekian juta pelamar CPNS 2019 terdapat baiknya sahih-sahih teliti & cermat saat melakukan pendaftaran CPNS 2019 nanti.

Tips Agar Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2019

Lantaran itu, buat menghindari kesalahan konyol misalnya tersebut diatas, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berdasarkan kami agar Anda bisa lolos seleksi administrasi cpns 2019 nanti.

Kembali ke kasus gagal dalam seleksi administrasi, berikut merupakan hal-hal yang perlu Anda perhatikan secara akurat waktu Anda melakukan pendaftaran CPNS 2019:

1. Penerimaan CPNS 2019 sudah resmi dibuka, maka baiknya Anda memperhatikan Instansi masing-masing yg membuka penerimaan CPNS.

Setiap Instansi mempunyai kondisi dan ketentuan masing-masing. Memang secara generik persyaratan pendaftarannya sama, tetapi buat beberapa instansi mempunyai persyaratan spesifik yg nir ada atau tidak diterapkan pada instansi lain.

Maka terdapat baiknya Anda membaca & memperhatikan secara teliti persyaratan yg dipengaruhi oleh masing-masing instansi.

Dua. Baca secara teliti dan seksama keseluruhan persyaratan & ketentuannya dengan baik-baik, berulang dan teliti.

Sebelum Anda memilih perpaduan yg akan Anda pilih, terdapat baiknya Anda meneliti dan mengusut secara akurat seluruh persyaratan & ketentuan yg sudah ditetapkan secara baik, berulang & teliti.

3. Fokus membaca pada bagian Formasi, jangan sampai Anda salah ambil formasi yang tidak ada jurusan Anda

Contoh masalah yakni pada jurusan Matematika & Pendidikan Matematika, keduanya merupakan hal yang jelas berbeda. Yang mana yang satu merupakan Matematika murni, sedangkan yang satu lagi diberi kemampuan pedagogik, sehingga mempunyai kemampuan untuk menaruh pengajaran.

Jika yg dibutuhkan merupakan Matematika, jurusan Pendidikan jelas-jelas pasti akan gugur dalam termin ini, dan kebalikannya.

Begitu jua dalam kasus Hukum Perdata & Pidana, jurusan Ilmu Hukum bisa mendaftar, tetapi jurusan yang bidang konsentrasinya terlalu jauh, contohnya Hukum Keluarga akan gugur pada tahap ini.

4. Persiapkan bahan-bahan pendaftaran yg diminta, baik dalam bentuk fotocopy atau yang sudah di scan buat daftar online.

Setelah Anda memantapkan pilihan pada satu deretan dan instansi, maka yg wajib Anda lakukan merupakan mempersiapkan persyaratannya baik berupa softcopy maupun hardcopy berupa fotocopynya.

Lima. Baca dulu FAQ (Frequent Ask Question) nya agar jika terdapat hambatan Anda sudah mengetahui cara mengatasinya.

Setelah seluruh dirasa siap, ada baiknya Anda membaca pertanyaan-pertanyaan generik yang seringkali ditanyakan pada FAQ website resmi registrasi cpns 2019, yakni sscn.

Karena disana sudah terdapat beberapa kiat dan tips yang harus Anda lakukan bila nanti anda menghadapi suatu perkara dalam hal registrasi.

6. Siapkan koneksi Internet

Sadarlah bahwa, yang mendaftar dan melamar menjadi CPNS itu tidak hanya Anda saja. Ada ratusan ribu orang yang ingin mendaftar. Jika Anda buka website  sscn.bkn.go.id pada jam-jam sibuk, maka sudah dapat dipastikan akan lemot karena biasanya servernya down atau kelebihan akses.

Cobalah buat mendaftarkan pada ketika malam hari, terutama tengah malam atau disubuh hari. Cari tempat yg koneksi internetnya cepat, atau gunakan internet indihome punya tetangga, atau keluarga yg lain yang telah berlangganan.

7. Check and Re-Check berkali-kali sebelum Anda men-submit data Anda secara online, dan sebelum Anda mengirimkan berkas.

Anda tidak akan pernah lulus dan menjadi PNS bila Anda gagal pada tahapan awal penerimaan CPNS 2019, yakni seleksi administrasi.

Bahkan, Anda tidak akan pernah tahu kemampuan Anda dalam menjawab dan menyelesaikan soal-soal tes cpns 2019 nantinya, yakni pada tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Lantaran itu, sekali lagi kami ingatkan, persiapkan segala sesuatunya sedini mungkin. Selalu baca, cermati dan teliti dengan baik semua prasyarat yang telah dipengaruhi oleh setiap instansi penerima cpns 2019.

Selamat berjuang, semoga Anda dapat segera bergabung dengan kami pada Korps Pegawai Negeri Sipil Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2