Ingin Mudik tapi Hemat BBM? Gunakan 7 Alat Penghemat BBM Terbaik Berikut Ini

Salah satu cara yg paling generik dilakukan buat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak dalam kendaraan beroda empat adalah dengan menentukan jenis/ tipe mobil yg ekonomis BBM, yakni yg mempunyai kapasitas mesin kecil.

Selain itu, cara mengendarai kendaraan yg baik dan benar serta efisien pula merupakan salah satu upaya buat menghemat penggunaan BBM.

alat penghemat bbm terbaik

Pada dasarnya, apapun jenis dan tipe kendaraan beroda empat Anda, terdapat banyak cara yg bisa kita lakukan dalam upaya buat mengurangi penggunaan atau konsumsi BBM dalam kendaraan beroda empat kita.

Salah satunya adalah menggunakan alat yang dibuat secara spesifik, buat berhemat BBM. Baik itu buat kendaraan beroda empat berbahan bakar bensin ataupun diesel.

Alat Penghemat BBM Mobil

Alat ini pada umumnya dipasang di saluran bahan bakar, & mengandung medan magnet.

Seperti yang kami kutip berdasarkan Astraworld, pemasangan alat penghemat BBM ini ada 2 cara, yakni:

  1. Dengan cara alat penghemat BBM mobil dilingkarkan di pipa saluran bahan bakar.
  2. Dengan cara memutus saluran bahan bakar, lalu mengalihkannya ke alat penghemat BBM tersebut.
Adapun cara pertama, yakni dengan memasang alat penghemat BBM di lingkaran di pipa saluran bahan bakar ini relatif lebih aman, sebab tidak mengubah pipa atau selang bahan bakar standar pabriknya.

Baca: Cara Merawat Cat Mobil agar Tetap Kinclong

Sementara itu, cara kedua yakni dengan cara menetapkan saluran bbm dan mengalihkan ke indera penghemat BBM ini memiliki risiko sedikit lebih akbar.

Lantaran, ketika akan menyambung saluran bahan bakar, yg harus diperhatikan merupakan kualitas selang & cara pemasangannya, karena apabila nir dilakukan secara tepat dan benar, akan menyebabkan kebocoran.

Selain indera penghemat BBM, terdapat juga jenis penghemat BBM yg tersedia dalam bentuk cairan atau padat.

Dan penerapannya pun relatif gampang, yakni relatif dengan menuangkan atau mencelupkan secara langsung ke tangki bahan bakar.

Akan namun buat jenis penghemat BBM berbentuk cair atau padat ini yang perlu Anda ketahui merupakan mengenai reaksi kimia yg terjadi saat alat penghemat BBM ini bercampur dengan BBM yg umumnya membuat unsur logam.

Nah, unsur logam yg didapatkan ini memiliki imbas yg kurang baik terhadap saluran bahan bakar & jua ruang bakar dalam mesin.

Unsur logam tadi dapat menciptakan terjadinya penyumbatan dalam injektor.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan alat penghemat BBM yang gampang dan efektif dalam penggunaannya ini, yakni dengan memakai indera aditif bahan bakar, usahakan Anda menentukan zat yg tidak membentuk unsur logam.

7 Alat Penghemat BBM yang Direkomendasi buat Mobil

Dalam postingan kali ini, kami akan membahas mengenai alat yang efektif & terbaik serta direkomandasikan buat membantu menghemat BBM mobil Anda buat perjalanan mudik Anda bersama famili.

1. Turbocharger

Alat ini dibuat selain untuk menaikkan performance kendaraan beroda empat, jua dapat membuat penggunaan bahan bakar pada kendaraan beroda empat Anda sebagai jauh lebih ekonomis.

Bahkan kabarnya Anda bisa merasakan penghematan BBM pada nomor 20% hingga 40% dapat pribadi Anda rasakan.

Cara kerja turbocharger adalah menggunakan cara mendaur ulang energi yang didapatkan oleh mesin tunggangan, merubah energi berdasarkan bahan bakar yg terkonsumsi menjadi tenaga yang lebih besar .

Dampak lain menurut pemakaian metode forced induction turbocharger ini selain bisa membuat penggunaan bahan bakar minyak lebih irit, pula dapat membuat mobil lebih responsif.

Mampu melipatgandakan energi yang didapatkan dari mesin, serta memberikan torsi yang lebih akbar.

Alat ini (turbocharger) bahkan telah melengkapi mobil-kendaraan beroda empat mewah keluaran modern, terutama untuk mobil bermesin diesel, seperti mobil Toyota Fortuner dan Kijang Innova Diesel.

Namun demikian, penerapan turbocharger ini tidak sanggup diaplikasikan secara serampangan, sebab pada dasarnya mesin memiliki rasio putaran tinggi,

Dan oleh karena itu buat menggunakannya rasio kompresi harus direndahkan buat mencegah knocking mesin.

Baca: Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik dengan Mobil Pribadi

2. Supercharger

Fungsi dan manfaatnya mirip misalnya Turbocharger.

Perbedaannya terletak pada metode teknologi forced induction supercharger yang diatur secara mekanis & digerakkan sang mesin.

Yang sebagai kekuatan sekaligus juga sebagai kelemahannya adalah mesin dapat menghasilkan tambahan energi yg relatif akbar, akan namun mesin juga akan ikut terbebani karena ikut menggerakkan supercharger.

Pada turbocharger, tenaga diambil dari pembuangan tenaga bakar, sedangkan pada supercharger digerakkan secara mekanik sang sabuk-puli, rantai sproket serta mekanisme roda gigi menurut poros engkol mesin.

Apabila ingin diaplikasikan pada kendaraan beroda empat yg berkapasitas mesin mini , contohnya 1500cc, maka wajib menyesuaikan menggunakan jenis serta karakter mesin.

Sebab pada kenyataannya, yg tersebar dipasaran waktu ini, jenis supercharge relatif sulit untuk dibedakan lantaran semua penjual pasti berkata bahwa mampu dipasang pada mesin mini , sedang maupun akbar.

3. Water Injection Engine

Water injection engine ini adalah metode penghematan bahan bakar/ BBM kendaraan beroda empat dengan metode penyemprotan air.

Metode penyemprotan air ini dapat menaikkan efisiensi penggunaan bahan bakar dengan cukup baik.

Bahkan dalam kendaraan beroda empat seperti kendaraan beroda empat BMW telah eksklusif otomatis dilengkapi sang fitur ini saat keluar berdasarkan pabrik.

Suplier autopart terbesar pada dunia Bosch, mengungkapkan bahwa bahkan mesin bensin yg advance sekalipun mengalami pemborosan bahan bakar 1/lima dari tangki.

Metode penyemprotan air ini buat mendinginkan ruang pembakaran yang nantinya sanggup menampung lebih banyak udara didalamnya, sebagai akibatnya dalam akhirnya performa pembakaran pun akan lebih baik.

Nah, buat efisiensi bahan bakar terjadi lantaran menggunakan jumlah bahan bakar yang sama, mesin bisa membentuk pembakaran yg jauh lebih effisien, sebab udara yang terkompres lebih poly lantaran lebih padat.

Water injection engine ini mulai diaplikasikan pada kendaraan beroda empat BMW M4 GTS, kini Bosch mulai melakukan pemasangan dalam mobil kecil dengan 4 bahkan tiga silinder.

Akan namun, untuk Anda ketahui bahwa metode ini memang bisa berhemat bahan bakar secara signifikan, namun bila dipakai pada waktu jangka panjang, akan mengakibatkan karat yg terjadi di saluran intake.

Sehingga inspeksi secara reguler perlu buat dilakukan.

Baca: Penyebab Air Radiator Karatan dan Cara Mengatasinya

4. ECU Remapping / Tuning

Metode yg satu ini (ECU Remapping/ Tuning) adalah dengan melakukan kalibrasi atau menyetting ulang data ECU baku kendaraan beroda empat bawaan pabrik.

Adapun Remapping ECU, atau men tuning ulang ECU ini sering dilakukan dengan tujuan yang bervariasi.

Ada yang ingin menambah energi atau torsi agar mobil sanggup digunakan ngebut dan ngacir, & ada juga yg bertujuan buat mengefisienkan penggunaan bahan bakar.

ECU standard orisinil pabrik umumnya menyimpan banyak sekali "potensi tersembunyi" yang nir terlihat secara eksklusif.

Sebab kendaraan beroda empat dari pabrik dibentuk buat dapat dipakai sebisa mungkin disegala macam medan dan segala jenis cara berkendara penggunanya.

Sebagai contoh, waktu mobil mengeluarkan merek/ merk mobil tipe terbaru Facelift, umumnya dibubuhi istilah sport/ performance dengan energi lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Padahal mesin yang dipakai masih sama. Nah, disinilah letak rahasianya.

Lima. Accessory Drive Modification

Metode menghemat penggunaan bahan bakar minyak dalam mobil berikutnya merupakan Accessory Drive Modification.

Yakni, memodifikasi drive aksesoris terutama puli yg mentransfer power dari mesin yang bisa menaikkan efisiensi bahan bakar serta performance mesin.

Drive aksesoris ini terletak dalam bagian luar mesin.

Meskipun alat ini letaknya diluar mesin, beliau mendorong pompa bahan bakar, alternator, power steering pump, water pump & kompressor AC.

Power buat drive aksesori diambil berdasarkan poros sentra yang menghubungkan bagian turbin & kompressor mesin.

6. Fuel / Oil Additive

Rata-rata toko sparepart dan bengkel kendaraan beroda empat pasti memajang produk ini pada rak display mereka.

Baik itu dalam kemasan botol, kaleng, juga karton packing.

Penggunaan alat ini sangatlah mudah, yakni cukup menggunakan menuangkan liquid ke pada tangki bahan bakar waktu pengisian, dan efeknya bisa langsung Anda rasakan.

Tetapi, walaupun tergolong mudah dan nir ribet, tidak seluruh fuel & oil enchancement ini bekerja misalnya apa yg diiklankan.

Lantaran waktu ini, terdapat banyak sekali produk-produk imitasi/ tiruan homogen berdasarkan liquid ini.

Beberapa additive memang sahih-benar menaruh hasil yang memuaskan, karena itu, pastikan buat menentukan Fuel Additive berdasarkan Brand atau Merek yang terpercaya.

7. Minicon Voltage Stabilizer

Cara kerja Minicon Voltage Stabilizer ini langsung menaruh impak dalam busi, yg terlibat pada saat proses pembakaran, sebagai akibatnya busi mendapatkan genre arus listrik menurut aki secara optimal.

Ketika performas aki kurang stabil, maka pembakaran pula otomatis jadi nir maksimal , yang disebabkan sang arus dari busi tidak maksimal .

Sehingga mengakibatkan bahan bakar minyak tidak terkonsumsi secara aporisma, malahan banyak yg terbuang menjadi gas emisi lewat knalpot.

Misalnya bensin masuk 100%, apabila performa busi kurang baik, misalnya hanya 80% saja yang terbakar pada dalam mesin.

Yang 20% lainnya akan menjadi emisi atau gas buang.

Nah, Minicon Voltage Stabilizer inilah yang memastikan 100% bahan bakar kendaraan beroda empat Anda bisa menjadi tenaga yang dipakai oleh kendaraan beroda empat.

Baca: Tips Mudik Aman dengan Mobil Pribadi

Keunggulan lain Minicon ini adalah multifungsi tiga-in-1, yakni:

  • Sebagai Voltage Stabilizer,
  • Sebagai Battery Doctor System atau sistem pengecekan aki instan tanpa perlu dibawa ke bengkel, untuk mengetahui apakah kondisi aki masih baik atau tidak.
  • Sebagai Interference Reducer System atau mereduksi noise dari mesin dan alat elektronik dalam mobil agar mobil lebih kedap dan nyaman.
Namun, rata-rata produk yang ada dipasaran hanya memiliki fungsi volt-stabilizer saja.

Voltage Stabilizer merupakan salah satu solusi yg cukup murah, karenanya banyak beredar merek abal-abal, terutama keluaran Cina yg mencoba meniru.

Sehingga yang terjadi Aki menajdi cepat overheat, sedangkan Teknologi Minicon yg telah dipatenkan oleh Jepang pemakaian langsung dicolok ke lighter didalam kendaraan beroda empat.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2