Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana, Beasiswa dan Sponsorship

Contoh Surat Permohonan - Kenyataannya hidup tidaklah selancar & semudah seperti yang kita harapkan dan rencanakan.

contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship

Terkadang pada merencanakan & mengerjakan sesuatu, sering kali kita dihadapkan pada berbagai konflik yang menghadang.

Contoh Surat Permohonan

Saya yakin, kita semua adalah kreasi Tuhan yang paling paripurna, menggunakan segala kelebihan-kelebihan yg masing-masing menurut kita miliki.

Ada yang memiliki talenta dibidang olahraga, bakat dibidang scince dan ilmu pengetahuan & lain sebagainya.

Atau mungkin Anda adalah orang yang memiliki rasa & jiwa sosial yg tinggi, sebagai akibatnya waktu melihat terdapat musibah yg menimpa saudara sebangsa & setanah air, Anda merasa wajib buat membantu mereka.

Tetapi, terkadang kelebihan & kemampuan yang dimiliki tidak bisa dikembangkan karena keterbatasan dalam hal pendanaan atau materi.

Tidak memiliki uang yang bisa disumbangkan buat korban bencana alam, atau membantu orang lain, namun Anda mempunyai kewajiban buat membantu sesama.

Memang benar uang bukanlah segalanya, tetapi untuk melakukan segala hal kita membutuhkan uang.

Karena itu, apabila Anda adalah seseorang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, mempunyai talenta dan kemampuan lebih sudah saatnya Anda nir menyerah dalam keadaan, menyerah karena tidak memiliki dana buat membantu sesama & mengembangkan bakat dan kemampuan Anda.

Sebab, bisa jadi, kelebihan & bakat yang Anda miliki memiliki manfaat buat banyak orang.

Anda memiliki ilham buat mengembangkan usaha Anda, mempunyai sebuah rencana besar buat kemajuan wilayah Anda, atau apapun itu yg mampu memberikan manfaat buat orang lain serta memerlukan dana yang tidak sedikit.

Saat itulah Anda memerlukan donasi orang lain.

Baik itu pemerintah, pengusaha juga sahabat & rekan-rekan Anda.

Untuk meminta donasi itu tentu Anda memerlukan sebuah pengantar yang baik, sebuah surat yang resmi supaya bisnis Anda buat mewujudkan pandangan baru dan planning Anda.

Dan menjadi pengantar atau surat yang baik dalam meminta bantuan dana, maka Anda harus menciptakan sebuah surat permohonan donasi dana.

Lantaran itu, kami menurut Awam Bicara akan membantu Anda membuat sebuah surat permohonan donasi dana, sponsorship dan beasiswa yang baik, resmi & sahih sehingga memiliki kesempatan yang akbar buat dikabulkan.

Surat permohonan ini bertujuan supaya orang yang kita mintai tolong mengetahui menggunakan niscaya maksud & tujuan kita.

Sebuah surat permohonan bantuan dana haruslah bersifat resmi, apalagi permohonan donasi tersebut ditujukan pada instansi pemerintah atau perusahan-perusahaan baik swasta maupun BUMN.

Selain sifatnya resmi jua wajib memenuhi kondisi-kondisi penulisan yang sahih, dan memiliki kata-istilah yang baik & tepat sebagai akibatnya bisa mensugesti dan menggerakkan mereka buat bisa mengabulkan permohonan kita.

Surat permohonan merupakan surat yang berisi mengenai permintaan atau permohonan pada pihak yang kita tuju misalkan seperti forum, organisasi, instansi & lain sebagainya.

Tetapi sebelumnya, Anda harus membedakan antara surat permohonan pada pihak-pihak misalnya tersebut diatas menggunakan surat permohonan yang diajukan pada pengadilan.

Surat permohonan yg diajukan pada pengadilan, merupakan surat permohonan yg sifatnya hampir sama dengan surat gugatan, yakni permintaan untuk membuat sebuah keputusan hukum atas permohonan yang kita ajukan.

Misalnya surat permohonan perwalian atas anak yg belum dewasa, yakni surat permohonan pada pengadilan dimana kita meminta buat ditetapkan sebagai wali bagi anak yang belum dewasa.

Untuk surat permohonan bantuan kali ini kita akan membahas:

  • Surat permohonan bantuan dana
  • Surat permohonan sponsorship
  • Surat permohonan bantuan beasiswa.

Surat permohonan donasi ini dibuat supaya mampu menjadi bukti tertulis bahwa apa yg kita mohonkan benar-benar adalah sebuah kegiatan sahih kita laksanakan, bukan sebuah kegiatan fiktif.

Dan jua menjadi bentuk pertanggung jawaban atas bantuan dana yang sudah diberikan.

Lantaran itu, pada membuat sebuah surat permohonan bantuan dana resmi, maka surat permohonan yang akan dibentuk harus memenuhi kondisi-syarat, misalnya:

Perihal, lepas & kepada siapa surat permohonan ditujukan.

Pada bagian awal surat permohonan, Anda harus memuat tentang surat, lepas surat permohonan dibuat, serta pada siapa surat permohonan tersebut ditujukan.

Misalnya, jika Anda ingin meminta bantuan dana amal buat bala alam maka perihal yang wajib Anda buat diawal surat permohonan donasi dana Anda merupakan "Permohonan Bantuan Dana Kegiatan Amal membantu Korban Gempa & Tsunami Paludanquot;

Tanggal surat permohonan adalah tanggal saat Anda membuat surat permohonan tersebut, serta kepada siapa dan alamat tujuan surat permohonan  tersebut.

Memuat bukti diri pemohon

Pada pembukaan surat permohonan, Anda wajib menyebutkan Identitas Anda sebagai pemohon menggunakan sahih, yakni berupa nama, loka lepas lahir, alamat, angka ktp dan keterangan-warta penting lainnya yang menerangkan bahwa Anda adalah orang yang konkret-nyata ada, bukan fiktif.

Lantaran umumnya pihak yg dimintai tolong akan mengecek dan kroscek apakah benar nama, alamat dan bukti diri pemohon surat permohonan bantuan dana tadi.

Dan jika Anda menciptakan surat permohonan dana amal donasi korban bala alam, ada baiknya Anda menaruh identitas organisasi atau wadah yang sebagai loka Anda mengumpulkan Dana Bantuan Korban Bencana Alam.

Jadi, bila permohonan yang diajukan merupakan buat meminta dana bantuan korban bala alam, seharusnya Anda berdiri sebagai sebuah organisasi atau badan, atau LSM yg mempunyai AD/ ART yg jelas sebagai akibatnya mempunyai laporan pertanggung jawaban penggunaan dana yang jelas.

Surat permohonan bantuan dana yang dibuat haruslah ditulis secara ringkas dan mudah di cerna oleh pembaca. Namun juga  tetapi harus menjelaskan tujuan dan latar belakang mengapa surat permohonan bantuan dana tersebut dibuat dan ajukan.

Selain itu, agar Anda mendapatkan kepastian jawaban menurut pihak yg Anda mintai bantuannya, maka Anda pula harus menyebutkan serta mencantumkan batasan waktu kapan Anda bisa menerima donasi dana tadi.

Dalam penulisan surat permohonan, pada umumnya dibentuk dengan format yang teratur dengan tata letak yang rapi sehingga pula dapat mensugesti pembaca yg menjadi tujuan surat permohonan tadi.

Dan bila surat permohonan tadi berupa bantuan dana amal korban bala alam, yg seharusnya dilakukan oleh sebuah organisasi atau LSM maka surat permohonan tadi harus pada lengkapi menggunakan kop surat serta cap basah organisasi tersebut.

Tujuannya merupakan buat menunjukkan identitas organisasi atau LSM sebagai pemohon donasi dana tadi.

Serta tidak lupa juga dibawah kop surat tersebut di isi menggunakan nomor surat dan tanggal kapan surat pada buat.

Isi Surat Permohonan

Setelah bagian awal surat yang berisi menggunakan format pembuatan surat permohonan yg resmi, dalam bagian dari isi surat seharusnya di mulai dengan ucapan salam, mencantumkan isi menurut surat permohonan tersebut dan pada akhiri dengan tandatangan.

Dan apabila surat permohonan bantuan dana yang dibuat tadi merupakan berupa surat permohonan dana donasi korban bencana alam (yang dibentuk sang organisasi atau LSM) seharusnya Anda juga mencantumkan bahwa Anda akan menaruh laporan pertanggung jawaban penggunaan dana bantuan tadi.

Dan jika surat permohonan tadi berupa surat permohonan sponsorship maka seharusnya Anda melampirkannya dengan proposal acara yang akan Anda adakan yg mana membutuhkan sponsorship tersebut.

Lain halnya menggunakan surat permohonan donasi dana beasiswa, Anda tidak wajib memberikan atau mencantumkan laporan penggunaan dana, namun relatif menggunakan menjelaskan & melampirkan bahwa Anda layak buat mendapatkan beasiswa.

Misalnya dengan melampirkan nilai akademis yang Anda peroleh selama sekolah/ kuliah, sehingga Anda memang benar-benar layak untuk menerima beasiswa.

Berikut ini merupakan model surat permohonan bantuan dana amal, sponsorship dan beasiswa:

Contoh surat permohonan bantuan dana

1. Contoh surat permohonan donasi sumbangan buat korban bencana alam

contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship

SURAT PERMOHONAN BANTUAN SUMBANGAN KORBAN BENCANA ALAM

Nomor:  6006/ Awam/ IX/ 2018

Pangkalpinang, 30 September 2018

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Permohonan Bantuan Dana

             Untuk Korban Bencana Alam

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu

???????..

Di ?

Pangkalpinang

Assalamualaikum Wr.Wb.

Segala puji & syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang sudah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya pada kita seluruh. Semoga kita seluruh selalu pada berikan kesehatan dan dalam lindungan Nya.

Kami yg bertandatangan dibawah ini:

Organisasi : Awam@Net

Alamat : Jl. A Yani Pkpinang

Izin pendirian organisasi : 12345/po/X/2017

Sebagai mana yg telah kita ketahui bahwa saudara-saudara kita yg berada di lombok baru saja menerima musibah, berupa bencana alam gempa bumi.

Sebagai sesama, sebangsa & setanah air, sudah seharusnyalah kita ikut berduka dan merasakan kesedihan yang mereka rasakan. Dan kita disini bisa menaruh bantuan kepada mereka yg tertimpa bala alam tadi.

Untuk itu, kami dari Organisasi yg berbadan aturan ?Awam@Net?, bermaksud buat mengumpulkan dana donasi korban bala alam lombok buat disalurkan pada korban bencana lombok.

Adapun dari dana yg dikumpulkan akan kami buatkan laporan pertanggungjawabannya, dan akan kami kirimkan kepada seluruh pihak yg berkepentingan, menjadi bentuk pertanggungjawaban menurut kami.

Demikianlah surat permohonan ini kami buat. Atas keikhlasan & bantuan yang di berikan, kami segenap panitia mengucapkan banyak terima kasih. Praktis-mudahan apa yg kita sumbangkan kali ini bisa menjadi manfaat dan mengakibatkan lebih banyak amal kita pada Allah SWT. Amiin.

Wassalamualaikum. Wr.Wb

Ketua,

(Netizen)

Sekretaris,

(Awam)

Bendahara,

(Bicara)

contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship

dua. Surat permohonan donasi dana pembangunan mushola - mesjid

SURAT PERMOHONAN BANTUAN DANA

Nomor:  6006/ Awam/ IX/ 2018

Pangkalpinang, 30 September 2018

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu

???????..

Di ?

Pangkalpinang

Assalamualaikum Wr.Wb.

Segala puji & syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang sudah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya pada kita seluruh. Semoga kita seluruh selalu pada berikan kesehatan dan dalam lindungan Nya.

Kami yg bertandatangan dibawah ini:

Organisasi : Panita Pembangunan Mesjid Ar-Rahman

Alamat : Jl. A Yani Pkpinang

Berdasarkan rapat dewan pengurus mesjid Ar-rahman, yang mana direncanakan pada bulan November 2018, akan dimulai rehab dan pembangunan Mesjid Ar Rahman, kami berdasarkan selaku panitia meminta Bapak/ Ibu bersedia buat menaruh bantuan dana yg seikhlasnya, demi untuk membantu kelancaran rehab & pembangunan mesjid kita.

Perkiraan dana yg dibutuhkan buat rehab & pembangunan Mesjid adalah Rp2.100.000.000,00; dengan rincian :

Biaya bahan ?????Rp1.800.800.000;

Biaya tukang?????????????????.Rp200.200.000,-

Demikianlah surat permohonan bantuan dana ini kami buat. Atas keikhlasan dan donasi yang bapak/ bunda berikan, kami segenap panitia pembangunan mesjid Ar rahman mengucapkan banyak terima kasih. Semoga apa yg sudah kita sumbangkan ini dapat sebagai manfaat & membuahkan lebih banyak amal kita pada Allah SWT. Amiin.

Wassalamualaikum. Wr.Wb

Ketua Panitia,

(Netizen)

Sekretaris,

(Awam)

Bendahara,

(Bicara)

Contoh surat permohonan beasiswa

Perihal : Permohonan Beasiswa

Lampiran : 1 Berkas

Kepada Yth,

Rektor Universitas Awambicara

Jalan Gandaria 1, pangkalpinang

Dengan Hormat,

Sehubungan menggunakan adanya keterangan bahwa Universitas Awambicara menerima pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2018/ 2019, yg mana sudah di umumkan dalam tanggal 30 September 2018, Nomor: 124/ Pengumuman/ ABI/ IX/ 2018, aku yg bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Citizen Awam

NIM : 191919197458

Fakultas : Hukum

Jurusan  : Hukum Perdata

Semester : III (tiga)

Tempat/tanggal lahir : Pangkalpinang, 30 Februari 1998

Alamat : Jalan A Yani Pangkalpinang

Untuk memenuhi kondisi penerimaan beasiswa mahasiswa unggulan 2018/ 2019 misalnya yang telah ditentukan, beserta ini aku lampirkan:

1. Foto copy pertanda penduduk (KTP)

dua. Foto copy kartu indikasi mahasiswa (KTM)

tiga. Surat liputan penghasilan orang tua

4. Foto copy transkip nilai semester 1-2

lima. Foto copy buku rekening tabungan

6. Fotocopy rekening Listrik 3 bulan berakhir

7. Surat fakta tidak mampu berdasarkan kelurahan

8. Surat kabar catatan kepolisian (SKCK)

9. Surat pernyataan nir sebagai penerima beasiswa menurut loka lain

10. Pas foto 4 x 6 (empat lbr)

11. Surat rekomondasi menurut dekan bidang kemahasiswaan

Demikian surat ini saya buat menggunakan sebenar-benarnya. Besar asa aku agar permohonan beasiswa yg aku inginkan ini bisa dikabulkan. Atas perhatian dan perkenan Bapak/ Ibu, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat aku

Citizen Awam

NIM. 191919197458

Contoh surat permohonan sponsorship

contoh surat permohonan dana, beasiswa dan sponsorship

Surat Permohonan Sponsorship

Nomor : 2525/ ABI/ 09/ 2018

Lampiran : 1 (satu) Proposal

Perihal : Permohonan Sponsorship

Kepada Yth.

Jajaran Direksi PT Infomedia ID

Di-Tempat

Sehubungan dengan akan diadakannya seminar SEO (Search Engine Optimization) berdasarkan kami Blogger Babel Community (BBC), yg akan kami adakan pada:

Tempat: Hotel Novotel Bangka Belitung

Hari/ tanggal: Jumat, 30 November 2018

Pembicara:

- Owner Umiku ID

- Owner Sedulur ID

- Owner Umahliyu

- Owner Awambicara ID,

- Owner Duniasa

- Owner Sembikai

Maka kami berdasarkan Awam@Net - Blogger Babel Community (BBC) mempunyai misi buat menaruh rakyat khususnya pegiat blogger dan vlogger Babel buat lebih baik dan lebih sukses lagi dalam menaikkan trafik pengunjung blog & vlogger mereka.

Adapun program seminar tersebut buat para peserta tidak kami pungut porto.

PT Infomedia ID sebagai perusahaan terkemuka dibidang Internet Marketing, yang sudah memiliki jaringan kerjasama yg luas dengan pengembang pelaksanaan dan situs web dan startup online lainnya, bisa memberikan donasi demi kelancaran program tadi.

Berhubung dengan hal tadi dan demi dukungan supaya program seminar SEO ini berjalan menggunakan lancar, kami menurut Blogger Babel Community mohon kesediaan menurut PT Infomedia ID buat berpatisipasi menjadi donator.

Proposal pada sponsorship akan kami lampirkan pada surat permohonan ini.

Untuk pembayarannya sendiri mampu di transfer melalui :

No. Rekening : 1234567890

Atas Nama : AwamNet

Nama Bank : Bank BCA Cabang Pangkalpinang

Untuk konfirmasi kesediaan PT Infomedia ID bisa menghubungi Telp/ Fax. 0717-721217, atau e-mail: awambicara@gmail.Com.

Atas kerjasama dan perhatian kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

CEO Awam@Net

Citizen Awam

Itulah tadi, contoh surat permohonan buat keperluan bantuan dana, beasiswa dan sponsorship berdasarkan kami. Semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya & dapat menambah wawasan Anda. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2